Wednesday, 22 June 2016

5 Tips Memilih Yogurt untuk Menurunkan Berat Badan

Happy Fasting, semuanya!

Semenjak melahirkan anak kedua hingga detik ini, aku masih berusaha keras mengembalikan berat badanku ke berat awal. Nggak Cuma sekadar olahraga saja, tetapi diet pun dijalani meski berat. Bagi aku, diet itu lebih berat dibandingkan olahraga karena aku doyan makan. Apalagi kalau makanannya berkuah dan pedas. Yahud banget deh. Padahal nih, kunci sukses menurunkan berat badan adalah dengan menjaga dan memperhatikan apakah makanan dan minuman yang dikonsumsi itu baik untuk tubuh atau tidak. 

Salah satu jenis minuman yang sangat disarankan untuk mereka yang sedang diet adalah yogurt. Yogurt adalah produk olahan susu yang dibuat dengan cara memfermentasikan susu menggunakan bantuan bakteri. Yogurt juga dikenal sebagai natural remedies karena kandungan yang terdapat di dalamnya bisa membantu pencegahan penyakit dan menjaga kesehatan tubuh. 


Kini sudah banyak produk minuman yogurt  dengan berbagai rasa dan kemasan yang beredar di pasaran. pertanyaannya, apakah yogurt tersebut baik dikonsumsi untuk diet? Jangan asal pilih yogurt dan malah merusak program diet. Nah, postingan kali ini Tya mau kasih tips bagaimana cara memilih yogurt yang baik dan tepat dan bisa membantu program diet kamu. Yuk baca selengkapnya. 


1. Pilih yogurt yang rendah gula.

Karena yogurt terbuat dari susu, tentu saja yogurt mengandung gula alami yaitu laktosa. Kandungan laktosa pada yoghut berkisar antara 3-7 gram/100ml yogurt. Angka ini tergantung pada berapa banyak susu yang diubah oleh bakteri menjadi asam laktat. Sayangnya, gula sering kali ditambahkan dalam yogurt dan dalam jumlah yang cukup tinggi. Tentu saja ini bisa merusak program diet. Cobalah untuk mengecek tabel informasi nilai gizi pada kemasan yogurt dan kamu akan terkejut melihat beberapa produk minuman yogurt memiliki kandungan gula yang tinggi!

Idealnya, yogurt yang baik hanya mengandung 5-6 gram gula dalam 100 ml atau sekitar 10-12 gram/200 ml. Apabila kandungan gula-nya sudah lebih dari 12 gram, itu tandanya minuman yogurt tersebut mengandung gula tambahan yang tentu saja tidak baik untuk kesehatan. Jadi,  selalu cek informasi nilai gizi dan cari tahu berapa banyak kandungan gula sebelum kalian membeli minuman yogurt ya. 

2. Pilih yogurt yang mengandung probiotik.

Probiotik adalah bakteri hidup yang berguna bagi kesehatan, khususnya kesehatan pencernaan. Tidak hanya untuk kesehatan pencernaan saja, probiotik juga memiliki banyak manfaat lainnya seperti meningkatkan imunitas  tubuh, mencerahkan kulit, menghilangkan jerawat, menurunkan kolesterol dan resiko sakit jantung, dan yang paling penting nih membantu menurunkan berat badan. 

Salah satu contoh probiotik yang paling sering ditemui adalah Lactobacillus Acidophilus dan Bifidobacterium. Seperti makhluk hidup lainnya, probiotik ini bisa mati apabila terpapar suhu lebih dari 50° Celsius. Jika prebiotik di dalam yogurt sudah mati, tentu saja yogurt tersebut tidak bisa memberikan manfaat yang maksimal.  So,  ketika kamu akan membeli minuman yogurt , pastikan yogurt yang kamu beli mengandung probiotik hidup ya. 


3. Pilih yogurt yang rendah lemak.

Selama ini banyak orang yang berpikir bahwa lemak tidak baik untuk tubuh. Well, tidak semua lemak buruk untuk tubuh lho. Lemak tak jenuh tunggal justru baik untuk kesehatan. Selain itu, lemak tak jenuh ini juga bisa meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh yaitu HDL. Tidak hanya itu saja, lemak juga berperan penting dalam penyerapan vitamin yang larut dalam lemak seperti vitamin A, D, E, K, dan asam esensial.  Lemak juga membantu meningkatkan metabolisme pada makanan, kekebalan dan membantu kesehatan kulit dan rambut. 

Buat kamu yang sedang diet atau menjaga berat badan ideal, pilih yogurt yang memiliki kandungan lemak rendah. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan tubuh yang lebih sehat tanpa harus kuatir akan membuat badan kamu tambah lebar. 

