Monday, 18 July 2016

[BLOGGING 101] Tips Ngeblog Asyik ala TalkativeTya

Happy Monday!

Tidak terasa aku sudah menulis di blog ini selama kurang lebih 7 tahun. Selama perjalanan 7 tahun tersebut, banyak sekali ilmu blogging yang aku dapatkan sehingga aku bisa sampai di titik ini. Kali ini, Tya mau berbagi tips bagaimana cara ngeblog asyik tanpa stress. Penasaran apa saja tipsnya? 


1. Tetapkan tujuan awal blog. 

Kebanyakan orang menjadikan ngeblog sebagai hobi atau pekerjaan sampingan (meskipun ada juga yang bekerja sebagai fulltime blogger), jadi mereka menganggap blog tidak perlu memiliki tujuan. Padahal, menetapkan tujuan blog itu penting sekali lho. Blog yang tidak punya tujuan pasti tidak enak dibaca dan si blogger jadi terbebani untuk menulis. Atau yang lebih gawatnya, berhenti menulis sama sekali. Coba deh evaluasi diri, apa sih tujuan kamu menulis blog? Apakah untuk berbagi informasi, untuk mendapatkan endorsement, atau untuk mengikuti lomba? Dengan menetapkan tujuan blog, menulis akan lebih terarah dan  pastinya akan tetap semangat dan asyik menulis tanpa beban. 

2. Tulis apa yang kamu suka.

Apa isi blog kamu? Beauty? Lifestyle? Otomotif? Olahraga? Atau Kesehatan? Apapun itu, yang penting adalah kamu suka dengan apa yang kamu tulis. Ketika postingan yang ditulis adalah sesuatu yang kita sukai, menulis jadi lebih mudah dan tanpa beban. 

Di awal aku mulai ngeblog, aku belum menemukan topik apa yang pas untuk aku tulis. Jadi, kalau kalian cek postingan awal-ku, isinya kebanyakan curhatan atau sharing hal-hal yang menurut aku menarik. Seiring perjalanan waktu, aku menyadari bahwa aku suka dengan topik seputar kecantikan dan sejak 2012 aku memutuskan untuk fokus menulis dengan topik tersebut. Dan aku menyadari ketika aku menulis tentang hal yang aku sukai, aku sangat bersemangat.  Jadi, menulis blog setiap hari bukan hal yang tidak mungkin. 

3. Menulis seperti mengobrol. 

Sudah menentukan topik/niche blog kamu suka tetapi masih kesulitan saat menulis? Aku yakin semua blogger pernah berada dalam posisi ini. Salah satu cara yang aku lakukan agar aku tidak mandek saat menulis adalah menulis seakan-akan aku sedang ngobrol dengan seseorang (pembaca). Ketika postingan ditulis dengan gaya santai seperti ngobrol, aku lebih lancar saat menulis. Kelebihan lainnya dengan melakukan hal ini adalah tulisan akan terdengar alami. Aku ingin pembaca aku merasa nyaman saat membaca tulisanku dan aku ingin mereka merasakan kedekatan dengan aku lewat tulisan aku.  

4. Ikut komunitas blogger. 

Pada awal aku memulai blog ini, aku nggak ngerti kalau ada yang namanya komunitas blogger. Andai saja aku tahu pentingnya bergabung dalam komunitas blogger, mungkin aku sudah femes ya. Banyak sekali keuntungan yang didapatkan kalau bergabung di komunitas blogger. Tidak hanya sekadar meng-upgrade skill blogging atau selalu update dengan lomba dan tawaran kerja, tetapi juga secara tidak langsung membantu agar kita tetap semangat menulis. Pilih komunitas blogger yang mau membantu mengembangkan potensi anggotanya. 

5. Jadi diri sendiri. 

Tips terakhir agar ngeblog tetap asyik adalah dengan menjadi diri sendiri. As simple as that. Tiap orang punya gaya menulis masing-masing. Jangan paksakan diri mencoba menulis dengan gaya menulis yang bukan ‘kamu banget’. Sebagai contoh, Tya sudah terbiasa menggunakan kata ganti ‘aku’ dan ‘kamu’ di blog karena rasanya lebih santai. Coba bayangkan kalau misalnya tiba-tiba aku mencoba seperti blogger yang menulisnya dengan kata ganti ‘saya’ dan ‘anda’, pasti merasa ada yang janggal kan? 

Selain soal gaya penulisan, jadi diri sendiri itu ya dengan cara nggak ikut-ikutan yang bukan ‘kamu banget’. Contohnya di dunia beauty blog nih, lagi ramai ngomongin tentang lipstik merek anu yang harganya 500 ribu. Ya kalau memang budget kamu nggak sesuai sama lipstik itu nggak usah memaksakan diri. Hehehehe. Jangan sampai karena ingin ikut-ikutan tren malah berujung pada kekecewaan dan kantong kempes. 

*** 

Nah itu dia beberapa tips ngeblog asyik ala aku.  Semoga tips ini bermanfaat untuk semuanya yaa. Thanks for reading!



Share this Post Share to Facebook Share to Twitter Email This Pin This Share on Google Plus Share on Tumblr

13 comments:

  1. Semua poin di atas emang beneran bikin nge-blog jadi asyik, Mbak \o/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kalau udah asyik ngeblog semoga rejeki terus mengalir ya mbak...

      Delete
  2. Setuju sama semua point di atas! Hehe
    Btw salam kenal ya, mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga ya miss nidy! Terima kasih banyak sudah mampir!

      Delete
  3. Nge-blog emang harus dibawa asyik. Rugi kalau ngeblog gak bisa fun. Ha..haa... sayang amat :)
    TFS Mba Tya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak! Kalau ngeblog terus bawaanya marah-marah atau jadi nggak fun ya mending stop dulu ngeblog-nya atau introspeksi diri apa tujuan awal ngeblog....

      Delete
  4. Kereeen, ternyata udah lama juga ngeblognya ya. Dan aku baru-baru ini aja mampirnya, kemana juga aku selama ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, soalnya sebelumnya kebanyakan postingan nggak jelas mbak Hidayah. Jadi mungkin nggak ada yang baca blog ini.

      Delete
  5. tulisannya asik banget, bikin semangat ngeblog buat aku yang masih newbie. Salam kenal ya, Kak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih wuri... semoga semangat terus ya ngeblog-nya.. salam kenal!

      Delete
  6. Hehe...INI yg nmnya yang muda yang member I semangat. Sampai saat INI bunda blm ketemu si NICHE, hiks...masih teuteup Miscellaneous. Baca postingan ini tergerak semangat buat bikin postingan lg.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah, ada bunda! Terima kasih banya ya Bunda sudah mampir. Kita sama-sama saling menyemangati ya bunda, biar blog kita terus bisa memberikan manfaat untuk semua orang. Aamiin..

      Delete
  7. Menulis seperti ngobrol. Tips yang perlu dicoba.

    ReplyDelete

Hai! Terima kasih banyak sudah membaca postingan ini. Jangan sungkan menuliskan komentar di bawah ini ya. Komentar, masukan, dan kritik kalian sangat berarti untuk aku. Oya, please jangan masukkan link hidup di komen ya. Semua komentar dengan link hidup akan langsung di-delete.

Have a nice day!


© Talkative Tya | Designed by . All rights reserved.