Wednesday, 24 February 2016

[DIY] Acne Green Tea Face Mist

Halo cantik! 

Yang merasa memiliki kulit berjerawat, pori-pori besar, berminyak, dan komedoan ayo angkat kakinya! *bercanda* Buat kamu yang angkat kaki, Tya punya resep DIY yang kece badai nih. Pada postingan kali ini, aku akan mengajak kamu *iya kamu yang lagi baca postingan ini* untuk membuat face mist yang tidak hanya menyegarkan dan melembabkan kulit, tetapi juga membantu mengatasi permasalahan kulit yang sebelumnya aku sebutkan. Sudah siap untuk bikin face mist ini? Yuk capcuus.

http://www.talkativetya.com


Alat dan bahan yang diperlukan:

Botol spray ukuran kecil
Tea tree oil
Green tea 
Gelas 

http://www.talkativetya.com

Cara membuat:

1. Masak air hingga mendidih. Aku menggunakan air mineral biasa (sebaiknya jangan gunakan air keran ya). Setelah air menjadi sedikit hangat, tuang ke gelas/cangkir lalu celupkan green tea. Diamkan selama 1 jam.

http://www.talkativetya.com

2. Setelah teh dingin, tuangkan ke dalam botol spray.

http://www.talkativetya.com

3. Teteskan 2-3 tetes tea tree oil ke dalam botol spray. Kocok sebentar agar tercampur rata.

http://www.talkativetya.com

Done! DIY Acne Green Tea Face Mist kamu sudah jadi deh dan siap untuk digunakan!

http://www.talkativetya.com

Apa sih manfaat dari DIY Acne Green Tea Face Mist ini? Balik lagi ke bahan yang kita gunakan, yaitu green tea dan tea tree oil. Green tea memiliki kandungan anti bakteri, anti inflamasi, dan antiseptik. Ketiga kandungan tersebut ampuh untuk membasmi bakteri penyebab jerawat, mencegah peradangan jerawat, sekaligus menyembuhkan jerawat lebih cepat. Selain itu, kandungan dalam teh hijau juga efektif untuk mengurangi kelebihan sebum yang dapat menutup pori-pori dan mengakibatkan jerawat. 

http://www.talkativetya.com

Green tea juga berperan sebagai antioksidan karena mengandung feofitin. Antioksidan ini membantu memperlambat penuaan dini yang disebabkan oleh polusi. Sementara kemampuan fotoproteksi yaitu menangkal radiasi sinar UV penyebab kerusakan sel. 

Tea Tree oil sendiri sangat dikenal untuk mengatasi jerawat di wajah. Ini dikarenakan tea tree oil memiliki sifat antibakteri yang kuat. Tea tree oil bisa dijadikan alternatif alami untuk benzoil peroksida, yaitu bahan kimia yang digunakan dalam perawatan jerawat

http://www.talkativetya.com

Aku sudah mencoba DIY Acne Green Tea Face Mist ini selama kurang lebih 1 minggu. Aku merasakan beberapa perubahan (meskipun tidak drastis) yang terjadi pada kulitku. Kebetulan banget saat aku menggunakan face mist ini, ada dua jerawat nyebelin yang muncul di jidat *akibat beberapa malam aku ketiduran dan lupa membersihkan wajah*. Setelah seminggu, jerawat itu kempes dengan sendirinya lho. 

Pada batch face mist yang pertama aku buat, aku terlalu banyak meneteskan tea tree oil (sekitar 5-6 tetes). Akibatnya, wajah aku jadi sedikit kering. Jadi, kalau kalian juga berencana menggunakan tea tree oil ini, pastikan hanya sedikit saja ya (1-3 tetes maksimal). Pada batch kedua yang aku buat, aku hanya menggunakan 2 tetes tea tree oil dan ini takaran yang pas untuk kulitku. 

Oya, penggunaan tea tree oil ini optional kok. Kalau kamu tidak punya tea tree oil, kamu bisa skip dan cukup menggunakan green tea saja. Atau kalau kamu mau menambahkan efek melembabkan, kamu bisa tambahkan vitamin E ke dalam botol spray. 

Meskipun ini DIY face mist yang tidak menggunakan bahan berbahaya, sebaiknya kamu tes dulu ke kulit tangan sebelum menyemprotkannya ke wajah. Just in case you are allergic to one of the ingredients. Tambahan lagi nih, face mist ini bisa kamu taruh di dalam kulkas supaya segar dan lebih awet. Tetapi sebaiknya DIY Acne Green Tea Face Mist ini kamu ganti dengan yang baru setelah 1 minggu agar khasiatnya tetap terjaga. 

Gimana, cantik? Tertarik untuk mencoba DIY Acne Green Tea Face Mist ini? Jangan lupa untuk tag aku ya kalau kalian juga membuat face mist ini. Jangan sungkan juga untuk tulis kritik dan saran kalian tentang postingan dan blog aku ya.

Thanks for reading!

Share this Post Share to Facebook Share to Twitter Email This Pin This Share on Google Plus Share on Tumblr

8 comments:

  1. Wow, resep ini oke, Mbak. Baru kali ini saya membaca ttg face mist yang dibuat sendiri. TFS.

    Btw, salam kenal ya, saya salah satu peserta Arisan Link BP Kelompok 4, ini kunjungan perdana saya ke sini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal ya mbak Mugniar.... semoga resep-nya berkenan.... ^.^

      Delete
  2. Saya pikir face mist itu fungsinya buat keren2an doang. Ternyata penting juga ya. Duh saya kudu banyak belajar dari mba tya nih. Huhuhu masta ajarin sayaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe... dulu aku juga kepikiran gitu mbak, apalagi kalau lihat harga face mist yang aduhai itu. Tapi ternyata memang banyak fungsinya.... Ayo sama-sama belajar mbak. Aku juga masih belum ada apa2nya kok.....

      semoga betah bertandang ke blog ini ya mbak....

      Delete
  3. waw, makasih tipsnya, tinggal tea tree oilnya yg belum ada sama spraynya ding :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Spray-nya bisa beli atau bisa pakai spray bekas produk lain. FYI, spray yang aku pakai ini bekas hair mist. Aku suka karena semprotannya bagus, kecil2 partikelnya dan nyebarnya rata.....

      Delete
  4. Green tea yang bisa beli di minimarket buat bahan face mist ini yg merk apa aja kak? Soalnya gak tau mau beli di mana hehe

    ReplyDelete
  5. Buat cowok bisa gak mbak Tya?? hee hee

    ReplyDelete

Hai! Terima kasih banyak sudah membaca postingan ini. Jangan sungkan menuliskan komentar di bawah ini ya. Komentar, masukan, dan kritik kalian sangat berarti untuk aku. Oya, please jangan masukkan link hidup di komen ya. Semua komentar dengan link hidup akan langsung di-delete.

Have a nice day!


© Talkative Tya | Designed by . All rights reserved.