Tuesday, 27 December 2016

Resolusi Blog di tahun 2017

Happy Tuesday!

Tidak terasa beberapa hari lagi kita akan meninggalkan tahun 2016 dan menyambut tahun baru 2017. Time goes by so fast!  Ada banyak sekali kenangan di tahun 2016 yang pastinya tidak terlupakan. Mulai dari kenangan manis, pahit, sedih. Komplit deh. Apapun itu, pasti banyak pelajaran yang bisa kita ambil dari kejadian di tahun 2016. Nah, bagaimana dengan tahun 2017. Di tahun baru ini aku memiliki banyak harapan dan goals yang ingin aku capai, terutama untuk blog ini. Apa saja resolusi blog-ku di tahun 2017?



1. Konsisten menulis blog

Yup, konsistensi menulis memang aku taruh di paling atas resolusi blog-ku. Memang sih tidak ada yang marah kalau aku post sesukanya. Mau sebulan sekali, seminggu sekali, atau bahkan setahun sekali. Tetapi ketika blog di-update dengam rutin, banyak sekali efek positifnya. Yang paling gampang adalah Alexa Rank yang semakin langsing. Selain itu tentunya pembaca setia blog juga happy karena selalu ada yang baru untuk dibaca.

2. Seimbangkan post sponsor dengan post pribadi.

Alhamdulillah di tahun 2016 ini aku mendapatkan kepercayaan untuk menuliskan review atau pengalamanku di blog. Ada yang dibayar, ada juga yang sukarela. Namun karena manajemen waktu aku yang kurang oke, akibatnya aku tidak bisa menyeimbangkan postingan pribadi dengan posting sponsor. Aku ingat bulan Oktober lalu nyaris semua tulisan di blog adalah post sponsor.

Efeknya apa sih kalau blog isinya didominasi post sponsor? Readers bisa saja berpikir bahwa apa yang ditulis bukanlah tulisan dengan opini yang jujur. Lambat laun readers bisa kabur meninggalkan blog kita. Aku ingat beberapa blogger senior mengatakan kalau tulisan berbayar dengan tulisan organik harus seimbang. Beri jeda di antaranya agar readers nggak bosan dan berpikir kalau si blogger ini cuma fokus sama duit. Alamak! Ini pe-er banget untuk aku. Aku ingin semua pembaca blog aku tahu dan yakin kalau semua yang aku tulis, baik yang sponsor maupun pribadi, datang dari hati. Maksudnya semua ditulis dengan kejujuran paripurna.


3. Tidak jadi deadliner

Nah ini dia nih yang bikin aku susah tidur. Biasanya tulisan berbayar (endorsement atau sponsor) memberikan tenggat waktu untuk menyerahkan hasil tulisan, baik dalam bentuk draft yang harus disetujui dulu atau langsung publish. Beberapa bulan belakangan ini aku sering menjadi deadliner, alias blogger yang menyetor tulisan pas banget deadline. Nggak jarang deadline jam 23.50 aku baru kirim draftnya jam 23.45. Ini parah banget! Aku tidak bisa menyalahkan siapapun selain diri aku sendiri. Aku harus mengakui bahwa manajemen waktu aku masih berantakan. Aku tidak bisa menuduh urusan rumah tangga, pekerjaan kantor, bahkan belajar untuk kuliah sebagai penyebab kenapa aku jadi deadliner. It’s all about time management! Jadi, aku akan lebih teliti lagi dalam manajemen waktu agar tidak jadi deadliner. 

4. Lebih rajin bikin tutorial makeup dan DIY

Blog Talkativetya alhamdulillah sudah banyak dikenal sebagai blog dengan niche beauty. Dengan begini tentu readers berharap aku menulis hal-hal yang berkaitan dengan kecantikan, kesehatan, dan nyerempet dikit soal fashion. Aku memperhatikan bahwa selama satu tahun ini aku jarang membuat postingan tentang tutorial makeup dan DIY. Padahal justru postingan seperti itu yang dicari oleh readers. Aku sangat menyadari ilmu perlenongan aku masih cetek banget kalau dibandingkan sama beauty blogger dan vlogger lainnya. Jadi, resolusiku adalah lebih rajin baca dan mengikuti perkembangan beauty dan nontonin Youtube. Harapannya, aku bisa mendapatkan banyak inspirasi untuk membuat tutorial makeup dan DIY. Aamiin. 

