Sunday, 11 September 2016

Fit dalam 20 Menit di 20FIT - Review and Video

Happy Sunday!

Sejak aku menikah dan memiliki anak, aku jadi kurang perhatian sama tubuh aku. Ditambah lagi aktivitas lainnya seperti mengajar, kuliah, dan ngeblog yang sangat menyita waktu membuat aku jadi jarang berolahraga. Karena jarang olahraga, aku merasa tubuh aku kurang fit. Sakit kepala, gampang capek, dan berat badan yang terus naik menjadi peringatan kalau aku harus segera mencari solusi. Tapi gimana dong? Aktivitas seabrek membuat aku hanya memiliki waktu terbatas. Ternyata, semua itu bisa diatasi dengan olahraga di 20FIT. Kali ini, Tya mau share pengalaman aku mencoba latihan di 20FIT yang cukup 20 menit tetapi hasilnya sama seperti berolahraga selama 2 jam. 




20FIT adalah micro-gym yang menggunakan teknologi Electro Muscle Stimulation (EMS) menggunakan mesin Miha Bodytec. Teknologi ini memungkinkan kita untuk berolahraga dengan hasil maksimal dalam waktu minimal. Dengan menggunakan pakaian khusus yang terhubung langsung ke mesin EMS Miha Bodytec, sesi latihan yang berlangsung selama 20 menit bisa memiliki efek yang sama seperti kita latihan selama 1,5-2 jam di gym konvensional. Asyik banget kan! Jadi kita nggak perlu berlama-lama di gym. 


Kalau kalian kepoin 20FIT di social media-nya, udah banyak banget selebriti Indonesia yang mencoba latihan di sini. Sebut saja Andien, Suci Utami, Giring Nidji, dan masih banyak lagi. 20FIT juga sudah banyak diliput oleh saluran televisi. Dengan menggunakan vest dan perlengkapan lainnya terus disambungin ke mesin Miha Bodytec, olahraga di 20FIT seakan seperti latihan fisik untuk persiapan mau pergi ke luar angkasa. Hihihi. 

Selain waktu olahraga yang minimal, apa lagi sih yang jadi kelebihan 20FIT? Ternyata kuncinya ada di EMS Miha Bodytec ini. Teknologi EMS (Electro Muscular Stimulation) dari Miha Bodytec menstimulasi 8 kelompok otot besar yang akan mengkontraksi otot dengan aliran listrik. Otot yang distimulasi adalah otot lengan, paha, perut, upper back, lower back, bokong, kaki, dan dada. Don’t worry, aliran listrik yang digunakan adalah aliran listrik rendah kok, jadi nggak akan kesetrum. Selain itu, EMS ini telah terbukti aman dan efektif untuk otot. Kelebihan lainnya dari teknologi EMS adalah aman untuk sendi karena yang distimulasi hanya otot saja. Dengan begini EMS bisa dibilang jauh lebih aman dibandingkan latihan konvensional lainnya. 

EMS Miha Bodytec 

20FIT ini sudah banyak tersebar di kota-kota besar di Indonesia. Mulai dari Jakarta, Medan, Bali, Bandung, Jogja, Surabaya, dan Batam. Untuk wilayah Jakarta, 20FIT tersebar di semua area. Di area Jakarta Selatan cabang 20FIT ada di Cipete, Pondok Indah, dan Dharmawangsa. Lokasi 20FIT terdekat dari rumahku di Depok adalah 20FIT Cipete, jadi aku memutuskan untuk mencoba di lokasi tersebut. Oya, sebelum latihan di 20FIT, jangan lupa reservasi dulu ya biar kamu bisa mengatur jadwal. Reservasi di 20FIT sangat mudah lho, bisa lewat website, telepon, atau WhatsApp. Aku mencoba latihan 20FIT hari Minggu lalu, tepatnya tanggal 28 Agustus 2016. Biar latihannya asyik dan nyaman, aku meminta latihan di pagi hari jam 8.15 WIB. 

