Sunday, 2 October 2016

Simply Stay Liquid Foundation by Mustika Ratu - Review

Halo semuanya!

Siapa yang suka sebal dengan noda-noda di wajah? Adanya noda di wajah seperti bekas jerawat dan kemerahan akibat iritasi tentunya membuat kulit tidak terlihat mulus. Padahal, semua wanita pasti maunya punya wajah yang halus dan mulus. Selain dengan cara merawat kulit wajah, wajah yang flawless alias mulus juga bisa didapatkan dengan penggunakan kosmetika. Salah satunya adalah foundation atau yang dikenal juga dengan alas bedak. Kali ini, Tya mau mereview foundation merek lokal dengan harga yang super terjangkau. Kira-kira bagaimana performanya ya? Yuk simak terus.




Nama Produk:

Mustika Ratu Simply Stay Liquid Foundation

Deskripsi produk:

Keajaiban makeup yang diformulasikan khusus untuk wanita Indonesia yang tinggal di daerah tropis. Alas bedak Simply Stay membantu memberikan nutrisi pada kulit wajah serta memberikan hasil akhir yang natural. 

Warna:

Pearly White, Smoothie Yellow, Caramel Latte. Sweet Choco

Komposisi:

lihat kemasan

Produksi:

PT. Mustika Ratu Tbk

Harga: 

IDR 18.000-25.000

Bisa dibeli di:

Semua toko kosmetik, supermarket, dan drugstore



Semua wanita Indonesia pasti sudah tidak asing dengan brand Mustika Ratu. Brand yang didirikan oleh Hj. DR BRA Mooryati Soedibyo, SS., M.Hum ini memang sangat dekat dengan wanita Indonesia. Berbagai macam produk tersedia, mulai dari produk perawatan wajah, makeup, spa, sampai herbal untuk kecantikan dan kesehatan.  Line Simply Stay ini sendiri diluncurkan sekitar tahun 2014. Ada 5  macam produk dalam Line Simply Stay ini, yaitu: Moisturizer, Liquid Foundation, Stick Foundation, Two Way Cake, dan Loose Powder. Aku ingat banget beberapa tahun yang lalu banyak beauty blogger Indonesia yang beruntung bisa mencoba line ini untuk pertama kalinya.


Simply Stay dari Mustika Ratu ini memiliki kanndungan yang menjadi keunggulan produknya, yaitu:

  • Curcuma Heyneana Root Extract  yang bekerja sebagai natural skin conditioning, memberikan kelembaban, menghaluskan kulit serta mencerahkan kulit
  • Tocopheryl Acetat (Vitamin E)  yang merupakan anti oksidan alami. Tocopheryl Acetat ini termasuk antioksidan kuat untuk melindungi kulit wajah dari kerusakan oleh radikal bebas & sinar UV. 
  • Octyl Methoxycinnamate yang berperan sebagai UV filter alami untuk melindungi wajah dari paparan sinar matahari (UV B).

Seperti biasa, aku akan bahas kemasannya dulu ya. liquid foundation ini dikemas dalam botol tube dengan tutup model pop-up. Bentuk kemasan seperti ini selalu jadi favorit aku karena praktis dan nggak perlu kuatir tutup botol hilang. Tutupnya sendiri cukup mudah untuk dibuka. Sayangnya, lubang tempat keluarnya produk terlalu besar sehingga foudation bleber kemana-mana (mungkin juga karena faktor tekstur foundation juga). Kesannya jadi jorok kan. 


Untuk desainnya sendiri menurut aku Simply Stay Liquid Foundation ini termasuk standar aja ya. Dengan kombinasi warna abu-abu, gold, dan hitam, kemasannya terlihat kusam dan kurang catchy. Coba deh kalau kemasannya didominasi warna gold, pasti bakalan lebih elegan. Terlepas dari warnanya yang kurang kece, di kemasannya kamu bisa menemukan informasi lengkap seputar produk. Mulai dari deskripsi produk, cara pakai, komposisi, nomor POM, sampai label halal MUI semua tercantum di bagian belakang tube. Untuk keterangan shade-nya ada pada stiker yang ditempel pada tube. 


