Wednesday, 4 November 2015

[BEAUTY 101] Tips Makeup untuk Kulit Berminyak

Happy Wednesday, gorgeous!

Biasanya di bulan November kita akan disambut dengan hujan yang cukup deras, tetapi karena anomali cuaca dan (mungkin) pengaruh dari global warming menyebabkan di bulan ini kita masih harus berjuang dengan panas terik. Bagi kamu yang memiliki kulit berminyak (termasuk aku), cuaca panas memang musuh berat untuk kulit karena cenderung menyebabkan kulit tambah berminyak bagaikan kilang minyak di Timur Tengah. Lalu bagaimana menyiasatinya? Berikut adalah tips makeup untuk kulit berminyak supaya hidup kamu nggak cuma dirempongin sama minyak di wajah. 


TIPS #1 GUNAKAN MATTIFYING MOISTURIZER
Meskipun kamu memiliki kulit berminyak, bukan berarti kamu boleh melewatkan tahap ini. Moisturizer atau pelembab tetap harus kamu aplikasikan karena pada umumnya pelembab memiliki manfaat untuk merawat kulit. Untuk itu, pilihlah pelembab yang diformulasikan khusus untuk kulit berminyak. Pelembab ini mampu menyerap minyak berlebih di wajah dan memberikan tampilan matte. Kamu bisa mencoba Bioderma Sebium Global (Rp 200,000), Biokos Martha Tilaar Hydro Gel Moisturizer (Rp 35,000), atau The Body Shop Seaweed Mattifying Moisture Lotion SPF 15 (Rp 239,000) agar wajah kamu bebas kilap seharian.



TIPS #2 JANGAN LUPAKAN PRIMER
Siapa bilang cewek dengan kulit berminyak tidak bisa pakai makeup? Agar makeup kamu tahan lama dan tidak terlihat seperti habis nyemplung ke dalam penggorengan, kunci utamanya adalah menggunakan primer. Primer diaplikasikan sebelum menggunakan makeup dan berfungsi agar makeup lebih awet. Primer yang diformulasikan untuk kulit berminyak biasanya memiliki kelebihan mengurangi kadar minyak di wajah, mengecilkan pori-pori, sampai meratakan warna kulit. Revlon Photoready Perfecting Primer (Rp 160,000), Benefit The POREfessional (Rp 450,000), NYX Shine Killer (Rp 325,000), dan Make Over Hydration Serum (Rp 90,000) adalah beberapa primer yang bisa kamu coba.


TIPS #3 APLIKASIKAN FOUNDATION KHUSUS KULIT BERMINYAK
Foundation ataupun BB cream berperan penting agar makeup kamu semakin flawless. Agar wajah kamu tidak tambah berminyak, pilih foundation/BB cream yang berbasis air (water based) dan mampu menyerap kelebihan minyak di wajah. Cara pengaplikasian pun juga berpengaruh. Agar foundation/BB cream kamu merata dan tidak belang, coba untuk mengaplikasikan menggunakan sponge blender (seperti Masami Shouko atau Real Techniques) atau menggunakan buffing brush. Dengan menggunakan kedua tools tersebut, kamu bisa menghemat foundation/BB cream karena keduanya bisa memaksimalkan penggunaan foundation. Tya merekomendasikan ELF Acne Fighting Foundation (Rp 90,000), The Body Shop Tea Tree Flawless BB Cream (Rp 179,000), dan The Face Shop Oil Control Water Cushion (Rp 369,000).


TIPS #4 POWDER IS POWER
Agar makeup tetap awet, jangan lupa aplikasikan loose powder yang nggak cuma bikin makeup kamu tanpa cela, tetapi juga mengurangi kilap di wajah. Sekarang sudah banyak pilihan loose powder yang diformulasikan khusus untuk kulit berminyak. Bagi kamu yang tidak suka menggunakan foundation/BB cream, kamu bisa menggunakan bedak yang memiliki coverage sehingga wajah tetap terlihat flawless. Untuk kamu yang menggunakan foundation/BB cream, pilih loose powder yang transparan atau tidak ada coverage. Berikut adalah beberapa produk yang bisa kamu coba Rimmel Stay Matte Powder (Rp 110,000), NYX Stay Matte But Not Flat Powder Foundation (Rp 215,000) , Coty Airspun Loose Face Powder (Rp 100,000), Mineral Botanica Original Loose Foundation (Rp 55,000), dan Red-A Compact Powder Translucent (Rp 25,000). Atau kamu bisa buat sendiri loose powder kamu lho! Cek cara membuatnya di sini.


