Tuesday, 25 August 2015

[BLOGGING 101] How to Backup Your Blogger Blog

Assalamualaikum, everyone!

Belum lama ini beberapa beauty blogger Indonesia mengalami musibah maha dahsyat, blog mereka di-hack oleh orang-orang tidak bertanggung jawab. Kenapa aku bilang musibah maha dahsyat? Karena blog itu udah kaya anak sendiri, iya nggak sih? Bayangkan saja, membuat blog itu perlu kerja keras. Nggak cuma sekadar bikin akun dan pasang template yang lucu, tetapi juga memikirkan konsep blog dan bagaimana me-maintain blog itu sendiri. 

Aku sendiri ketika mendengar kabar ini langsung shock berat. Aku bisa ngebayangin gimana sedihnya mereka yang blog-nya di-hack. Bayangkan semua yang sudah mereka tulis, semua kerja keras, dan semua pencapaian dari blog tersebut hilang, lenyap begitu saja. Hiks, kalau aku sendiri yang mengalami itu pasti bakalan nangis bombay lebay macam alay. Boleh jadi aku akan langsung bikin boneka vodoo dan kirim guna-guna untuk si hacker. 

Dengan kejadian ini aku rasa hampir semua blogger (nggak cuma beauty blogger aja) tersadarkan akan pentingnya menjaga blog dari ancaman hacker. Aku langsung buru-buru mengamankan blog aku (mengganti password, melakukan double verification, dan backup blog). Beberapa tips menjaga keamanan blog juga sudah dibahas sama mbak Sekar Arum di postingan ini : [Blogging Talk] Blog Hacking dan Cara-Cara Melindungi Blog Kita.

Pada postingan kali ini, aku mau memberikan tutorial bagaimana melakukan backup pada blog dengan platform Blogger. Backup ini meliputi backup blog secara keseluruhan, backup template blog, dan backup postingan. Mungkin banyak blogger yang sudah tahu soal ini tapi tidak ada salahnya kan di-share lagi.


Langkah backup keseluruhan blog (export blog)

Blogger > Dashboard > Settings > Others


Ketika kamu sudah sampai di tahap Others, klik tombol 'Export Blog' dan nanti akan muncul tampilan seperti di bawah ini. 


Selanjutnya kamu tinggal klik download dan file dengan format .xml akan langsung otomatis tersimpan di komputermu. Nama file-nya akan seperti ini blog-tanggal download.xml (contoh: blog-08-25-2015.xml). File ini menyimpan semua data dan postingan yang ada, sehingga kalau kamu mau memindahkan isi blog ke blog yang baru, cukup dengan meng-upload file ini. 

Langkah backup template blog

Blogger > Dashboard > Template > Backup/Restore



Sama seperti backup keseluruhan blog, file dari backup template ini juga memiliki format file .xml. Backup template ini wajib dilakukan kalau blog kamu memiliki desain blog yang kamu buat sendiri/sudah jadi trademark blog. Sayang kan kalo udah ngedesain blog cantik terus dicuri orang? 

Langkah backup postingan di Blogspot

Blogger > Dashboard > Settings > Mobile and Email > Email post to


Dengan melakukan setting di atas, setiap postingan yang kamu publish akan langsung dikirimkan ke email (sesuai dengan email yang kamu masukkan ke dalam settingan) dan langsung disimpan dalam folder khusus (terutama jika email yang kamu gunakan adalah Gmail). Yap, langkahnya memang simpel banget tetapi sangat berguna. Jadi, kalau nanti tiba-tiba blog kamu kena hack *amit-amit deeh, jangan sampe*, semua data postingan kamu tersimpan dengan aman di email. 

Oya, biasakan untuk mem-backup semua yang tersimpan di blog secara berkala ya. Minimal sebulan sekali lakukan backup. Jika kamu rajin posting setiap hari, gak ada salahnya melakukan backup setiap minggu. Selain cara di atas, kamu juga bisa mengetik postingan kamu di file Word terlebih dahulu dan menyimpannya di penyimpan data (harddisk, flashdisk, CD, apapun itu), atau sebaliknya postingan yang sudah dipublish langsung kamu salin ke file Word. 

Photo: Pixabay.com

Mari kita doakan rame-rame supaya para hacker itu insyaf dan bertobat. Mari kita sama-sama lindungi blog kita. Seperti kata Bang Napi, kejahatan itu terjadi bukan hanya karena ada niat dari si pelaku, tetapi juga karena adanya kesempatan. Jadi, WASPADALAH! 

Thanks for reading!

Share this Post Share to Facebook Share to Twitter Email This Pin This Share on Google Plus Share on Tumblr

2 comments:

  1. Mau mulai rajin back up mulai dari sekarang. Sayang banget hasil kerja keras itu dihack oknum enggak bertanggung jawab :'(.

    Padahal beauty blog itu isinya enggak cuma foto-foto terus ketik ala-ala dan jadi :'(. Untuk satu postingan aja kita mikirin banget biar foto produknya bagus atau enggak, belum edit foto, kontennya menarik atau engga, trial & error produknya dan lain-lain.

    Tingkat keamanan harus dobel ya sekarang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget mbak, rasanya tuh gregetan ya. Jadi memang kita-nya yang harus aktif melakukan tindakan preventif supaya hal-hal seperti ini tidak terjadi....

      Delete

Hai! Terima kasih banyak sudah membaca postingan ini. Jangan sungkan menuliskan komentar di bawah ini ya. Komentar, masukan, dan kritik kalian sangat berarti untuk aku. Oya, please jangan masukkan link hidup di komen ya. Semua komentar dengan link hidup akan langsung di-delete.

Have a nice day!


© Talkative Tya | Designed by . All rights reserved.