Tekstur dari Simply Stay Liquid Foundation ini tentu saja cair. Nah cairnya itu menurut aku termasuk sedikit watery sehingga ringan banget saat diaplikasikan ke wajah. Selain itu foundation ini juga mudah untuk dibaurkan di wajah baik menggunakan jari tangan atau menggunakan tools seperti brush/beauty blender. Simply Stay Liquid Foundation ini mengandung fragrance di dalam komposisi-nya. Menurut aku aromanya masih wajar kok, lembut dan samar jadi tetap nyaman saat digunakan. 


Bicara soal shade-nya, aku sempat kesulitan memilih shade yang paling pas dengan kulit aku. Setelah mencari referensi dari teman-teman beauty blogger dan juga dari rekomendasi beberapa teman dekat, akhirnya aku mencoba shade Pearly White. Kalau dibandingan dengan shade lainnya, Pearly White ini bisa dibilang yang paling terang. Ketika baru diaplikasikan, wajah memang terlihat putih/terang, tetapi setelah beberapa saat, foundation mulai membaur dengan wajah dan warnanya jadi pas dan hasilnya kece. 


Coverage foundation ini termasuk light-medium, cocok banget untuk dipakai sehari-hari tanpa terlihat menor. Karena coveragenya yang light, noda-noda di wajah seperti bekas jerawat dan kemerahan jadi kurang bisa ditutupi. But don’t worry, hal ini bisa disiasati dengan menggunakan concealer dan bedak atau bisa juga dengan mengaplikasikan foundation ini dalam 2 layer. Aku pribadi justru senang dengan light coverage yang diberikan Simply Stay Liquid Foundation karena aku merasa wajah aku tidak terasa berat saat menggunakan makeup tetapi wajah tetap bisa terlihat halus. Seperti yang sudah aku tulis sebelumnya, foundation ini sangat mudah untuk diaplikasikan. Aku sendiri senang mengaplikasikannya menggunakan beauty blender sehingga hasilnya lebih rata dan halus.


Gimana dengan staying powernya? Aku mengetes foundation ini untuk dipakai ke kantor. Aku menggunakan foundation ini sekitar pukul 12 siang. Setelah mengaplikasikan foundation, wajah aku set dengan menggunakan loose powder (kali ini aku menggunakan ULTIMA II Loose Powder). Hasilnya wajah tampak halus. Setelah kurang lebih 3 jam, tepatnya sekitar pukul 3 sore, aku mengambil foto aku lagi. Well, as you can see, wajah aku mulai terlihat berminyak. Jadi biasanya setelah 3 jam aku akan melakukan touch up dengan menyemprot wajah aku menggunakan face spray (aku menggunakan Bioderma Hydrabio Brume) dan menggunakan bedak lagi. So far hal ini tidak terlalu mengganggu menurut aku.  Dan yang bikin aku lebih happy lagi adalah foundation ini tidak teroksidasi di kulit wajah aku. Jadi wajah aku tidak kusam. 


Aku suka Simply Stay Liquid Foundation by Mustika Ratu karena:

Harganya sangat terjangkau.
Pilihan shade yang sesuai tone kulit wanita Indonesia. 
Sudah mendapatkan sertifikasi halal MUI. 
Tidak oxidize di kulit wajah aku. 
Coverage sheer-medium yang cocok untuk dipakai sehari-hari. 
Ringan saat digunakan. 
Cocok untuk segala jenis kulit. 

Aku kurang suka  Simply Stay Liquid Foundation by Mustika Ratu karena:

Staying power-nya hanya bertahan selama 2-3 jam.
Oil control-nya kurang. 
Sedikit tricky saat memilih shade yang paling pas. 
Lubang tempat keluarnya produk terlalu besar jadi mbleber kemana-mana. 

