Friday, 10 June 2016

Pertama kali pakai bulu mata palsu? Cek tips-nya berikut ini

Happy Tuesday, girls! 

Pernah nggak kalian merasa mata kok masih belum terlihat hidup dan cetar padahal sudah pakai eye shadow, eyeliner, bahkan maskara? Coba deh pakai bulu mata palsu, pasti mata kalian langsung terlihat lebih hidup. Bulu mata palsu memang mampu memberikan efek dramatis pada riasan mata. Mata yang tadinya kecil bisa terlihat lebih besar setelah menggunakan bulu mata palsu. Bahkan, di saat kalian tidak menggunakan riasan apapun tetapi tetap menggunakan bulu mata palsu, mata kalian akan terlihat lebih hidup. 

Bagi ladies yang tidak memiliki bulu mata lentik dan tebal, maskara bisa menjadi pilihan untuk mengatasi masalah ini. Meskipun begitu, efek yang dihasilkan maskara tidak bisa sedramatis bulu mata palsu.  Buat kamu yang belum pernah menggunakan bulu mata palsu pasti akan berpikir bahwa bulu mata palsu itu merepotkan. Padahal justru sebaliknya lho, bisa dibilang penggunaan bulu mata palsu adalah solusi yang praktis dan hemat.


Kali ini Tya mau berbagi tips buat para fake lashes virgin alias kamu yang belum pernah pakai bulu mata palsu. Yuk lanjut bacanya. 

1. Pilih bulu mata palsu berkualitas baik. 



Poin nomor satu dan yang paling penting buat kamu yang mau pakai bulu mata palsu adalah pakai bulu mata palsu yang kualitasnya baik. Ah, bukannya semua bulu mata palsu sama aja ya? Eits, jangan salah ladies. Bulu mata palsu itu beragam lho, mulai dari jenis bahannya (apakah rambut sintetis, rambut asli, atau mink), lalu jenis tulangnya apakah tebal atau tipis, apakah bulu mata palsu terasa berat saat dipakai, belum lagi harganya. Ada yang harganya hanya 5 ribu saja, tetapi juga ada yang harganya ratusan ribu. Apakah yang murah kualitasnya jelek? Nggak selalu kok. Banyak seller yang menjual bulu mata palsu dengan harga sekitar 5 ribuan tetapi kualitasnya nggak kalah dengan yang harganya mahal.  Kamu bisa coba cek review para beauty blogger untuk tahu bulu mata palsu merek apa yang kualitasnya baik. 

Kamu bisa coba: Bunny Lashes dan Aiglow Lashes

2. Gunakan lem bulu mata palsu yang juga berkualitas baik. 


 Image courtesy of Patrisyu at FreeDigitalPhotos.net

Meskipun bulu mata palsu kamu udah oke, tetapi kalau lem-nya jelek ya sama aja zonk. Beberapa merek bulu mata palsu sudah menyertakan lem di dalam setiap pembelian, contohnya Bunny Lashes. Sedangkan bulu mata palsu dengan harga murah meriah seperti Aiglow Lashes tidak termasuk lem-nya, jadi kamu harus membeli lem bulu mata terpisah. Apa sih indikator lem bulu mata yang bagus? Pertama, lem bulu mata tersebut aromanya tidak menyengat. Kalau aromanya menyengat, bisa jadi lem bulu mata tersebut akan mengiritasi mata kamu. Minimal banget akan bikin mata kamu pedas dan berair. Kedua, lem bulu mata memiliki daya rekat yang kuat. Indikator lainnya adalah lem bulu mata cepat kering sehingga kamu tidak perlu menunggu terlalu lama saat menggunakan bulu mata palsu. Lem bulu mata palsu juga tersedia dalam beberapa warna, putih, bening, dan hitam. 

kamu bisa coba:   Bunny Lashes Adhesive, Duo Eyelash Adhesive, dan Opera Eye Putti

3. Pilih model bulu mata sesuai dengan bentuk mata kamu. 



Kini bulu mata palsu memiliki beragam model. Mulai dari model natural yang cocok dipakai sehari-hari, model yang memberikan volume, sampai model individual lashes yang butuh keterampilan untuk bisa menggunakannya. Sebetulnya tidak ada aturan model bulu mata palsu mana yang paling pas untuk kamu selama kamu cocok dan nyaman menggunakannya.  Namun buat kamu yang pemula, nggak ada salahnya memilih model bulu mata palsu sesuai dengan bentuk mata agar kamu tidak pusing. 

