Monday, 2 September 2013

Maybelline Volum' Express The Falsies Waterproof Mascara - Another Fake Product!

Setelah aku posting tentang perbedaan maskara Maybelline Volum'Express The Falsies Waterproof Mascara (yang belum baca silahkan melipir ke sini), ternyata banyak teman pencinta makeup yang nanyain apakah maskara mereka asli atau palsu. Termasuk sis Putri Khusnul yang rela mengirimkan paket berisi maskara yang diduga jadi-jadian dengan maksud supaya bisa dibandingin dengan maskara punyaku. Jadi, postingan review lainnya harap antri dulu yeeee.

Baiklah, sebelum kita mulai, aku cuma mau menekankan kalau aku bukan seorang makeup expert ataupun pegawai litbang Maybelline (emang ada ya?), tapi aku orang yang sangat menghargai kesehatan dan keselamatan jiwa dan raga *halah* dengan cara membeli produk kosmetika yang asli . Gak mau dong mata jadi bintitan atau bengkak gegara pake makeup pelsong?

Let's start!

Kalau sebelumnya aku membandingkan antara maskara yang asli dan maskara yang bener-bener keliatan palsunya (ketahuan gak niat malsuinnya), alias KW 3. Kali ini, berkat bantuan dari sis Putri Khusnul, aku bisa membandingkan yang asli dengan yang KW Super-nya.



Dari foto diatas, kelihatan banget kalau bentuk, warna, dan tulisan yang ada di botolnya sama persis. Plek! (hadeh, bahasa apa ini?). Tapi, dengan meminjam kekuatan Superman yang punya mata laser *eh, bener gak sih?* aku bisa menemukan perbedaan dari tampilan luarnya. Ternyata sodari-sodariku setanah air, botol boleh sama, tapi tingginya beda! Yang asli terlihat lebih tinggi (meski cuma beberapa mili aja).


Di foto berikutnya, kita bandingin label yang ada di bawah botol. Ternyata, warna dan kode yang dicetak berbeda lho. Di maskara KW Super ini, warna labelnya lebih gelap dibandingkan dengan yang asli. Sama dengan label maskara KW 3. Selain itu, kode yang tercetak terlihat seperti diprint dengan font yang tebal dan tidak rapih. Lagi-lagi sama dengan maskara kw 3. Kalau yang asli, labelnya berwarna lebih muda, font terbaca jelas meskipun kecil, dan kode yang ada seperti dicetak emboss, bukan sekadar diprint.

Nah, kalo diperatiin lagi nih, si bagian bawah botol ini bentuknya juga beda lho. Yang palsu terlihat masuk ke dalam, sedangkan kalo yang asli rata aja.

Lanjooot,
Untung banget maskara punya sis Putri Khusnul ini plastik pembungkusnya belum dilepas. Kenapa untung banget? Karena justru dari si plastik pembungkusnya inilah bukti nyata mana yang asli dan mana yang palsu! Ini bener-bener otentik banget deh! Mari kita mulai dari bar code...


Nah, kelihatan kan? bar code yang palsu lagi-lagi cetakannya berantakan, tebal dan berbayang. Sebaliknya, yang asli bar code terlihat rapi, tidak berbayang dan jelas.

Baiklaah, siapkan diri anda untuk bukti otentik berikutnya *tahan napaaaas*
Tuiing! bingung kan? kok maskaranya bisa kebalik-balik gitu? Jadi si gambar dan tulisan "WITH PRO-KREATIN + FIBERS" pada maskara yang palsu itu adanya di bagian badan botol dan posisinya kebalik. Nah, kalau yang asli, gambar dan tulisan itu adanya di tutup botol dan nggak kebalik.


Sama hal-nya dengan diatas, daftar bahan alias ingredients-nya pun terbalik. Sekali lagi, yang palsu adanya di badan botol dan terbalik. Kalau yang asli posisinya ada di tutup botol dan nggak terbalik. Ditambah lagi, font untuk ingredients pada maskara asli, walaupun kecil, tetap bisa terbaca. Sedangkan yang palsu? lagi-lagi font-nya beda dan ngasal cetakannya, juga berbayang.

Tuh kan? dari tampak luar aja sebenernya udah bisa kok dibedain mana yang asli dan mana yang palsu. Iya nggak? Tapi demi memuaskan hasrat rasa penasaran sista semua, mari kita telanjangi bagian dalamnya *halah*.

Eng ing eeeeeng....... jreng jreng jreng *bayangin suara2 topeng monyet*


Sodari-sodari semua, pas tutup botolnya dibuka, tertangkap basahlah kalau ini jelas maskara palsu! Silahkan pelototin sendiri bentuk kuasnya... Ternyata bentuk kuasnya setali tiga uang dengan maskara palsu kw 3. Ganggang kuasnya lurus dan kuasnya bentuknya nggak melengkung seperti yang asli.

Ditambah lagi tekstur maskara yang sepertinya lebih cair dan berbau tajam. Emang sih semua bau maskara rada menyengat, tapi kalau yang palsu itu baunya nyengat banget sampe mata pedes. Liat aja maskara yang palsu, isinya berantakan dan menggumpal gitu sampai bibir botolnya kotor. Bandingkan dengan maskara asli yang bibir botolnya rapi, nggak ada maskara yang menggumpal atau nyangkut.