Karena 20FIT ini adalah micro-gym, jadi jangan bayangin gym ini seperti gym konvensional ya. 20FIT Cipete sendiri berlokasi di satu gedung ruko dan begitu buka pintu, kita sudah langsung masuk ke area latihan. Desain interiornya pun sangat cozy, seperti di rumah sendiri aja. 20FIT juga menyediakan minuman seperti air mineral, kopi, dan the, juga camilan ringan untuk mereka yang berolahraga. Very thoughtful! Menurut aku ini termasuk salah satu nilai positif latihan di 20FIT, terutama bagi hijabers. Aku termasuk nggak suka latihan di gym konvensional karena ramai dan banyak orang (tepatnya banyak cowok). Aku merasa risih dan malu. Naaaah, di 20FIT aku benar-benar merasa nyaman karena di 20FIT ini Cuma ada aku, trainer, dan staf saja. Benar-benar private!

Ambience 20FIT Cipete yang sangat nyaman seperti di rumah sendiri. 

Karena ini adalah pertama kalinya aku mencoba 20FIT, aku diminta untuk mengisi data diri dan menjawab beberapa pertanyaan seputar aktivitas olahraga aku. Oya, bagi kamu yang sedang hamil sebaiknya tunda dulu keinginan untuk mencoba 20FIT ya karena stimulasi EMS Miha Bodytec dikuatirkan bisa mengganggu janin di dalam perut. 

Mengisi biodata sebelum memulai latihan di 20FIT.

Setelah semua data terisi dan diserahkan ke staf, trainer memberikan aku baju dan celana olahraga dan handuk (besar dan kecil) yang akan digunakan untuk latihan. oya, ngomongin tentang pakaian olahraga 20FIT ini, pakaiannya memang dibuat khusus untuk digunakan bersama dengan mesin EMS Miha Bodytec. Staf 20FIT mengatakan bahwa pakaian itu membantu mengalirkan impuls listrik ke otot. 

Komposisi bahan undergarment 20FIT yang dibuat khusus untuk EMS Miha Bodytec. 

20FIT juga menyediakan loker yang dilengkapi dengan kunci sehingga aku bisa menyimpan semua barang-barang aku dengan aman. Kamar mandinya pun nyaman banget. Wastafelnya berukuran besar dengan kaca super gede. Toiletries seperti deodoran, ikat rambut, sabun pencuci wajah, lotion, kapas, bahkan hair dyer pun disediakan. Kamar mandi-nya menggunakan shower dengan air panas dan dingin. Aku juga nggak perlu repot karena shampoo dan sabun mandi juga sudah disediakan. Semuanya sudah disediakan, jadi kamu tidak perlu menyiapkan apapun untuk berolahraga. 


Setelah berganti pakaian, aku diminta untuk naik ke timbangan khusus, yaitu Inbody Body Composition Analysis dari Korea. Mesin InBody ini akan menganalisa komposisi tubuh secara lengkap dan akurat, mulai dari berat badan, massa lemak, massa otot, visceral fat, total body water, sampai keseimbangan tubuh. Jujur pas ditimbang ini aku dag-dig-dug karena tahu hasilnya pasti jelek. Hehehe. Hasil dari pemeriksaan mesin InBody ini nantinya akan dijelaskan oleh trainer di akhir sesi olahraga. 


Dan inilah saatnya berolahraga! Mas Ozzy, trainer yang mendampingi aku membantu aku menggunakan vest dan perlengkapan lainnya yang nanti akan disambungkan ke mesin Miha Bodytec. Vest dan perlengkapan lainnya yang terpasang di lengan, bokong, dan paha harus terpasang kencang agar impuls listrik yang dialirkan bisa mengenai otot secara maksimal. 


Untuk latihan pertama di 20FIT, latihan  dimulai dengan 3 menit stimulasi EMS Miha Bodytec untuk pemanasan. Tiga menit pertama ini juga bertujuan untuk mengenalkan impuls EMS Miha Bodytec dan BORG Scale sehingga tubuh nantinya akan terbiasa. Untuk tingkat pemula, BORG Scale disetel pada angka 4-6. Latihan dilanjutkan dengan 10 menit latihan inti, dan ditutup dengan 5 menit stimulasi body relaxation/cooling down.  Total latihan kali ini adalah sekitar 18 menit. 


