Thursday, 1 August 2013

Maybelline Volum' Express The Falsies Waterproof Mascara - Original VS Fake!

Beredarnya kosmetika palsu di Indonesia memang semakin meraja lela. Apalagi sejak diberlakukannya global trading dimana penjual dari luar negeri bisa menjual produk mereka secara bebas di Indonesia. Sayangnya, kebanyakan konsumen Indonesia kurang begitu peduli dengan keaslian dari produk yang dibeli. Padahal, produk kosmetika palsu jelas sangat berbahaya, apalagi kalau kosmetika palsu tersebut berkontak langsung dengan kulit kita. 

Salah satu produk palsu yang aku temukan adalah maskara keluaran Maybelline New York, yaitu Maybelline Volum' Express The Falsies Waterproof Mascara. Aku memang pengguna setia maskara Maybelline karena memang sudah terbukti ketangguhannya (halah!). Hampir semua varian maskara Maybelline sudah pernah aku coba langsung dan aku tidak pernah kecewa sama sekali. Tidak disangka, ternyata ada pihak tidak bertanggung jawab yang berusaha mengambil keuntungan dari kepopuleran maskara Maybelline ini dengan cara memalsukannya. Benar-benar menyebalkan! 

Secara tidak sengaja, sebulan lalu ibuku beli maskara Maybelline The Falsies ini untuk aku karena beliau bilang harganya lagi diskon. Percaya atau tidak, maskara palsu ini hanya dibandrol 35 ribu saja! (beberapa sista di forum dandan malah bilang harganya 25 ribu bahkan 17 ribu!). Bandingkan dengan harga maskara ini di konter resmi yang mencapai 85 ribu. Semurah-murahnya harga maskara ini ketika diskon tidak mungkin dibawah 70 ribu.  

Baiklah, mari kita kupas tuntas perbedaan dari maskara asli dan palsu ini...

Packaging
Sebenarnya dari kemasan sudah bisa dilihat perbedaannya, terutama dari warna. Maskara Maybelline asli warnanya ungu cerah, sedangkan yang palsu ungu gelap. 


 ditambah lagi perbedaan yang sangat mencolok dari penulisan namanya. Maskara asli tulisannya "The Falsies Volum'Express Waterproof". Maskara palsu tulisannya "The False Lash Volum'Express Smudgeproof".  Material kemasan pun terlihat jelas ketika plastik pembungkus dibuka. Maskara Maybelline yang asli material kemasannya plastik dan tidak mengkilap, sedangkan yang palsu menggunakan plastik mengkilap.


Semakin terlihat jelas perbedaannya....

Pada maskara yang asli, ada gambar brush dengan tulisan "use fanned-out brush with this side against lashes". Sedangkan pada maskara palsu, tulisannya hanya "use this side". Ketahuan banget yang malsuin males nulis banyak-banyak.


 Kalau diperhatikan lebih teliti lagi, ternyata terdapat perbedaan dalam penggunaan font (huruf) dalam penulisan barcode dan daftar komposisi. Untuk maskara yang asli, font-nya lebih rapat dan kecil tetapi tetap rapih. Sebaliknya, maskara palsu menggunakan font yang lebih besar dan spasi lebih lebar. Kelihatannya sepele ya? tapi ternyata perbedaannya sangat besar.


 Nah, ada lagi nih perbedaan dari segi kemasan. Ada logo seperti spiral dengan tulisan "WITH PRO-KREATIN + FIBERS" pada maskara yang asli. Pada maskara palsu, logonya seperi yang bisa dilihat di foto dengan tulisan "WITH COLLAGEN" yang sama persis seperti pada logo maskara Maybelline Magnum (yang warna kuning itu lhooo). Ckckckck....


Satu lagi yang penting! maskara Maybelline yang asli selalu dilengkapi dengan keterangan alamat distributor, tanggal kadaluarsa dan juga tanggal produksi seperti yang bisa dilihat di foto berikut. Semua keterangan tersebut tidak akan ditemukan pada maskara yang palsu.


Label
Di pantat (ups) maskara, baik yang asli maupun yang palsu terdapat label. Setelah dipelototin, ketahuan banget deh mana yang asli dan mana yang palsu.


Brush and Brush wand
Setelah kedua maskara ini dibuka, makin ketahuan deh mana yang asli dan mana yang palsu. Kita mulai dengan bentuk brush wand/ganggang sikat maskaranya.

Pada maskara yang asli, brush wand-nya bengkok. Terlihat ada lekukan di ganggangnya. Begitupun dengan brush/sikatnya juga bengkok. Nah, kalau yang palsu, brush wand-nya lurus lempeng aja nggak ada lekukan sama sekali. Sedangkan brush/sikatnya juga lurus, yang ada malah menurut aku itu miring sikatnya, bukan bengkok. 


Sekarang kita lihat lebih dekat bentuk brush-nya...


Setelah diperbesar dan diperhatikan secara seksama, brush maskara yang asli terlihat lebih padat sedangkan yang palsu jarang-jarang. Selain itu, brush maskara yang asli terlihat ramping. Kalau yang palsu brushnya keliatan lebih gendut. 

Pas lagi meratiin kedua maskara ini, tiba-tiba suamiku ngeh kalo diameter tutupnya berbeda ukuran. Nah lho! makin kelihatan deh bedanya. Untuk jelasnya lihat foto di bawah. Kelihatan kan? yang palsu diameternya lebih besar dan tebal, sedangkan yang asli nggak tebal. Wah, ternyata memang mau dibikin semirip mungkin tetep aja ya ada perbedaannya.... 