Untuk mata kecil, gunakan bulu mata palsu dengan model natural dan tidak terlalu tebal. Penggunaan bulu mata palsu yang tebal justru akan membuat mata kamu terlihat lebih kecil. Bagi kamu yang memiliki mata bulat, pilihlah bulu mata palsu dengan bentuk memanjang dan ketebalan sedang agar mata terlihat lebih seimbang.  Jika mata kamu besar, kamu bisa menggunakan bulu mata palsu yang tebal dan penuh untuk memberikan efek mata lebih kecil. Terakhir nih, pemilik mata dengan bentuk almond wajib bersyukur karena bisa menggunakan model bulu mata apapun.  Apapun bentuk mata kamu, pastikan kamu menggunakan model bulu mata palsu sesuai dengan aktivitas kamu ya. 

4. Potong bulu mata palsu sesuai panjang mata. 

Bulu mata palsu diproduksi secara masal untuk berbagai bentuk mata.  Jadi, jangan harap bulu mata palsu yang kamu beli sudah pasti pas dengan bentuk mata kamu. Agar bulu mata palsu pas dengan panjang mata, potong sedikit ujungnya. Pastikan kamu memotong ujungnya sama panjang ya antara bulu mata kiri dan kanan. Untuk bulu mata palsu yang bentuknya memanjang, sebaiknya potong ujung dalam ya agar tidak merusak modelnya. Sedangkan untuk bulu mata palsu yang tidak memanjang, kamu bisa potong di ujung dalam atau luar. 

5. Berlatih cara memasang bulu mata palsu. 


 Image courtesy of Patrisyu at FreeDigitalPhotos.net

Practice makes perfect! Memasang bulu mata palsu memang gampang-gampang susah, apalagi untuk pemula. Pertama kali mencoba bulu mata palsu aku menghabiskan waktu 10 menit hanya untuk satu mata. Tapi, once you learn the tricks it will be a piece of cake. Agar bulu mata palsu terlihat natural, pasang sedekat mungkin dengan tumbuhnya bulu mata. Selain itu, tunggu lem setengah kering sebelum memasangkannya ke mata. Buat kamu yang masih kesulitan dalam memasang bulu mata palsu, sekarang sudah banyak lho produk yang bisa membantu kamu memasang bulu mata palsu dengan rapi dan cepat. Alat untuk memasang bulu mata palsu ini bentuknya seperti pinset.  Kalian bisa baca reviewnya di link berikut ini ya.


6. Jangan tarik bulu mata palsu saat melepaskannya. 



Bulu mata palsu sukses terpasang cantik dan kini saatnya untuk dilepas. Supaya tidak rusak bentuknya dan bisa digunakan lagi, lepas bulu mata palsu dengan hati-hati ya. Jangan langsung melepas bulu mata palsu dengan cara menariknya karena tidak hanya merusak bentuk bulu mata palsu, tetapi juga bisa melukai kelopak mata kamu.  Cara mudah melepas bulu mata palsu adalah dengan menggunakan oil-based makeup remover. Tuangkan sedikit makeup remover pada kapas lalu tekan pada mata hingga bulu mata terlepas sendiri. Minyak zaitun atau minyak kelapa juga bisa kamu gunakan untuk melepas bulu mata lho. Pilih EVOO atau VCO agar kamu mendapatkan manfaat lebih banyak. 

7. Bersihkan bulu mata palsu segera setelah dilepas. 



Bulu mata palsu yang telah dilepas sebaiknya segera dibersihkan. Tujuannya agar kotoran dan sisa lem yang masih menempel hilang dan bulu mata palsu siap digunakan kembali. Bersihkan sisa lem yang menempel dengan menggunakan EVOO atau bisa juga menggunakan fragrance-free lotion yang telah dicampur dengan sedikit rubbing alcohol. Penjelasan lebih lengkap mengenai cara membersihkan bulu mata palsu bisa kamu baca di sini ya, ladies. 


8. Simpan bulu mata palsu dengan rapi. 

Bulu mata palsu kamu sudah bersih nih! Langkah terakhir yang perlu kamu lakukan adalah menyimpan bulu mata palsu agar tetap bersih dan terjaga bentuknya. Kamu bisa simpan bulu mata palsu pada kotaknya atau kamu bisa juga membuat DIY kotak penyimpanan bulu mata palsu. BFF-ku yang cantik ini sudah pernah buat DIY-nya lho, silahkan mampir ke link beliau ya untuk intip gimana caranya membuat kotak penyimpanan bulu mata palsu. 

*** 

Itu dia beberapa tips buat kamu yang mau mencoba menggunakan bulu mata palsu. Dengan melakukan tips tersebut, tidak hanya mata kamu terlihat lebih ‘wow’ tetapi juga bulu mata palsu kamu pun tetap dalam kondisi yang prima sehingga bisa digunakan berulang kali dan tentunya hemat! Jangan lupa juga untuk selalu merawat bulu mata kamu agar tetap sehat dan tebal menggunakan EVOO atau castor oil. 

