Wednesday, 5 October 2016

5 Tempat Belanja Online Favorit Talkativetya

Happy Tuesday, semuanya!

Bagi seorang Tya yang sok sibuk, kadang urusan belanja bisa jadi problema. Itu dia sebabnya aku suka berbelanja secara online lewat e-commerce dibandingkan berbelanja langsung ke toko. Tentu saja yang menjadi alasan utamanya adalah aku bisa berbelanja apapun kapan pun dan di manapun. Hemat waktu dan biaya. Dari sekian banyak e-commerce yang ada di Indonesia, ada 5 yang menjadi favorit Tya. Mau tahu apa saja? Yuk simak bareng-bareng.



1. Jakarta Notebook



Heh? Nggak salah nih Tya taruh JakNot sebagai e-commerce paling favorit? Kalian nggak salah kok. Jakarta Notebook menyediakan beragam produk, mulai dari gadget dan perintilannya sampai stationery. Sesuai dengan namanya, tentu saja yang menjadi jualan utama di JakNot adalah produk seputar gadget seperti smartphone dan komputer berikut aksesorisnya. Nggak hanya itu saja, JakNot juga menyediakan keperluan fotografi, jam tangan, sampai mainan pun ada. Bahkan sekarang sudah ada lho kategori khusus makeup di JakNot. 

Terus apa alasannya si JakNot ini ditaruh di nomor 1? Tidak lain dan tidak bukan adalah karena harganya yang super miring. Like literally it gives the cheapest price among the others! Udah banyak banget produk yang aku beli di JakNot. Sebut saja tongsis, tripod, keyboard dan mouse komputer, webcam, aksesoris smartphone, jam tangan, sampai 1 set makeup brush. Semuanya dengan harga yang murahnya kelewatan tapi dengan kualitas yang jempolan dong. 

2. Sociolla



e-commerce yang masuk di urutan kedua adalah Sociolla. Sesuai dengan jargonnya “Your Online Beauty Destination” segala jenis produk perawatan wajah, kosmetik, sampai makeup tools semua ada di sini. Berbagai brand mulai dari brand lokal hingga brand luar negeri tersedia di Sociolla. Selain itu, tidak jarang Sociolla menjadi partner esklusif suatu produk. ini berarti kamu hanya bisa mendapatkan/membeli produk tersebut lewat Sociolla, contohnya seperti Emina / Alice Through the Looking Glass set yang aku beli beberapa waktu lalu.


Keuntungan berbelanja di Sociolla adalah setiap berbelanja, kamu bisa submit review tentang produk yang dibeli dan mendapatkan beauty poin. Beauty poin ini nantinya bisa digunakan untuk mendapatkan potongan harga saat pembelanjaan berikutnya. Kamu juga bisa mendapatkan potongan harga dengan menggunakan kode afiliasi para beauty blogger yang bekerja sama dengan Sociolla. Terakhir, Sociolla selalu mengemas produk yang kamu beli dalam box/paper bag warna pink yang super cute dengan tulisan-tulisan catchy seperti di bawah ini.



3. Asmaraku



Meskipun tergolong masih baru, e-commerce ini langsung mencuri hatiku *tsaaaah*.  Karena namanya, AsmaraKu sempat dituduh sebagai situs pencari jodoh. Padahal sebetulnya e-commerce ini adalah situs yang diperuntukkan bagi pasangan suami istri. Di sini kamu bisa menemukan banyak produk romantis untuk pasutri, produk kesehatan dan kecantikan, sampai bisa kirim bunga segala lho. Kelebihan dari AsmaraKu adalah privasi dari semua pembeli sangat dijaga dan paket dikirim dalam box cantik yang orang nggak akan tahu isinya. Hohoho. Buat kamu yang ingin membeli lingerie seksi tapi malu untuk beli di toko langsung, nah AsmaraKu adalah e-commerce yang klop.




4. Shopee


Pertama kali tahu e-commerce ini aku kurang begitu tertarik. Pasalnya Shopee hanya bisa diakses lewat aplikasi di smartphone saja jadi kadang kurang puas lihat produk-produknya. Tapi aku tetap suka dengan Shopee karena e-commerce ini memberikan gratis ongkos kirim dengan minimum belanja. Aku ingat banget pertama kali belanja di Shopee aku membeli U holder handphone untuk dipasang di tripod. Harganya Cuma 5 ribu saja dan saat itu tidak ada minimal belanja jadi aku benar-benar hanya bayar 5 ribu! Tidak lama minimum belanja naik jadi 30 ribu, 50 ribu, dan akhirnya sekarang 70 ribu. 

Produk yang bisa kamu beli di Shopee sangat beragam. Kosmetik, handphone dan aksesoris, perlengkapan rumah, tas, fashion (sepatu, tas, jam tangan, pakaian), komputer, sampai mainan pun ada di sini.


 Ada beberapa tips untuk berbelanja murah meriah di Shopee:

  1. Cek harga untuk produk yang kamu inginkan karena tiap seller bisa kasih harga yang berbeda. So cari yang paling murah, 
  2. Baca rincian produk, komentar, dan penilaian/rating buyers. Biasanya produk dengan rating tinggi  menandakan trusted seller, 
  3. Usahakan membeli beberapa produk dari satu seller agar kamu bisa mendapatkan gratis ongkos kirim. 
Aku memiliki beberapa toko langganan di Shopee dan very recommended. Beberapa produk yang pernah aku beli di sini adalah skincare organik, kosmetik, kabel data smartphone, mainan anak, sampai softlens. 

