Wednesday, 12 April 2017

[DIY] 5 Resep Alami dan Praktis untuk Mengecilkan Pori-pori

Happy Wednesday!

Kalau kemarin Tya ngomongin tentang apa penyebab pori-pori besar, tips pencegahannya, dan review masker yang bisa membantu mengatasi permasalahan ini, kali ini Tya akan berbagi resep DIY dari bahan alami yang aman untuk kulit, praktis, dan tentunya murah meriah. Horee! Yang penasaran langsung aja lanjut bacanya yaa.




Kita harus  bersyukur tinggal di Indonesia yang memiliki kekayaan alam berlimpah. Lho? Apa hubungannya dengan mengecilkan pori-pori? Indonesia kan punya banyak macam sayur, buah dan bahan lainnya yang manfaatnya banyak banget untuk kecantikan. Bahan-bahan yang aku gunakan untuk resep DIY mengecilkan pori-pori ini insyaAllah semuanya mudah didapatkan. Cukup panggil tukang sayur atau kalau rajin bisa tanam sendiri. Kalau malas tinggal ke supermarket. Hehehe. Berikut adalah resep alami dan praktis untuk mengecilkan pori-pori. 

Masker Tomat



Siapkan satu buah tomat matang (lebih bagus lagi kalau tomat organik), cuci bersih.
Lumatkan tomat (bisa menggunakan parutan atau diblender).
Oleskan tomat ke seluruh wajah dan diamkan selama 15-20 menit. 
Bersihkan wajah menggunakan air suam-suam kuku. 

Masker Pepaya



Siapkan satu potong pepaya matang (ukuran dikira-kira aja ya). 
Lumatkan pepaya (bisa menggunakan parutan atau diblender).
Oleskan pepaya ke seluruh wajah dan diamkan selama 10-15 menit. 
Bersihkan wajah menggunakan air suam-suam kuku. 

Masker Putih Telur



Siapkan satu telur dan pisahkan putih telurnya. 
Kocok putih telur bersama 2 sdm oatmeal dan 2 sdt air lemon/jeruk nipis.
Oleskan masker ke seluruh wajah dan diamkan selama 10-15 menit. 
Bersihkan wajah menggunakan air suam-suam kuku. 

Masker Yoghurt



Siapkan 3 sdm yoghurt tawar.
Oleskan yoghurt ke wajah dan diamkan selama 20 menit. 
Bersihkan wajah menggunakan air suam-suam kuku.

Masker Timun



Siapkan timun dan cuci bersih. 
Lumatkan timun (bisa diparut atau diblender).
Campurkan timun yang sudah dilumatkan dengan oatmeal agar konsistensinya menjadi kental. 
Oleskan masker ke wajah dan diamkan selama 15-20 menit. 
Bersihkan wajah menggunakan air suam-suam kuku. 

***  

Itu dia lima resep alami, praktis, dan hemat untuk membantu mengatasi pori-pori besar pada wajah. Gimana? Mudah kan membuatnya? Oya, sebelum aku lupa, berikut ini adalah tips menggunakan resep masker di atas ya: 

  1. Pastikan wajah dalam keadaan bersih sebelum menggunakan masker dan gunakan pelembab/produk skincare lainnya setelah masker dibersihkan. 
  2. Gunakan bahan baku yang segar agar hasilnya lebih maksimal. Jadi kalau bahannya udah kisut atau letoy jangan dipakai ya. 
  3. Selalu gunakan adonan segar. Sisa masker yang tidak terpakai sebaiknya dibuang saja, tidak perlu disimpan. 
  4. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, coba deh untuk rutin menggunakan masker ini 1-2 kali/seminggu. 
  5. Kalau kuatir masker tidak cocok dengan kulit, lakukan tes alergi dengan mengoleskan masker di kulit bawah telinga dan tunggu apakah ada reaksi. Jika ada reaksi (gatal, perih, dll), jangan gunakan masker tersebut. 
  6. Jangan gunakan masker pada kulit yang sedang mengalami iritasi atau luka. 

That’s a wrap! Semoga resep di atas bisa membantu mengecilkan pori-pori di wajah sehingga wajah terlihat lebih cantik dan sehat ya! Dalam waktu dekat ini aku akan coba mereview secara tuntas untuk tiap resep masker di atas. Jangan lupa untuk terus tersenyum biar tambah cantik. Oiya, jangan sungkan juga untuk meninggalkan komentar dan masukan atas artikel ini. Kalian juga boleh sharing pengalaman mencoba resep-resep ini di kolom komentar. 


Thanks for reading!

Share this Post Share to Facebook Share to Twitter Email This Pin This Share on Google Plus Share on Tumblr

5 comments:

  1. Bermanfaat banget buat saya. TFS mb Tya

    ReplyDelete
  2. Wah, wajib dicoba nih. Thanks, Mba Tya.

    ReplyDelete
  3. Pernah pakai telur untuk rambut, mba Tya.
    Karena tetangga juga pakai..tapi ga kuat baunya.

    Kalau ditanya yang paling efektif dari ke 5 bahan di atas .. Adakah mba Tya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari kelimanya aku paling suka pakai yoghurt mbak Lendy. Kebetulan yoghutnya aku juga bikin sendiri jadi emang lebih sering pakai itu. Sama palingan masker tomat soalnya sering bikin jus tomat. Hihihi...

      Delete

Hai! Terima kasih banyak sudah membaca postingan ini. Jangan sungkan menuliskan komentar di bawah ini ya. Komentar, masukan, dan kritik kalian sangat berarti untuk aku. Oya, please jangan masukkan link hidup di komen ya. Semua komentar dengan link hidup akan langsung di-delete.

Have a nice day!


© Talkative Tya | Designed by . All rights reserved.