Perbedaan lain yang terpampang nyata *duh, aku kok kaya kesambet roh Syahrini?* adalah tutup botolnya! Yak, lagi-lagi, sama seperti yang ditemukan pada maskara palsu kw 3, tutup botolnya tebal dan kelihatan bahan plastik murahan. Yang asli? Tutup botolnya rapi, diameter lebih besar dan terbuat dari bahan yang berkualitas.

KESIMPULANNYA......

Maskara punya sis Putri Khusnul ini jelas banget PELSONG TINGKAT DEWA! Kenapa tingkat dewa? Karena si pemalsu niat banget nyamain botolnya dan mungkin belajar dari kesalahan kalo produk palsu sebelumnya tulisannya beda sama yang asli. Boleh jadi, maskara ini adalah pengembangan dari produk palsu sebelumnya *berasa laporan kuliah banget gak seh?*

Tapi, sekali lagi, yang namanya barang palsu, mau semirip apapun pasti ada bedanya. Dan foto-foto diatas adalah bukti nyata perbedaan antara yang asli dan yang palsu. Semoga bisa membantu sista semua untuk membedakan. Aku disini Cuma ingin menekankan aja, bahwa produk kosmetika palsu semakin tersebar luas jadi mohon lebih waspada ketika akan membeli. Please, jangan deh percaya sama gombalan seller yang bilang kalo produk ini diambil dari pabrik/distributor langsung. Atau bilang kalau seller punya temen BA Maybelline yang selalu dapet jatah produk. Apalagi kalau ada seller yang mengaku BA Maybelline dan menjual produk dengan harga lebih murah. 

Pokoknya say NO!


Semua gombalan itu adalah cara mereka untuk meyakinkan buyer kalo produk mereka asli, bukan pelsong atau gaje. Please, sekali lagi, be a smart buyer. Jaman kita ini udah canggih, akses internet gampang, semua bisa terkoneksi, cari informasi apa aja tinggal colek mbah Google. Beli produk kosmetika di tempat-tempat yang sudah terpercaya. Jangan tergiur harga murah/diskon. Sabar aja say, Maybelline sering banget kok kasi diskon resmi untuk produk mereka. 

Last word, be a smart buyer sista! Sehat itu masih jauh lebih penting daripada cantik.... *meskipun sehat dan cantik pun juga penting, hehehe*

Thanks for reading!

Share this Post Share to Facebook Share to Twitter Email This Pin This Share on Google Plus Share on Tumblr

10 comments:

  1. Wih serem amit T_T
    Oh ya, kalo beli dicounternya Maybelline langsung kira-kira ada kemungkinan palsu gak ya?

    Nice post sai ^_^
    gratefulbeauty.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. insyaAllah nggak palsu mbak Kornelia.... makanya kalo bisa jangan beli di tempat-tempat yang nggak meyakinkan..

      Salam kenal yaa,

      yuk saling folback biar bisa share informasi2...

      Delete
  2. Iiih bener deh, sebenernya kemarin sempet terperdaya sama harga murah di online shop, masa ya harga eyeliner maybellin 70rb dapet 3pcs. Sekarang banyak banget ya makeup2 fake huuufh..
    Sistersdyne.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak Dine Aisah, mendingan cari aman aja deh sekarang...

      yang parah sih karena yang dipalsuin ini brand drugstore dan bukan brand high end. Jadi mungkin pembeli banyak yang terkecoh.

      kalo produk high end pelsong kan ketahuan banget (kaya MAC, Urban Decay, Etude, Shiseido dll)

      Delete
  3. mbak, itu temennya beli maskaranya dimana? kok bisa dapet yang palsu gituu >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. katanya dia belinya dari temennya. temennya punya temen yang jadi BA di Maybelline. Gitu sih ceritanya...

      makanya itu dia, jangan mau percaya gitu aja. mending dateng langsung ke konter atau beli di tempat2 terpercaya kaya drugstore, supermarket, dan toko kosmetik yang punya BA untuk brand-nya...

      Delete
  4. terus untuk maybeline aslinya dimana yah, saya jadi takut pdhl saya pelangan maybelin banget aplg soal maskaranya.. jdi mau beli jdi takut, klo disupermakrket kayak carefour/indomaaret/alfa apakah palsu kak.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal sista,

      Untuk jaminan keaslian, silahkan beli di counter Maybelline yang ada di mal-mal. Untuk di supermarket besar seperti carrefour, hypermart, dll saya rasa juga asli. Tapi, tidak ada salahnya untuk selalu berhati-hati dengan memperhatikan perbedaan antara yang asli dengan yang palsu..

      Dan jangan juga tergiur harga murah yaaaa....

      Delete
  5. Kalau ud beli di counter maybelline ud pasti asli ya gan.

    ReplyDelete
  6. terimakasih sista Cantik,, jadi makin tahu n hati" sekarang.

    ReplyDelete

Hai! Terima kasih banyak sudah membaca postingan ini. Jangan sungkan menuliskan komentar di bawah ini ya. Komentar, masukan, dan kritik kalian sangat berarti untuk aku. Oya, please jangan masukkan link hidup di komen ya. Semua komentar dengan link hidup akan langsung di-delete.

Have a nice day!


© Talkative Tya | Designed by . All rights reserved.