Thursday, 31 December 2015

Refleksi Akhir Tahun 2015 Blog Talkativetya.com

Happy Holiday, everyone! 


Nggak terasa hari ini adalah hari terakhir di tahun 2015 dan dalam hitungan jam akan berganti menjadi 2016. Postingan kali ini Tya akan menulis sesuatu yang sedikit berbeda, yaitu tentang refleksi dari blog aku ini, apa saja yang telah aku capai dan apa yang menjadi impianku di tahun depan terkait blog ini.  Semoga tulisan ini tidak membuat kalian bosan ya.


1. Aktif menulis di blog. 

Di awal tahun ini aku sempat menulis satu posting tentang resolusi tahun baru 2015. Salah satu resolusiku adalah lebih aktif menulis untuk blog ini. Alhamdulillah, resolusi ini tercapai dengan sangat memuaskan. Di tahun 2014 aku hanya menulis 23 postingan dan di tahun ini aku bisa menulis 5x lipat yaitu 133 postingan. Meskipun aku belum bisa konsisten menulis setiap hari, tetapi ini sudah pencapaian yang luar biasa bagiku. Yeaaay! Aku juga selalu berusaha menulis hal yang bermanfaat untuk orang lain, jadi bukan hanya sekadar tulisan curhat macam ABG galau ya...


2. Networking dengan sesama blogger. 

Di tahun ini juga aku banyak berkenalan dengan blogger-blogger lain yang semuanya cantik luar dalam. Pertama kali ketemu sama mereka, aku rasanya malu karena aku nggak ada seujung kuku-nya mereka, but they all are so kind (bless you all). Mereka nggak sungkan berbagi ilmu. Pada akhirnya, mereka tidak hanya menjadi teman secara online, tetapi menjadi sahabat dalam kehidupan. Nggak cuma itu, they all are talented! Blog mereka selalu menjadi inspirasi dan penyemangat aku untuk menjadi lebih baik. Amanda Anandita Rizal, Jean Milka, mbak Dine Aisah, Istiarina Putri, Rifka Giovani, Reiny Andiani HK, Roosvania, Vania, Lily Kanaya, Stefanny Fausiek dan masih banyak blogger lainnya. Tidak lupa juga untuk beauty besties-ku Shapie Yupie, Nuri Adlina, dan Anindita Khrisna yang selalu jadi partner-in-crime dalam segala hal. ^.^

3. Bergabung dengan komunitas blogger dan makeup. 

Percaya atau tidak, dengan bergabung dalam komunitas blogger dan pencinta makeup dan skincare, aku mendapatkan banyak hal positif. Mulai dari berkenalan dengan sesama blogger dan beauty enthusiast lainnya sampai berbagi informasi seputar kesehatan dan kecantikan. Nggak cuma itu saja, dari komunitas-komunitas ini juga traffic blog aku meningkat dan blog aku semakin dikenal banyak orang. Di tahun ini juga aku sangat bersyukur bisa bekerja sama dengan beberapa pihak yang tentu saja merupakan pencapaian yang luar biasa untuk aku yang masih blogger ala-ala ini. Terima kasih banyak untuk +Kawaii Beauty Japan  yang beberapa kali mempercayakan aku untuk menulis review beberapa produk dan diundang event, juga teman-teman blogger yang suka ngajakin datang ke event (suer, kalau bukan karena diajak kalian, mungkin aku nggak tahu apa-apa deh). 

4. Hijrah ke domain berbayar.

Dari sejak awal aku mulai blogging, wacana untuk mengganti domain blog ini sudah ada. Setelah 3 tahun, baru deh kesampaian hijrah ke domain berbayar. Blog ini resmi jadi Talkativetya.com terhitung sejak tanggal 18 Mei 2015. Emang apa sih ngaruhnya ganti nama domain? Domain yang masih nebeng dengan platform blog (blogspot, kompasiana, blogdetik, dll.) bukan berarti nggak bisa se-beken domain berbayar macam dot.com atau dot.net. Tetapi dengan memiliki domain berbayar, ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan si empunya. Contohnya saja, blog lebih search-engine friendly dan  lebih mudah mendapatkan tawaran job review. Blog ini mulai dikenal orang (walaupun belum setenar bloggers yang aku sebutkan di atas ya). Aku pun mulai serius menggarap blog ini dengan melakukan perubahan-perubahan, mulai dari desain blog (meski masih ala kadarnya), belajar fotografi otodidak, sampai belajar tentang bagaimana mengoptimalisasi blog agar lebih bermanfaat bagi banyak orang.