5. Zalora 



Terakhir adalah Zalora. E-commerce ini terkenal dengan produk fashionnya yang ciamik. Sayangnya, bagi aku yang memiliki badan seperti sapi bengkak ini, membeli produk fashion seperti baju menjadi hal yang sulit. Nggak ada ukurannya, mbaksis! Selain itu dibandingkan dengan e-commerce lainnya, harga yang dibandrol di Zalora biasanya jauh lebih mahal. Well, nggak heran sih karena mostly produk yang dijual adalah produk branded alias bermerek *apalah eike yang belanjanya cuma di ITC doang*. Meskipun aku termasuk jarang belanja di sini, ada beberapa kelebihan dari Zalora. Kelebihan Zalora adalah produk yang terjamin kualitasnya dan aftersales yang sangat sigap. Selain itu ada banyak pilihan pembayaran, baik transfer bank maupun COD. 

Kebanyakan produk yang aku beli di Zalora adalah baju dan sepatu. Aku sangat merekomendasikan produk sepatu boots dari Zalora karena kualitasnya yang bagus dengan harga yang terjangkau. 

***

Itu dia lima e-commerce yang selalu aku kunjungi tiap hari. Entah untuk sekedar cuci mata, bandingin harga, atau mencari referensi produk. agar belanja online tetap nyaman dan aman, pastikan pilih e-commerce yang memiliki reputasi baik dan bisa dipercaya yaa. Bagaimana dengan kalian? Apa e-commerce favorit kalian? Share yuk!

Thanks for reading!

Share this Post Share to Facebook Share to Twitter Email This Pin This Share on Google Plus Share on Tumblr

15 comments:

  1. Hai mba Tya, lama nih ga mampir ke sini. Kangen sama tulisan mba Tya.

    Aku beberapa kali belanja di Zalora mba. Awalnya sih gara-gara dapet voucher gratisan. Produk yang aku beli waktu itu jam tangan. Pernah juga beli baju, jeans, dll. Jeansnya oke, meski emang agak mahal sih.

    Umm, kalo sekarang aku lagi seneng belanja baju di berrybenka. Kalo buku, biasanya beli di bukabuku. Belanja online emang nyenengin sih, pas bayarnya aja yang ga seneng. hoho ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mbaaak! Wah berrybenka rekomendasi juga ya, cuma aku kuatir sama ukuran bajunya sih. Hihihi. Soalnya model2 mereka kan langsing singset nan tinggi semampai. Apalah aku yang kaya sapi bengkak dan bantet ini.

      Bener banget! Seneng masukin item2 ke keranjang belanja, terus mikir pas mau bayarnya. Hahahahaha

      Delete
  2. (( sapi bengkak ))

    hahaha, bukan Ty. Harusnya nulis badan gitar spanyol ajaaaa :))))

    dari semuanya, aku baru di sociolla doang :D mau sih coba di shopee cuma aku males kalo cuma bisa lewat hp doang. enakan lewat pc, soalnya layarnya lebih guede. hehehe


    tulisandarihatikecilku.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha, entah kenapa wajah aku kayanya nggak cocok disandingkan dengan gitar spanyol. Wkwkwkw lebih cocok ke sapi. Iya itu salah satu downside dari shopee, cuma bisa diakses lewat hape jadi kurang puas liat2 produknya.

      Delete
    2. hai mbak tya, mau bantu jawab.. aku biasanya bisa loh belanja di shopee lewat laptop atau komputer. dicoba aja di link https://shopee.co.id/ semoga membantuu

      Delete
    3. Shasa, wah sekarang udah bisa lewat web yaa.. Syukurlah kalau gitu jadi nggak melulu mengandalkan hape... makasih informasinya yaa...

      Delete
  3. Belanja online = Hemat waktu dan biaya banget Mba Tya. Gak perlu ribet naik turun angkot dan nyari tempat makan kalau kecapean :D

    Aku sering belanja online, terutama di Tokopedia dan Althea sering banget olahraga tangan, mata dan dompet disana aku :D

    Diario de La Frida Putri's

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, dompet dan mata di Althea dan Toped yaaaa.... Aku sih sekarang berusaha mengerem keinginan belanja2 online. Paling belanja online kalau emang dirasa perluuuuu banget. Tapi memang belanja online itu hemat waktu dan biaya. setujuh!

      Delete
  4. banyaaak yang miriip nih online shopnya..aku juga suka :)

    ReplyDelete
  5. klo aq yang belum pernah di zalora aja.. :)

    ReplyDelete
  6. Hallo kak Tya, boleh dong minta nama toko yang di shopee yang trusted. Soalnya aku masih takut belanja di Shopee :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Chacha, aku kalau di Shopee belanjanya cuma dia beberapa toko aja sepeti putrijayakosmetik (jualan makeup), kosmetik.organik (jualan skincare serba organik), sama apa lagi ya? Kayanya dua itu yang paling sering aku order. Eh sama darma.softlens yang jual softlens langganan aku.

      Delete
  7. wah shoopee tu bagus, barangnya jg bagus bagus.. mantap deh

    ReplyDelete
  8. yang paling terkenal zalora ya hehe

    ReplyDelete
  9. untuk toko online yang paling murah yang mana mbak diantara 5 itu?

    ReplyDelete

Hai! Terima kasih banyak sudah membaca postingan ini. Jangan sungkan menuliskan komentar di bawah ini ya. Komentar, masukan, dan kritik kalian sangat berarti untuk aku. Oya, please jangan masukkan link hidup di komen ya. Semua komentar dengan link hidup akan langsung di-delete.

Have a nice day!


© Talkative Tya | Designed by . All rights reserved.