Wednesday, 7 October 2015

[HAIR 101] Tips Perawatan Rambut Berhijab

Assalamualaikum, ladies!

Rambut adalah mahkota wanita, tidak terkecuali bagi mereka yang mengenakan jilbab. Meskipun rambut hijabers terlindungi dari sinar matahari, hujan, panas, dan debu, bukan berarti kita tidak harus merawat rambut lho. Justru rambut berhijab harus mendapatkan perawatan ekstra agar tetap terjaga kesehatan dan kebersihannya. Apabila tidak dirawat secara rutin, rambut yang tertutup jilbab rentan mengalami kerusakan seperti rontok dan berketombe. Nggak lah yaaw! Nah, agar rambut berjilbab tetap terjaga keindahannya, berikut adalah tips perawatan rambut bagi hijabers yang aku kumpulkan dan sudah aku praktekkan langsung. 


#1 JANGAN MENGIKAT RAMBUT SAAT MASIH BASAH
rambut yang diikat dalam keadaan basah bisa menyebabkan lepek dan bau juga kerontokan
Mengikat rambut dalam keadaan basah bisa menyebabkan kerontokan lho, ladies. 

Sebetulnya tips ini berlaku untuk semuanya, baik rambut berhijab maupun yang tidak. Sering kali kita mengikat rambut dalam keadaan masih basah atau lembab karena terburu-buru dan harus beraktivitas. Hal ini ternyata bisa merusak akar rambut lho. Bagi rambut berhijab, efeknya bisa lebih parah lagi karena rambut tidak dapat kering secara alami maka rambut akan menjadi lepek dan bau. Apabila sering dilakukan, rambut juga akan mengalami kerontokan. Solusinya adalah selalu keringkan rambut sebelum mengikatnya. Cobalah untuk mengatur waktu agar kamu memiliki cukup waktu untuk mengeringkan rambut sebelum mengikat dan mengenakan hijab. Kalau memang benar-benar sedang terburu-buru, gunakanlah alat pengering rambut. 

#2 BEBASKAN RAMBUTMU
Biarkan rambut tergerai bebas dari hijab saat berada di rumah agar rambut bisa bernafas
Lepaskan ikatan rambutmu saat berada di rumah.

Kalau kamu hijabers, kemungkinan besar rambutmu tertutup jilbab sepanjang hari, terutama bagi kamu yang memiliki aktivitas di luar rumah. Namun, cobalah untuk membiarkan rambut terbuka dan bebas dari hijab, terutama jika kamu ada di rumah. Lepaskan ikat rambut dan biarkan rambut tergerai agar mendapatkan sirkulasi udara dan tidak lembab. Kalau di rumah kamu terdapat non-muhrim, kamu bisa melakukannya di kamar tertutup atau cobalah menggunakan hijab yang longgar tanpa inner. 

#3 CUCI INNER HIJAB DAN HIJAB SECARA RUTIN
Cuci inner hijab dan hijab setiap kali selesai digunakan untuk menghindari kotoran dan kuman
Cucilah inner hijab setiap kali setelah dipakai.

Apabila kamu berhijab dan menggunakan inner, sebaiknya kamu mencuci inner hijabmu setiap kali kamu selesai menggunakannya. Apalagi bagi hijabers yang tinggal di daerah yang panas. Jangan menggunakan inner hijab selama berhari-hari tanpa dicuci karena keringat dan panas bisa memicu ketombe dan yang lebih parah lagi bisa menyebabkan kerontokan. Nggak ada salahnya kamu memiliki beberapa inner hijab agar kamu bisa memakainya bergantian. 

#4 PANGKAS RAMBUT SECARA BERKALA
Potong rambut secara rutin agar rambut berhijab tidak bercabang
Lakukan trimming setiap 1-1,5 bulan sekali agar rambut tidak bercabang.

Memakai hijab bukan berarti kamu tidak perlu perawatan termasuk potong rambut lho, ladies. Sama hal-nya seperti ladies yang tidak berhijab, kamu perlu melakukan trimming setiap 1-1,5 bulan sekali untuk memotong ujung rambut yang bercabang. Jadi, meskipun tidak ada siapapun yang bisa melihat rambutmu, tetap jaga rambutmu  agar tetap indah dan sehat.


#5 JANGAN MENGIKAT RAMBUT TERLALU KENCANG
Ikatan rambut yang terlalu kencang bisa menyakiti rambut kita lho, ladies. 

Bagi kamu yang berhijab, cobalah untuk tidak mengikat rambutmu terlalu kencang. Ada beberapa alasan kenapa kamu sebaiknya melonggarkan ikatan rambut. Pertama, rambut yang diikat terlalu kencang bisa menyebabkan syaraf pada bagian kepala tertarik dan membuat pusing. Kedua, ikatan rambut yang terlalu kencang bisa membuat rambut rapuh dan mudah patah.

***

Itu dia beberapa tips perawatan rambut berhijab agar rambut kamu tetap terjaga keindahannya. Jangan karena kamu berhijab lalu lupa merawat bagian tubuh yang satu ini. Semoga tips ini bisa membantu yaa. Jangan lupa tinggalkan komentar, saran ataupun kritik tentang postingan ini. 

Thanks for reading!

Dikutip dari berbagai sumber. 

Share this Post Share to Facebook Share to Twitter Email This Pin This Share on Google Plus Share on Tumblr

No comments:

Post a Comment

Hai! Terima kasih banyak sudah membaca postingan ini. Jangan sungkan menuliskan komentar di bawah ini ya. Komentar, masukan, dan kritik kalian sangat berarti untuk aku. Oya, please jangan masukkan link hidup di komen ya. Semua komentar dengan link hidup akan langsung di-delete.

Have a nice day!


© Talkative Tya | Designed by . All rights reserved.