Thursday, 29 December 2016

[DIY] Glitter Shoes - Bikin Sepatu Lama jadi Baru Kembali

Holla!

Warna putih adalah warna universal yang bisa dipadu padankan dengan warna lainnya. Itu sebabnya dalam dunia fashion warna putih nggak pernah ketinggalan zaman. Sayangnya warna putih itu cepat kotor! Apalagi tinggal di Jakarta yang kalau panas berdebu dan hujan becek. Ini yang terjadi sama flat shoes kesayangan aku. Yang awalnya berwarna putih bersih, kini udah kucel dan penuh noda meski sudah dicuci berkali-kali. Mau dibuang sayang banget, karena sepatu ini sangat nyaman dipakai sehari-hari. Terus diapain dong? Dibikin sepatu glitter aja! Gampang banget dan langsung bikin sepatu kece lagi.




Alat dan bahan:



Sepatu kanvas (ini merek PX Style yang murah meriah)
Lem putih (Rp 10.000, toko buku atau toko bangunan)
Bubuk glitter (Rp 5.000, toko buku)
Kuas/sponge 
Mangkuk dan sumpit
Selotip/lakban
Spray akrilik bening (Rp 20.000, toko bangunan)


Cara membuat:


Pastikan sepatu dalam keadaan kering dan sudah bersih. Kalau sepatu dalam keadaan kotor sebaiknya cuci terlebih dahulu. Lapisi pinggir/sol sepatu dengan menggunakan selotip/lakban. Ini berfungsi agar lem dan glitter tidak mengenai bagian sol sepatu.

Tuangkan sedikit lem pada mangkuk dan tambahkan glitter sesuka hati. Kalau lem terlalu kental bisa diencerkan dengan menambahkan air.

Cat sepatu dengan campuran lem+glitter menggunakan kuas. Pastikan seluruh bagian sepatu terlapisi dengan sempurna. Diamkan hingga kering. Kalau ternyata glitter-nya masih kurang, bisa ditambahkan hingga beberapa lapis. Jangan lupa, sebelum menambahkan lapisan, tunggu sampai kering dulu ya. 

Semprot sepatu dengan menggunakan spray akrilik bening agar glitter tahan lama dan tidak mudah rontok. 

Lepas selotip/lakban. Apabila ada bagian di pinggir sol yang belum terlapisi glitter bisa ditambahkan dengan menggunakan kuas kecil.


Voila! Sepatu glitter sudah jadi! 

Aku happy banget karena sepatuku yang sebelumnya dekil sekarang terlihat sparkly dan nggak malu-maluin lagi kalau dipakai jalan-jalan. Bahkan dipakai ke kantor pun terlihat kece! Aku memang sengaja memilih glitter dengan warna silver agar sepatuku ini tetap bisa dipadu padankan dengan berbagai macam warna baju. Tertarik mencoba? Kamu bisa mencoba dengan warna glitter lain lho, misalnya gold, ungu, pink, hijau, atau bahkan kombinasi beberapa warna. Just let your creativity juices flow!


Biaya yang dikeluarkan untuk membuat sepatu glitter ini tergolong murah banget dibandingkan membeli sepatu baru atau membeli sepatu glitter. Oya, di foto aku menaruh 3 botol glitter karena aku kuatir kekurangan glitter (jadi aku borong aja). Ternyata aku hanya perlu satu botol glitter saja. Itupun masih kebanyakan karena aku juga menuangkan terlalu banyak lem. Nah, daripada kebuang aku iseng bikin DIY glitter jar dari wadah bekas masker, jam glitter, kacamata glitter, sampai kotak glitter. Lucu kan! Kamu juga bisa membuat kreasi lainnya dengan adonan lem+glitter ini.


Mumpung lagi liburan panjang nih, yuk manfaatkan waktu untuk berkreasi. Aku akan post update apa yang terjadi dengan sepatuku yang sudah berglitter ini kalau kotor ya. Semoga DIY ini bisa berguna untuk kalian semua. 

Thanks for reading! 

Share this Post Share to Facebook Share to Twitter Email This Pin This Share on Google Plus Share on Tumblr

7 comments:

  1. Dari dulu mau bikin beginian tapi nggak jadi-jadi, soal nya bingung beli spray akrilik dimana. Eh di toko bangunan yah kak? Nice info kak... Nggak pernah nyangka ternyata di toko bangunan. Kirain di craft store. Btw sepatunya jadi kaku nggak kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayooo bikiiiin yaa terus post di blog ya Rina. Iya spray akrilik aka. pylox emang belinya di toko bangunan atau supermarket bangunan macam Ace Hardware atau Mitra 10.

      Kalau nggak disemprot akrilik sepatunya nggak kaku, tapi setelah disemprot memang jadi sedikit kaku. Tapi masih nyaman digunakan kok. Kebetulan sepatu yang aku bikin glitter ini emang sepatu lama dan udah rada melar. Jadi pas dibikin glitter malah enak dipakai lagi....

      Delete
  2. Wah aku sering liat diy kaya gini di explore ig tp ga begitu jelas step step nya sih.. Untung aja ada yg nulis tutorial nya lwt blog sangat membantu bgt dijelasin juga bahan bahab dn steo by stepnya

    Twitter @shelfi_juju
    IG @sjjsselfi

    ReplyDelete
  3. kreatif banget kak tya :D sayang aku mau buat juga tapi ga punya sepatu putih kumel nya hihi

    ReplyDelete
  4. waw, sangat kreatif sekali ini. Bisa jadi contoh deh buat sepatu yang di rumah. Hasilnya sangat memuaskan ya mbak. Tutorialnya sangat mudah buat orang awam. Bdw, thank you for sharing.
    t : @MrsSiallagan
    ig : @Ysiallagan

    ReplyDelete

Hai! Terima kasih banyak sudah membaca postingan ini. Jangan sungkan menuliskan komentar di bawah ini ya. Komentar, masukan, dan kritik kalian sangat berarti untuk aku. Oya, please jangan masukkan link hidup di komen ya. Semua komentar dengan link hidup akan langsung di-delete.

Have a nice day!


© Talkative Tya | Designed by . All rights reserved.