Thursday, 16 July 2009

Aroma for Therapy

Sebagai pelajar yang setiap hari disibukkan oleh homeworks, tugas-tugas, dan ujian pastinya kamu pernah merasa jenuh, stress, lesu, dan tidak bersemangat? Atau orang kantoran dan mahasiswa? Kayanya semua orang pernah merasakannya. Terus, bagaimana kamu mengatasinya? Pastinya kamu punya banyak cara mulai dari tidur, makan, jalan-jalan, atau lainnya. Tapi kamu tahu nggak sih? Ternyata ada hubungan yang tidak terpisahkan antara kesehatan emosional dengan kesehatan fisik. Berdasarkan penelitian, stress emosional dalam jangka waktu yang lama dan ekstrem, kesedihan, kelelahan, dan bahkan tekakan yang disebabkan kejadian bahagia dapat menimbulkan efek dramatik pada tubuh kita, guys. Berbagai efek fisik ini dapat berefek pada gangguan pencernaan, gangguan tidur, dan fungsi imunitas tubuh dapat menurun. Wah, gawat juga yah!

Terus apa dong hubungan antara aroma dengan emosi kita? Aroma berupa minyak esensial dapat mempengaruhi tingkat emosi kita melalui sistem olfaktori (penciuman), yang membuat suatu penyembuhan holistik yang unik. Prosesnya adalah pertama, aroma masuk ke dalam hidung kita, selanjutnya aroma tersebut dianalisis oleh sistem retikular di batang otak (brain stem). Nah, di dalam sistem tubuh kita ini, emosi dan memori saling berhubungan satu sama lain. Aroma-aroma tertentu dapat menstimulus hipotalamus, yaitu bagian otak yang mengatur sistem endokrin dan berbagai fungsi tubuh lainnya. Hipotalamus ini nantinya akan mengaktifkan kelenjar pituitari yang memproduksi hormon yang mempengaruhi fisik dan emosional kita secara bersamaan.

Aromaterapi dapat ditemukan dalam berbagai bentuk, ada yang berupa lilin, dupa dan minyak esensial. Nah, kira-kira apa saja yah aromaterapi yang bisa digunakan? Dibawah ini beberapa aroma esensial yang bisa digunakan berikut kegunaannya.

Dari sekian banyak aroma tersebut, kamu bisa pilih aroma yang paling sesuai untuk kondisi kamu. Untuk mendapatkan efek yang maksimal, kamu bisa mencampurkan dua atau lebih aroma dengan perbandingan tertentu. Dibawah ini ada satu resep aromaterapi yang ampuh dan biasa saya gunakan:

Aromaterapi untuk meningkatkan konsentrasi dan memori

Resep ini bisa membantu kita meningkatkan daya ingat dan konsentrasi pada saat belajar, khususnya menjelang ujian. Perpaduan aromanya yang khas membuat kita bersemangat dan nggak ngantuk saat belajar. Jadi patut dicoba nih!

Ramuan 1:

  • 3 tetes Rosemary
  • 2 tetes Lemon

Ramuan 2:

  • 2 tetes peppermint
  • 3 tetes lemon

Penggunaan minyak aromaterapi ini bisa dengan meneteskannya pada saputangan dan kemudian dihirup langsung (seperti pakai inhaler gitu), dan bisa juga dengan menggunakan burner. Kelebihan menggunakan saputangan adalah dapat dibawa kemana-mana, bisa dipakai di dalam kelas, di dalam mobil, dan dimanapun kamu mau, sedangkan burner hanya bisa digunakan di dalam ruangan seperti kelas atau kamar tidur kamu (nggak mungkin kan kamu bawa-bawa burner kemana-mana?), sehingga tidak begitu praktis. Namun demikian, efek yang dihasilkan apabila menggunakan burner biasanya lebih baik dibandingkan menggunakan saputangan. Pilihan ada di tangan kamu…

Kalau kamu tertarik untuk mencoba, aromaterapi ini dapat diperoleh dengan mudah koq! Dan harganya bervariasi, mulai dari 5 ribuan hingga puluhan ribu. Dibawah ini beberapa tempat dimana kamu bisa membeli aromaterapi:

  • Ace Hardware di cabang manapun
  • TB Gramedia (biasanya di dekat bagian stationary)
  • Apotik Guardian dan Century (tapi harganya lumayan mahal)
  • Mal-mal besar di kota kamu

1.

Selamat mencoba!


Share this Post Share to Facebook Share to Twitter Email This Pin This Share on Google Plus Share on Tumblr

No comments:

Post a Comment

Hai! Terima kasih banyak sudah membaca postingan ini. Jangan sungkan menuliskan komentar di bawah ini ya. Komentar, masukan, dan kritik kalian sangat berarti untuk aku. Oya, please jangan masukkan link hidup di komen ya. Semua komentar dengan link hidup akan langsung di-delete.

Have a nice day!


© Talkative Tya | Designed by . All rights reserved.