Monday, 23 May 2016

Tips memaksimalkan smartphone ala Ipeh Alena

Happy Monday, sista!

Di era digital sekarang ini, hampir semua orang memiliki smartphone dengan berbagai fitur yang canggih. Ditambah lagi para produsen smartphone yang terus bersaing meningkatkan kualitas dan menambah fitur dan aplikasi yang semakin memudahkan hidup. Sayangnya, masih banyak juga pengguna smartphone yang tidak memaksimalkan fitur dan aplikasi yang ada. Padahal, fitur dan aplikasi tersebut bisa membantu meningkatkan kinerja, bahkan sampai menghasilkan uang lho.

Kali ini Tya berbincang-bincang dengan seorang blogger buku yang berdomisili di Bekasi. Pemilik blog www.ipehalena.com ini memang tidak memiliki niche khusus, tetapi beliau memiliki beberapa sesi yang ditandai dengan tanda pagar seperti #KabarKomunitas, #Pengalaman, dan #30daysblogchallenge. Salah satu sesi dalam blog www.ipehalena.com yang menarik untuk dibaca adalah #AppInsideMyPhone. Dari namanya kita sudah bisa menebak bahwa di sesi ini mbak Ipeh berbagi seputar aplikasi smartphone yang beliau gunakan dan rekomendasikan.

tips memaksimalkan smartphone blogger ipeh alena

Di sela kesibukan beliau sebagai admin di Klub Buku Indonesia dan tim Social Media Klub Buku Bekasi, mbak Ipeh menyempatkan diri berbincang dengan Tya seputar smartphone. Yuk kita simak. 

1. Apa yang mengilhami mbak untuk menulis tentang aplikasi yang ada di smartphone mbak Ipeh? mulai kapan mbak menulis tentang ini?

Awalnya karena pengen mengenalkan ke pembaca blog saya kaya, "Eh pake aplikasi ini aja deh. Bagus kok." Kaya gitu awalnya. Eh malah jadi keterusan. Kadang jadi menelusuri aplikasi lain dan pengen tau plus minusnya dibanding aplikasi bandingannya.



2. Baru-baru ini mbak posting 5 aplikasi wajib di android. Menurut mbak, apa saja sih aplikasi yang wajib dimiliki yang bisa membantu blogger dalam menulis dan bisa memaksimalkan blog dan tulisannya?

Kalau aplikasi menulis yang saya pakai untuk ngedraf tulisan dan simpan tulisan dalam waktu yang lama (kaya storage), saya pakai Evernote. Karena sederhana banget plus kuota storagenya dikasih jatah perbulan. jadi, kalau udah mau mepet ngabisin jatah perbulan, tinggal tunggu ganti bulan aja biar bisa tetep nikmatin gratisan. Kalau untuk blog, saya biasanya nyari ide dari blogwalking. Nah saya pake aplikasi lain dari Bloglovin sih, untuk simpan blogroll.

3. Kalau boleh tahu nih, aktivitas di smartphone yang paling tinggi frekuensinya buat mbak apa ya?

Paling sering kena warning itu Keyboard 😂😂😂 sama Evernote (lagi). Karena emang sering dipake. Entah buat backup resep, ngedraf tulisan, bikin checklist. Banyak. Terus sama google chrome sih.


4. Pertanyaan terakhir nih mbak, apa tips bagi mereka yang mau mulai ngeblog tetapi tidak memiliki sarana seperti komputer/laptop/kamera dan hanya memiliki smartphone?

Yang pasti, ngeblog itu di mana aja dan kapan aja. Apalagi jaman sekarang semua yang sebelumnya cuma bisa dikerjakan di laptop, bisa kita kerjain juga di handphone saat ini. pernah dengar seorang pembicara di sebuah seminar yang pernah saya hadiri. Beliau bilang, kalau saat ini, semua hal harus bisa diakses dari handphone. Karena nantinya diharapkan dengan kemudahan dari teknologi, pengguna smartphone ga perlu lagi bingung. Dari nonton tv sampe belanja sayur aja bisa pake smartphone apalagi ngeblog. Gitu.

