Sunday, 17 January 2016

Winged Eyeliner Tutorial for Hooded Eyes

Happy Weekend!


Bagi kamu yang memiliki hooded eyes (mata berpelupuk), pasti tahu banget gimana deritanya make up-an dengan bentuk mata ini. Mulai dari eyeshadow yang udah cetar pas diaplikasikan eeh pas buka mata mendadak hilang dengan misterius *ini serius* sampai masalah eyeliner yang smudge dan tidak seimbang. Kok bisa sih? Ini dikarenakan ketika mata dalam keadaan terbuka, kelopak mata akan tertutup sebagian atau bahkan seluruhnya.  

www.talkativetya.com

Postingan kali ini, aku akan memberikan tutorial bagaimana menggunakan eyeliner untuk kamu yang memiliki hooded eyes. Enjoy! 
***

Kalau kalian perhatikan, aku memiliki bentuk mata hooded eyes. Selain itu, lipatan mata kiri dan kanan pun berbeda alias tidak seimbang. Waktu awal-awal belajar make up bisa dibilang failed semua. Hehehe. Tapi aku nggak patah semangat kok. Aku terus belajar dan juga bertanya pada mereka yang sudah expert. Oke, sudah siap untuk langkah-langkahnya? 

www.talkativetya.com


1. Tarik garis dari ujung mata ke atas menuju ujung alis. 
www.talkativetya.com

2. Tarik garis dari tengah mata menuju ujung garis yang sebelumnya digambar. Lakukan ini dengan mata terbuka lebar sehingga eyeliner yang kamu gambar tidak tertutup kelopak mata. 
www.talkativetya.com

3. Isi bagian yang kosong dengan eyeliner. Yap, ujung wing eyeliner kamu sudah siap. 
www.talkativetya.com

4. Berikutnya, lanjutkan garis eyeliner dari tengah ke ujung mata bagian dalam. You're done!
www.talkativetya.com

5. Kamu bisa lanjutkan dengan mengaplikasikan mascara atau bulu mata palsu agar mata kamu lebih cetar. 
www.talkativetya.com

7. Lanjutkan langkah ini untuk mata sebelah kanan dan gunakan mata kiri sebagai panduan agar eyeliner di kedua mata seimbang. 
www.talkativetya.com


Well done! Sekarang mata kamu tampak lebih 'hidup' dan berbinar. Bagaimana menurut kalian? Sudah oke belum? Menurut aku, bentuk eyeliner yang paling cocok untuk mereka yang memiliki hooded eyes adalah winged eyeliner. Bisa dibilang model eyeliner ini adalah signature look aku. Winged eyeliner akan membuat mata terlihat lebih besar dan seimbang.  Tapi kalau kamu nggak suka winged eyeliner, kamu tetap bisa menggunakan teknik yang sama tetapi tanpa membuat flick-nya. 

Masih ragu menggunakan eyeliner? Aku punya beberapa tips untuk kamu yang memiliki hooded eyes dan ingin menggunakan eyeliner. 

1. Pilih eyeliner dengan formula smudge-proof dan waterproof. 

Pengalaman aku, eyeliner yang tidak memiliki kedua formula tersebut akan dipastikan gatot alias gagal total karena cepat atau lambat mata kamu akan berubah menjadi mata panda. Meskipun satu produk eyeliner mengklaim bahwa produknya waterproof dan smudge-proof, kenyataannya nggak selalu begitu. Nggak ada salahnya mengecek review dari beauty bloggers atau tanya teman-teman yang juga menggunakan eyeliner sebelum membeli. Selain itu, biasanya di konter kosmetik akan tersedia tester yang bisa kamu colek-colek. 

2. Pilih jenis eyeliner yang paling pas untuk kamu. 

Aku pribadi sangat merekomendasikan menggunakan eyeliner cair dibandingkan eyeliner bentuk lain (gel atau pensil) karena dijamin tidak akan bleber (dengan catatan eyeliner tersebut smudge-proof dan waterproof ya). Aku pernah mencoba gel dan pencil eyeliner tetapi ya gitu deh. Dadah bye-bye setelah diajak panas-panasan dan keringetan. Mending kalau cuma dadah doang, ini pakai acara mata panda segala. Tapi, kembali lagi ke diri masing-masing. Apa yang cocok di aku belum tentu cocok di kalian dan sebaliknya. 

3. Tightline apa nggak ya? 

Jujur aku nggak pernah tighline mata aku karena yakinlah, lambat laun aku akan berubah jadi setan ala Indonesia yang ada lingkaran hitam di matanya. Aku udah coba berbagai merek eyeliner untuk tightline mataku tapi semuanya failed. Tapi kalau kamu mau tightline gapapa kok karena memang hasilnya mata akan terlihat lebih besar. Buat kamu yang nggak mau tightline, aplikasikan eyeliner sedekat mungkin dengan tumbuhnya bulu mata ya. 

4. Practice makes perfect! 

Pertama kali bikin eyeliner gagal? Coba lagi sis. Masih gagal juga? Terus coba sis. Semakin sering berlatih menggunakan eyeliner, tangan akan semakin luwes menggenggam eyeliner aplikator, baik itu gel brush, liquid eyeliner brush, maupun pencil eyeliner. Dari latihan ini, kita akan tahu juga nantinya bagaimana mengakali bentuk mata (seperti kasus mata-ku yang beda lipatannya). Selain berlatih, coba pantengin video-video tutorial yang bertebaran di YouTube. They are really helpful! 

***

That's a wrap, sista! Semoga tutorial ini bisa membantu kamu semua yang sedang belajar menggunakan eyeliner atau bagi kamu yang juga memiliki hooded eyes. Anyway, ini hanyalah salah satu teknik menggunakan eyeliner dan yang selalu aku lakukan untuk mengaplikasikan eyeliner-ku. Mohn maaf kalau ada salah kata atau foto-nya yang kurang jelas. Jangan sungkan untuk memberikan komentar dan masukan untuk blog ini yaaa...

www.talkativetya.com

Oiya, buat kamu yang memiliki bentuk mata almond, silahkan klik di sini untuk cuss ke blog-nya si dokter cantik Manda karena ada postingan bagaimana membuat winged eyeliner untuk yang memiliki mata almond. 

Thanks for reading!

Share this Post Share to Facebook Share to Twitter Email This Pin This Share on Google Plus Share on Tumblr

No comments:

Post a Comment

Hai! Terima kasih banyak sudah membaca postingan ini. Jangan sungkan menuliskan komentar di bawah ini ya. Komentar, masukan, dan kritik kalian sangat berarti untuk aku. Oya, please jangan masukkan link hidup di komen ya. Semua komentar dengan link hidup akan langsung di-delete.

Have a nice day!


© Talkative Tya | Designed by . All rights reserved.