Tuesday, 19 January 2016

[BLOGGING 101] 5 BLOGGING QUOTES TO KEEP YOU MOTIVATED

Aku suka banget baca-baca inspirational quotes, nggak hanya yang berhubungan dengan kehidupan, pekerjaan, cinta, tetapi juga blogging. Di awal tahun ini aku mengumpulkan beberapa blogging inspirational quotes favorit aku yang bisa menyemangati aku untuk menjadi blogger yang lebih baik dan menjadi blogger yang bermanfaat bagi banyak orang. Yuk intip bareng 5 blogging quotes favorit aku.





www.talkativetya.com

BLOG LIKE NO ONE IS READING. BLOG FOR YOURSELF FIRST AND ALWAYS. BLOG BECAUSE YOU FEEL COMPELLED TO SHARE THINGS YOU ARE PASSIONATE ABOUT AND YOU'LL NEVER RUN OUT OF MATERIAL.

Blogging quote yang pertama ini bisa dibilang mantra aku banget dalam hal blogging. Aku nggak tahu siapa penulis aslinya tetapi quote ini banyak di-share oleh blogger lain. Intinya sih, quote ini mengatakan bahwa ngeblog itu ya untuk diri sendiri dan tulis apa yang kamu suka. Udah gitu aja. Jangan ngeblog karena cuma mau dapet duit, jangan ngeblog karena ikut-ikutan, jangan ngeblog karena nggak mau kalah sama orang lain. Atau jangan juga ngeblog tentang sesuatu yang kamu nggak suka. Kalau tujuan utama ngeblog itu bukan untuk diri sendiri atau bukan tentang sesuatu yang disukai, cepat atau lambat akan bosan bahkan bisa jadi nyinyir sama blogger lain yang mungkin lebih femes. Jadi, coba deh refleksi diri. Apa sih tujuan utama kamu ngeblog dan apakah yang kamu tulis udah sesuai dengan apa yang kamu suka? 


Saking favoritnya quote ini, aku sampai desain ulang pakai Photoshop dan menjadikannya cover blogging planner aku (sst, blogging planner-nya aku bikin sendiri lhooo). Karena quote ini ada di cover blogging planner aku, mau nggak mau aku baca terus tiap hari bahkan tiap beberapa jam sampe ngelotok di kepala. 
www.talkativetya.com

THERE'S A LOT OF INFORMATION OUT THERE FOR FREE, SO YOU'VE GOT TO FIGURE OUT WHAT MAKES YOUR INFORMATION DIFFERENT.
Quote kedua adalah tentang apa yang akan aku tulis di blog. Di era internet seperti ini, informasi datang dari mana saja, siapa saja, dan GRATIS. Tetapi tentunya aku harus pintar memilah informasi apa yang tepat untuk blog-ku. Tema postingan boleh sama dengan blogger lain, tetapi aku harus jeli mencari sisi unik dari apa yang akan aku tulis. Misalnya postingannya sama-sama tentang tutorial winged eyeliner, tapi apa yang beda? Oh, punyaku khusus untuk mereka yang memiliki hooded eyes. Itu hanya contoh kecil. Ketika postingan yang aku tulis berbeda dan ‘unik’, banyak orang yang akan tertarik membaca. Semakin banyak yang membaca, semakin besar kemungkinan postinganku memberi manfaat. 
www.talkativetya.com

HOW OFTEN SHOULD YOU PUBLISH A CONTENT? AS OFTEN AS YOU CAN BE AMAZING.
Quote berikutnya ini benar-benar memotivasi aku untuk selalu menulis. Sebetulnya seberapa sering kamu harus menulis dan memuatnya di blog? Kalau bisa sih setiap hari, tetapi tentunya dengan konten yang berkualitas. Tahun lalu aku sempat mencoba #onepostaday challenge tetapi kebentur sama waktu dan kurangnya ide konten yang menarik. Tahun ini, salah satu resolusi blogging-ku adalah menulis sesering mungkin dengan konten yang menarik dan unik. Ganbatte! 
www.talkativetya.com
DON'T FOCUS ON HAVING A GREAT BLOG. FOCUS ON PRODUCING A BLOG THAT'S GREAT FOR YOUR READERS. 

Quote berikutnya masih dari blogger famous, Brian Clark. Beliau mengatakan bahwa blogger jangan terlalu ribet sama tampilan blog yang terlihat profesional, melainkan harus fokus pada problem solving. Kalau pada beauty blog, contohnya bisa bagaimana cara aplikasi foundation yang benar, tips make up untuk kulit berminyak, atau tutorial eyeliner yang kesemuanya itu bisa membantu pembaca yang punya masalah berkaitan dengan apa yang kita tulis. Dengan membantu mereka, tentunya mereka akan tertarik membaca postingan lainnya. At the end, they could be our loyal followers. Who knows? 
www.talkativetya.com

IF YOU ACCEPT ALL THE PRAISES, YOU HAVE TO ACCEPT ALL THE CRITICS.

Terakhir adalah kutipan dari Chris Brogan yang bener-bener mak jleb. I couldn't agree more with this quote. Semakin banyak orang yang menyukai blog yang ditulis oleh seorang blogger, pastinya akan semakin banyak juga haters-nya. Terus gimana dong supaya stay positive dan terus berkarya meskipun haters selalu mengganggu? Seperti kata peribahasa "Anjing menggonggong, kafilah berlalu." Kalau kritik dari haters adalah kritik yang menjatuhkan, ya nggak usah didengerin. Cuma buang-buang waktu aja. Tapi kalau kritik yang diberikan adalah kritik membangun, yang bisa membuat blogger menjadi lebih baik, siapapun yang mengatakannya (mau haters atau bukan) tentunya harus diterima dengan lapang dada. 

***

Itu dia 5 kutipan yang selalu sukses memotivasi aku untuk terus menulis meskipun nggak ada yang baca, meskipun apa yang aku tulis udah basi bagi beberapa orang, meskipun mungkin ada yang ngomongin di belakang kalo blog ini nggak mutu. Aku tetap menulis karena aku suka menulis. Semoga kelima blogging quotes di atas juga bisa memotivasi blogger lain untuk terus berkarya. Keep on blogging!

Thanks for reading!

Share this Post Share to Facebook Share to Twitter Email This Pin This Share on Google Plus Share on Tumblr

2 comments:

  1. "IF YOU ACCEPT ALL THE PRAISES, YOU HAVE TO ACCEPT ALL THE CRITICS."

    Iyanih yang ini makjleb banget, haha. Tapi quote ini juga bisa digunakan buat orang perfeksionis yang takut kritik. Yang akhirnya ga ngepost2 gara-gara merasa khawatir akan pandangan orang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, makjeb yaaa.... Yah, jangan sampai dong, harusnya berani melihat kesalahan dan memperbaiki biar bisa lebih baik lagi...

      Delete

Hai! Terima kasih banyak sudah membaca postingan ini. Jangan sungkan menuliskan komentar di bawah ini ya. Komentar, masukan, dan kritik kalian sangat berarti untuk aku. Oya, please jangan masukkan link hidup di komen ya. Semua komentar dengan link hidup akan langsung di-delete.

Have a nice day!


© Talkative Tya | Designed by . All rights reserved.