Tekstur
Sialnya aku, waktu awal dikasi maskara yang palsu sama ibuku, aku nggak ngeh kalo itu palsu, jadi aku sempat aplikasikan ke bulmat aku. Hasilnya? kaya nggak pake maskara! Tekturnya lebih cair dan tidak melentikkan bulmat. Beda banget sama maskara Maybelline yang asli, yang kalau dipakai tanpa jepit bulmat tetep bisa melentikkan. Ditambah lagi baunya yang menyengat tidak wajar. 

Alhamdulillah tidak terjadi apa-apa dengan bulu mataku. Tidak terjadi kerontokan, mungkin karena begitu aku pake yang palsu dan tidak berefek apa-apa (yang ada mata malah pedes karena baunya), maskara itu langsung aku hapus dengan makeup remover. Entahlah apa yang akan terjadi kalo saat itu aku nggak langsung bersihin bulmat-ku. Mungkin bisa rontok sampe botak kali ye? Hiiiiy......

Bagaimana mengantisipasi tertipu antara yang asli dan yang palsu?

Intinya sista semua harus teliti dan hati-hati. Jangan tergiur dengan kosmetika murah yang tidak jelas. Selalu beli produk kosmetika di tempat yang terpercaya seperti di department store, drugstore, supermarket besar dan toko kosmetik yang sudah terpercaya. Biasanya nih, kalau di toko kosmetik, selalu ada BA dari tiap brand jadi kita juga bisa cek keasliannya. Jangan beli di toko kosmetik yang nggak ada BA-nya, kemungkinan besar mereka jual barang yang palsu. Ingat ya sista, seluruh bagian tubuh kita adalah titipan dari Tuhan yang harus kita jaga baik-baik. 

So, be a smart buyer! 


Share this Post Share to Facebook Share to Twitter Email This Pin This Share on Google Plus Share on Tumblr

19 comments:

  1. Yampun ngeri banget....T__T Yah mungkin itu salah satu efek perdagangan global...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sis, makanya kita sebagai pembeli harus hati-hati banget... pemalsu2 itu udah makin canggih aja....

      Delete
  2. wow nice post >_<b
    thx buat infonya sis :D berguna banget!

    www.xiaovee.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama sis.... senang bisa berbagi info...

      Delete
  3. dari warna kemasan n tulisannya aja dah beda (falsies jadi false)
    hihihi.. salahnya yg beli kalo bisa sampe ketipu

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi, iya tapi kan g semua orang teliti sis, apalgi untuk orang2 yang gak biasa dandan (kaya ibuku!) jadi kemungkinan beli yang palsu pun bisa terjadi...

      lebih serem lagi yang maybelline hypercurl lho... hampir gak ada bedanya sama yang asli. kalo the falsies kan keliatan banget, ini bener2 plek sama persis, perbedaannya sangat kecil/tidak terlihat....

      Delete
  4. Jadi tambah pengetahuan nya nie..
    Terimakasih informasi nya ya mba :)
    Serem juga kalo beli, taunya malah palsu ya :(

    Boleh saling follow mba?
    Sistersdyne.blogspot.com

    ReplyDelete
  5. top bgt dahh..
    lam kenal ^_^

    ReplyDelete
  6. hampir ketipu beli produk palsu karna tergiur harga murah. untung survey dulu dan nemu blog ini. abis itu minta poto asli dari penjual dan persis banget sama picture fake product di blog ini. makasih banget infonya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduuuh, kok masih ada aja yaaa yang jual yang palsu??? ckckck...

      untung dirimu nggak sempet beli sis Vinny.... itulah tujuan dari postingan ini, supaya banyak yang sadar kalo banyak kosmetika paslu yang beredar dan kita harus lebih waspada. Mahal dikit dan beli di tempat yang jelas adalah opsi yang paling aman untuk menghindari barang palsu....

      jangan lupa mampir lagi ya ke blog-ku

      Delete
  7. Aku ketipu nih sis, beli online katanya asli dan d gambar the falsies. Pas nyampe ternyata beda bgt dan baca ulasan kmu makin yakin deh palsu. Kesel bgt rasanya!

    ReplyDelete
  8. makasih infonya sis hampir aja ketipu, baru aja ada yg nawarin mascara palsu ini via bbm, untung udah jadi kebiasaan kalo mau beli make up apa aja selalu baca reviewnya dulu di blog, dan untung lagi baca blog ini. Setelah minta kirimin pict mascaranya, itu beneran yang palsu , selamet dan ga jadi order. :)

    ReplyDelete
  9. aku beli di counter kosmetik langgananku aja harga diatas 50k yang volume express alamat distributornya juga lengkap + exp-nya, waktu belum tahu kalo ada yang fake, agak heran aja kq harganya bisa murah banget -_- tapi feeling bilang makeup ga bener ditambah rutin liat reportase invertigasi jadi tau deh hahahaha

    ReplyDelete
  10. hmm aku kena tipu loh sis -___-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seriusan siiis? dirimu beli online???

      Delete
  11. Wah makasih atas infonya, berguna bgt.. Aku jd ngerti krn sering pake mascara maybelline ini juga..

    ReplyDelete
  12. Hai sist aku boleh minta email apa kontak person ? Aku mau wawancara kamu sebagai beauty vloger? Thx ya sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai sis, untuk kontaknya bisa dilihat di page contact me. sudah tertera semua kok email dan nomor telepon

      Delete

Hai! Terima kasih banyak sudah membaca postingan ini. Jangan sungkan menuliskan komentar di bawah ini ya. Komentar, masukan, dan kritik kalian sangat berarti untuk aku. Oya, please jangan masukkan link hidup di komen ya. Semua komentar dengan link hidup akan langsung di-delete.

Have a nice day!


© Talkative Tya | Designed by . All rights reserved.