Saturday, 19 November 2016

[BLOGGING 101] 5 Website Penyedia Foto Gratis untuk Blog

Happy Friday! 

Tidak bisa dipungkiri bahwa foto dengan kualitas yang bagus bisa membantu blog terlihat lebih menarik dan tentunya membuat pembaca betah berlama-lama di blog kita. Setuju?  Meskipun blogger biasanya menggunakan foto hasil jepretan sendiri, tetapi tidak jarang juga blogger memerlukan foto dengan kualitas profesional untuk mendukung penulisan artikel tertentu. Foto berkualitas profesional ini bisa didapatkan dari beberapa sumber, sebut saja yang paling populer Shutterstock. Sayangnya, foto yang disediakan Shutterstock semuanya berbayar.


Buat blogger kelas remahan rengginang seperti aku yang dananya terbatas, tentu hanya bisa gigit jari saja melihat foto-foto di Shutterstock. Eh tapi jangan sedih, ternyata banyak juga lho website penyedia foto dengan kualitas profesional tanpa biaya apapun, alias gratis. Ini dia lima website penyedia foto gratis yang bisa kamu coba.



1. Pixabay



Dari semua website penyedia foto gratis, Pixabay ada di urutan nomor satu karena memiliki beberapa kelebihan yang website lain tidak punya. Pertama, foto yang ada di Pixabay memiliki kualitas yang bagus dan profesional. Kedua, nggak hanya sekadar gratis,  semua foto yang ada di website ini free copyright. Semua foto dirilis dibawah Creative Commons Zero (CC0). Jadi, foto bisa disalin, dimodifikasi, disebar luaskan, bahkan digunakan untuk kepentingan komersil tanpa harus mencantumkan kredit atau kulonuwun sama pemilik fotonya. Ketiga, Pixabay memiliki fitur search yang tentu saja memudahkan saat mencari foto/ilustrasi sesuai kebutuhan kita. Oya satu lagi nih, Pixabay tidak hanya menyediakan foto saja tetapi juga ilustrasi, grafik vector, bahkan video lho. 


Untuk bisa menggunakan foto yang disediakan Pixabay, kamu harus memiliki akun Pixabay. Nggak perlu kuatir, daftarnya gratis kok, bisa pakai akun Google+, Facebook, atau Microsoft. Buat kamu yang tidak mau mengunduh dengan akun, foto bisa diunduh dengan memasukkan kode captcha. Selain itu, kamu juga bisa berkontribusi dengan mengunggah foto jepretan kamu di Pixabay. Tentunya kalau foto kamu sudah masuk ke Pixabay, jangan baper ya kalau fotonya dipakai oleh orang banyak.

2. Pexels


Website penyedia foto gratis lainnya yang bisa kamu coba adalah Pexels. Bermula di tahun 2014, Bruno dan Ingo Joseph mulai menjalankan website ini. Pexels punya misi agar siapapun, mulai dari desainer, blogger, dan kreator lainnya bisa mendapatkan akses ke foto berkualitas secara gratis sehingga bisa membantu mereka menciptakan karya yang bermutu. Sama seperti Pixabay, semua foto yang ada di Pexels berada di bawah lisensi Creative Commons Zero (CC0) jadi bisa digunakan untuk komersil maupun non komersil dengan atau tanpa modifikasi. Selain itu, Pexels juga memiliki fitur search dan tag sehingga memudahkan dalam mencari foto sesuai kebutuhan.

Ada dua hal yang sedikit berbeda antara Pixabay dengan Pexels. Foto yang kamu inginkan di Pexels bisa langsung kamu unduh tanpa harus memiliki akun. Perbedaan mencolok lainnya adalah foto yang disediakan Pexels tidak sebanyak foto di Pixabay.

3. Stocksnap.io



Website yang satu ini bisa dibilang tidak kalah bagus dengan dua website sebelumnya. Beberapa kelebihan yang bisa kamu dapatkan dari Stocksnap.io adalah tersedianya fitur pencari gambar sehingga kamu bisa mencari foto sesuai keinginan. Fitur pencari gambar di website ini bisa dibilang yang paling lengkap karena bisa disortir berdasarkan relevansi, tanggal upload, popularitas, trending, dan favorit. Kelebihan lainnya tentu saja semua foto yang ada di sini juga memiliki lisensi Creative Commons Zero (CC0). Semua foto bisa digunakan tanpa harus mencantumkan kredit ke pemilik foto dan bisa digunakan untuk semua keperluan baik komersil maupun tidak.


Sama seperti Pexels, kamu bisa langsung mengunduh foto tanpa harus memiliki akun atau memasukkan captcha. Foto yang bisa diunduh pun tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari ukuran kecil hingga besar. Sayangnya foto-foto yang ada di Stocksnap.io tidak sebanyak dua website sebelumnya. 


