Tuesday, 21 June 2016

Detoksifikasi Tubuh dengan Jus dari Cold Press Indonesia

Happy Tuesday!

Pernah nggak sih kalian merasakan kalau badan kalian tuh nggak enak. Maksudnya badan lemas, mudah capek, dan gampang sakit? Tanda-tanda tersebut sebetulnya adalah cara tubuh memberi tahu kita bahwa there's a problem in your body. Bisa jadi ini karena gaya hidup kita yang kurang sehat. Contohnya pola makan yang tidak terjaga alias segala makanan dilahap, segala gorengan sampai makanan berkolesterol tinggi. Ditambah lagi jam tidur yang berantakan, misalnya suka begadang buat ngejar deadline tulisan blog. Semua itu makin menjadi karena kurang gerak alias olahraga juga.

Siapa yang ngerasa seperti itu hayoo? Aku ngaku kalau aku memiliki gaya hidup kurang sehat. Aku sudah berusaha menjaga makanan yang aku konsumsi dan olahraga minimal 1x sehari. Tetapi sepertinya racun akibat makanan tidak sehat dan kurang olahraga sudah tertimbun dan susah dihilangkan. Kalau sudah kaya gini, perlu usaha ekstra untuk mengembalikan tubuh ke performanya semula. 

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan detoksifikasi tubuh. Detoksifikasi tubuh adalah upaya menghilangkan atau menetralkan racun/toksin dari tubuh dan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Ada banyak cara detoksifikasi yang bisa kita lakukan. Jenis detoksifikasi yang saat ini sedang trend adalah detoksifikasi menggunakan jus buah dan sayur.


Alhamdulillah aku mendapat kesempatan mencoba program detoksifikasi dari Cold Press Indonesia, yaitu sebuah perusahaan yang sangat peduli dengan kesehatan. Dengan visi “Make healthy life easy and simple”, Cold Press Indonesia menawarkan beragam program detoksifikasi dengan jus buah dan sayur. Lalu apa bedanya dengan jus yang biasa kita buat sendiri di rumah? Jus Cold Press Indonesia merupakan cold press juice, yaitu jus yang dibuat dengan menggunakan mesin khusus cold press juicer. Cold press juicer ini memproduksi jus dengan cara melumatkan buah dan sayur dengan panas minimal tanpa menggunakan pisau pemotong. Dengan cara ini akan dihasilkan jus dengan nutrisi maksimal. 


Program detoksifikasi yang aku pilih adalah Classic yang merupakan program paling favorit. Dengan mengkombinasikan buah, sayur, kacang-kacangan dan kaya akan vitamin, diharapkan setelah program detoksifikasi fungsi tubuh akan kembali normal.

Pict source: www.coldpress.co.id

Our signature detox formulated by our nutritionist for those of you who wants a complete cleansing detox experience! Our Classic detox contains an all-in-one deal from your must-eat greens, healthy fats from nuts and chia seeds, cleansing your liver and kidney from beets and vitamin C requirements from grapefruits!

Pict source: www.coldpress.co.id

Green Boost: 

Kale, Lemon, Bok Choy, Green Lettuce, Celery, Romaine Lettuce, Apple, Spinach, Cucumber, Mexican Turnip

Roots Exotic: 

Beet, Carrot, Apple, Cucumber, Ginger, Lemon

Nutty Nuts: 

Almonds, Walnuts, Chia Seeds

Refresh: 

Watermelon, Pineapple, Mint

Hawaiian Breeze: 

Pineapple, Apple, Cucumber, Naval Orange, Starfruit, Mint, Lemon

Citrus Burst:

Pear, Cucumber, Starfruit, Apple, Grapefruit, Mint

Detoksifikasi berlangsung selama 3 hari di mana selama 3 hari tersebut aku hanya boleh mengkonsumsi jus saja tanpa asupan makanan lainnya. Kalau air putih sih masih boleh. Oya, jus ini benar-benar murni jus dari buah dan sayur tanpa ada tambahan air dan bahan lainnya lho. Di botolnya tertulis dalam setiap botol dibutuhkan sampai 1,2 kg bahan. Jus-nya juga dibuat dadakan sehingga terjamin kesegarannya.

