Monday, 5 December 2016

[BEAUTY 101] 7 Kebiasaan Buruk Penyebab Keriput di Wajah

Happy Monday!

Apa yang kamu rasakan ketika sedang menatap cermin lalu melihat ada keriput di wajah? Syok dan panik tentu dua hal yang kamu rasakan. Apalagi kalau kamu termasuk yang rajin menggunakan produk perawatan wajah dengan label anti aging atau anti wrinkle. Jangan terburu-buru menyalahkan produk yang kamu pakai karena bisa jadi keriput tersebut muncul akibat kebiasaan buruk yang tanpa kamu sadari lakukan. Apa saja sih bad habit yang menyebabkan keriput muncul padahal usia kamu masih muda? Berikut adalah list-nya: 



1. Mencuci wajah lebih dari 2x sehari
Tinggal di negara dengan cuaca tropis memang membuat kita mudah berkeringat. Ditambah dengan polusi udara, wajah jadi terlihat kusam dan berminyak. Agar wajah terlihat segar dan bersih, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah mencuci wajah. Namun, apabila ini dilakukan berkali-kali (apalagi dengan menggunakan sabun pembersih wajah dengan kandungan bahan yang keras), bukan wajah bersih dan segar yang kamu dapatkan melainkan wajah yang kering dan bersisik bahkan mengelupas. Bagi mereka yang memiliki kulit berjerawat, mencuci wajah lebih dari dua kali berakibat produksi minyak yang berlebihan dan justru memicu jerawat. Jadi cukup cuci wajah 2x sehari pagi dan malam dan jangan lupa selalu gunakan pelembab setelah mencuci wajah ya. 


2. Kurang tidur
Dengan semakin padatnya aktivitas, kini kebanyakan orang tidak mendapatkan tidur yang cukup. Padahal tidur memiliki banyak manfaat, tidak hanya untuk kesehatan tubuh, tetapi kulit. Apa yang terjadi pada kulit ketika kita kurang tidur? Kurang tidur menyebabkan kulit tidak bisa beregenerasi menghasilkan sel kulit baru. Akibatnya, kulit tidak bisa menyerap produk perawatan wajah dan membuat kulit menjadi kusam dan muncul keriput. Sebuah studi yang dilakukan University Hospital (UH) Case Medical Center menunjukkan bahwa wanita yang tidur kurang dari 5 jam memiliki keriput lebih banyak dibandingkan mereka yang tidur selama 7 jam. 


3. Tidur pada salah satu sisi
Selain kurang tidur, tidur dengan posisi menyamping atau tidur tengkurap juga turut andil dalam menambah keriput di wajah. Tidur dengan posisi tersebut menyebabkan wajah tertekan bantal dan menyebabkan keriput. Cara mengatasinya adalah dengan tidur menghadap ke atas/terlentang. Namun bagi sebagian orang yang tidak biasa tidur terlentang tentu ini hal yang sulit. Bagi kamu yang terbiasa tidur menyamping, coba sangga wajah dengan bantal berbentuk U agar wajah tetap menghadap ke atas. Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan mengganti sarung bantal berbahan katun dengan bahan satin. 


4. Kurang minum
Sekitar 70% tubuh manusia tersusun dari komponen air. Kekurangan konsumsi air dapat menimbulkan stres pada kulit. Stres kulit inilah yang membuat kulit berubah menjadi kusam dan keriput. Agar kulit kamu terhindar dari keriput, biasakan untuk minum minimal 8 gelas sehari (sekitar 1,5 liter) atau lebih jika kamu mengkonsumsi teh dan kopi. Dengan konsumsi air yang cukup, selain terhindar dari keriput, kesehatan tubuh pun terjaga. 


5. Melakukan gerakan wajah tertentu berulang kali.
Salah satu penyebab keriput adalah gerakan wajah yang dilakukan berulang kali. Contohnya seperti mengerutkan dahi dan mengerucutkan mulut saat minum menggunakan sedotan. Jadi, jangan suka cemberut atau marah ya biar keriput nggak mampir di wajah kamu. 


6. Tidur tanpa membersihkan makeup
Menggunakan makeup memang bisa membuat wajah terlihat lebih cantik, setuju? Tetapi kalau makeup tidak langsung dibersihkan bahkan sampai dibawa tidur, bukan cantik yang kamu dapatkan melainkan keriput. Makeup dan sisa kotoran di wajah yang tidak dibersihkan akan menyumbat pori-pori sehingga kulit tidak bisa bernafas. Akibatnya kerja kolagen dan elastin pada kulit menjadi terhambat dan menimbulkan kerutan dan garis halus. Jadi, selalu luangkan waktu untuk membersihkan wajah sebelum tidur ya. 


7. Terlalu sering mandi air panas
Saat cuaca dingin atau ketika badan terasa pegal dan lelah, mandi air panas memang menyenangkan ya, ladies. Tetapi terlalu sering mandi menggunakan air panas ternyata bisa berdampak pada munculnya kerutan atau keriput. Air panas membuat minyak alami yang diproduksi kulit sebagai pelindung menjadi hilang. Tanpa adanya perlindungan ini, kulit menjadi kering dan rentan terhadap penuaan dini seperti keriput. Agar kamu tetap bisa menikmati mandi air panas tanpa kuatir akan keriput, segera gunakan pelembab wajah dan tubuh untuk mengembalikan kelembaban kulit. 


