Sunday, 11 December 2016

Mencintai Indonesia lewat Sepatu Batik d'Arcadia Treasure

Happy Saturday! 

Kalau kamu ditanya bagaimana cara menunjukkan cinta terhadap negara, kira-kira apa ya jawabannya? Ikut berperang? Menjadi aparat negara? Atau mungkin mengukir prestasi? Yang aku sebutkan itu hanyalah sebagian contoh saja. Masih banyak cara lain yang bisa dilakukan kita sebagai orang Indonesia untuk menunjukkan cinta terhadap negeri ini. Salah satunya adalah lewat fashion sepatu batik.


Batik adalah seni atau kerajinan menggambar kain dengan menggunakan lilin malam. Seni yang telah dipraktekkan selama berabad-abad ini memang sangat khas. Tidak heran kalau kain batik menjadi kain tradisional dan ditetapkan UNESCO sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Non-bendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober 2009 lalu. 


Semakin banyak perancang busana Indonesia yang kini serius menggali kain warisan nusantara dan membuatnya menjadi rancangan busana yang indah dan penuh seni. Hal ini juga yang membuat kain tradisional Indonesia semakin populer.Kalau dulu kain batik identik dengan orang ‘zaman dulu’, mbok jamu, atau untuk gendongan bayi, kini batik bisa ditemukan dengan mudah di mana saja dan digunakan oleh siapa saja tanpa batas usia. Modelnya pun selalu up-to-date mengikuti perkembangan zaman. 


Dengan kreativitas yang tinggi, batik dan kain tradisional lainnya kini tidak hanya ditemukan lewat busana pakaian saja, tetapi juga pada aksesoris dan sepatu. Contohnya seperti produk alas kaki karya Arcadia Treasure. Arcadia Treasure merupakan produsen alas kaki handmade yang menggunakan kain tradisional Indonesia seperti batik, tenun, dan jumputan. Semua sepatu Arcadia Treasure dibuat secara manual mulai dari desain, pemotongan bahan, penjahitan, perakitan, sampai finishing. Semua ini dilakukan dengan tujuan agar setiap pasang sepatu yang dihasilkan memiliki kualitas tinggi. 


Kalau kalian mampir ke website www.arcadiatreasure.com, dijamin pasti bingung mau pilih sepatu yang mana. Yup, Arcadia Treasure menyediakan berbagai macam desain yang kekinian yang oke punya. Selain flat shoes sebagai model andalan, model sepatu seperti boots, wedges, plump shoes, sampai sandal tersedia di sini dengan berbagai motif dan warna. Dengan kisaran harga antara Rp 150.000 dan Rp 400.000, bisa dibilang Arcadia Treasure memberikan harga yang sangat terjangkau. 

Saking banyaknya model, aku butuh waktu seminggu sebelum memutuskan mau membeli sepatu yang mana. Bahkan sampai minta pendapat teman dekat dan keluarga. Andaikan budget-nya besar, aku pasti akan beli lebih dari satu pasang. Hehehe. Akhirnya pilihanku jatuh pada sandal wedges dengan kain tenun merah dan kombinasi kulit. Aku memang suka dengan model sandal seperti ini karena bisa membuat kaki terlihat lebih jenjang dan juga memberikan efek lebih langsing. Selain itu, model hak wedges membuat tumpuan kaki lebih stabil dan tidak mudah pegal. 


Awalnya aku juga sempat kuatir sandal wedges ini akan berat saat digunakan. Soalnya aku sudah sering membeli sepatu/sandal wedges dan hak-nya berat. Kalau kata temanku hak-nya bisa untuk nimpuk pencopet #lebay. Ternyata kekuatiranku tidak beralasan karena saat pertama kali mencoba sandal wedges Arcadia Treasure ini, hak-nya sangat ringan. Setelah aku pakai seharian naik turun tangga kantor pun kaki tetap terasa nyaman dan tidak pegal. 


Motif kain tenun berwarna merah pada sandal ini juga unik dan mudah dipadu padankan dengan berbagai busana. Mau dipakai untuk kerja atau acara formal hayok, dipakai jalan-jalan santai ke mall pun tetap oke. Selain kenyamanan, ada rasa bangga saat menggunakan sandal wedges Arcadia Treasure ini. Bangga karena aku bisa ikut mengenalkan dan menyebarkan kebudayaan Indonesia lewat alas kaki yang aku pakai. Entah sudah berapa kali murid-muridku berkomentar tentang sandal yang aku pakai ini dan tertarik ingin membeli. Tidak jarang juga saat aku sedang jalan-jalan, ada yang bertanya di mana aku beli sandal ini. 


Menunjukkan rasa cinta dan nasionalisme terhadap Indonesia lewat sepatu? Why not? Buktinya alas kaki Arcadia Treasure ini sudah melalang buana hingga ke luar negeri. Amerika, Inggris, dan Australia adalah beberapa negara yang menjadi pelanggan produk Arcadia Treasure. Kalau orang bule aja suka dengan produk asli Indonesia, kenapa kita yang mengaku orang Indonesia dan tinggal di negeri ini masih memilih menggunakan produk buatan luar? Yuk kita tunjukkan kecintaan kita pada tanah air agar Indonesia terus jaya. 

Jangan lupa untuk mampir ke akun social media D'Arcadia Treasure ya: 

Arcadia Treasure

Twitter: @DarcadiaT
Instagram: @arcadiatreasure

Thanks for reading!

Share this Post Share to Facebook Share to Twitter Email This Pin This Share on Google Plus Share on Tumblr

3 comments:

  1. sepatunya bagus. mantep terkenal sampe luar negeri apalagi sebagai warga indonesia sangat bangga. harus terus di lestarikan

    ReplyDelete
  2. Hai salam kenal, artikel ini menambah informasi baru nih utk aku, apalagi melihat sepatu dengan design batik ternyata cantik juga setelah dipakai, jadi semakin bangga dengan Indonesia :)
    nice article btw :)

    savitrihutapea.blogspot.co.id

    ReplyDelete

Hai! Terima kasih banyak sudah membaca postingan ini. Jangan sungkan menuliskan komentar di bawah ini ya. Komentar, masukan, dan kritik kalian sangat berarti untuk aku. Oya, please jangan masukkan link hidup di komen ya. Semua komentar dengan link hidup akan langsung di-delete.

Have a nice day!


© Talkative Tya | Designed by . All rights reserved.