Karena di tahun ini aku juga memutuskan untuk fokus menulis tentang kecantikan dan kesehatan, tetapi tidak menutup diri untuk menulis hal lain yang bermanfaat,  maka aku mengganti tag line blog ini menjadi 'beauty and beyond'. Oya, selama kurang lebih 7 bulan dengan nama domain baru, DA blog aku naik menjadi 14 dan PA-nya menjadi 25. Horeee!

5. Mendapatkan job review dan dibayar!

Selama ini aku menulis di blog tanpa pernah bertujuan untuk mendapatkan uang atau apapun, benar-benar murni karena aku ingin berbagi. Tetapi, di tahun ini, aku bisa merasakan manisnya menulis blog sekaligus mendapatkan honor! Nggak hanya itu saja, aku juga beberapa kali mendapatkan endorsement dari beberapa brand. Ulala! Tambah semangat menulis? Tentu dong. Meskipun begitu, aku tidak lantas jual diri dan menulis review apa saja asal dibayar. Selain itu, semua yang aku tulis tidak pernah dilebih-lebihkan atau dikurang-kurangi, alias jujur apa adanya.

http://www.talkativetya.com

Semua ini tentu saja berkat networking yang baik dengan sesama blogger dan juga aktif di media sosial. Domain blog yang berbayar pun juga turut andil dalam mendapatkan job ini karena blog dengan domain berbayar dianggap lebih profesional.

6. PeDe ikutan lomba dan kompetisi.

Ini yang paling WOW banget di tahun 2015. Sejak bergabung di komunitas, aku jadi terbuka sama dunia luar dan jadi tahu banyak hal, termasuk lomba dan kompetisi. Berkat dukungan dari teman-teman, aku memberanikan diri untuk mengikuti beberapa kompetisi, baik kompetisi menulis maupun kompetisi foto makeup. Nggak nyangka, dari beberapa yang aku ikuti, aku bisa memang! Ini benar-benar sesuatu banget untuk aku. Rasanya masih nggak percaya lho bisa menang. Untuk tahu kompetisi apa saja yang aku ikuti dan menangkan, silahkan mampir ke page My Achievements.

My Dreams


Semua berawal dari mimpi. Aku memiliki banyak impian untuk blog ini dan selalu berusaha mewujudkannya. Apa yang aku tulis di atas semua itu masih belum ada seujung kuku-nya para blogger lain *aku mah apa atuh*. Di tahun depan nanti, aku ingin agar blog ini bisa memberikan lebih banyak informasi untuk pembacanya. Aku ingin bisa membantu lebih banyak lagi dan menulis postingan yang bermanfaat bagi orang lain. Aku ingin berkenalan dengan lebih banyak blogger lain dan bisa saling berbagi ilmu. Aku ingin menambah networking dan bekerja sama dengan brand/perusahaan baru. Semua ini tidak ada hubungannya dengan popularitas atau biar beken. Bagiku, menulis di blog adalah hobi. It's fun and challenging. 


Itu dia refleksi akhir tahun 2015 dari blog ini. Semoga aku bisa mempertahankan apa yang sudah aku capai sejauh ini dan meningkatkannya. Bagaimana dengan blog kalian? Keep blogging and be awesome!

Thanks for reading!


Share this Post Share to Facebook Share to Twitter Email This Pin This Share on Google Plus Share on Tumblr

No comments:

Post a Comment

Hai! Terima kasih banyak sudah membaca postingan ini. Jangan sungkan menuliskan komentar di bawah ini ya. Komentar, masukan, dan kritik kalian sangat berarti untuk aku. Oya, please jangan masukkan link hidup di komen ya. Semua komentar dengan link hidup akan langsung di-delete.

Have a nice day!


© Talkative Tya | Designed by . All rights reserved.