No Preservatives, No Additives, No Colorings, No Concentrate, No Added Water, No Added Sugar

Ternyata, sebelum memulai program detoksifikasi ini sangat dianjurkan untuk melakukan pre-detoks selama 1-3 hari. Pra detoksifikasi ini bertujuan agar tubuh tidak kaget dengan perubahan pola makan saat detoks nanti. Nah ini dia pengalaman detoksifikasi aku dengan cold press juice.

Tahapan detoks: pra detoks, detoks, dan pasca detoks
Semua botol jus dilabel angka untuk memudahkan urutan minum.

Pra detoks (Senin, 16 Mei 2016)

Kebetulan sekali hari yang aku pilih untuk pra detoks bertepatan dengan aku puasa Senin-Kamis. Puasa sangat membantu program pra detoks aku karena secara tidak langsung aku mengontrol makanan yang aku konsumsi. Kalau biasanya aku berbuka puasa dengan teh manis dan camilan, saat pra detoks aku mengganti teh dengan jus buah agar kadar kafein dalam tubuhku berkurang. Sebetulnya aku tergoda untuk makan bakso malam itu tetapi aku berusaha menahan diri dan akhirnya makan malam hanya dengan salad saja. Oya, pada hari ini aku menerima kiriman jus yang akan aku minum selama program detoks ini. Paket jus dikirim oleh kurir dan jus-nya dikemas dalam tas pendingin yang super gede. 

Tas pendingin yang digunakan saat jus dikirim. Tas ini juga aku pakai untuk bawa jus ke kantor.

Detoks hari ke-1 (Selasa, 17 Mei 2016)

Hari pertama ini aku sangat excited! Botol-botol jus dengan warna-warni ceria itu memang menarik. Sesuai dengan jadwal, detoksifikasi dengan jus ini dimulai pukul 9 pagi. Botol pertama yang harus diminum adalah Green Boost. Komposisi Green Boost sebetulnya bikin aku sempat jiper juga. Segala macam sayur hijau nyemplung jadi satu. Dari baunya sih biasa saja, Cuma memang rasanya yang tidak biasa. Untungnya ada tambahan buah seperti lemon dan apel yang membantu menetralisir bau dari sayur. Suprisingly, Green Boost ini rasanya sedikit manis lho. Padahal aku tahu cold press juice ini tidak ada tambahan apapun.

Green Boost, botol ke-1 yang isinya campuran sayur hijau. 

Botol pertama sukses dihabiskan dan diikuti dengan botol-botol berikutnya. Cold Press Indonesia mengatur jadwal dan jenis jus yang dikonsumsi dengan baik. Aku sempat kuatir akan kelaparan saat jam makan siang. Jus yang aku minum saat makan siang adalah botol ketiga, Nutty Nuts yang isinya adalah kacang-kacangan. Yah semacam susu kacang deh. Karena komposisinya yang lumayan padat ini, aku bebas dari rasa lapar.

Nutty Nuts, botol ke-3 yang isinya kacang-kacangan.

Hari pertama berakhir dengan sukses tanpa ada godaan yang berarti. Satu hal yang aku catat adalah aku merasa sedikit pusing pada hari pertama ini. Aku menduga rasa pusing ini diakibatkan konsumsi gula, garam dan kafein aku yang langsung drop. Padahal biasanya aku banyak mengkonsumsi 3 bahan tersebut. 

Detoks hari ke-2 (Rabu, 18 Mei 2016)

Di awal hari kedua aku masih semangat untuk menjalankan program detoksifikasi ini. Hal pertama yang aku rasakan saat bangun pagi adalah badan terasa lebih ringan dan segar. Tetapi seiring berjalannya waktu, semangat aku mulai luntur. Sakit kepala hebat yang jadi biang keroknya. Di hari kedua sakit kepala aku semakin menggila dan tidak tertahankan. Sakit kepala ini muncul karena aku benar-benar stop konsumsi kafein, garam, dan gula. Istilahnya ini fase craving, mirip sama sakau kali ya. Untuk menghabiskan satu botol jus 500 ml itu rasanya berat sekali.

Refresh, botol ke-4 yang isinya buah-buahan segar dan manis.