5. Rajin blogwalking

Kekuatan blogger adalah di networking-nya. Aku termasuk yang senang kalau menghadiri undangan acara blogger karena bisa kenalan langsung dengan sesama blogger dan sebar kartu nama. Hehehe. Bagaimana kalau tidak bisa ketemu langsung? Jangan kuatir, kan bisa blogwalking. Bertandang ke blog teman-teman blogger sebetulnya banyak manfaatnya, apalagi kalau meninggalkan jejak berupa komentar. Persahabatan semakin erat (meski hanya di dunia maya), bisa mendapatkan inspirasi dari teman blogger, sampai membantu menaikkan angka DA dan PA yang konon kabarnya sulit naik. 

Di tahun ini aku cukup sering bertandang ke blog teman-teman, hanya saja lebih sering jadi silent reader tanpa meninggalkan komentar. Harapannya, di tahun depan aku bisa lebih konsisten blogwalking ke blog teman-teman semua dan meninggalkan jejak. 


6. Know my limit

Maksudnya apa nih? Namanya jadi blogger, ada masanya ketika seorang blogger mendapatkan banyak tawaran endorsement atau undangan event blogger. Bahkan tidak jarang udangan event ini berlangsung di hari dan jam yang sama. Bagi kalian blogger yang membaca tulisan ini pasti paham banget kan? Dulu aku suka mumet kalau menerima undangan atau tawaran tetapi aku nggak bisa menghadiri. Pokoknya kalau bisa dateng deh, mau ijin kerja atau meninggalkan keluarga di hari libur demi menghadiri undangan. Wait, jangan negative thinking dulu, aku dateng event bukan karena goodie bag hunter lho tetapi murni karena ingin mencari ilmu dan memperluas networking. 

Tetapi apa yang aku lakukan ini ternyata malah jadi senjata makan tuan. Beberapa kali memaksakan diri menghadiri undangan di pagi hari dan langsung cuss mengajar. Capeknya luar biasa. Belum lagi ditambah harus menulis event report ataupun review. Suer keteteran! Sampai harus bergadang hampir setiap hari agar tulisan bisa disetor sebelum deadline (ini nyambung sama poin nomor 3 sebelumnya). Akibatnya? Badan capek, urusan rumah terbengkalai, kerjaan jadi nggak maksimal, tulisan pun ala kadarnya. Hiks. Jadi, di tahun depan aku akan berusaha lebih bijak dalam menerima tawaran endorsement ataupun undangan. Bukan karena sombong atau gimana, no, not at all. Ini lebih karena aku ingin lebih bertanggung jawab atas pekerjaan (endorsement/undangan) yang dipercayakan kepada aku. 

***

Itu dia beberapa resolusi blog Talkativetya di tahun 2017. Aku berharap banget teman-teman yang membaca tulisan ini  berkenan membantu dan mengingatkan aku kalau misalnya aku khilaf dan lupa tentang resolusiku ini. How about you? Apakah kalian juga punya resolusi blog di tahun 2017? Share di komentar ya!

Thanks for reading! 

Share this Post Share to Facebook Share to Twitter Email This Pin This Share on Google Plus Share on Tumblr

40 comments:

  1. Setuju semuanyaaaah keduluan deh nulis blog ttg resolusi... Segera menyusul artikelku... Nanti mampir yaaah. Good luck utk resolusinya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah berkenan mampir mbak Wawa. InsyaAllah nanti tya mampir... Doakan semua tercapai ya mbak...

      Delete
  2. Wah aku juga lagi nyiapin resolusi ngeblog 2017 hihi. Setuju hampir sama.semua poinnya. Soal nyeimbangin postingan itu effortnya waw yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget Erny, menyeimbangkan postingan itu susah banget, time management harus benar-benar dipakai...

