Tuesday, 26 May 2015

[DIY] Make your own Setting Powder

Assalamualaikum, ladies! 

Hari minggu ini sangat spesial untuk aku karenaa.... today is my birthday! Seneng dan sedih campur aduk. Senang karena alhamdullilah Allah sudah memberikan nikmat yang begiiiitu banyak sampai detik ini. Sedih karena masaku di dunia semakin berkurang. Hiks. Tapi kalian nggak usah ikutan sedih ya karena aku akan berbagi sesuatu yang super spesial..... 

Beberapa minggu lalu, aku membeli share in jar bedak Ben Nye Setting Powder dari Nuri. Tau kan? itu lhoo bedak yang lagi hits untuk nge-set makeup kita supaya awet dan nggak cepet luntur, yang katanya dipake juga sama si tante Kim Kadarshian. Beberapa merek yang juga ngeluarin produk setting powder, seperti MUFE, ELF HD Powder, NYX Setting Powder, dan masih banyak lagi.Terus kenapa nggak beli ajeee Tya? Jawabannya singkat, jelas, dan padat. MAHAL! Emang sih fungsinya kece badai, tapi kalo mahal aku mikir dua kali untuk beli (yang ada bisa dipecut sama suami). Beberapa merek seperti ELF dan NYX bisa dibilang cukup terjangkau dengan kisaran harga 100 ribuan. Tetapiiiii, tetep aja nggak ikhlas ngeluarin duit cuma untuk bedak putih yang hampir nggak ada bedanya dengan tepung.

Ngomong-ngomong soal tepung,  aku excited banget ketika aku menemukan resep untuk bikin setting powder sendiri, alias DIY dengan menggunakan tepung. Heeeh? Tepung? Seriyuuus,cyin? Embeer, ini bukan cuma serius, tapi duarius. Nggak cuma bedak ini gampang dibuat, tetapi juga manfaatnya banyak lhoo. So, are you ready to make your DIY Setting Powder??? Let's get started!




Alat dan bahan yang kamu perlukan adalah:


  • Arrowroot powder (tepung garut)
  • Corn flour (tepung maizena)
  • Cocoa powder (tepung coklat)
  • Measuring spoons,
  • Spatula untuk mengaduk
  • Mangkuk kecil
  • Tempat bedak
  • ayakan (optional)

Oke, semua alat dan bahan sudah siap, sekarang mari kita mulai buat DIY setting powder ini! Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Siapkan mangkuk kecil untuk mengaduk semua bahan. Ambil Arrowroot powder sebanyak 1 sendok ukuran paling besar dan masukkan ke dalam mangkuk. 


2. Masukkan 1 sendok ukuran sedang tepung maizena ke dalam mangkuk.

3. Masukkan tepung coklat ke dalam mangkuk.

4. Semua bahan sekarang sudah ada di dalam mangkuk,  mari kita aduk dengan spatula/sendok hingga semua tercampur rata. Oiya, kalau kamu merasa bedak ini kurang halus, bisa diayak dulu yaaa pakai ayakan tepung. 


5. Setelah tercampur rata dan halus, kamu tinggal masukkan ke dalam tempat bedak.

 6. Voila! Jadi deh DIY Setting powder dengan bahan alami!


Aku suka banget dengan bedak ini karena nggak cuma bikinnya seru, tetapi juga bedak ini bisa menjadi alternatif untuk produk yang aman dan bebas dari toksin, pewarna, dan juga bahan kimia! Bener-bener go green! Selain itu bahan-bahannya pun mudah didapat. Yakin deh pasti semua bahan ini ada di dapur sista semua. 

kiri-kanan: bubuk coklat, tepung maizena, arrowroot powder

Semua bahan yang digunakan memiliki manfaat yang baik untuk kulit kita lho. Arrowroot powder. atau disebut juga tepung garut, memiliki efek menghaluskan kulit. Corn flour, atau bahasa gaulnya di Indonesia adalah tepung maizena, bisa menyerap minyak yang berlebihan di wajah, sehingga akan memberikan hasil kulit wajah yang matte. Terakhir, cocoa powder atau bubuk coklat memiliki zat antioksidan dan anti inflamasi yang bisa membantu meremajakan kulit. Selain itu aroma coklat yang 'yummy' bisa bikin kamu hepi! 

Penasaran swatchnya kaya apa? nih liat aja sendiri... FYI, pas foto ini diambil, bedak yang aku bikin belum diayak jadi pas di foto kelihatan kurang begitu halus. Meskipun begitu, setelah dipakai ke wajah tetap halus lhoo.... 

sebelum di blend

sesudah di blend

Secara keseluruhan bedak ini efektif memberikan hasil yang matte dan sukses mengontrol minyak di wajah aku. Hurray! Suka banget! apalagi bau coklatnya yang harum dan bikin laper. Bedak ini bisa disimpan sampai 6 bulan di dalam wadah yang tertutup. Jangan lupa juga untuk mengocok bedak ini setiap kali mau dipakai yaaa.... 

Untuk swatch langsung di wajah aku, aku akan bikin postingan sendiri ya untuk ngetes kemampuan bedak ini dalam mengontrol minyak. Just wait for it. Selamat mencoba, sista!

Thanks for reading!



Share this Post Share to Facebook Share to Twitter Email This Pin This Share on Google Plus Share on Tumblr

8 comments:

  1. mba, saya baru tau kita bisa bikin bedak sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa banget mbak Kania... bikin lipstik sendiri pun bisa lhoooo... nanti aku share yaa resepnyaa...

      Delete
  2. Alhmdllah aku udh duluan coba gara2 kracunan sm youtubers...n hasilx amazing...aku kukiah pagi.panas2an smp sore...pas pegang pipi jd brtnya2: hai minyak..kmana kau pergi sharian ini...aku gk bs nemuin km di pipi di jidat dmana2 haaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yess! Seneng ya kalau bisa bikin bedak sendiri dan cocok sama wajah. Lebih bagus lagi kalau semua produknya organik (sayangnya mahal).

      Delete
  3. hai mba, boleh tau itu measuring spoon apa kah?
    aku cuma tau measuring spoon yg utk masak/bikin kue itu, yg ukurannya tbspn/teaspoon hihihi..ato bisa juga pk measuring spoon yg ini?
    thanx in advance ;)

    -@ayafabian_

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai hai.... measuring spoon itu sendok takar. Iyaps, sama seperti sendok takar untuk bikin kue itu, sama aja kok mbak////

      Delete
  4. Makasih reviewnya mba.. wah..patut dicoba nih resepnya..hehe, ohya.. untuk tepung arrowroot itu dijual dimana ya mba? Trimss..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tepung arrowroot bisa dibeli di toko perlengkapan bayi mbak, biasanya dijual untuk MPASI bayi...

      Delete

Hai! Terima kasih banyak sudah membaca postingan ini. Jangan sungkan menuliskan komentar di bawah ini ya. Komentar, masukan, dan kritik kalian sangat berarti untuk aku. Oya, please jangan masukkan link hidup di komen ya. Semua komentar dengan link hidup akan langsung di-delete.

Have a nice day!


© Talkative Tya | Designed by . All rights reserved.