Alhamdulillah semua orang mendukung program detoks ini. Mulai dari suami, orang tua, sampai murid-murid di sekolah pun bantu menyemangati. Kebetulan jam mengajar aku bertepatan dengan jadwal minum jus jadi aku suka bawa jus ke kelas dan minum jus sembari mengajar. Jadwal minum jus yang paling aku tunggu itu adalah botol nomor 5, Hawaiian Breeze. Kombinasi buah yang segar membuat badan aku tetap segar dan tidak lemas.

Hawaiian Breeze, botol ke-5 yang jadi favorit aku karena perpaduan rasa asam manis dan mint.

Detoks hari ke-3 (Kamis, 19 Mei 2016) 

Akhirnya! This was the last day! Bangun pagi sudah bukan hal yang susah lagi dan rasa pusing yang kemarin aku rasakan sudah hilang. Enam botol jus habis dikonsumsi tanpa ada hambatan berarti. Biasanya aku paling malas minum botol nomor 2, Roots Exotics, yang menurut aku rasanya aneh karena ada aroma jahe dan buah bit yang lumayan kuat. Tapi di hari ketiga ini, Roots Exotics justru aku tunggu-tunggu karena setelah minum jus ini aku merasa lebih berenergi. Begitu juga dengan botol jus 4 dan 6, keduanya dengan mudah aku habiskan.

Roots Exotic, botol ke-2 yang rasa bit dan jahenya lumayan strong. 
Citrus Burst, botol ke-6 yang harus dihabiskan.


Pasca detoks (Jumat- Minggu, 20-22 Mei 2016)

Setelah program detoks 3 hari, aku sudah boleh mengkonsumi makanan lagi. Namun disarankan untuk mengkonsumsi yang sehat dan juga secara bertahap agar tubuh tidak kaget. Pasca detoks ini aku masih minum jus juga tetapi bukan jus yang khusus untuk detoks, tetapi jus buah biasa. Ada 5 rasa cold press juice yang aku coba dan semuanya aku suka! Kamu bisa mencoba cold press juice dari Signature Pack ini hanya dengan harga IDr 260.000 saja lho. Sampai hari Minggu, aku benar-benar menjaga makanku. 

Cold press juice Signature Pack untuk diminum pasca detoks.


 The result


Banyak yang bilang setelah menjalankan program detoks, salah satu efeknya adalah berat badan turun. Aku sendiri tidak terlalu memperhatikan hal ini (meskipun aku termasuk yang udah putus asa berusaha menurunkan berat badan). Mungkin karena timbangan di rumah rusak kali yee. Meskipun begitu, aku memang merasakan badan aku lebih ringan aja. Aku rasa sekitar 2-3 kilo berkurang lah dari badan aku ini. 

Nah, efek yang paling aku rasakan dan yang bikin aku bahagia luar biasa adalah aku berhenti minum kopi! I was a coffee addict before. Sebelum program detoks ini, aku bisa minum 3 gelas kopi hitam. Itu belum ditambah dengan kopi instan yang juga suka aku minum di kantor. Sehari aku bisa minum sampai 5 gelas. Kalau ada deadline tugas kuliah atau setoran review di blog, jumlah itu bisa bertambah lagi. 

Paska detoks, aku benar-benar nggak mau minum kopi lagi. Ini bukan pencitraan lho. Keinginan untuk minum kopi itu benar-benar hilang, lenyap. Semua orang sampai heran. Tidak hanya itu saja, aku tidak kepingin lagi minum minuman yang manis seperti teh dan soda. Dan itu berlanjut sampai 2 minggu setelah detoks. Sekarang sih aku minum kopi juga, tetapi dalam seminggu paling hanya 1-2 gelas saja. Angka yang menurun drastis dibandingkan sebelum detoks. 

Selain kafein, keinginan untuk nyemil juga berkurang drastis. Aku yang biasanya nyemil tiap satu jam sekali sekarang hampir tidak nyemil sama sekali. Kalaupun nyemil, aku memilih untuk makan buah atau minum jus. Secara keseluruhan, efek dari program detoks ini masih aku rasakan sampai tulisan ini dipublish.  Stamina lebih baik dan juga lebih produktif. 

Aku suka program detoks dari Cold Press Indonesia karena:

Jus terbuat dari buah dan sayur segar tanpa bahan tambahan.
Jus dibuat mendadak sehingga terjamin kesegarannya. 
Program detoks yang praktis untuk mereka yang ingin sehat tetapi tidak punya banyak waktu. 
Kombinasi bahan di setiap botol jus pas sehingga rasanya enak. 
Tubuh menjadi lebih sehat dan bugar setelah program detoks.
Bisa menghilangkan ketergantungan seperti kopi dan garam. 
Berat badan berkurang (walau tidak banyak). 
Harga sesuai dengan benefit yang didapatkan.

