Wednesday, 2 January 2013

[RECIPE] Prawn Tofu Nugget homemade ala Tya

Saya ini emak yang selalu stress kalau sudah masuk waktu makan. Gimana nggak? Deniz itu kalau makan lamaaaaaaaaaaaaa banget, belum lagi diemutnya. Kalau itu aja belum cukup bikin stress, kadang malah GTM total dan dilepeh. Pusiiiiing. Sedikit banyak ini juga alasan kenapa badanku gak langsing-langsing. Wong tiap kali stress akhirnya makanannya Deniz aku yang habisin. 

Tapi nggak jarang juga terjadi keajaiban (serius, bagi aku, ini adalah anugerah dari YME), contohnya tiba2 Deniz makan dengan lahap dan ludes. Pernah juga tiba-tiba minta nambah. Sumpah, rasanya lebih bahagia dibandingkan menang undian berhadiah 1 milyar (ngarep juga sih dapat 1 milyar). Sayangnya, yang namanya keajaiban itu kan jarang banget terjadi, begitu jugalah dengan kasus makan si Deniz ini. Makan lahapnya bisa diitung pakai jari. Huff, berat banget rasanya mikirin anak susah makan.

Beberapa bulan belakangan ini aku selalu meratiin makanan yang dimakan sama Deniz, mencatat kapan dan ketika makan apa dia lahap. Dari hasil observasi itu, tercatatlah beberapa makanan yang Deniz (lumayan) suka dan lahap. Diantaranya ada tempe goreng tepung, kentang goreng, jamur kancing yang ada di capcay, dan nugget. Dari semua yang aku sebutin, nugget itu satu-satunya makanan yang Deniz dengan inisiatifnya sendiri minta nambah. Kalau inget kejadiannya sampai terharu lhooo.. Ceritanya aku habis gorengin nugget ayam sayur homemade beli di temen. Terus karena memang potongannya seperti finger food, si nugget itu aku taro aja di piring kecil.



Deniz : "wauw, apa tuh ami?" sambil nunjuk si nugget

Tya : "nugget mas, sedap lhooo... Hangaaat"
Deniz : "pegang deniz ya ami." sambil nyomot satu nugget. Gak lama dia sibuk ngunyah sambil ngoceh sana sini.


Eeeh nggak sadar taunya 4 potong nugget yang aku goreng itu ludes dimakan sama dia. Mataku sampai nggak percaya, ini beneran dimakan apa dilepeh ya? Taunya emang dimakan. Dan yang bikin tambah kaget tiba-tiba Deniz bilang gini



Deniz :"ami, mau lagi dooong..." sambil megangin piringnya.

Tya :"okeee, mau berapa mas?" langsung melesat ke dapur dan buka freezer
Deniz : "mmm, sepuluh ami." anak satu ini emang kalo ditanya berapa pasti yang disebut sepuluh duluan.
Tya : "hah? Gak kebanyakan? 4 aja ya?" 
Deniz : "yaah, oke deh."


Girang banget nggak sih denger anak minta nambah? Aku sih banget. Akhirnya 4 potong nugget berikutnya itu pun tandas dimakan. Yah, begitulah ceritanya. Sejak saat itu aku terus nyetok beli nugget homemade dari temen.

Lanjuut, awal bulan ini stok habis dan temenku yang jual nugget itu lagi ke luar kota. Dalam hatiku, mampus deh gue, si Deniz makan apaan nih? Iseng-iseng browsing soal nugget, eh kok banyak ya resep nugget yang berkeliaran di web. Salah satunya adalah resep nugget tahu. Wah, kebeneran nih, pas ada tahu putih satu biji di kulkas. Dengan penuh keberanian dan harapan kubuat lah nugget tahu itu dengan modifikasi sana sini ala Tya. Nah ini dia resep nugget tahu udang ala Tya 



Bahan nugget:

  • 1 potong tahu putih/tahu cina
  • Udang kupas (pas bikin resep ini aku cuma pakai 7 udang aja)
  • 2 lembar roti tawar
  • 1 telur ayam
  • Bawang merah, bawang putih, diulek halus 
  • Susu UHT plain
  • Keju parut sesuka hati
  • Garam dan gula




Bahan pencelup:

  • Putih telur, dikocok kaku (pake garpu bisa)
  • Tepung panir
  • Terigu (aku pakai tepung segitiga biru)









Cara membuat:

  1. Rendam roti tawar dalam susu, pokoknnya asal si roti jadi lembek aja.
  2. Campur semua bahan nugget dalam food processor, jangan lupa diicip juga. Kalau aku masak pakai ilmu kira-kira, jadi nggak ada takaran persis untuk tiap bahan. 
  3. Siapin loyang/wadah plastik yang aman (harus BPA free lhoo!), olesi dengan margarin. Lalu tuang adonan nugget ke dalam loyang, ratakan. 
  4. Siapkan kukusan, tunggu sampai mendidih, lalu masukkan adonan nugget. Kukus selama 15-20 menit.
  5. Setelah adonan dingin, potong-potong sesuai selera. Kalau untuk Deniz, aku potongnya ukuran finger food biar gampang makannya. 
  6. Gulingkan potongan nugget ke tepung terigu, lalu putih telur, dan terakhir balut dengan tepung panir. Lakukan sampai semua potongan nugget habis (yaeyalaaah....)
  7. Simpan di freezer dalam wadah tertutup (macam Tupperware atau Ziplock bag juga boleh).
  8. Nugget homemade siap digoreng. Enyaaaaak.....
"Nah, ini dia hasilnya. Dapet 1/2 kg lhoo"

"Sedaaaap!"
Proses pembuatan sekitar 1-1,5 jam (karena harus dikukus) dan pas bikin resep ini, aku mulai dari jam 10 malam, selesai jam 11 lewat dikit. Hehehe. Paginya dites ke Deniz, ternyata dia doyaaaan! Senangnya! 

Gampang banget kan? Emang sih kelihatannya repot, tapi kalau dihitung-hitung, biayanya jauh lebih murah dibandingkan beli. Dari resep diatas, ternyata aku bisa dapet nugget 1/2 kg lho.. Lumayan banget kan? Selain murah, pastinya juga sehat dan bebas pengawet. Jadi semangat deeh....

Besok aku rencana mau buat nugget ayam sayur.... Semoga se-sukses nugget tahu udang ini. Demi anak, demi kesehatan, dan demi penghematan.... Amiin. 


PS. maaf fotonya nggak step-by-step karena bikin sendiri dan suami sudah tewas di tempat tidur, jadi nggak ada yang bantu foto. hehehehe

Share this Post Share to Facebook Share to Twitter Email This Pin This Share on Google Plus Share on Tumblr

No comments:

Post a Comment

Hai! Terima kasih banyak sudah membaca postingan ini. Jangan sungkan menuliskan komentar di bawah ini ya. Komentar, masukan, dan kritik kalian sangat berarti untuk aku. Oya, please jangan masukkan link hidup di komen ya. Semua komentar dengan link hidup akan langsung di-delete.

Have a nice day!


© Talkative Tya | Designed by . All rights reserved.