Wednesday, 20 July 2016

[BLOGGING 101] Tips Jadi Blogger Kece saat Menghadiri Talkshow dan Workshop

Happy Wednesday!

Blogger kini adalah hobi pekerjaan yang memiliki banyak keuntungan. Salah satu keuntungan menjadi seorang blogger adalah bisa mendapatkan kesempatan menghadiri berbagai macam acara. Mulai dari acara peluncuran produk, workshop, sampai talkshow. Tentunya senang dong. Kalau kamu mendapatkan undangan, ini tandanya kamu dipercaya oleh pihak pengundang dan blog kamu dianggap baik dan bisa membantu mereka atau klien. Kalau kamu datang atas inisiatif sendiri, itu tandanya kamu mau belajar dan menjadi lebih baik. Betul nggak? 

Ngomongin tentang menghadiri talkshow dan workshop, Tya punya beberapa tips gimana jadi blogger yang kece saat menghadiri event seperti workshop dan talkshow. Mau nggak jadi blogger kece? Kalau mau, yuk langsung baca tips-nya.

1. Datang tepat waktu.

Datang tepat waktu itu maha penting. Ini bukan mau lebay ya, tetapi datang tepat waktu itu menunjukkan bahwa kamu menghargai si pengundang/penyelenggara acara. Coba deh bayangkan diri kamu sebagai si penyelenggara acara. Acara dimulai jam 3 sore tetapi yang hadir baru satu-dua ekor blogger. Pasti sedih dan jadi down kan? Padahal, mereka mungkin telah menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk menyiapkan acara sebaik-baiknya.

Datang tepat waktu memiliki banyak manfaat. Kalau lokasi acara jauh dan kamu datang tepat waktu, atau bahkan sebelumnya, kamu bisa bersantai sejenak sambil menikmati cemilan *lho* dan sambil mendokumentasikan lokasi. Selain itu, datang tepat waktu juga berarti kamu bisa memilih tempat duduk paling strategis, yaitu paling depan biar bisa fokus menyimak materi, bisa dapat angle foto yang keren, dan bisa mendapatkan kesempatan difoto candid sama panitia. Hehehe.

Aku pribadi selalu berusaha paling lambat sampai di lokasi acara 30 menit sebelum acara dimulai. Agar bisa datang tepat waktu, banyak kok yang bisa dilakukan. Berangkat lebih awal untuk kamu yang rumahnya jauh dari lokasi dan menggunakan moda transportasi yang cepat seperti kereta atau ojek online.

2. Siapkan alat tempur.

Tips berikutnya untuk menjadi blogger kece saat menghadiri talkshow/workshop adalah dengan mempersiapkan alat tempur sebaik-baiknya. Apa sih alat tempur blogger? Banyaaaak! Powerbank (yang sudah dicharge penuh), smartphone dengan batere penuh, modem dengan kuota yang cukup, kamera, voice recorder, buku catatan, alat tulis, dan kartu nama. Bahkan ada yang membawa laptop atau tablet.  Semua benda tersebut penting untuk membantu kamu mengikuti acara.

3. Berpenampilan rapi.

Tips yang satu ini juga menjadi penentu apakah kamu termasuk blogger kece atau tidak. Berpenampilan rapi juga termasuk cara kita menghargai pihak penyelenggara. Kenakan pakaian sesuai dress code kalau memang ada. Kalau tidak ada dress code, gunakan pakaian yang nyaman tetapi rapi. Sebisa mungkin hindari sandal jepit dan kaus oblong ya. Buat blogger cewek, nggak ada salahnya dandan cantik karena siapa tahu wajah kamu difoto dan di-share di social media! Hoho!

4. Menyimak materi.

Iya sih event seperti talkshow dan workshop biasanya jadi ajang temu kangen blogger. Tapi bukan berarti kamu tidak menyimak materi yang disampaikan nara sumber/pengisi acara ya. Tentunya kamu nggak mau dong pulang dari suatu acara talkshow/workshop dengan tangan kosong? Maksudnya pulang tanpa membawa ilmu (bukan goodie bag lho). Maksimalkan penggunaan alat tempur pada tips ketiga untuk membantu kamu selama materi berlangsung. 

5. Aktif berpartisipasi.

Tidak hanya menyimak materi, tetapi kamu juga harus ikut aktif berpartisipasi selama acara berlangsung. Gunakan sesi tanya jawab untuk menanyakan hal-hal yang kamu belum paham. Pertanyaan yang kamu ajukan sangat bermanfaat untuk orang lain lho. Bisa jadi peserta lain nggak kepikiran sampai situ dan baru sadar ketika kamu bertanya. Selain itu, dengan bertanya, kamu bisa mendapatkan informasi tambahan yang mungkin selama acara berlangsung belum/tidak dibahas.

Acara seperti workshop dan talkshow juga biasa dibarengi dengan kompetisi seperti live tweet atau live Instagram. Kompetisi ini juga salah satu cara untuk aktif berpartisipasi. Keuntungan mengikuti live tweet/Instagram ini adalah tweet dan foto Instagram bisa dijadikan bahan tulisan dan kalau kamu beruntung, kamu bisa memenangkan kompetisi dan mendapatkan hadiah. Asyik kan?