Aku kurang suka program detoks dari Cold Press Indonesia karena:

Tidak ada

Overall Rating:
9/10


***

I love this detox programme! Program detoks ini telah mengubah gaya hidup aku menjadi lebih baik. Yang paling penting adalah aku bisa lepas dari ketergantunganku pada kopi. Meskipun bagi sebagian orang harga program detoks ini cukup fantastis, tetapi coba deh pikirkan manfaat yang didapat. Harga sekian itu terhitung sangat murah. Apalagi program detoks ini hanya 3 hari saja. Program detoks ini bisa dilakukan lagi per 3 bulan atau 6 bulan untuk menjaga agar tubuh tetap sehat. Aku merekomendasikan program detoks Cold Press Indonesia untuk kamu yang ingin mendapatkan tubuh yang lebih sehat dan juga bagi kamu yang ingin lepas dari ketergantungan seperti aku. 

Untuk tahu lebih lanjut tentang program detoks lainnya dari Cold Press Indonesia, kamu bisa langsung kunjungi akun social media mereka di:


Website: www.coldpress.co.id

Facebook: www.facebook.com/coldpressindonesia

Instagram: @coldpressid

Twitter: @coldpressid



Thanks for reading! 

Share this Post Share to Facebook Share to Twitter Email This Pin This Share on Google Plus Share on Tumblr

12 comments:

  1. Ka tia, detox selama 3 harinya classic semua ya? Apa memang dianjurkan selama 3hr itu cuma 1 pilihan gitu, ga boleh yg hari 1 yg buat active sporty yg ke 2 buat yg beauty itu. *bingung jelasinnya :D

    rima-angel.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai hai Rima, aku ngerti kok pertanyaan kamu.

      Iya selama 3 hari itu yang classic semuanya. Memang selama 3 hari ya pilih satu program aja. Jadi hasilnya pun juga maksimal. Soalnya tiap program kan beda targetnya.

      Semoga jawabannya cukup jelas yaaa....

      Delete
    2. Alhamdulillah ka Tya paham dengan pertanyaan aku yg kurang jelas itu :D tapi kalau mau beda2 juga boleh kah ka Tya? Soalnya aku dapat email juga dari Cold Press tapi program nya habis lebaran aja sih mau dijalanin.

      Delete
  2. Wah...asik banget nih...bisa turun sampe 3kg ya...amazing mbak tya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak Dwi, aku senang banget bisa turun sampai 3 kilo. Tapi yang bikin paling hepi itu adalah berhenti minum kopi.

      Delete
  3. Ayayayayyayyyy, ini yang dicari dari dulu hahahhaha. Tapi harganya berapa nih ka ? :D

    www.yubikanobi.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk program detox classic ini biayanya 1,8 juta untuk 3 hari. Memang mahal tapi sebanding dengan manfaat yang didapatkan.

      Delete
  4. Program hanya 3 hari, tapi manfaatnya besar banget ya, mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul banget mbak Ria.. aku bahagiaaaa....

      Delete
  5. nice post kak :D memang sulit ya menjaga gaya hidup yg sehat, aku juga tidurnya msh berantakan, kurang jaga pola makan dan jarang olahraga .___.
    penasaran rasanya cold press seenak apa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Shelvi, iya memang susah banget menerapkan healthy lifestyle. Aku tuh susah banget mau mulai olahraga.

      Cold press-nya enaaaak. suer deh..

      Delete
  6. sama Ty, gw juga suka banget sama programnya Cold Press, ntaran niatnya mau detox lagi nih abis Lebaran, secara pasti makan macem2, hihihi...

    ReplyDelete

Hai! Terima kasih banyak sudah membaca postingan ini. Jangan sungkan menuliskan komentar di bawah ini ya. Komentar, masukan, dan kritik kalian sangat berarti untuk aku. Oya, please jangan masukkan link hidup di komen ya. Semua komentar dengan link hidup akan langsung di-delete.

Have a nice day!


© Talkative Tya | Designed by . All rights reserved.