Tuesday, 4 May 2010

POKCOY UDANG SAUS TIRAM

Daripada bete nungguin hujan yang nggak berenti-berenti, mendingan kita omongin makanan aja yuk!

Ide awalnya sih mau niru menu sayur favorit aku dan si mas setiap kali kita makan di Restoran Ta Wan, yaitu brokoli jamur saus tiram. Tapi entah bagaimana, pas lagi ke pasar, kok yang dibeli malah pokcoy sama udang? (heran kan?)

Akhirnya, dengan berbekal dua bahan itu, aku masak aja pokcoy dan udangnya sama seperti membuat brokoli jamur saus tiram.... Ternyata, rasanya nggak kalah oke lho! dan jauh lebih murah (iyalaah, pokcoy satu iket kan cuma 2 ribu, bandingin sama brokoli yang satu bonggol bisa 10 ribu lebih....)

Nah, kalau pingin tahu gimana buatnya, ini resep gampang banget dan praktis...

Resepnya:

  • 1-2 ikat pokcoy, cuci dan potong sesuai selera (lebih enak lagi kalau pakai baby pokcoy)
  • 1 siung bawang putih, dikeprek
  • 1 bawang bombay, rajang
  • 2 sdm saus tiram botolan
  • 2 sdm kecap manis
  • 1 sdm minyak untuk menumis
  • garam, merica, gula, secukupnya
  • udang, kupas kulitnya dan cuci bersih


Cara masaknya:

  • Pertama, siapkan semua bahan yang sudh disebutkan di atas. Panaskan minyak dalam wajan, lalu cemplungin bawang putih dan bawang bombay. Tumis hingga harum.
  • Setelah harum, masukkan udang dan lanjutkan menumis hingga udang berubah warna menjadi orange cerah. Selanjutnya masukkan saus tiram dan kecap manis. Tambahkan sedikit air.
  • Kalau baunya sudah mulai menggoda nih, cemplungin pokcoynya dan lanjutkan menumis hingga bumbunya terserap. Tambahkan garam, gula pasir, dan merica secukupnya sesuai selera di lidah...
  • Kalau ingin yang kuahnya kental, bisa tambahkan 1 sdm maizena yang dilarutkan dalam air matang 3 sdm. lalu aduk. Tapi kalau ingin kuahnya tidak kental ya tidak usah ditambah maizena....

Udah deeeh, pokcoy udang saus tiramnya jadi dan siap dihidangkan!

Share this Post Share to Facebook Share to Twitter Email This Pin This Share on Google Plus Share on Tumblr

No comments:

Post a Comment

Hai! Terima kasih banyak sudah membaca postingan ini. Jangan sungkan menuliskan komentar di bawah ini ya. Komentar, masukan, dan kritik kalian sangat berarti untuk aku. Oya, please jangan masukkan link hidup di komen ya. Semua komentar dengan link hidup akan langsung di-delete.

Have a nice day!


© Talkative Tya | Designed by . All rights reserved.