TIPS #5 BLOTTING PAPER IS YOUR SIDEKICK
Waks! Wajah sudah mulai terlihat mengkilap lagi! Padahal kamu sudah menggunakan moisturizer, primer, foundation, sampai bedak khusus kulit berminyak. Bikin sebal ya. Tapi itu semua wajar kok. Wajah yang terlihat mulai berminyak dan mengkilap ini bisa saja disebabkan karena aktivitas kamu, terutama jika kamu beraktivitas di bawah terik matahari. Bahkan yang beraktivitas di dalam ruangan ber-AC pun tidak lepas dari kulit mengkilap. Jangan buru-buru dempulin wajah kamu dengan bedak ya, sist. Coba deh pakai blotting paper atau oil paper terlebih dahulu yang mampu menyerap minyak dan menghilangkan kilap di wajah. Blotting paper ini akan membuat wajah kamu matte seketika. Sista bisa coba Clean and Clear Oil Control Film (Rp 26,000), Mentholatum Acnes Oil Control Film (Rp 30,000). Kamu juga bisa coba  Palladio Rice Paper (Rp 80,000) yang nggak cuma menghilangkan kilap tetapi juga sekaligus bedakan.


TIPS #6 STAY HYDRATED
Tips terakhir ini penting banget lho sista. Tahu nggak? Kalau kulit kita kekurangan air, kulit akan memproduksi minyak lebih banyak. Jadi, coba deh diingat-ingat, berapa banyak konsumsi air kamu setiap harinya? Apakah sudah 8 gelas? Bisa jadi kulit kamu lebih berminyak dibandingkan biasanya karena kurang minum. Agar aku tahu apakah konsumsi air-ku dalam sehari sudah cukup, aku minum menggunakan botol air (Aku pakai botol air dari Tupperware yang unyu abis). Botol ini kapasitasnya 500 ml, jadi kalau aku sudah minum 4 botol  (4 x 500 ml = 2 liter air) tandanya aku sudah memenuhi kebutuhan airku untuk sehari. Selain minum air, kamu juga bisa menghidrasi kulit dengan menyemprotkan face mist. Favorit Tya adalah Bioderma Hydrabio Brume (Rp 100,000) yang multifungsi (sebagai face mist, setting spray, sampai untuk ngeblend makeup). Produk lainnya yang bisa kamu coba adalah Avene Eau Thermale Spring Water (Rp 150,000) dan ProBio C Face Spray (Rp 70,000).


***

Itu dia 6 tips dari TalkativeTya untuk kamu yang memiliki kulit berminyak. Apakah kamu punya tips lainnya untuk mengurangi kulit berminyak? Jangan lupa tulis dan share di komen yaa. Semoga tips ini bisa membantu kalian semua ya.

Thanks for reading!

Share this Post Share to Facebook Share to Twitter Email This Pin This Share on Google Plus Share on Tumblr

11 comments:

  1. mba.. bioderma ini di drugstore biasa ada ga sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada mbak, di drugstore macam guardian dan watson ada. Di sociolla.com juga ada. Mbak mutia kalau mau beli di Sociolla bisa pakai kode voucher aku TYA50 untuk dapat potongan harga lhooo

      Delete
  2. mba, beli elf foundation acne nya dimana yaa yg recomended?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mbak Lilik! Untuk elf foundation aku biasanya beli di seller instagram dan waktu itu belinya sama Pratwonamshop. Mungkin bisa dicek di sana. Semoga membantu yaa...

      Delete
  3. Biokos Martha Tilaar Hydro Gel Moisturizer beli di mna ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Inri, kamu tinggal di daerah mana? Untuk jabodetabek produk Biokos bisa didapat di supermarket besar atau drugstore. Di beberapa mall juga ada toko khususnya seperti di Grand Indonesia dan di Lotte Mart Kuningan.

      Kalau susah cari di tempat-tempat itu bisa beli langsung via webstore resmi mereka. Semoga membantu yaa...

      Delete
  4. mbak beli tea tree dimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tea tree bisa dibeli di The Body Shop mbak MFn....

      Delete
  5. mba tya mau nanya dong, rimmel stay matte powder bisa dicari dimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa coba ke online shop Nabilah.... jangan lupa pilih online shop yang terpercaya yaa...

      Delete

Hai! Terima kasih banyak sudah membaca postingan ini. Jangan sungkan menuliskan komentar di bawah ini ya. Komentar, masukan, dan kritik kalian sangat berarti untuk aku. Oya, please jangan masukkan link hidup di komen ya. Semua komentar dengan link hidup akan langsung di-delete.

Have a nice day!


© Talkative Tya | Designed by . All rights reserved.