Monday, 16 January 2017

[REVIEW] Mineral Botanica Acne Care Loose Powder Foundation in Beige

Happy Monday!

Awal tahun ini aku mulai disibukkan dengan barbagai hal. Mulai dari mengajar, ngeblog, dan tentu saja urusan domestik. Padatnya aktivitas kadang membuat aku tidak bisa dandan berlama-lama. Tentu saja aku harus mencari cara agar tetap bisa menggunakan makeup dengan praktis dan nggak pake lama. Ketika aku lagi ngobrol dengan salah satu besties-ku, Shapie, dia bilang kenapa nggak coba loose powder foundation. Dia sendiri menggunakan loose powder foundation Anna Sui. Berhubung dompet kurang bersahabat, aku mencari loose powder foundation lokal dan ketemulah aku dengan Mineral Botanica Acne Care Loose Powder Foundation. Seperti apa hasilnya? Apakah produk ini bisa membuat makeup aku jadi praktis dan cepat? Yuk baca reviewnya! 


Nama produk:

Mineral Botanica Acne Care Loose Powder Foundation

Deskripsi Produk:

Bedak foundation berbentuk serbuk dengan kandungan mineral di dalamnya memiliki fungsi seperti two way cake. Kandungan bahannya diformulasikan khusus untuk kulit berjerawat dan membantu mengurangi minyak berlebih. Sangat baik diaplikasikan dengan kuas Mineral Botanica untuk cakupan terbaik.

Berat:

15g

Komposisi:

bisa dilihat di kemasan

Harga:

Rp 50.000 - 60.000

Beli di mana:

Konter Mineral Botanica, online shop


Mineral Botanica adalah merek kosmetik dan skincare lokal yang berasal dari Jogja. Sejak diluncurkan, Mineral Botanica (MiCa) langsung mendapatkan tempat di hati para makeup lovers. Selain mengklaim bahwa produk mereka menggunakan mineral dan cruelty free, MiCa juga memiliki desain yang fresh dan moderen. Nggak kalah dengan merek kosmetika dari luar negeri. 


MiCa Acne Care Loose Powder Foundation ini dikemas dalam kotak berwarna soft pink. Di sisi kotak kamu bisa menemukan informasi tentang deskripsi produk, komposisi, cara penggunaan, alamat perusahaan, dan juga nomor POM dan tanggal kadaluarsa. Semua lengkap ada di kotaknya. Bedaknya sendiri dikemas dalam kemasan wadah plastik transparan yang cukup tebal dengan tutup berwarna soft pink (sama dengan kotaknya). Di bagian bawahnya terdapat informasi penting juga. Oya, selain Acne Care, MiCa juga memiliki Original Loose Powder Foundation yang kemasannya berwarna hitam. Varian original ini cocok untuk kamu yang memiliki kulit normal-kering. 


Bedak ini sudah dilengkapi dengan puff yang kualitasnya oke banget. Puff-nya tebal dan halus ketika diaplikasikan ke kulit. Sayangnya puff bawaan MiCa ini warnanya putih jadi kalau udah kena bedak ya kelihatan banget kotornya. Bedak foundation ini memiliki tekstur yang halus karena partikelnya cukup kecil (menurut aku). Untuk baunya seperti bau bedak pada umumnya, tidak terlalu wangi. 


Mineral Botanica Acne Loose Powder Foundation ini tersedia dalam 3 shade, yaitu light, medium, dan beige. Aku memilih shade beige karena dua warna lainnya terlalu terang untuk kulit aku. Shade beige ini kalau dilihat dari wadahnya memang gelap, tapi setelah diaplikasikan tidak segelap itu kok.


Bagaimana hasilnya setelah dipakai?

Mineral Botanica Acne Care Loose Powder Foundation aku aplikasikan setelah aku menggunakan rangkaian skincare aku. Untuk aplikasi aku biasanya lebih sering menggunakan powder brush (aku pakai All in One Brush RT) agar hasilnya lebih merata. Kalau dari deskripsi produknya, MiCa Acne Care Loose Powder Foundation ini fungsinya sama seperti two way cake. Dari foto di bawah bisa dilihat bahwa Mineral Botanica Acne Care Loose Powder Foundation ini memiliki light-medium coverage. Kurang lebih sama seperti kalau aku pakai two way cake dengan aplikator brush. Skintone aku terlihat lebih rata setelah menggunakan bedak ini. Karena memang coveragenya light-medium, noda seperti bekas jerawat dan flek masih sedikit terlihat. Bedak ini juga memiliki finishing matte. 


Untuk staying power-nya, bedak ini bisa bertahan sekitar 2-3 jam dengan cantik di wajah aku. Lewat jam itu, wajah aku mulai terlihat berminyak tetapi masih bisa dimaafkan karena nggak berlebihan minyak-nya. Kalau dibandingkan dengan varian Original Loose Powder Foundation, varian Acne Care ini memang lebih bisa menahan minyak karena formulanya yang khusus untuk kulit berminyak-berjerawat. Oya, karena bedak ini memang khusus untuk kulit berminyak dan berjerawat, beberapa komposisi-nya seperti salycic acid and acne treatment ingredient lainnya,  bisa membantu mengurangi iritasi kulit dan iritasi pada jerawat. 

