Monday, 10 April 2017

[BEAUTY 101] Tips Mencegah Pori-pori Wajah Membesar

Happy Monday! 

Memiliki pori-pori besar di wajah bagi sebagian besar ladies tentu membuat penampilan kurang menarik. Setuju? Wajah terlihat lebih tua dan tidak sehat. Tidak hanya itu saja, pori-pori besar juga membuat wajah mudah berjerawat dan komedo. Nggak heran kalau banyak sekali produk perawatan wajah yang memberikan janji pori-pori mengecil. Tentu saja produk-produk ini tidak akan maksimal tanpa mengetahui penyebab ukuran pori-pori yang besar. Kali ini, Tya akan berbagi informasi seputar penyebab pori-pori besar pada wajah dan tips pencegahannya. Selamat membaca!



Penyebab pori-pori wajah membesar


Ada banyak sekali penyebab pori-pori di wajah berukuran besar. Namun secara umum ada empat penyebab utama, yaitu sebagai berikut: 

Paparan sinar matahari

Sinar matahari bisa menyebabkan pori-pori di wajah membesar. Ini dikarenakan sinar matahari merusak kolagen kulit sehingga elastisitas pori-pori wajah menjadi berkurang. Jadi mulai sekarang biasakan melindungi kulit wajah dari sinar matahari dengan menggunakan tabir surya. Gunakan tabir surya 30 menit sebelum keluar rumah. 


Faktor usia

Seiring bertambahnya usia, pori-pori cenderung membesar dikarenakan kulit wajah mulai kehilangan elastisitasnya. 


Faktor genetik

Bagi sebagian orang, ukuran pori-pori yang besar ini dikarenakan faktor genetik. Kalau kamu memiliki pori-pori besar, coba perhatikan orang tua atau saudara. Jika mereka juga memiliki pori-pori yang besar, bisa jadi itu merupakan faktor genetik. 


Produksi minyak berlebih

Apabila kelenjar minyak memproduksi minyak terlalu banyak, minyak berlebih ini akan bercampur dengan substansi lainnya (debu, kotoran, sel kulit mati, dan keringat) dan menyebabkan pori-pori tersumbat. Akibatnya, minyak yang diproduksi sulit keluar dan menyebabkan pori-pori membesar.


Meskipun pori-pori membesar untuk memberi jalan minyak keluar, minyak masih bisa tertahan di kulit (biasanya di sekitar hidung) karena adanya sel kulit mati. Ketika ini terjadi, minyak dan sel kulit mati yang terperangkap di pori-pori akan teroksidasi oleh udara dan membentuk komedo. 

Tips Mencegah Pori-pori Wajah Membesar


Jangan panik dulu, ladies! Pori-pori besar pada wajah ini bisa dicegah kok. Berikut adalah tips mencegah pori-pori wajah membesar. 

  • Gunakan produk non comedogenic. Mulai sekarang biasakan mengecek produk perawatan wajah dan kosmetik yang kamu gunakan. Pastikan produk tersebut memiliki formula non komedogenik. 
  • Pilih produk perawatan wajah, seperti pelembab wajah, dengan bahan dasar air. Wajah yang kering dan tidak lembab bisa membuat kulit memroduksi minyak berlebih yang berujung pada pori-pori tersumbat, jerawat, dan komedo. 
  • Hindari produk yang mengandung bahan yang mengeringkan atau menyebabkan iritasi. Produk dengan bahan mengeringkan justru akan membuat wajah memroduksi minyak secara berlebihan. Gunakan produk yang memiliki kandungan bahan ringan dan lembut di wajah. 
  • Hindari penggunaan sabun batang pada wajah karena pada umumnya sabun batang memiliki kandungan yang bisa menyumbat pori-pori wajah. 
  • Membersihkan wajah. salah satu penyebab pori-pori membesar adalah wajah yang kotor. Oleh karena itu pastikan wajah kamu selalu dalam keadaan bersih. Idealnya membersihkan wajah dilakukan pada pagi dan malam hari. Bersihkan wajah dari sisa makeup, debu, dan kotoran secara seksama sebelum tidur. 
  • Lakukan eksfoliasi. Eksfoliasi adalah proses membersihkan kulit mati menggunakan butiran scrub sehingga kulit menjadi bersih dan sehat. Lakukan eksfoliasi secara teratur seminggu sekali agar pori-pori wajah tidak membesar. 
  • Lindungi kulit dari sinar matahari. Seperti yang sudah aku tulis sebelumnya, salah satu penyebab pori-pori membesar adalah sinar matahari. Jadi mulai sekarang biasakan melindungi kulit wajah dari sinar matahari dengan menggunakan tabir surya. Gunakan tabir surya 30 menit sebelum keluar rumah. Selain itu kamu juga bisa menggunakan pelindung lainnya seperti topi dan payung saat berada di luar rumah.  

Rutin membersihkan wajah dan eksfoliasi bisa membantu
mencegah pori-pori wajah membesar.

***  

Itu dia penyebab pori-pori wajah membesar dan bagaimana cara mencegahnya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk semua ya. 

Thanks for reading!

Share this Post Share to Facebook Share to Twitter Email This Pin This Share on Google Plus Share on Tumblr

14 comments:

  1. Mba tya mau dong info produk exfoliating yang recommended

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke mbak Ipeh, nanti Tya bikin postingan khusus buat exfoliator deh...

      Delete
  2. Huhu di hidungku nih pori-porinya membesar kadang klo makr up masih keliatan.Btw thx ya tipsnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, semoga bisa membantu ya tips-nya...

      Delete
  3. Aku niiih, pori2nya sekarang kok membesar, terutaama daerah sekitar hidung. Makasih banyak tipsnya ya, Mba Tya. Mau praktekin atu-atu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo mbak dicobain... siapa tahu bisa mengurangi pori-pori besar di wajah...

      Delete
  4. Bermanfaat sekali mbak, aku kadang ngerasa udah aman pori-pori ku mulus banget kan, eh pas mau makeupan dan pake foundation rasanya membesar lagi dan aneh gitu. Ilmu per-pori2an aku masih minim nih haha

    ranilukman.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa mbak Rani, keseel ya padahal makeup udah kece. Bisa diakalin pakai primer yang bisa menutup pori-pori biar lebih flawless. Tapi nggak disarankan dipakai tiap hari karena takutnya kalau nggak bersih pori-pori makin ketutup dan jadi komedoan.

      Delete
  5. Thanks for sharing, mba. Informatif banget buat saya yang pori-porinya besar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mbak, semoga bermanfaat yaaa!

      Delete
  6. Saya selama ini cuma taunya karena genetik. Ternyata ada juga tip mencegah pori-pori besar. Thx infonya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, ada faktor lain juga yang menyebabkan pori-pori besar. Semoga bermanfaat yaaaa...

      Delete
  7. Makasih sharingnya mbaaa, sama kaya mbak ipeh, request jg artikel ttg exfoliator yaaa :) :)

    ReplyDelete
  8. Makasi tipsnya mba tyaaa.. 😘😘😘

    ReplyDelete

Hai! Terima kasih banyak sudah membaca postingan ini. Jangan sungkan menuliskan komentar di bawah ini ya. Komentar, masukan, dan kritik kalian sangat berarti untuk aku. Oya, please jangan masukkan link hidup di komen ya. Semua komentar dengan link hidup akan langsung di-delete.

Have a nice day!


© Talkative Tya | Designed by . All rights reserved.