      Delete
  3. Oh Tya, ini aku bangett, deadliner ini tamparan keras banget buat aku, pengen nangis dipojokan hihi

    Harus lebih baik dan banyak berkarya di 2017, aminnnnnn...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hiks, aku sendiri tertampar Lily... karena aku pun deadliner. Makanya aku mau berubah nih jangan jadi deadliner lagi... Aamiin. Kita saling mendoakan ya semoga semakin baik ke depannya..

      Delete
  4. akuu belom bikin resolusi 2017 XD
    pengennya sih mood nulis up teruss nggak naek turun gini :3
    semua resolusi mbak tya semoga tecapai yaaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, makasih yaa...

      Apapun resolusi mbak Rusydina di tahun 2017 nanti semoga tercapai juga yaa...

      Delete
  5. Kak Tya, Setuju banget kalau punya peran ganda ngeblog apalagi nyeimbangin sama non sponsored itu effortnya lebih ya! Tapi ini juga jadi concernku tahun 2017 nanti. Hihi

    www.ernykurnia.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss dulu kita Erny! Itu harapan besar untuk aku biar nggak disangka modal endorsment doang. hehehe

      Delete
  6. Kalau aku pengin coba ikut lomba tahun 2017 nanti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow! Keren! Tya juga nih untuk ikut lomba masih malu-malu. Semangat ya mbak! Semoga tercapai. Aamiin.

      Delete
  7. Kurangi jadi deadline. Hihi. Aku banget deh. Emang nyesek banget kalau buat postingan di akhir2 waktu. Terus tulisan juga jadi nggak natural, dipaksakan gitu. Bener nggak mbak?

    Soal event blogger, aku hanya bisa hadir kalau pas weekend. Aku nggak mungkin kalau harus ijin ngajar. Apa kabar nanti anak murid ku?

    Baper lihat teman blogger pada pasang foto event? Iya, banget. Tapi balik lagi prioritasnya gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa betul banget Ika, belum lagi kalau tanggal deadline-nya bentrok sama tanggal deadline postingan lain. Atau tiba2 pas mau selesain postingan ada keperluan mendadak. Duh repot.

      Sama, aku juga cuma bisa hadir di weekend doang. Sabtu pun aku bisanya cuma sore ke malam aja karena pagi sampai siang aku masih mengajar. Apalagi kan eventnya suka dadakan tuh jadi nggak mungkin ijin. Kalau nggak dadakan aku masih bisa ajuin cuti meskipun kadang sayang juga cuti cuma untuk event.

      Betul! Aku pun suka baper kalau lihat pada pasang foto event yang aku juga diundang tapi g bisa dateng.Tapi ya itu dia, balik lagi ke prioritas seperti kata Ika. Yang penting kita ngeblog agar happy ya dan terus bisa memberikan manfaat untuk semua orang. Setuju?

      Delete
  8. aku nomer 5 yang rada susah dari dulu malah xD
    Kalau untuk undangan event aku handsup mending dirumah aja dah xD.
    Untuk poin nomer 2 hmmmm itu back to bloggernya masing-masing. Selama ini saya cukup menghargai dapur blogger lain masing2 ^^

    Semoga lebih berkah yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe iya mbak Suria, kadang aku nggak habis pikir mas Toro Cumilebay kok bisa ya blogwalking dan meninggalkan jejak hampir tiap hari. Aku aja belum tentu seminggu sekali bisa blogwalking.

      Hehehe, kalau poin nomor dua itu sih memang pendapat aku pribadi mbak. Jadi tidak bermaksud men-judge teman-teman blogger lainnya. Tya coba kembalikan ke diri Tya lagi apa tujuan ngeblog. Tujuannya memang untuk share pengalaman jadi harapannya dari poin no 2 itu ya biar lebih seimbang aja.

      Aamiin mbak, semoga berkah juga untuk blog mbak..

