Sunday, 14 June 2015

[DIY] Nose Pore Pack untuk basmi komedo membandelmu

Happy Weekend, ladies!

DIY kali ini masih berhubungan dengan komedo yang bandel. Masih ingat DIY Masker Komedo yang sebelumnya aku posting? Nah, buat kamu yang belum baca atau belum coba, silahkan mampir di sini yaa.

So far respon dari teman-teman sangat menggembirakan. Banyak yang komentar kalau masker komedo membantu mengurangi komedo yang nangkring di hidung. Buat aku pribadi, masker komedo cukup efektif menghilangkan komedo. Hanya saja ada satu yang kurang.... kurang greget! Maksudnya greget itu karena dengan masker komedo aku nggak bisa melihat secara langsung (duilah) komedo-komedo yang tercabut. Jadi, DIY kali ini adalah membuat nose pore pack sendiri! Penasaran? Langsung simak baik-baik yaa tutorialnya.


Alat yang kamu perlukan adalah:
Sendok takar (aku pakai dari sendok takar masker)
Mangkuk kecil tahan panas microwave
Kuas masker
Microwave

Bahan yang kamu perlukan adalah:
Gelatin bubuk (bisa dibeli di toko bahan kue, punyaku harganya 9 ribu saja)
Air


 Cara membuat:
 #1
Siapkan mangkuk tahan panas. Masukkan 1 sendok takar kecil gelatin bubuk ke dalam mangkuk.

#2
Masukkan 1 sendok takar besar ke dalam mangkuk yang sudah berisi gelatin bubuk. Aduk dengan rata.
Pada tahap ini, meskipun gelatin sudah tercampur dengan air, masih ada gelatin yang belum larut sempurna. 

#3
Agar larut sempurna, masukkan mangkuk ke dalam microwave dan setel selama 5 detik saja. 
Kalau ternyata masih belum larut, bisa ditambah 5 detik lagi. Diamkan sampai dingin. 

#4
Setelah cukup dingin, gelatin ini siap digunakan sebagai nose pore pack deh! 

#5
Aplikasikan nose pore pack ke hidung dengan menggunakan kuas masker. 

Berhubung satu sendok takar kecil bisa jadi banyak banget, sisa gelatin ini aku oleskan ke hidung si hubby yang kayanya penuh dengan komedo. Jadilah kita pasangan yang kompak melawan komedo! 


Setelah menunggu sekitar 15 menit (atau sampai bagian yang diolesi masker ini terasa kencang), mulailah untuk menarik pore pack ini. Surprise! Hasilnya LUAR BIASA! Semua komedo tercabut dan kulit terasa halus dan lembut. Setelah mengering, gelatin ini akan tetap transparan dan kalau kamu perhatikan baik-baik fotonya, bagian yang ada bintik-bintik putih itu semuanya adalah komedo yang terangkat. Kalau masih kurang jelas, silahkan klik foto untuk memperbesar.


Waduh, ternyata gelatinnya masih nyisa banyak nih. Akhirnya daripada mubazir aku olesin aja gelatin ini ke seluruh muka si hubby. Secara dosa-dosa komedo dia bertebaran di seluruh bagian muka. Hehehehe.


Bener aja, ketika pore pack sudah kering dan mulai dikelupas, komedo-komedo di muka hubby keangkat semua. Mulai yang di dagu, jidat, sampe di pipi pun ketarik. Aku aja ngeliatnya geli sendiri. Hiiiiy.... 

Wajah stress ngeliat komedo yang bejibun
Tapi semua perjuangan itu berakhir manis dan indah. Hubby komentar kalau wajahnya langsung terasa muyuuus sekali setelah pakai pore pack ini. Sepertinya pakai pore pack ini harus dijadikan rutinitas mingguan deh, demi menghalau komedo.

Sebelum tutorial DIY Nose Pore Pack ini aku akhiri, aku akan memberikan beberapa Q&A terkait nose pore pack.

Q: Gelatin belinya di mana ya?
A: Silahkan cari di toko bahan kue yaaa. Ada yang lembaran dan ada yang bentuk bubuk. Beli yang bubuk aja. 

Q: Harganya berapa sis? 
A: Tergantung tokonya ya say. Biasanya gelatin dijual dalam kemasan repacking karena aslinya gelatin itu dijual dalam kemasan karung 15kg. Gak mungkin juga kan kamu beli gelatin sampe kiloan? Bisa buat maskerin orang satu kampung. Untuk harga kisarannya antara 9 ribu - 15 ribu. 

Q:Gelatin itu apa ya?
A: Gelatin itu adalah jenis protein yang diekstrak dari jaringan kolagen kulit, ligamen, atau tulang hewan. Gelatin ini biasanya digunakan sebagai campuran ketika membuat kue seperti cheese cake, ice cream cake, dan pudding. 

Q: Dari jaringan kolagen hewan? Hewan apaan? Halal nggak?
A: Hewannya bisa hewan sapi atau dari tulang ikan. Berdasarkan badan POM, hampir sebagian besar gelatin adalah produk impor dan berasal dari organ sapi. Jadinya halal. 

Q: Aku nggak punya microwave, terus gimana dong cara melarutkannya?
A: Kamu bisa melarutkannya dengan cara di tim. Lakukan hingga langkah 2. Siapkan air panas dan taruh di wadah mangkuk lain. Lalu, mangkuk yang berisi gelatin dimasukkan ke dalam mangkuk yang berisi air panas lalu aduk rata. Dengan cara ini gelatin bisa larut sempurna meskipun butuh waktu lebih lama. Kamu juga bisa langsung melarutkan gelatin dengan air panas.
Q: Air untuk melarutkan gelatin bisa nggak diganti dengan cairan lain?

A: Bisa banget, kamu bisa ganti dengan susu untuk mendapatkan pore pack yang bisa mengangkat komedo sekaligus menghaluskan kulit. Bisa juga dengan air perasan lemon untuk kamu yang memiliki kulit berminyak.

That's a wrap, ladies! Semoga langkah membuat dan penjelasannya sudah cukup jelas yaa. Gimana? Tertarik untuk mencoba? Kenapa nggak? Dengan membuat nose pore pack kamu sendiri, kamu bisa berhemat banyak dan hasilnya sama efektifnya dengan pore pack yang dijual di pasaran.

Selamat mencoba! 



Share this Post Share to Facebook Share to Twitter Email This Pin This Share on Google Plus Share on Tumblr

2 comments:

  1. Halo ka. Mau tanya nih. Di daerahku sulit banget nyari gelatin. Soalnya penjual takut itu terbuat dari babi. Kalo diganti dengan nutrijel bisa gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Dibba, terima kasih ya sudah mampir. Kalau untuk nutrijel aku pribadi belum pernah coba. Saran aku sih kalau emang mau coba, pakai nutrijell yang plain aja. Atau kamu bisa coba resep DIY masker komedo pakai lem kertas. Aku pernah lihat tutorialnya di youtube cuma masih belum berani nyoba... hehehe...

      Delete

Hai! Terima kasih banyak sudah membaca postingan ini. Jangan sungkan menuliskan komentar di bawah ini ya. Komentar, masukan, dan kritik kalian sangat berarti untuk aku. Oya, please jangan masukkan link hidup di komen ya. Semua komentar dengan link hidup akan langsung di-delete.

Have a nice day!


© Talkative Tya | Designed by . All rights reserved.