***

Itu dia tujuh kebiasaan buruk yang tanpa kita sadari menyebabkan munculnya keriput, terutama di bagian wajah. Apakah kamu melakukan salah satu kebiasaan buruk di atas? Keriput memang sesuatu yang tidak bisa kita hindari seiring usia yang bertambah. Meskipun begitu, kita bisa kok menjaga kulit agar tetap sehat dan mencegah terjadinya penuaan dini dengan cara mengubah kebiasaan buruk yang selama ini kita lakukan. Jangan lupa imbangi juga dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan olahraga ya. Semoga artikel ini bisa membantu yaa. 

Thanks for reading!

Referensi:





Share this Post Share to Facebook Share to Twitter Email This Pin This Share on Google Plus Share on Tumblr

21 comments:

  1. Iya mba Tya sering mandi dengan air panas/hangat bisa membuat kulit menjadi kering an malah keriput ya.. anak-anak aku doyan banget lagi mandi dengan air hangat.. hiks3
    www.sistersdyne.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama mbak Dine, anak-anakku juga mandi pakai air hangat. Diakalinnya paling dengan pakai lotion setelah mandi...

      Delete
  2. Ty, kalo misal pas siang2 gitu kan gerah kalo ga cuci muka. Terus gimana? Masa pagi malem doang cuci mukanya? Apa pake cleansing water gitu yak? :/

    Btw, aku kayanya di masalah kurang tidur. Hahahaha syusehh bokkkkk


    tulisandarihatikecilku.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss dulu Sherly! Aku juga paling susye kalau udah ngomongin masalah kurang tidur. Jujur kalau siang2 gw sih nggak pernah cuci muka. Jadi memang cuci muka cuma pagi dan malam aja yang pakai sabun yaa. Selain pagi malam ya cuci mukanya barengan kena air wudhu aja...

      Delete
    2. #CantikDenganWudhu Eaaaaaaa~ sabi Tyyyyy xD

      Delete
    3. Eeeeaaaaaa.... pencitraan bangeet yaaa... wkwkwk

      Delete
  3. Paling berasa kalau kurang tidur muka jadi kusam, tumbuh jerawat-jerawat, muka jadi layu gituu.. kalau lama lama bisa bikin muka cepat tuwir yaa ternyata

    tapi ada gak ya skincare yang cocok utk yang kurang tidur, kali aja ada heeeeee :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuuul, kalau kurang tidur kelihatan banget nggak fresh-nya.... Andaikan ada skincare khusus kurang tidur aku mau deeeh...

      Delete
  4. Waduh aku cuci muka 3x sehari. Tapi minum airnya bisa 8 gelas sehari, seimbang lah ya wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, yang harus diperhatikan adalah sabun mukanya juga mbak. Kan ada tuh sabun muka yang bikin kulit kenceng dan ketarik. Biasanya sabun muka yang kandungan busanya banyak yang kaya gitu tuh....

      Delete
  5. Saya sih poin 1,2,3,5 sering banget ngelakuinnya.. Pantes aja...

    Klo nomor 4 saya sering minum... Segalon kadang cm 4 hari..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau minum aku malah termasuk kurang mbak karena sering minum kopi. Makanya harus cepat-cepat diubah kebiasaan buruknya ini...

      Delete
  6. huwaaaaaaa aku akan hati-hati ah :-D
    thanks kakak udah ngasih artikel yang ajib ini
    aku bakal kurangin kebiasaan di atas hehehhehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama nyi... semoga bermanfaat yaaa...

      Delete
  7. Noted banget nih..ada beberapa poin yg sering dilakukan tanpa sadar krna terbisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, karena kebanyakan dilakukan tanpa sadar dan ternyata berefek buruk...

      Delete
  8. Aku termasuk yang kurang tidur, kurang minum dan suka tidur dengan posisi nyamping gitu. Kalau cuci muka aku cukup sekali aja pas mau tidur karena kulit mukaku itu kering banget. Bener emang, keseringan cuci muka bikin kulit tambah kering.

    ReplyDelete
  9. aku pernah hampir tiap mandi pakai air panas, duh kulitku kering pecah2 bersisik lagii parah :( trus kalo jerawatan jadi aneh banget

    fujichan.net

    ReplyDelete
  10. Kalau buatku yang paling kerasa, karena kurang tidur, atau tidurnya kemaleman

    ReplyDelete
  11. biar awet muda... tips sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  12. Yey yey yeey, aku malah nggak bisa tidur kalau nggak terlentang :D. Mandi air panas juga nggak pernah. Deuh, moga2 nggak cepet keripuuutt <3

    ReplyDelete

Hai! Terima kasih banyak sudah membaca postingan ini. Jangan sungkan menuliskan komentar di bawah ini ya. Komentar, masukan, dan kritik kalian sangat berarti untuk aku. Oya, please jangan masukkan link hidup di komen ya. Semua komentar dengan link hidup akan langsung di-delete.

Have a nice day!


© Talkative Tya | Designed by . All rights reserved.