Sunday, 23 August 2015

[BEAUTY 101] Lemon Water VS. Lime Water - Mana yang lebih baik?

Good morning, Ladies!

Siapa yang lagi struggling nurunin berat badan! *acungkan tanganmu* Hehe. Menurunkan berat badan itu benar- benar perjuangan yang luar biasa. Dibutuhkan tidak hanya sekadar kerja keras, tetapi juga komitmen dan niat yang SUPER kuat.  Bagi yang diet, pasti sudah tidak asing dengan lemon water ya. Lemon water ini memiliki segudang manfaat untuk tubuh, baik yang lagi berdiet maupun yang hanya ingin menjaga kesehatan tubuh. Mulai dari meningkatkan metabolisme tubuh, membantu menurunkan berat badan, meningkatkan kekebalan tubuh, sampai mempercantik kulit. 

Kebanyakan lemon yang dijual di Indonesia adalah lemon import yang harganya aduhai (sekilo lemon yang isinya cuma 4-5 biji bisa mencapai 50 ribu rupiah). Nah, ada nih saudaranya si lemon, yaitu lime, yang lebih beken dipanggil jeruk nipis. Apakah jeruk nipis ini memiliki kemampuan yang sama seperti lemon dan bisa dijadikan sebagai pengganti lemon? Yuk cari tahu di sini.


Lemon dan jeruk nipis. Sumber: Pixabay.com

Lemon dan jeruk nipis sama-sama memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Dan kandungan nutrisi dari lemon dan jeruk nipis ini juga tidak jauh berbeda lho. Memang sih, lemon memiliki kandungan vitamin C 2x lipat lebih besar dibandingkan jeruk nipis. Vitamin C sendiri sangat diperlukan untuk pembentukan glutathione, yaitu suatu antioksidan yang membantu kerja liver dalam menghilangkan toksin dalam tubuh. Sedangkan jeruk nipis memiliki kandungan vitamin A dan kalsium yang lebih besar dibandingkan lemon (lihat tabel di bawah).

Sumber: Lemon vs. Lime on Diffen

Lalu, apakah jeruk nipis bisa digunakan sebagai pengganti lemon? Jawabnya adalah YA! Perbedaaan kandungan antara keduanya tidak terlalu signifikan (kecuali vitamin C) sehingga keduanya bisa memberikan manfaat yang baik untuk tubuh.

Apabila biasanya kamu biasnaya menggunakan hanya setengah buah lemon untuk membuat lemon water, berarti kamu memerlukan satu buah jeruk nipis untuk mendapatkan manfaat yang sama. Jadi, yang penting di sini adalah kuantitas/ukurannya.

Secara aku ini emak-emak yang nggak mau rugi, sejak tahu kalau jeruk nipis bisa dipakai untuk menggantikan lemon dan tetap mendapatkan manfaat yang sama tentu saja aku langsung beralih ke jeruk nipis. Nggak cuma harganya yang beda kasta (3 jeruk nipis ukuran sedang cukup ditebus dengan uang 2 ribu rupiah saja), jeruk nipis juga lebih mudah didapatkan. Nggak perlu jauh-jauh ke supermarket atau toko buah untuk membeli jeruk nipis, cukup ke tukang sayur aja. Bahagianyaaa!

At last, baik lemon water maupun lime water sama-sama memiliki manfaat yang sama baiknya. Soal manfaat yang didapatkan, secara kasat mata aku tidak melihat adanya perbedaan signifikan  yang terjadi pada tubuhku antara lemon water dan lime water. Yang pasti, minum lemon water atau lime water hangat di pagi hari sangat membantu aku biar perutku nggak buncit (ketahuan deh celanya). Jadi, kamu hggak perlu bingung lagi mau minum lemon water atau lime water yaa. Bahkan kamu bisa juga kok mengkombinasikan keduanya sekaligus untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

Yuk kita mulai kebiasaan sehat di pagi hari dengan minum lemon water/lime water! 

a-glass-of-warm-lime-water-for-your-health

Thanks for reading!




Share this Post Share to Facebook Share to Twitter Email This Pin This Share on Google Plus Share on Tumblr

No comments:

Post a Comment

Hai! Terima kasih banyak sudah membaca postingan ini. Jangan sungkan menuliskan komentar di bawah ini ya. Komentar, masukan, dan kritik kalian sangat berarti untuk aku. Oya, please jangan masukkan link hidup di komen ya. Semua komentar dengan link hidup akan langsung di-delete.

Have a nice day!


© Talkative Tya | Designed by . All rights reserved.