6. Dokumentasikan acara.

Gunakan alat tempur pada tip ketiga untuk membantu kamu mendokumentasikan acara. Gunakan kamera untuk mengambil foto dan merekam video semaksimal mungkin agar nantinya bisa dijadikan bahan tulisan di blog.

7. Ikuti acara hingga selesai.

Apabila kamu sudah mengiyakan untuk menghadiri talkshow/workshop, itu tandanya kamu sudah komitmen untuk mengikuti seluruh rangkaian acara dari awal hingga akhir. Nggak enak lho kalau meninggalkan acara sebelum selesai. Kamu nggak bisa ikut foto-foto yang biasanya dilakukan di akhir acara. Kamu juga bisa ketinggalan informasi pemenang live report. Cobalah untuk komitmen mengikuti acara sampai selesai. Setelah itu jangan lupa ucapkan terima kasih pada penyelenggara dan juga pengisi acara. Ucapan terima kasih yang kamu berikan itu sangat bermakna untuk mereka lho. 

8. Penuhi kewajiban.

Tips terakhir untuk menjadi blogger kece adalah dengan memenuhi kewajiban kamu sebagai blogger. Ketika menghadiri acara talkshow/workshop. terkadang blogger diminta untuk melakukan beberapa hal. Misalnya saja share foto di social media selama acara berlangsung. Tidak jarang juga blogger diminta untuk membuat tulisan tentang acara tersebut. Jadi, kewajibannya jangan sampai lupa yaa.

***

Itu dia beberapa tips menjadi blogger kece saat menghadiri talkshow dan workshop. Bagaimana dengan kalian? Apakah kalian setuju dengan tips di atas? Atau mungkin ada tips lain yang mau ditambahkan? Jangan sungkan untuk berbagi di kolom komentar di bawah ini yaa. Semoga kita semua bisa menjadi blogger yang kece ya!

Thanks for reading!

Share this Post Share to Facebook Share to Twitter Email This Pin This Share on Google Plus Share on Tumblr

14 comments:

  1. iya Mbak..yg kewajiban jangan dilupakan yak. Kadang sering baca status coordinator penyelenggara yg nagihin artikel wajib.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak, kadang kita blogger suka terlupa ada kewajiban yang harus dipenuki ketika datang ke acara.... ini juga buat pengingat untuk Tya pribadi...

      Delete
  2. Sebagai yang pernah ada di posisi penyelenggara dan undangan, tipsnya Tya memang yahud hehehehe. Cuma kalo masalah on time, kadang yaa kondisi jalanan tidak bisa ditebak. Sudah jalan dari jauh waktu, tetiba macet berkepanjangan yang bikin telat huhuhuhu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaah mbak Titaz mampir ke sini. Makasih ya mbaak udah mampir. Soal waktu itu memang sih kondisi jalanan sangat berpengaruh. Tetapi maksudnya gini, ada lho orang yang sudah tahu di undangan ditulis jam 3 sore tetapi baru jalan jam 2 misalnya. Padahal dia tahu perjalanan bisa 2 jam, yang berarti dia akan telat. Soalnya kan banyak undangan yang memang sengaja ditulis jam 3 tetapi sebetulnya mulai jam 4 untuk mengantisipasi yang telat-telat itu.

      Nah maksud Tya, meskipun memang dimulainya jam 4, tetapi kan yang ditulis jam 3. Jadi hargai yang mengundang. Kalau jam 3 sudah pada dateng semua pasti senang dong, bisa mulai lebih awal juga. Hehehe...

      Delete
  3. Ada juga yang mengeluhkan jika blogger ini bawa anak dan suami, katanya 'Mau seminar apa piknik' hadeeh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, Tya juga suka lihat ada yang bawa anak dan suami. Beberapa kali Tya juga pernah ajak suami dan anak, cuma tidak ikut masuk ke dalam acara alias nunggu di luar. Itupun jarang banget ngajak anak suami karena sadar diri anakku pecicilan nggak bisa diem. Yang ada aku nggak konsen pas acara.

      Yang penting sih tanya dulu sama pihak penyelenggara, apakah boleh mengajak anak dan suami. Ada beberapa penyelenggara yang memperbolehkan. Tetapi ada yang memang melarang dengan tujuan agar tidak mengganggu acara.

      Delete
  4. tips kece dari blogger keceh... Love Tya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mbak Wawa, tapi tya masih kalah kece sama mbak Wawa...

      Delete
  5. Bener banget! Sebagai blogger kita sepertinya wajib untuk mendokumentasikan. Nah, tambah keren lagi kalo ilmunya di-sharing di blog. That's why I agree with you.


    Salam kenal ♡

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, Tya setuju banget, mesti dibagikan ilmunya ya... semoga kita bisa istiqamah selalu membagikan ilmu ke semua orang.. Aamiin.

      Delete
  6. Kayak mau perang yaaa mesti siapin alat tempur hahaha

    ReplyDelete

Hai! Terima kasih banyak sudah membaca postingan ini. Jangan sungkan menuliskan komentar di bawah ini ya. Komentar, masukan, dan kritik kalian sangat berarti untuk aku. Oya, please jangan masukkan link hidup di komen ya. Semua komentar dengan link hidup akan langsung di-delete.

Have a nice day!


© Talkative Tya | Designed by . All rights reserved.