Thursday, 30 June 2016

Tips Memilih Baju Lebaran

Assalamualaikum, ladies!

Tidak terasa seminggu lagi kita semua akan merayakan Hari Kemenangan yaitu Idul Fitri. Di hari yang special ini tentunya ladies ingin tampil secantik mungkin. Mulai dari menggunakan makeup agar wajah terlihat cantik dan segar sampai busana yang dikenakan. Banyaknya model baju lebaran yang beredar di pasaran membuat kita bingung memilih model yang paling pas.  Kali ini Tya mau berbagi tips bagaimana memilih baju lebaran yang sesuai untuk dikenakan saat Hari Raya nanti.




1. Tentukan anggaran belanja.

Bagi mereka yang bekerja, Lebaran identic dengan THR atau Tunjangan Hari Raya. Pada umumnya jumlah THR ini sebesar gaji satu bulan. Tentu saja uang ini menjadi berkah tersendiri karena bisa digunakan untuk berbagai hal, mulai dari biaya mudik, renovasi rumah, sampai belanja baju lebaran. Tetapi tetap harus ingat diri ya, jangan dihambur-hamburkan. Salah satu cara agar bisa mengontrol diri agar tidak kalap adalah dengan menetapkan anggaran pengeluaran belanja baju lebaran.  

Bagi kamu yang memiliki anggaran belanja baju lebaran besar, alhamdulillah, pilihan yang tersedia tentu lebih banyak. Kamu bisa melirik karya rancangan para desainer muslim. Biasanya, desainer pakaian muslim akan mengeluarkan seri busana Lebaran. Kamu bisa memilih yang sesuai dengan anggaran dan tentunya sesuai dengan style kamu. 

Gimana dengan kamu yang anggaran belanjanya terbatas? Tetap alhamdulillah dong. Dengan anggaran terbatas kamu tetap bisa mendapatkan busana Lebaran kok.  Coba deh hunting baju Lebaran di pusat perbelanjaan. Banyak lho pusat perbelanjaan yang memberikan potongan harga yang lumayan besar selama bulan Ramadan. Berapapun anggaran yang kamu siapkan, jangan lupa sisihkan sebagian untuk beramal ya. 

2. Pilih model yang sesuai dengan bentuk tubuh dan bisa menutupi kekurangan. 

Tip berikutnya adalah memilih model baju yang sesuai dengan bentuk tubuh. Bagi kamu yang dianugerahi tubuh langsing, bersyukurlah karena kamu bisa menggunakan semua model busana. Untuk kamu yang bertubuh besar, pilihlah model baju yang berpotongan longgar agar kamu tidak merasa sesak. Selain itu, pilih model baju yang memiliki aksen pada pinggang. Aksen ini akan membantu memberikan ilusi pinggang yang lebih kecil sehingga secara keseluruhan tubuh akan tampak lebih langsing. Bahan baju yang ‘jatuh’ juga bisa memberikan ilusi tubuh lebih langsing lho. 

Warna pada baju juga perlu diperhatikan. Agar baju Lebaran bisa digunakan sepanjang masa, pilih warna baju yang netral seperti putih, coklat, krem, dan hitam. Warna hitam juga bisa membantu menutupi kekurangan bagi mereka yang bertubuh besar karena memberikan ilusi badan lebih ramping. Untuk motif, pilih motif dengan ukuran kecil untuk mereka yang berbutuh besar, sedangkan bagi yang berbadan kecil bisa memilih motif baju dengan ukuran besar. Apapun model baju Lebaran yang kamu pilih, pastikan model baju tersebut sudah sesuai syariat ya, alias menutup aurat dan tidak membentuk tubuh (terlalu ketat).

3. Perhatikan bahan yang digunakan.

Di Hari Raya, tentunya kita akan banyak beraktivitas. Mulai dari Salat Id sampai silaturahmi dengan keluarga dan orang sekitar. Banyaknya aktivitas ini bisa menyebabkan kamu berkeringat. Jadi, sebaiknya pilih bahan baju yang terbuat dari bahan yang bisa menyerap keringat seperti katun. Selain cepat menyerap keringat, bahan katun juga tidak gerah. Bahan lainnya seperti sutra dan viscose juga bisa dijadikan pilihan karena bahannya lentur dan mudah menyerap keringat. Bahan pakaian seperti satin memang akan membuat baju terlihat lebih glamor. Sayangnya, bahan satin tidak bisa menyerap keringat dan panas. 


4. Sesuaikan dengan aktivitas.

Saat Lebaran, kita akan saling berkunjung ke sanak saudara. Selain bahan yang nyaman, pastikan juga model yang kamu pilih sesuai dengan aktivitas selama Hari Lebaran nanti. Sebagai contoh, buat kamu yang berkunjung menggunakan moda transportasi motor, pilihlah pakaian dengan model atasan tunik dan celana. Kombinasi tunik dan celana membuat kamu bisa bergerak bebas dan tidak repot saat berkendara dengan motor. Bagi kamu yang menggunakan mobil, kamu bisa menggunakan model baju Lebaran apapun sesuai selera. 

5. Cari model dan warna baju yang fleksibel.

Saat memilih baju Lebaran, sebaiknya pilih model yang bisa digunakan sepanjang masa. Model baju seperti dress dan tunik selalu menjadi trend. Dengan begitu, kamu bisa menggunakan baju tersebut untuk Lebaran berikutnya. Cocokkan juga baju Lebaran dengan koleksi baju yang kamu punya di rumah. Jadi, jika suatu waktu kamu bisa memadupadankan baju Lebaran kamu dengan baju/aksesoris yang kamu miliki untuk tampil beda. 

*** 

Itu dia beberapa tips untuk memilih baju lebaran dari Tya. Buat kamu yang masih bingung mau memilih model baju Lebaran seperti apa, kamu bisa intip baju Lebaran dari MeeMaa Style. Tahun ini MeeMaa Style mengeluarkan koleksi baju Lebaran mereka yang berpotongan sederhana namun tetap terlihat mewah. Warna koleksi baju Lebaran yang didesain oleh Chaera Lee ini adalah hitam, krem, putih, dan peach yang tentunya cocok dikenakan oleh siapa saja.



Detail pada tiap baju pada koleksi Lebaran MeeMaa Style adalah kain bermotif kotak-kotak dengan kombinasi warna hitam-gold dan putih-silver. Penempatan kain motif ini ada pada bagian dada, ujung lengan, dan ujung dress sehingga terlihat elegan.


Tertarik dengan koleksi Lebaran MeeMaa Style? Langsung saja main ke akun social media mereka di:

Website: www.meemaastyle.com
Facebook: MeeMaaStyle
Instagram: @MeeMaaStyle
Twitter: @MeeMaaStyle

Semoga tips di atas bisa membantu kamu dalam memilih baju Lebaran ya. 

Thanks for reading!

Share this Post Share to Facebook Share to Twitter Email This Pin This Share on Google Plus Share on Tumblr

1 comment:

  1. perhatikan bahan yg nyaman buat kita, penting ya mba. Dulu waktu jaman jersey dress baru muncul saya punlatah ikut beli. eh sekarang gamau lagi deh bahan kersey, nyetak badan dan gampang melar :(

    ReplyDelete

Hai! Terima kasih banyak sudah membaca postingan ini. Jangan sungkan menuliskan komentar di bawah ini ya. Komentar, masukan, dan kritik kalian sangat berarti untuk aku. Oya, please jangan masukkan link hidup di komen ya. Semua komentar dengan link hidup akan langsung di-delete.

Have a nice day!


© Talkative Tya | Designed by . All rights reserved.