      Delete
  9. point 1, 2, 3, 5 dan 6 harus banget nih hehhehe apalagi point 6, aduh aku sering banget maksain diri malah cenderung keras sama diri sendiri buat minimal posting 1 postingan per 5 hari lah hahahahha. Dan iya kudu banget imbangin antara sponsor post dengan personal post. Supaya terlihat aslinya yang punya blog ya hhehe.. nice sharing :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss dulu mbak Ai. Tapi tya percaya mama ketjeh seperti mbak Ai yang udah femes juga pasti bisa deeh. Aku selalu suka dengan cara penulisan mbak Ai yang nggak ngiklan banget. Kalau Tya nih, meskipun postingan pribadi (bukan endorsement) kadang nulisnya terlalu semangat jadi kaya jualan. Padahal mah saking hepi-nya dapet produk kece. Hehehe

      Delete
  10. Poin poin nya akuu banget, kak Tya!! Terutama poin no 6.. Aku juga merasa harus mulai bisa menentukan mana yg lebih baik.. Nice post!

    uniqueblogofmei.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Mei. Ayo share resolusi Mei juga dong.Aku doain blog Mei makin sukses melejit. Aamiin....

      Delete
  11. yang nomor 2 itu kudu bgt ka tya hahah :(
    aku pernah sebulan isi 8 post gitu kalo ga salah.. isinya sponsoran semua. edan kan hahaha -,-

    www.fujichan.net

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huhuhu, sama banget Fuji dan aku ngerasa bersalah bangeeeet... makanya poin no 2 itu aku masukin ke resolusiku.

      Delete
  12. Aku jadi semangat baca Ini.. Makasi ya Mba tiaaa..

    hai-ariani.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mbak! Ayo kita semangat bareng-bareng untuk jadi lebih baik!

      Delete
  13. Konsisten nulis blog dan blog walking jadi resolusi-ku juga mbak di tahun 2017 ini :D Nice post mbak, simpel tapi pointnya pas ~

    fridaadp.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. TErima kasih mbak Frida. Semoga kita semua bisa mencapai apa yang diharapkan di tahun depan yaa. Aamiin.

      Delete
  14. Saya udah beraba abad nggak ngeblog? Ais... curhat :D

    Semoga bisa ngikutin jejaknya buat rajin posting dan blogwalking ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo semangaaat! nanti Tya mampir deh ke blog... Semoga apa yang diharapkan bisa tercapai di tahun depan yaa...

      Delete
  15. blogwalking dan komen itu emg tantangan banget. tgn uda replek abis baca lgs close :((

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe iya Vheii,aku pun juga suka gitu. Padahal kalau kita ninggalin komen kan bikin yang punya blog happy ya...

      Delete
  16. Ga deadliner. Ini yang belom bisa diubah. Hiks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hiks, ini peer banget untuk aku mbak Ria...

      Delete
  17. Lebih banyak DIY ya kak di 2017... Malah request...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, makasih Rina masukannya. Ini aku baru aja mau posting DIY lhoo. Anyway aku lagi ngadain GA di instagram. Ikutan yaa...

      Delete
  18. Aku juga ingin nge-blog se-kece kakak ini :""

    ReplyDelete
  19. Aku juga ingin nge-blog se-kece kakak ini :""

    ReplyDelete
  20. awwww,,, nomor 4 pengen banget di coba deh mba. kayaknya harus deh. Belajar make up dan bikin tutorialnya. Makanya aku bela-belain ikutan Giveaway di ig ya mbak. Siapa tahu aja bisa buat referensi make up. Btw, blognya bagus banget mbak, rahasianya apa sihc ?
    t : @MrsSiallagan
    ig : @Ysiallagan

    ReplyDelete
  21. Halo mba, sebenernya aku ngga jago dandan atau merawat diri, tapi karena blog ini aku jadi suka dapet inspirasi. Ditunggu mbaa postingan berikutnya, semoga makin istiqomah ngeblog :)

    ReplyDelete
  22. Semoga resolusi ini bs berjalan di thn 2017,, sukses terus bwt kak tya

    ReplyDelete
  23. Hai. Aku mau nanya dong. Kamu nyebutin suka ninggalin jejak di blogwalking buat ningkatin nilai DA dan PA, kalo boleh tau, itu apa ya?

    ReplyDelete

Hai! Terima kasih banyak sudah membaca postingan ini. Jangan sungkan menuliskan komentar di bawah ini ya. Komentar, masukan, dan kritik kalian sangat berarti untuk aku. Oya, please jangan masukkan link hidup di komen ya. Semua komentar dengan link hidup akan langsung di-delete.

Have a nice day!


© Talkative Tya | Designed by . All rights reserved.