Tuesday, 26 July 2016

[BLOGGING 101] 5 Alasan Blogger Harus Gabung dalam Komunitas

Happy Tuesday!

Tidak terasa hari ini adalah hari terakhir tantangan ODOP (One Day One Post) dari teh Ani Berta. Tema yang dipilih untuk postingan terakhir juga super sekali, yaitu tentang berkomunitas, khususnya komunitas blogger. Meskipun blog ini sudah eksis sejak tahun 2009, aku baru benar-benar serius menulis di tahun 2012. So, aku masih menganggap diriku sebagai blogger pemula. Bahasa kekiniannya blogger newbie. Ketika mulai serius menggarap blog, aku belum bergabung dalam komunitas apapun. Bisa dibilang aku buta tentang urusan blog. Tahunya Cuma nulis dan posting saja. Paling mentok share tulisan lewat Facebook. Ketika tahu ada yang namanya komunitas blogger, barulah aku bergabung. 

Ternyata, banyak banget manfaat yang bisa didapatkan dari komunitas blogger. Apalagi buat blogger newbie macam aku ini. Berdasarkan pengalaman pribadi aku, ini dia 5 alasan kenapa kamu para blogger mesti gabung dalam komunitas. 



1. Menambah teman

Tentu saja tujuan utama bergabung dalam suatu komunitas adalah untuk menambah teman. Ketika aku mulai bergabung dengan suatu komunitas blogger, aku baru sadar yang namanya blogger itu banyak banget dan dengan beragam niche. Dari situ aku mencari siapa saja blogger yang niche-nya mirip sama blog aku agar kita bisa sama-sama saling berbagi informasi. Tapi bukan berarti blogger yang niche-nya beda terus nggak diajak temenan yaa. Tetap berteman dong, semakin banyak teman semakin seru!  

Beauty besties yang awalnya kenalan lewat komunitas. 
Setahun kemudian masih tetap solid bareng-bareng! 

Satu hal yang paling tidak terlupakan bagi aku tentang komunitas adalah menemukan BFF alias teman dekat. Saat itu aku bergabung di salah satu komunitas yang membahas tentang kecantikan. Lalu beberapa dari kami berinisiatif untuk melakukan meet up karena kami sama-sama tinggal di Depok. Meet up yang awalnya hanya bertujuan untuk saling mengenal ternyata terus berlanjut menjadi persahabatan yang solid hingga detik ini. Nah, siapa tahu nanti kalau kalian bergabung di komunitas terus bisa ketemu jodoh. 

2. Menambah pembaca blog

Pernah nggak sih ngerasa kamu udah nulis postingan di blog panjang lebar terus yang baca nggak nyampe 10? Atau tulisan di blog adalah informasi yang bagus dan bermanfaat tapi yang baca sedikit?  Itu dulu yang aku rasakan ketika aku mulai ngeblog. Ketika bergabung ke suatu komunitas, secara tidak langsung jumlah pembaca blog akan meningkat. Tentu saja tidak drastis ya. Diawali dari teman-teman sesama blogger, terus mereka bantu share tulisan ke jaringan mereka, lama kelamaan traffic pun naik. 

3. Menambah ilmu tentang blogging

Bicara tentang ngeblog, ternyata banyak sekali hal yang bisa dibahas lho! Mulai dari template dan desain blog, Alexa rank, SEO, branding blog, sampai gimana membuat konten yang keren. Jadi, ngeblog itu nggak hanya sekadar menulis dan posting saja. Saat ini banyak komunitas blogger yang secara rutin berbagi ilmu dengan para anggota komunitasnya. Sebut saja ada Blogger Perempuan, Fun Blogging, BloggerCrony, dan masih banyak lagi. Komunitas-komunitas tersebut sering mengadakan acara seperti workshop dan talkshow yang berkaitan dengan blog. Tentunya, ilmu blogging ini bisa membuat blog kita menjadi lebih baik dan bisa memberikan manfaat yang maksimal kepada pembacanya.

Salah satu workshop yang meningkatkan skill peserta soal blog.

