Thursday, 21 January 2016

[BEAUTY 101] TIPS MENGGUNAKAN LIPSTIK MATTE

http://www.talkativetya.com

Lipstik matte pertama kali muncul di tahun 90an. Tahun lalu, lipstik jenis ini menjadi tren dan idola banyak beauty enthusiast dan di tahun 2016, sepertinya trend lipstik matte masih akan bertahan (semoga ya, soalnya belum sempat review nih). Semua brand berlomba-lomba mengeluarkan lipstik matte, baik brand luar negeri maupun brand luar. Tidak hanya itu saja, kini kita bisa menemukan lipstik matte dalam berbagai warna. Yeay! 

Menggunakan lipstik matte memang sedikit tricky. Bibir kering, pecah-pecah, dan blepotan adalah sebagian besar keluhan beauties saat menggunakan lipstik jenis ini. Gimana caranya menggunakan lipstik matte yang benar sehingga bibirmu terlihat cantik? Yuk simak tips-nya.

1. Lakukan eksfoliasi

Apabila bibir kamu dalam keadaan kering dan pecah-pecah, jangan harap kamu bisa mendapatkan bibir yang cantik saat menggunakan lipstik matte. Beberapa jenis lipstik matte bisa membuat bibir kamu sangat kering, bahkan pada bibir yang tidak kering sekalipun. Jadi, langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah melakukan eksfoliasi atau scrubbing. Eksfoliasi bibir ini sangat penting untuk mengangkat sel kulit mati yang ada pada bibir sekaligus menghaluskan dan melembabkan bibir sehingga lipstik matte lebih mudah diaplikasikan. 

Sekarang sudah banyak brand yang mengeluarkan produk lip scrub, baik brand luar ataupun lokal (salah satu favoritku adalah e.l.f. lip exfoliator. Klik di sini untuk review-nya!). Kamu juga bisa membuat sendiri lip scrub-mu. Cukup campurkan gula dengan EVOO atau VCO lalu gosokkan secara lembut pada bibir yang sudah bersih menggunakan jari tangan atau sikat gigi yang sudah tidak terpakai. 

2. Lip balm is a must! 

Sudah pada tahu kan kalau lipstik matte bisa bikin bibir kering, bahkan pada bibir yang lembab sekalipun. Setelah kamu mengeksfoliasi bibir, langkah berikutnya adalah menggunakan pelembab bibir alias lip balm. Penggunaan lip balm akan membantu mengurangi efek kering yang disebabkan oleh lipstik matte. Selain itu, lip balm juga akan membantu kamu untuk mengaplikasikan lipstik dengan lebih mudah, alias nggak seret di bibir. 

Beberapa rekomendasi  lip balm yang bisa kamu gunakan adalah Khalisa Lip Care, Vaseline Lip Therapy, Oriflame Tender Care, dan Maybelline Baby Lips Lip Balm. 

3. Gunakan lip liner dan lip brush

Beberapa beauties suka menggunakan lip liner dan lainnya tidak. Menurut aku sendiri, kalau memang ada lip liner kenapa tidak? Lip liner, sesuai dengan namanya, membantu kita membuat garis bibir yang rapi sekaligus bisa untuk mengoreksi bentuk bibir. Selain itu, penggunaan lip liner bisa membantu agar lipstik bertahan lebih lama. Pilih lip liner dengan warna yang sama aatau setingkat lebih rendah dari warna lipstik. Kamu juga bisa menggunakan lip liner transparent/nude agar bibir terlihat lebih natural. 

Untuk pengaplikasiannya, sebaiknya lipstik matte diaplikasikan menggunakan lip brush. Tujuannya adalah agar bibir tertutup sempurna dan tidak blepotan (keluar dari garis bibir). Selain itu, lip brush juga membantu mengontrol berapa banyak produk yang diaplikasikan apakah tipis atau tebal dan meratakan lipstik ke bibir. 

4. Blepotan? Koreksi dengan concealer

Meskipun sudah menggunakan lip liner dan lip brush, kadang masih ada saja lipstick yang keluar dari garis alias blepotan. Tentunya ini akan sangat merusak penampilan dong. Untuk mengoreksi lipstik yang blepotan, aplikasikan concealer atau foundation menggunakan concealer brush pada bagian yang ingin dikoreksi. Beberapa produk concealer yang bisa dijadikan pilihan adalah LA Girl Pro Concealer dan NYX HD Photogenic Concealer.

5. Hapus dengan bersih

Langkah yang paling penting diantara semuanya adalah menghapus lipstik matte dengan sempurna. Lipstik matte yang tidak dihapus dengan bersih dari bibir akan menyebabkan bibir menjadi kering dan pecah-pecah. Gunakan make up remover yang aman untuk bibir seperti Bioderma Sensibio H20 (this one is highly recommended!), Pixy Eye & Lip Makeup Remover, atau Maybelline clean Express Miracle Water. 

***
Selain tips di atas, jangan lupa juga untuk memperbanyak konsumsi air minimal 2 liter agar tubuh terhidrasi dengan baik dan tentunya akan membantu menjaga kelembaban alami bibir. Apakah kamu penyuka lipstik matte? Kalau kalian punya tips lain dalam menggunakan lipstik matte, jangan sungkan untuk share di kolom komentar ya. 

Thanks for reading!



Share this Post Share to Facebook Share to Twitter Email This Pin This Share on Google Plus Share on Tumblr

No comments:

Post a Comment

Hai! Terima kasih banyak sudah membaca postingan ini. Jangan sungkan menuliskan komentar di bawah ini ya. Komentar, masukan, dan kritik kalian sangat berarti untuk aku. Oya, please jangan masukkan link hidup di komen ya. Semua komentar dengan link hidup akan langsung di-delete.

Have a nice day!


© Talkative Tya | Designed by . All rights reserved.