Terus rasanya gimana? Meskipun gerakan yang aku lakukan hanyalah gerakan statis, tapi rasanya luar biasa! Impuls listrik dari EMS Miha Bodytec membuat latihan jadi lebih menantang. Melakukan satu gerakan dengan EMS Miha Bodytec rasanya seperti melakukan 10x gerakan biasa. Nggak heran kalau dalam 20 menit, efek olahraga yang dirasakan seperti berolahraga 2 jam. Bagi aku sendiri latihan ini cukup berat sampai keringat bercucuran. Mas suami yang menemani aku latihan sempat meledek, katanya “latihan gitu aja kok heboh amat keringatnya.” Jaaah, dia nggak tahu rasanya ini otot kejet-kejet kena impuls plus ditambah gerakan. 


Setelah 10 menit latihan inti selesai, impuls listrik dari EMS Miha Bodytec yang dialirkan sedikit berbeda karena memang tujuannya untuk cooling down atau relaksasi. Selama 5 menit impuls relaksasi ini, aku tidak perlu melakukan gerakan apa-apa, cukup berdiri syantik aja sambil mengatur nafas yang ngos-ngosan. Dan, selesai deh latihannya! Kamu bisa tonton video latihan aku secara lengkap di sini ya. 


Setelah bebersih dan berganti pakaian, trainer memberi tahu hasil dari pemeriksaan InBody sebelumnya. Hasilnya? Jreng, jreng, jreeeeng! Betul kan aku udah termasuk overweight! Huhuhu. Mas Ozzy bilang kalau aku harus menurunkan berat badan hingga mencapai berat badan ideal. Target berat badan yang aku harus turunkan adalah sekitar 14 kg dalam kurun waktu 5-6 bulan. Alamaaak. Mas Ozzy juga menjelaskan bahwa selanjutnya program latihan yang akan aku jalankan di 20FIT akan fokus di fat loss karena massa lemak aku sangat berlebih. Selain itu aku juga harus melatih core dan keseimbangan aku. Duh, banyak banget pe-er aku nih. 


Dari hasil InBody ini, mas Ozzy juga menyarankan bentuk latihan yang bisa aku lakukan di luar latihan 20FIT sekaligus program diet yang tepat sesuai dengan kondisi tubuh aku. Aku juga disarankan untuk melakukan latihan rutin di 20FIT minimal 1x seminggu. 

Aku suka latihan di 20FIT karena:

Suasana yang nyaman dan private untuk latihan, khususnya buat yang nggak suka tempat ramai dan berisik. 
Nggak perlu nyiapin apa-apa. Semua sudah disediakan di 20FIT seperti baju, handuk, dan toiletries.
Trainer yang berpengalaman dan satu trainer menghandle satu klien. 
Lokasi yang strategis dan mudah dijangkau. 
Waktu latihan yang singkat tetapi efektif. 
Jenis latihan disesuaikan dengan kondisi tubuh klien. 

Aku kurang suka latihan di 20FIT karena:

Biayanya cukup mahal. 
Celana olahraga yang disediakan panjangnya hanya sampai lutut saja. 
Tidak bisa rekues trainer perempuan. 

Overall Rating:
9/10


***  

Itu dia pengalaman aku mencoba latihan di 20FIT. Aku puas banget latihan di 20FIT. Suasana yang nyaman, trainer yang ramah dan berpengalaman, ditambah latihan yang benar-benar efektif membuat aku ketagihan latihan di sini. Buat kamu yang ingin mencoba 20FIT ini, aku punya beberapa tips nih.
  1. Lakukan reservasi minimal 1 hari sebelum kamu latihan. reservasi bisa dilakukan lewat website, telepon, atau whatapp.
  2. Jangan lupa sarapan, minimal 1 jam sebelum kamu mulai latihan. 
  3. Kamu bisa melakukan latihan di 20FIT dengan atau tanpa sepatu. Jadi nggak ada alasan nggak punya sepatu yee. 
  4. Celana olahraga 20FIT panjangnya hanya dibawah lutut, jadi buat hijabers jangan lupa pakai kaos kaki panjang ya untuk menutupi betis. 
  5. Gunakan sport bra. Karena EMS Miha Bodytec menggunakan impuls listrik, kalau kamu pakai bra dengan kawat dikuatirkan kawatnya bisa mengganggu aliran listriknya. 
  6. Kamu tidak bisa rekues trainer. Kalau ingin dilatih dengan trainer perempuan, kamu harus mengikuti jadwal si trainer. 
Untuk biayanya, kamu cukup membayar Rp 250.000 saja untuk first trial. Sedangkan biaya per sesi-nya adalah Rp 525.000 untuk full EMS workout selama 20 menit ditambah post workout Body Relaxation atau Cellulite Treatment. Saat ini 20FIT sedang ada promo BACK2BACK lho. Dengan promo ini kamu cukup membayar Rp 250.000 dan kamu bisa mendapatkan 2 x latihan (1x first trial, 1x full workout) hanya dengan memposting foto latihan kamu di Instagram. So, buat kamu yang mau coba langsung aja deh cuss dan cobain promo-nya biar nggak penasaran lagi. 


