Friday, 16 March 2012

Muka ber (kilang) minyak - Susah-susah gampang!

Aku termasuk orang yang bisa dibilang cuek untuk urusan perawatan tubuh tapi nggak jorok lho. Rasanya, aku tidak pernah punya cukup waktu untuk ngurusin hal-hal macam itu, rempong! Tapi, sejak dua tahun lalu (tepatnya sejak aku menikah), kok ternyata penting juga ya... 

eniwei baswei, 

Salah satu bagian muka yang paling jarang banget diurusin adalah muka. Waks! fatal banget yee, secara ini parts of body yang paling keliatan dan terekspose. Entah apa karena akumulasi semua aktivitasku yang emang dari dulu dominan outdoor atau emang udah bawaan hormon dan genetik, ini muka produksi minyaknya bisa ngalahin negara Timur Tengah, alias berminyak.

Sebenernya muka berminyak ini nggak jelek-jelek amat *uhuk muji diri sendiri*, cuma emang ngerepotin. Terutama kalau sedang pakai make-up. Dulu mungkin nggak jadi masalah karena makeup bukan suatu prioritas. Iyalah, ngapain juga pake makeup ke kampus atau pas naik gunung? (maklum anak biologi). Sekarang? makeup jadi suatu kebutuhan karena aku bekerja sebagai pemberi jasa yang ketemu muka langsung sama klien *hayah*.

Sejak bekerja sebagai guru (hmm, berarti mulai tahun 2009 ya), aku mulai bereksperimen dengan makeup. Meski belum pernah nyoba yang ekstrem, masih yang basic aja macam pakai eyeliner (baca review eyelinerku ya!), lipstik, blush-on. Eyeshadow aja masih belum berani bo! Selama ini, aku tidak pernah punya kecenderungan khusus pada satu merek. Merek lokal atau luar negeri, murah ato mahal, hayuk aja. Untungnya mukaku ini meski berminyak ternyata tahan banting juga. Udah berapa kali aku gonta-ganti makeup, alhamdulillah nggak ada masalah kulit. Sesuatu banget deh buat aku. 

Lanjooot....

Muka kilang minyak-ku ini emang susah-susah gampang (ato gampang-gampang susah?) ngurusnya. Tapi setelah melalui observasi ketat *huek*, akhirnya ketemu juga treatment yang pas untuk mengatasi produksi minyak yang berlebih ini. Berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi produksi minyak berlebih di muka.

Yuk disimak......
Sampel BB Cream yang lagi aku coba
Add caption
Ni dia produk andalan pengusir minyak di muka
  1. Pilih pembersih muka yang sesuai untuk kulit berminyak. Penting banget nih, karena terbukti membantu mengurangi dan mengontrol kadar minyak. Dari semua jenis pembersih muka, yang paling klop banget untuk kulit berminyakku adalah Essential Fairness 5in1 dari Oriflame dan Face wash-nya Ristra.
  2. Pake moisturizer! Banyak orang dengan muka berminyak berpikir kalo pake pelembab itu nggak penting, yang ada malah nambahin produksi minyak. Ternyata nggak gitu lhoo... justru pelembab itu penting buanget untuk menjaga kesehatan kulit. Sekarang udah banyak kok pelembab yang diformulasikan untuk kulit berminyak. Lengkap dengan sunscreen, anti aging, de el el. Tinggal kita pilih aja yang sesuai untuk kebutuhan.... Aku saat ini pakai pelembab keluaran The Face Shop yang Anti Sebum Control. Uenaaaak tenan, produksi minyak berkurang abis! apalagi kalo dicombine sama BB cream (sst,... aku lagi nyoba2 BB cream yang oke niih, so far masih nyobain yang sample size... hihihii). Bikin mukaku tambah muluuuuuzzzz.
  3. Pilih kosmetik yang khusus untuk kulit berminyak, terutama bedak. Bedak yang diformulasikan untuk kulit berminyak memang pastinya akan lebih cepat hilang, tapi lebih baik sering touch-up daripada muka kaya kilang minyak kaan??
  4. Yang paling penting lagi.... selalu sedia oil paper untuk keadaan gawat darurat *uhuk produksi minyak berlebih*. Selalu gunakan oil paper untuk menyerap kelebihan minyak di wajah sebelum kita touch up wajah kita.... Selain membantu agar make-up awet, juga menghindari munculnya jerawat.

Jadi, sekarang udah nggak ada lagi deh alasan muka kucel kumel karena kulit berminyak. Hope it helps yaaa....

Share this Post Share to Facebook Share to Twitter Email This Pin This Share on Google Plus Share on Tumblr

No comments:

Post a Comment

Hai! Terima kasih banyak sudah membaca postingan ini. Jangan sungkan menuliskan komentar di bawah ini ya. Komentar, masukan, dan kritik kalian sangat berarti untuk aku. Oya, please jangan masukkan link hidup di komen ya. Semua komentar dengan link hidup akan langsung di-delete.

Have a nice day!


© Talkative Tya | Designed by . All rights reserved.