Aku suka Mineral Botanica Acne Care Loose Powder Foundation karena:

Harganya sangat terjangkau dengan ukuran yang cukup besar. 
Mudah diaplikasikan, baik menggunakan brush atau puff bawaan. 
Tersedia dalam 3 pilihan shade yang sesuai dengan skintone orang Indonesia. 
Cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat. 
Formula ringan sekaligus bisa merawat kulit berjerawat. 
Cocok untuk mereka yang ingin makeup praktis dan tidak tebal. 

Aku kurang suka Mineral Botanica Acne Care Loose Powder Foundation karena:

Syaying powernya hanya 2-3 jam saja. 
Bedak mudah hilang, terutama kalau berkeringat. 

Overall Rating:
8/10


*** 

Terlepas dari staying powernya yang biasa aja, apalagi kalau dibandingkan dengan foundation bentuk cream/liquid, aku tetap suka dengan produk ini karena sisi kepraktisannya. Ketika aku sedang buru-buru dan nggak punya banyak waktu untuk dandan, Mineral Botanica Acne Care Loose Powder Foundation ini jadi penyelamat karena tinggal puk puk puk, wajah langsung cling. Hehehe. Selain itu formulanya yang memang untuk kulit normal-berminyak-berjerawat cocok untuk kulit wajah aku. 


Buat kamu yang ingin tetap terlihat 'dandan' tanpa terlihat tebal, juga buat kamu yang memiliki kulit berminyak-berjerawat dan sedang mencari bedak yang tidak akan menambah jerawat kamu, Mineral Botanica Acne Care Loose Powder Foundation ini boleh kamu coba. Semoga review ini bisa membantu kalian semua yaa.


Thanks for reading!

Share this Post Share to Facebook Share to Twitter Email This Pin This Share on Google Plus Share on Tumblr

13 comments:

  1. Aku lagi cari referensi bedak tabur mba tya, aku naksir antara emina atau mica, mklum disesuaikan sm isi kantong juga.
    Klo aku kulitny kering berarti pilih yg coverny item ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, kalau untuk kulit normal-kering pakainya yang covernya hitam... Selamat mencoba!

      Delete
  2. Ah warnanya pink *.*
    Mau cobain ini deh kapan-kapan kalau bedak aku habis karena cocok buat acne prone skin ini ya ka tya.

    rima-angel.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Piiiink! Iya yang varian ini cocok untuk acne prone skin Rima. Sebelumnya aku juga pernah pakai yang hitam, cuma memang hasilnya nggak sebagus yang pink ini. Mungkin karena memang formulanya khusus untuk oily skin yaaa...

      Delete
  3. Aku pke yg powder foundation bagus jugakk. Puffnya emang tebel empuk yak. Hhii. Jd pengen coba yg ini^^



    www.cyanophytaa.com

    ReplyDelete
  4. Aku lagi nyari loose powder yang bagus tapi ga mahal-mahal amat kak hehe btw aku juga suka puffnya, kaya ngga murahan gitu.


    www.ranilukman.com

    ReplyDelete
  5. wah aku baru tahu kalo mineral botanica ini produk lokal dari Yogya pulak

    Thanks for sharing mba :)

    ReplyDelete
  6. Thank you buat review-nya, mbak. Jadi ada alternatif bedak buat kulit oily-acne prone kayak saya nih.

    ReplyDelete
  7. Kak loose powder produk lokal yg recommended apa yaaaah?

    ReplyDelete
  8. Im da one of your #talkativetyagiveaway contestants hihihi, hope im da lucky one 🍀🍀🍀

    ReplyDelete
  9. wah aku juga pengen coba nih acne care seriesnya mica.. btw main2 ke blog aku juga ya di heyyyyyjudeeeee.wordpress.com hihi

    ReplyDelete
  10. Wah. Menarik Mba Tya. Kebetulan lose powder aku tinggal dikiiit. Selama ini aku juga pake khusus yang untuk kulit berjerawat, tapi beda merk hehee. Tertarik juga pake produk MiCa ini, kebetulan baru dapet brush setnya :D

    ReplyDelete
  11. Sepertinya saya naksir MiCa-nya, soalnya pas sama type kulit yang berminyak dan cenderung berjerawat...

    ReplyDelete

Hai! Terima kasih banyak sudah membaca postingan ini. Jangan sungkan menuliskan komentar di bawah ini ya. Komentar, masukan, dan kritik kalian sangat berarti untuk aku. Oya, please jangan masukkan link hidup di komen ya. Semua komentar dengan link hidup akan langsung di-delete.

Have a nice day!


© Talkative Tya | Designed by . All rights reserved.