Jangan lupa follow social media 20FIT ya biar nggak ketinggalan update mereka

Twitter: @20_fit
Instagram: @20_fit
Facebook: duapuluhfit

Thanks for reading! 

Share this Post Share to Facebook Share to Twitter Email This Pin This Share on Google Plus Share on Tumblr

16 comments:

  1. Mba Tya.. Mas trainer nya Bilang ga bisa turun berat badan setelah berapa kali latihan ?

    Kalau mau request trainer nya perempuan bisa ga Mba?
    Hihii

    www.hai-ariani.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas trainernya bilang untuk nurunin 14kg aku perlu waktu antara 5-6 bulan karena penurunan berat badan dalam seminggu itu paling banyak 1kg, jadi sebulan nggak boleh lebih dari 4kg. Jadi kalau dihitung2 ya perlu 5 bulanan deh.

      Mas trainernya bilang perlu latihan 2x seminggu. Karena aku nggak bisa di weekdays dan cuma bisa hari Minggu aja, jadinya satu latihannya aku latihan sendiri di rumah.

      Nah, kalau trainernya mau cewek bisa aja tapi kitanya yang menyesuaikan jadwal si trainer. Aku sempat nanya juga bisa rekues apa nggak terus jawabannya gitu. Susahnya pas jam aku bisa trainernya pasti cowok. Hehehehe.

      Delete
  2. Wuuihhhhh...... Enak banget yak tempatnya hommy banget. Btw video cakep berasa nonton acara tv artis yg lagi perawatan getoh eaaaaaaa 😍😍😍😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aiiiih, berasa femes deh yaa mbak Icha.. Makasih ya sudah mampir.

      Delete
  3. Kak bajunya yang item item itu di sediain dari sana ya ? atau kita harus punya sendiri ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya pokoknya semuanya disediain di sana. Tinggal bawa diri aja. Hihihihi

      Delete
  4. Wah aku pas dapat trainer cewe. Untungnya gitu. Bajunya kan ketat banget, risih kalo sama mas trainer.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya aku udah baca postingan mbak Helena. Asyik ya pas dapet cewek. Alhamdulillah aku ditemenin suami dan minta ijin sama beliau dulu keberatan apa nggak jadinya nggak terlalu feeling guilty. Hihihi

      Delete
  5. Aku mau nyoba nih mbaa. Kayaknya emang ngehits banget ya mba :)
    Biar singset. Hehhehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, biar nggak kalah hitz sama artis-artis gituuu....

      Delete
  6. 20fit lagi ngehit banget
    btw mbak nulis nya kidal yaaaa ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas... hhihi. Iya saya kidal dan bukan kadal. ^.^

      Delete
  7. Tya, jadi pengen ke 20FIT lagi deh, berasa banget ya meski cuma 20 menit..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbaak, aku suka banget latihan di 20FIT, apalagi tempatnya private banget cocok untuk aku yang malu-malu ini. Hihihi. Apa kita bikin proposal aja ya mbak? Seriusan nih peer banget nurunin berat badan.

      Delete
  8. jadi inget ilmunya Prof Rhenal Kasali, beliau juga menyarankan olahraga rutin barang 10 menit ;)

    ReplyDelete
  9. aku sehari suka jalan jauh selama 30 menit, kayaknya udah cukup deh buat olah raga, hehehe

    ReplyDelete

Hai! Terima kasih banyak sudah membaca postingan ini. Jangan sungkan menuliskan komentar di bawah ini ya. Komentar, masukan, dan kritik kalian sangat berarti untuk aku. Oya, please jangan masukkan link hidup di komen ya. Semua komentar dengan link hidup akan langsung di-delete.

Have a nice day!


© Talkative Tya | Designed by . All rights reserved.