4. Unsplash



Website dengan tampilan clean and simple ini juga cukup banyak menyediakan foto dengan kualitas yang baik. Semua foto yang ada di website ini memiliki lisensi CC0. Dibandingkan dengan empat website penyedia foto gratis lainnya, Unsplash bisa dibilang yang paling sedikit stok fotonya. Meskipun begitu, foto yang tersedia semuanya berkualitas tinggi. Kelebihan dari Unsplash adalah foto bisa diunduh tanpa harus memiliki akun atau memasukkan kode captcha. 

5. Freeimages.com



Terakhir dalam daftar adalah Freeimages.com. Sama seperti website penyedia foto yang telah disebutkan sebelumnya, freeimages.com juga memiliki fitur pencari foto yang cukup akurat. Selain fitur pencarian foto, freeimages.com juga memasukkan foto ke dalam beberapa kategori utama seperti fashion & beauty, sport & fitness, dan science & technology. Dari kelima daftar website pencari foto yang aku sebutkan, hanya freeimages.com saja yang memiliki fitur ini. Kelebihan lainnya adalah foto bisa dicari berdasarkan relevansi, tanggal upload, ukuran foto, sampai warna foto. 


Sayangnya, foto dari hasil pencarian tercampur antara foto dengan lisensi CC0 dan yang tidak. Untuk menghindari foto tanpa CC0, pilih tab dengan tulisan 'free images'. Dengan mengklik tab ini, website secara otomatis akan mensortir foto dan hanya menampilkan foto dengan lisensi CC0. Kekurangan lain dari website ini adalah kita diharuskan memiliki akun untuk bisa mengunduh foto.

***

Itu dia lima website penyedia foto gratis rekomendasi Tya. Sejauh ini kelima website tersebut bisa membantu  penulisan artikel di blog agar terlihat lebih menarik. Karena semua foto yang disediakan gratis, jangan heran kalau banyak artikel di internet yang menggunakan foto yang sama. Tips dari Tya agar foto gratis terlihat berbeda dan lebih menarik adalah dengan melakukan sedikit modifikasi, contohnya seperti beberapa foto banner untuk artikel yang aku tulis ini.




Semoga artikel ini bisa membantu kalian semua khususnya para blogger agar tulisannya semakin menarik dan membuat reader betah. 

Thanks for reading! 

Share this Post Share to Facebook Share to Twitter Email This Pin This Share on Google Plus Share on Tumblr

21 comments:

  1. gak pernah ke no.3 dan 4. Mungkin karena penyebutannya juga bikin miring lidah, jadi sayanya gampang lupa. Kalau dari picnya bagus2 juga ya (gratisan tapi tetap pengen bagus)
    makasih Tya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe pengucapannya sedikit susah untuk orang Indonesia ya mbak? Ayo dicoba mbak, kali aja ketemu pic yang pas sesuai kebutuhan...

      Delete
  2. Hihi aku sukanya pake pixabay tok.. :D kadang suka repot download yg bercaptcha hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mending bikin akun aja sekalian mbak Amanda, biar nggak ribet sama captcha-nya.

      Delete
  3. Aku langsung browsing ke websitenya hahaha.
    Thanks infonya, Tya :)

    ReplyDelete
  4. Haturnuhun mba Tya.
    Langsung aku save niih...

    Penting banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mbak Lendy, senang bisa membantu....

      Delete
  5. Wah cocok banget nih Mbak. Aku lagi coba-coba cari foto buat artikel-artikel yang aku edit. Makasih banyak Mbaaak :D

    ReplyDelete
  6. Wiih keren nih Mbak Tya. Biasanya saya pake yang pixabay saja. Dengan adanya info ini jadi bertambah referensi saya. Terima kasih yaa

    ReplyDelete
  7. Aku sering nya pixabay sm pexel mb tya, thanks info website lainny

    ReplyDelete
  8. Wah baru tau ada beginiaaann..kapan2 boleh iseng diintip2..thanks infonya tiaaa
    www.cleoputri.com

    ReplyDelete
  9. thx infonyaa kak tya :D :*

    www.xiaovee.com

    ReplyDelete
  10. kalo saya biasa pake pixabay buat nyari gambar berkualitas

    ReplyDelete
  11. Aku fans setia pixabay buat cari foto gratisannya nih. Belum coba situs penyedia foto gratisa lainnya :)

    ReplyDelete
  12. Nice info, mbak. Kemarin sempat bingung mau cari2 gambar yg free copyright itu kmn. Skrg uda ga bingung lg deh...

    -fia-
    www.fiarevenian.com

    ReplyDelete
  13. aku biasanya sih nyarik gambar di pixabay

    ReplyDelete
  14. klo q seringnya pake pixabay hihi..

    ReplyDelete
  15. Saya taunya cuma Pixabay. setelah baca info ini jadi tau banyak lagi yang lain, jadi bisa nambah pilihan juga.

    terima kasih mah infonya

    ReplyDelete

Hai! Terima kasih banyak sudah membaca postingan ini. Jangan sungkan menuliskan komentar di bawah ini ya. Komentar, masukan, dan kritik kalian sangat berarti untuk aku. Oya, please jangan masukkan link hidup di komen ya. Semua komentar dengan link hidup akan langsung di-delete.

Have a nice day!


© Talkative Tya | Designed by . All rights reserved.