Sunday, 4 April 2010

SPAGHETTI BOLOGNESE ALA TYA




Habis pulang berenang, suami minta dimasakin spaghetti buat makan siang. Untung di kulkas tersedia bahan-bahannya, langsung aja diolah dan tadaaaa.... jadilah spaghetti bolognese dalam waktu 30 menit saja....

penasaran kaan? kok bisa sih bikin spaghetti dalam waktu singkat? lah wong emang gampang bikinnya sih... nih resepnya...

BAHAN-BAHAN:

  • Spaghetti instan (merek la fonte, honig, atau yang lainnya boleh)
  • saus tomat botolan
  • daging giling 200 gram
  • oregano kering, secukupnya
  • garam, gula, merica secukupnya
  • bawang putih dirajang halus
  • bawang bombay iris kasar
  • tepung maizena 2 sdt, cairkan


CARA MASAK:

Untuk spaghettinya, panaskan panci yang sudah diisi air. Tambahkan sedikit margarin dan garam agar mie-nya gurih. Masukkan mie-nya dan panaskan dalam api sedang. Tunggu sampai al dente (alias mie-nya pas empuknya, nggak keras tapi nggak kelembekan juga).

Untuk bumbu spaghetti-nya, panaskan wajan yang sudah diberi minyak secukupnya. Ketika panas, masukkan bawang putih dan bombay. Tumis hingga harum. Selanjutkan masukkan daging giling, terus tumis hingga daging berubah warna dan berbau harum.

Masukkan saus tomat botolan (biasanya aku pakai sekitar 80-100 ml), aduk terus dan tambahkan air supaya tidak gosong. Masukkan garam, merica, dan gula secukupnya sesuai selera (dan jangan lupa pakai perasaan). terus tumis dengan api sedang, lalu masukkan daun oregano secukupnya (jangan kebanyakan nanti malah asem dan pahit). Selanjutnya, matikan api dan masukkan tepung maizena yang sudah dicairkan, aduk hingga mengental. Jadi deh bumbunya!

Naaah, spaghetti-nya udah jadi, bumbunya juga udah. tinggal ditata aja.. Taruh spaghetti di dalam piring, beri bumbu spaghetti dan beri parutan keju sesuai selera atau tambahkan saus sambal bagi yang doyan pedas.

Tadaaaa.... spaghetti bolognese siap untuk disantap!

Share this Post Share to Facebook Share to Twitter Email This Pin This Share on Google Plus Share on Tumblr

No comments:

Post a Comment

Hai! Terima kasih banyak sudah membaca postingan ini. Jangan sungkan menuliskan komentar di bawah ini ya. Komentar, masukan, dan kritik kalian sangat berarti untuk aku. Oya, please jangan masukkan link hidup di komen ya. Semua komentar dengan link hidup akan langsung di-delete.

Have a nice day!


© Talkative Tya | Designed by . All rights reserved.