Selamat mencoba! 

Share this Post Share to Facebook Share to Twitter Email This Pin This Share on Google Plus Share on Tumblr

26 comments:

  1. pake bulu mata palsu emang butuh latian n kesabaran yaa... hehe

    www.i-love-memories.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget niken.... perlu perjuangan panjang sampai bisa pake bulu mata palsu dengan kece dan cepat. hehehe.

      Delete
  2. Sekarang udah ada alatnya ya? Jadi ga susah buat pemula kaya saya. btw, masalah lem bulu mata, sering banget kalo didandanin pas acara wedding, bulu mata yg sering rusak duluan (lepas), mungkin karena lemnya ya ga kece.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Ipeh, sekarang lebih praktis dan mudah karena ada alat bantunya. Soal lem memang kalau lem-nya jelek pasti bikin bulu mata palsu juga gampang lepas. Jadi, lem juga penting....

      Delete
  3. Post ini seperti menjawab kegundahan hati aku untuk coba beli dan belajar make bulu mata palsu. Senangnyaaa. Nice post, thank you yah^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. yeeeessss, semoga makin cetar ya setelah pakai bulu mata palsu....Thank you sudah mampir

      Delete
  4. Wah berguna banget nih post nya.
    Pas banget, aku lagi belajar pakai bulmat palsu.
    Thx for sharing, kak tya ❤

    | princesscastleblog.wordpress.com |

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga tipsnya bisa membantu ya Sienny! Jangan lupa kabar2in kalau udah bisa yaaa....

      Delete
  5. Aku selama ini ga pernah pake bulmat tapi kalo dicoba2 nanti bakalan ingatin tips ini. Hehe

    Oh ya ka Tya, aku juga nominasiin ka Tya di liebster award. Cek disini ya ka Tya http://rima-angel.blogspot.co.id/2016/06/liebster-awards.html?m=1

    rima-angel.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayuk coba deh pake Rima, dijamin ketagihan. Hehehe

      Aduh makasih awardnya.. kayanya waktu itu aku udah baca tapi lupa balasnya. aku balas sekarang deh biar nggak lupa lagi #maklumudahtua

      Delete
    2. Bulmat sih ada tp lem bulmatnya yg belum pernah beli :D

      Hahahaha.. Maklum ya ibu guru sibuk. Hihi

      Delete
    3. harus coba Bunny Lashes! serius deeh

      Delete
    4. Bunny lashes ada dijual dimana ka tya? Beneran kagak ga pake bulmat tuh si bunny lashes? Aku mau yg kesannya terlihat natural sih.

      Delete
    5. Beli langsung via instagramnya aja Rima. Aku suka banget pakai si bunny lashes, yang seri Periwinkle bagus. Cek juga postingan review Bunny Lashes aku Rima, aku sempat review beberapa model bulmatnya.

      Atau kalau mau coba2 bisa ke Aiglowlashes di Instagram juga. 55 ribu dapet 1 lusin bisa mix 4 model. Cuma dia g include lem-nya. Aku saranin sih pakai lem bulmatnya Bunny. hehehe

      Delete
    6. Noted dulu ka Tya :D masih maju mundur mau cobain bulmat ini. Hihi

      Delete
    7. hehehehe.... selamat mencobaaa...

      Delete
  6. Replies
    1. Memang ribet tapi hasilnya memang membuat mata terlihat lebih cantik.

      Delete
  7. nice tips bgt mbak Tya, hehhe selama ini aku langsung tarik bulu mata palsu aja abis itu baru deh pake baby oil bersihin eyes makeupnya :)
    thanks for information mbak :)

    diahcerita.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, mulai sekarang ngelepas bulu matanya mesti hati-hati ya, sayang kan kalau kelopak mata jadi iritasi atau luka?

      Semoga tipsnya bisa membantu yaa...

      Delete
  8. Kebetulan bgt lagi belajar pake bulmat. Lg nyari lem yg nempel. Entar coba beli ah yg bunilash

    yozora94.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bunny Lashes rekomen banget Ell! Juara deh, dipake naik gojek Depok-Jakarta nggak lepas lho itu bulmat... harganya pun terjangkau.

      Delete
  9. Bener - bener butuh kesabaran, tapi kalau sudah terpasang rapi rasa lelah tadi hilang. :D

    vinasaysbeauty.blogspot.com

    ReplyDelete

Hai! Terima kasih banyak sudah membaca postingan ini. Jangan sungkan menuliskan komentar di bawah ini ya. Komentar, masukan, dan kritik kalian sangat berarti untuk aku. Oya, please jangan masukkan link hidup di komen ya. Semua komentar dengan link hidup akan langsung di-delete.

Have a nice day!


© Talkative Tya | Designed by . All rights reserved.