Overall Rating:
8/10


***

Terlepas dari oil control-nya yang kurang, aku sangat senang menggunakan foundation ini. Buktinya aku sudah 2x repurchase. Harganya yang sangat terjangkau dan shade yang sesuai dengan kulit wanita Indonesia menjadi dua poin unggulan dari Simply Stay Liquid Foundation. Buat kamu yang sedang mencari alas bedak dengan harga murah meriah dengan banyak pilihan shade yang sesuai dengan kulit wajah wanita Indonesia, Simply Stay Liquid Foundation ini bisa kamu jadikan pilihan. Semoga review ini bisa membantu kalian semua ya. Jangan sungkan juga untuk tinggalkan komentar kamu di kolom komentar di bawah. 

Thanks for reading!

Share this Post Share to Facebook Share to Twitter Email This Pin This Share on Google Plus Share on Tumblr

12 comments:

  1. Aku juga suka ini ka tya. Tapi sekarang ko susah dapetnya di sini 😿



    www.cyanophytaa.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss dulu cya! aku termasuk yang dulu2 sebelum beli ini kepoin review cya. Hihihi. Masa susah sih? Di tempatku ada di Giant, Dan+Dan dan di Carrefour juga Tiptop. Cukup mudah sih kalau di sini cuma harganya memang bervariasi. Terakhir beli di Tiptop harganya 15rb (lagi diskon). Nyesel nggak nyetok...

      Delete
  2. Aku pikir ini bb cream lho awalnya :D packagingnya mirip bb cream gitu ya, tau2 nya foundie. Hehe

    rima-angel.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Rima! Iya emang kaya BB cream ya. Aku juga sebetulnya mau masukin soal produk ini yang mirip dengan bb cream tapi kayanya kelewat. Makasih ya diingetin. Iya kalau dibandingkan dengan BB cream, simply stay ini lebih unggul karena ada banyak pilihan shade. Kalau dari segi staying powernya sih kayanya 11-12 dengan bb cream.

      Delete
    2. Ah, 11 12 ya. Bb cream aja deh soalnya wajah acne prone ini ribet banget ya ampun, salah dikit nimbul jeriwit :(

      Delete
  3. iya Ty. Dulu aku sempet baca reviewan blogger2 yang beruntung cobain ini ^^ eh kupikir harganya 30rb an loh, ternyata cuma segitu :o

    aku lagi ngurang2in foundie nih. hahaha, sukaan pake concealer ditimpa bedak tabur doang xD


    tulisandarihatikecilku.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sherly, harganya murah meriah bangeeet.... Hohoho, kamu pake concealer apaan? Kepo doong soalnya sampai saat ini belum nemu concealer yang pas untuk kulit aku.

      Delete
    2. aku pake la girl sama revlon :D la girl ringan lohhhhh.. cuma ya itu. pinter2 milih shade, soalnya belinya mesti online

      Delete
  4. Kalau untuk kulit aku yang cokelat mateng ini cocok ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayanya untuk kulit mbak Lita bisa cobain yang shade caramel latte atau sweet choco mbak. Dugaan aku sih pas sama yang caramel latte... hehehe

      Delete
  5. aku tuh jarang bangeeet pakai foundation..soalnya perasaan kok tebel banget :). But this one looks good on you

    ReplyDelete
    Replies
    1. foundie yang satu ini ringan banget lho... menurut aku malah lebih pas disebut bb cream... cobain deh...

      Thank you yaaa...

      Delete

Hai! Terima kasih banyak sudah membaca postingan ini. Jangan sungkan menuliskan komentar di bawah ini ya. Komentar, masukan, dan kritik kalian sangat berarti untuk aku. Oya, please jangan masukkan link hidup di komen ya. Semua komentar dengan link hidup akan langsung di-delete.

Have a nice day!


© Talkative Tya | Designed by . All rights reserved.