4. Mendapatkan informasi terbaru seputar blogging.

Salah satu alasan kenapa aku sangat bersyukur bergabung dengan komunitas blogger adalah aku tidak ketinggalan informasi. Biasanya admin suatu komunitas sering berbagi informasi tentang blog. Contohnya tentang konsekuensi dari black SEO atau yang ngehits beberapa bulan lalu adalah tentang do-follow dan no-follow link di dalam satu postingan blog. Bagi blogger yang masih pemula, informasi tersebut tentu sangat penting dan bisa membantu mereka untuk mengembangkan blog lebih baik. 

5. Mendapatkan pekerjaan

Alasan terakhir kenapa bergabung dengan komunitas itu penting adalah mendapatkan rejeki! Komunitas blogger sering berbagi informasi ketika ada tawaran kerja. Mulai dari content placement, product review, sampai buzzer. Mulai dari yang tidak dibayar, dibayar dengan voucher, sampai dibayar dengan uang. Aku masih ingat pertama kali aku mendapatkan rejeki dari blog adalah endorsement dari beberapa brand. Itu saja sudah senang luar biasa. Seiring waktu, aku mendapatkan kontrak untuk mereview produk dan mendapatkan honor. Semua itu berkat komunitas. Tanpa komunitas, mungkin blog aku nggak akan sampai pada titik ini. 

*** 

Itu dia lima alasan kenapa bergabung ke suatu komunitas bagi blogger itu penting menurut aku pribadi. Bagaimana menurut kalian? Apakah kalian setuju dengan alasan di atas? Atau mungkin kalian punya alasan lainnya? Yuk sharing di kolom komentar di bawah ya. 

Thanks for reading!  

Share this Post Share to Facebook Share to Twitter Email This Pin This Share on Google Plus Share on Tumblr

10 comments:

  1. iya nih mba... alasannya bener semua..
    banyak banget ilmu baru,kerjaan di dapat dri komunitas..
    satu lagi alasannya..
    Pengen eksis.. #lah hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, gapapa mbak biar eksis nggak hanya di dunia maya tapi juga di dunia nyata.

      Delete
  2. bermanfaat banget kak postingnya <3 <3
    sepertinya aku harus coba ikut komunitas supaya banyak temen sharing sharing ^^ hehehe


    widiatianugrah.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa, berkonumitas itu banyak banget manfaatnya. Yuk gabung komunitas.

      Delete
  3. Saya setuju dengan mba Tya. Tapi saya juga masih bingung dengan komunitas di daerah saya, tidak ada yang 'sreg' dengan keinginan saya... Mba punya saran komunitas gak buat saya (yang membahas internet)?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau menurut saya sih mungkin gabung dulu dengan komunitas yang ada untuk menambah teman. Nanti pasti ketemu deh sama teman-teman yang memiliki minat yang sama dan buat komunitas sendiri. Pasti keren banget tuh...

      Delete
  4. bener banget kelima pointnya Mba, apalah aku tanpa komunitas blogger hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, aku kalau nggak ada komunitas nggak mungkin bisa sampi pada titik ini...

      Delete
  5. pengen si gabung di komunitas biar bisa nambah temen & ketemu langsung tapi saya liat kebanyakan komunitasnya buat perempuan yah :(

    ReplyDelete
  6. Assalamualaykum... hai.. bermanfaat bgt infonya... saya selama ini ngeblog nggak pernah masuk komunitas... soalnya ngeblog juga cuma buat seneng2 aja dan membagi pengalaman atau sekedar nulis pemikiran ngaco. postingan juga nggak banyak. Jadi kalo mau gabung juga malu2 meong... hehehe... ternyata banyak manfaatnya... terus cara gabungnya gimana? Makasih sebelumnya...

    ReplyDelete

Hai! Terima kasih banyak sudah membaca postingan ini. Jangan sungkan menuliskan komentar di bawah ini ya. Komentar, masukan, dan kritik kalian sangat berarti untuk aku. Oya, please jangan masukkan link hidup di komen ya. Semua komentar dengan link hidup akan langsung di-delete.

Have a nice day!


© Talkative Tya | Designed by . All rights reserved.