Friday, 15 July 2016

5 Alasan Kenapa Sekolah di SMK itu Keren

Happy Friday!

Minggu depan kegiatan sekolah sudah mulai aktif. Para pelajar dari semua jenjang pendidikan, SD, SMP, SMA, sampai perguruan tinggi akan kembali menimba ilmu. Ngomongin tentang sekolah nih, aku ingat dulu ketika aku akan melanjutkan ke SMA bawaannya resah. Galau kalau pakai bahasa anak muda sekarang. Galau karena kepikiran gimana nasib kalau tidak bisa masuk ke sekolah favorit atau sekolah yang menjadi pilihan. Rasanya dunia itu udah berakhir kalau tidak bisa masuk sekolah SMA A yang jadi unggulan. 

Sayang sekali pada waktu itu aku tidak melirik SMK. Kalau boleh jujur, aku dulu menganggap SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) itu nggak elite, nggak bergengsi, nggak punya masa depan. Padahal justru sebaliknya, SMK itu juga bisa mencetak lulusan yang nggak kalah berprestasi dan memiliki masa depan cerah. Kalau saja waktu itu aku mengenal SMK, tentu kegalauan yang aku alami nggak akan sampai menyebabkan stress. Kali ini, aku akan beberkan 5 alasan kenapa sekolah di SMK itu keren. 



1. Bisa langsung kerja setelah lulus. 

Alasan pertama sekolah di SMK itu keren adalah lulusan SMK bisa langsung kerja. Banyak perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan untuk mereka yang memiliki pendidikan SMK. Karena meskipun secara umur lulusan SMK terhitung muda, mereka sudah memiliki banyak pengalaman. Coba bandingkan dengan lulusan SMA yang tentu saja memiliki peluang lebih kecil untuk mendapatkan pekerjaan. Tidak usahlah melihat lulusan SMA, wong lulusan perguruan tinggi saja susah dapat kerja. Jadi, kamu yang sekolah di SMK selangkah lebih maju. 

2. Sesuai dengan minat dan bakat. 

Suka utak atik benda elektronik? Suka bongkar mesin mobil atau motor? Suka menjahit dan memasak? Atau suka cuap-cuap di depan kamera? Dengan masuk SMK, minat dan bakat bisa terasah dengan baik karena SMK memiliki kurikulum yang berbeda dengan sekolah lainnya (baca: SMA). SMK memiliki banyak jurusan, ada jurusan teknik mesin, tata boga, dan tata busana. Tidak hanya itu saja, seiring perkembangan jaman, SMK juga memiliki jurusan yang nggak kalah dengan jurusan kuliah. Sebut saja jurusan animasi, multimedia, broadcasting, sampai farmasi. 

3. Mendapatkan skill yang bermanfaat. 

Karena kamu masuk SMK dan mengambil jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat, tentu saja semua pelajaran yang didapatkan sangat berharga. Ada banyak keterampilan atau skill yang didapat selama bersekolah di SMK, tidak hanya hardskills tetapi juga softskills. Kombinasi keduanya akan membentuk siswa menjadi pribadi yang berkompetensi tinggi dan bisa sukses di masa depan. 

4. Bisa melanjutkan ke perguruan tinggi. 

Siapa bilang lulusan SMK nggak bisa masuk perguruan tinggi? Lulusan SMK juga bisa kok melanjukan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Apalagi jurusan-jurusan di perguruan tinggi banyak  yang sesuai dengan jurusan di SMK sehingga ilmu yang didapat juga semakin mendalam. 

5. Mengasah diri menjadi pribadi yang mandiri. 

Mereka yang bersekolah di SMK adalah pribadi yang mandiri. Ini dikarenakan siswa SMK terbiasa menjalani pelatihan kerja atau yang biasa disebut magang. Dengan magang, siswa SMK terjun langsung merasakan dunia kerja. Selain itu, terkadang magang yang diikuti oleh siswa SMK ini juga mendapatkan honor lho. Hasilnya? Lulusan SMK tidak merasa canggung ketika bekerja dan siap secara fisik maupun mental. 

*** 

Buat adik-adik yang lagi galau mau melanjutkan sekolah apa setelah SMP dan bagi orang tua yang juga galau mau masukin anak ke sekolah apa, semoga tulisan ini bisa membantu ya. Yuk kita ubah pandangan kita tentang SMK. Jadi anak SMK itu keren kok!

Thanks for reading!  

Share this Post Share to Facebook Share to Twitter Email This Pin This Share on Google Plus Share on Tumblr

6 comments:

  1. SMK sangat efektif dalam mendapatkan skill :)
    Banyak prakteknya bikin nyenenginkayaknya ya Mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya teh Ani, ketika praktek kerja itu banyak hal positif yang bisa didapat anak SMK. TErmasuk yang paling penting itu menjalin networking. Makasih sudah mampir Teh.

      Delete
  2. Saya termasuk orang yang sering "terpesona" melihat para siswa SMK. Mereka cekatan dan terampil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss mbak, kadang aku jadi nyesel juga kenapa dulu nggak ngelirik si SMK ini ya. Padahal jurusannya banyak yang seru.

      Delete
  3. Samaan kita mbak.. Dulu aku juga anggep SMK itu ga elite. Saat duduk bangku kuliah, eh.. aku baru nyadar kalo SMK itu bagus. Soalnya secara ga langsung bisa asah keterampilan kita sejak dini.

    www.aloha-bebe.com

    ReplyDelete
  4. aku dulu nganggep smk itu anak buangan. ehh sekarang masuk smk. dulu ngira smk itu cuma praktek doang, daaaan ternyata teorinya juga banyak apalagi buat yang di jurusan keuangan beuuuh.. gamain-main dah..

    hai-ija.blogspot.com

    ReplyDelete

Hai! Terima kasih banyak sudah membaca postingan ini. Jangan sungkan menuliskan komentar di bawah ini ya. Komentar, masukan, dan kritik kalian sangat berarti untuk aku. Oya, please jangan masukkan link hidup di komen ya. Semua komentar dengan link hidup akan langsung di-delete.

Have a nice day!


© Talkative Tya | Designed by . All rights reserved.