***

Sebagai seorang blogger, mbak Ipeh mengatakan bahwa jangan sampai terbentur tidak memiliki laptop/komputer lalu tidak bisa ngeblog karena sekarang semua bisa dilakukan di smartphone. Jadi, buat para blogger, maksimalkan smartphone kamu yaa. Pastikan aplikasi yang kamu install ke dalam smartphone adalah aplikasi yang bisa membantu dan membuat hidup lebih mudah.

Seru dan bermanfaat kan chat aku dengan mbak Ipeh? Aku sendiri ketika main ke blog mbak Ipeh dan menelusuri postingan #AppInsideMyPhone sempat kaget lho karena ternyata ada beberapa aplikasi yang aku kira tidak ada. Contohnya adalah aplikasi Unfollowers yang bisa mendata akun instagram mana yang meng-unfollow kita. Pas banget nih aplikasinya karena aku sedang mengadakan giveaway dan aplikasi ini penting untuk melihat siapa yang memang benar-benar follower aku. Makasih banyak lho mbak! 

Itu dia percakapan aku dengan mbak Ipeh Alena, seorang Blogger Bekasi pencinta buku. Semoga perbincangan aku dengan mbak Ipeh bisa memberikan manfaat buat kalian semua yaa. 

Thanks for reading! 

Share this Post Share to Facebook Share to Twitter Email This Pin This Share on Google Plus Share on Tumblr

7 comments:

  1. Terima kasih mba Tya untuk tulisannya. Iya mba,jangan sampai kekurangan yang kita hadapi menjadikan itu alasan untuk berhenti atau malas ngeblog. Jadi biar semangat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, betul banget! Terima kasih atas inspirasinya ya....

      Delete
  2. Mba Ipeh emang semangat ya ngeblognya. Smartphonenya dimanfaatin bangeeet :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, aku aja pas kepoin blognya mbak Ipeh baru ngeh ada aplikasi yang selama ini aku pikir nggak ada. Hehehehe... kudet banget deh aku.

      Delete
  3. Wah ada yah aplikasi semacam itu untuk menuliskan apa yg sedang terpikir saat itu juga? Oh Evernote? Mau telusuri ah. Kadang ide itu muncul suka-suka nggak peduli waktu. kalo ada note yang bisa muat tulisan panjang, asyik nggak akan kelupaan nyatat ide2 pokok yang mau ditulis atau bahkan langsung diposting.

    Saya punya smartphone tapi kameranya nggak bagus :-( ini salah satu kendala nggak semangat nulis. Saya suka moto-moto kegiatan yang saya tonton. pingin sekali menuliskannya di blog kayak buku harian gitu... Yah sudahlah :-(

    Makasih sharing infonya bunda Tya :-*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal mbak Puri Jelita yang jelita,

      Evernote itu bisa diinstal di komputer juga lho, jadi bisa terintegrasi dan bisa disinkronkan. Cuma nggak tahu deh apakah ada biaya tambahannya atau tidak. Atau bisa juga install App Blogger di smartphone, itu juga lumayan membantu meski tentu fiturnya nggak selengkap kalau di komputer.

      Toss dulu mbak, saya juga kamera smartphone-nya kurang bagus. Kadang suka ngiri sama teman yang punya smartphone kece jadi benar-benar bisa dimaksimalkan. Meski begitu ayo tetap semangat menulis!

      Delete
  4. Salam kenal Ka Tya
    terima kasih tulisannya, bermanfaat sekali saya mau coba instal app blogger, cuma masih ada sedikit kendala.
    Laptop saya masih dalam tahap perbaikan, jadi selama ini ngeblognya pake smartphone.
    Yahh sama seperti ka Tya dan Ka Putri Jelita, saya suka ngiri sama teman2 blogger soalnya foto2nya itu bagus2, sayangnya kamera smartphone saya tidak sebagus punyanya mereka. X_X
    Tapi tetap semangat nulis, xixixi..

    Kalau berkesempatan, mampir ke blog saya yah kak
    http://diaryjejhe.blogspot.com

    ReplyDelete

Hai! Terima kasih banyak sudah membaca postingan ini. Jangan sungkan menuliskan komentar di bawah ini ya. Komentar, masukan, dan kritik kalian sangat berarti untuk aku. Oya, please jangan masukkan link hidup di komen ya. Semua komentar dengan link hidup akan langsung di-delete.

Have a nice day!


© Talkative Tya | Designed by . All rights reserved.