Monday, 29 June 2015

[BEAUTY 101] Strobing, trend konturing wajah dengan hasil natural

Assalamualaikum, ladies! 

Belakangan ini aku suka mengaplikasikan sedikit contouring dan shading pada wajahku. Maklum, aku ini terhitung newbie kalau urusan dandan dan baru belakangan ini belajar contouring. Itupun juga yang super basic, bukan yang high contouring macam Kim Kadarshian. Contouring sendiri banyak dipraktekkan oleh beauty enthusiast dan MUA di seluruh dunia karena teknik makeup ini bisa mengoreksi bentuk wajah dan menonjolkan bagian wajah sehingga wajah tampak sempurna. 

Masalahnya, nggak semua orang bisa menguasai teknik contouring. Aku aja yang suka makeup nggak berani kontur/shading selain pipi dan hidung. Selain itu, contouring, kalau tidak tepat pengaplikasiannya, bisa menyebabkan hasil makeup yang 'berat' dan tidak natural. Bisa-bisa, aku yang termasuk newbie dalam bermakeup disangka mau main wayang orang. Hehehe.

But don't worry, ladies! Di awal tahun ini muncul trend contouring yang sangat simpel dan memberikan hasil yang natural, yaitu Strobing. Strobing sendiri diambil dari kata 'strobe', istilah yang umum dalam dunia fotografi, yang artinya cahaya. Maksud cahaya di sini adalah cahaya yang berperan sebagai flash pada kamera yang ditaruh pada posisi dan sudut tertentu sehingga mengenai objek foto.


Konsep strobe pada fotografi tersebut kini diterapkan dalam dunia perlenongan. Bedanya apa dengan contouring? Kalau contouring wajah akan dibentuk dengan menciptakan ilusi bayangan pada bagian-bagian tertentu (biasanya dagum rahang, pipi, dan hidung) dan hasilnya wajah akan nampak lebih tirus dan ramping. Sedangkan strobing pada dasarnya adalah menggunakan highlighter pada bagian wajah tertentu untuk merefleksikan bagian tertentu pada wajah dan menonjolkannya.

Courtesy of: marieclaire.com

Meskipun terkesan simpel, strobing ternyata tidak hanya sekadar wajah polos saja. Dibutuhkan kulit wajah yang sehat dan terawat sebagai dasar. Jadi, jangan malas merawat wajah kamu ya ladies kalau kamu ingin menerapkan teknik strobing ini. So how to pull this strobing makeup technique? Berikut adalah langkah-langkahnya:
  1.  Tetap menggunakan primer, tapi pilih yang dewy finish. Jangan pilih yang matte.
  2. Gunakan water based foundation atau BB cream. Kamu juga bisa mencampurkan foundation dengan moisturizer untuk hasil yang ringan.
  3. Aplikasikan highlighter ke bagian wajah yang secara alami menangkap dan memantulkan cahaya seperti hidung, tulang ppipi, dahi dan dagu. 
  4. Gunakan eyeshadow warna netral seperti coklat dan taupe dan gunakan lipstick warna nude. 
  5. Gunakan loose powder untuk mengeset makeup atau lewati langkah ini. 

Berikut adalah beberapa produk yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan 'look' in:

  1. Milani Illuminating Face Powder
  2. AC Makeup Highlighter
  3. Revlon Highlighting Palette
  4. e.l.f Essential Shimmering Facial Whip
  5. VIO White Miracle Make Up Multi-Cream
  6. The Balm Mary-Lou Manizer
  7. MAC Strobe Cream
  8. NYX 'Born To Glow' Liquid Illuminator
Sebenarnya masih banyak lagi daftar produk yang bisa digunakan, mulai dari brand luar sampai dalam negeri dan mulai dari yang level drugstore brand sampai yang high end brand. Setelah postingan ini, aku akan membuat tutorial bagaimana cara mendapatkan natural look dengan menggunakan teknik strobing. Ditunggu ya, ladies! 

That's all, ladies. Semoga postingan ini bisa membantu kalian yaa. Jangan lupa tinggalkan komen dan saran di kolom komentar di bawah ya. Atau kalau kamu mau sharing tentang teknik strobing ini juga boleh kok. Aku juga masih pemula dalam hal ber-makeup dan butuh banyak masukan. 

Thanks for reading!


Share this Post Share to Facebook Share to Twitter Email This Pin This Share on Google Plus Share on Tumblr

No comments:

Post a Comment

Hai! Terima kasih banyak sudah membaca postingan ini. Jangan sungkan menuliskan komentar di bawah ini ya. Komentar, masukan, dan kritik kalian sangat berarti untuk aku. Oya, please jangan masukkan link hidup di komen ya. Semua komentar dengan link hidup akan langsung di-delete.

Have a nice day!


© Talkative Tya | Designed by . All rights reserved.