4. Pilih yogurt yang tinggi kalsium.

Kalsium dan vitamin D sangat penting untuk kesehatan dan pertumbuhan tulang. Dua nutrisi penting ini bisa didapatkan dari yogurt. Untuk mengetahui apakah yogurt yang kalian konsumsi memiliki kandungan kalsium yang tinggi, cek informasi nilai gizi di kemasan yogurt. Pilihlah yogurt yang memiliki kandungan kalsium minimal 15% dari AKG (Angka Kecukupan Gizi) untuk mendapatkan asupan kalsium yang cukup. Dengan konsumsi yogurt yang mengandung kalsium tinggi, kamu juga bisa mengurangi resiko terkena osteoporosis. 

5. Perhatikan keasaman yogurt. 

Meskipun yogurt mengandung bakteri yang baik untuk pencernaan, terutama bagi mereka yang memiliki masalah pencernaan, rasa asam yogurt bisa merangsang pembentukan gas di dalam perut sehingga membuat lambung terasa perih.  Bagi penderita maag, tentu saja ini bisa memberikan rasa tidak nyaman. Oleh karena itu, pilihlah yogurt yang tidak terlalu asam sehingga aman untuk lambung. 

***

Wow, ternyata kita harus teliti dalam memilih yogurt ya. Di antara sekian banyak minuman yogurt yang beredar di pasaran, ada lho yogurt yang rasanya enak dan memenuhi kriteria di atas. Untuk membantu menurunkan berat badan dan menjaga agar berat badan aku tetap stabil aku mengkonsumsi Heavenly Blush Yogurt Drink To Go. Yogurt dari Heavenly Blush ini memiliki kalori rendah hanya 100 kalori per kemasan dan rendah gula sehingga sangat pas untuk mendukung program diet aku. Selain itu, yogurt ini juga memiliki kalsium yang tinggi, yaitu sekitar 45% jauh di atas angka yang dianjurkan dalam AKG. 


Dengan adanya serat pangan probiotik, Heavenly Blush Yogurt Drink To Go bisa membantu melancarkan pencernaanku dan pada saat yang bersamaan membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Terakhir, rasa asamnya yang pas membuat lambung aku nyaman dan tidak perih. Ini karena Heavenly Blush menggunakan bakteri generasi terbaru sehingga rasanya tidak terlalu asam walaupun rendah gula. Selain itu, Heavenly Blush juga punya 3 varian rasa, strawberry, blackcurrant, dan peach yang super yummy. 


Biasanya aku mengkonsumsi yogurt pada saat sarapan dan sebelum makan siang/malam. Dengan mengkonsumsi yogurt pada saat sarapan dan sebelum makan, aku bisa mengontrol dan mengurangi porsi makanan aku.  Nah karena sekarang lagi bulan puasa, aku mengkonsumsi Heavenly Blush pada saat sahur dan saat berbuka puasa. Biasanya jam buka puasa itu aku masih di kantor, tepatnya sedang mengajar dan aku hanya punya beberapa menit saja untuk berbuka. Heavenly Blush menjadi pilihan yang tepat untuk berbuka karena praktis. Dengan kemasan tetra pack yang dibuat dengan proses aseptis dan UHT, aku bisa membawa Heavenly Blush ke mana saja tanpa kuatir rusak meskipun tidak disimpan dalam kulkas. 


Jadi, selalu ingat tips di atas sebelum membeli yogurt ya. Pilih yogurt yang baik dan bisa mendukung program diet kamu supaya nanti di Hari Raya kamu bisa tampil cantik dan tentunya sehat. 

Thanks for reading!

Share this Post Share to Facebook Share to Twitter Email This Pin This Share on Google Plus Share on Tumblr

9 comments:

  1. makasih tipsnya mbak Tya, saya sekeluarga pecinta yogurt nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mbak, Tya sekeluarga juga pencinta yogurt makanya penting banget untuk tahu yogurt mana yang paling baik untuk kesehatan.

      Delete
  2. Ini enak banget Mbaaaak :9

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss dulu Hanifa! aku juga suka banget karena rasanya enak.

      Delete
  3. Saya juga sukaaa minum yogurt heavenly. Rasanya pas di lidah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. toss dong kita mbak Ipeh, iya aku suka karena asamnya pas jadi nggak bikin perut melilit.

      Delete
  4. Heavenly Blush Peach enaaak!
    mampir ke blog ku yuuk.. ada resep overnight oatmeal yang praktis dan gampang dgn yogurt juga :D

    www.uniqueblogofmei.com

    ReplyDelete
  5. Aku ngak begitu suka yogurt karna rasa nya aneh2 ngakjelas hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah nyoba Heavenly blush ini belum mas? Kalau yang ini enak lho. Beneran. hehehe

      Delete

Hai! Terima kasih banyak sudah membaca postingan ini. Jangan sungkan menuliskan komentar di bawah ini ya. Komentar, masukan, dan kritik kalian sangat berarti untuk aku. Oya, please jangan masukkan link hidup di komen ya. Semua komentar dengan link hidup akan langsung di-delete.

Have a nice day!


© Talkative Tya | Designed by . All rights reserved.