Monday, 22 May 2017

5 Perlengkapan Esensial untuk Ibu Hamil dan Menyusui (advertorial)

Happy Friday!

Sebagai ibu yang telah melahirkan dua anak, masa kehamilan dan menyusui adalah masa yang tidak terlupakan untuk aku. Kebutuhan ibu di masa kehamilan dan menyusui bisa dibilang banyak, apalagi perkembangan zaman yang semakin pesat membuat perlengkapan kehamilan dan perlengkapan menyusui semakin beragam. Bagi first time mom, atau mereka yang baru pertama kali menjadi ibu, banyaknya pilihan perlengkapan ini bisa membingungkan. Alih-alih membeli perlengkapan sesuai kebutuhan, yang ada malah jadi over budget dan beli items yang kurang penting. 

Di postingan ini, aku mencoba merangkum beberapa perlengkapan esensial untuk ibu di masa hamil dan juga menyusui. Apa saja perlengkapannya? 

Skincare dengan formula yang aman 

Kehamilan dan masa menyusui bukan menjadi penghalang ibu untuk tampil cantik. Meskipun begitu, ibu hamil dan ibu menyusui harus cermat dalam memilih produk perawatan wajah dan juga kosmetik agar tidak membahayakan bayi. Pilihlah produk kecantikan yang bebas dari bahan berbahaya seperti Cetaphil Gentle Skin Cleanser dan  produk dibuat dari bahan alami seperti Bio Oil. Selain itu, lakukan tes alergi dengan mencoba produk di kulit bagian belakang telinga dan amati reaksi selama 48 jam. Apabila tidak terjadi reaksi apa-apa, penggunaan produk bisa dilanjutkan. Agar lebih yakin lagi, ibu bisa berkonsultasi kepada dokter tentang produk apa saja yang aman digunakan.




Pakaian dalam

Di saat hamil dan menyusui, ibu mengalami banyak perubahan, terutama perubahan bentuk badan di bagian perut, dada, dan pinggul. Dengan adanya perubahan ini, ibu harus melakukan penyesuaian pada pakaian, khususnya pakaian dalam. Agar ibu tetap nyaman selama kehamilan dan masa menyusui, pilihlah pakaian dalam yang nyaman. Pakaian dalam berbahan katun seperti Impression Maternity Panty Alba adalah pilihan yang tepat karena dapat menyerap keringat dan juga tidak menimbulkan gatal pada ibu dengan kulit sensitif. 

Selain itu, gunakan bra menyusui dengan dua nomor lebih besar. Bra menyusui dirancang dengan bukaan pada bagian puting sehingga memudahkan ibu ketika menyusui. Meskipun begitu, ibu hamil pun juga bisa mulai mengenakan bra menyusui. Pilihlah bra menyusui dengan tali yang cukup lebar dan elastis seperti Lavabra Cotton Nursing Wire Bra sehingga bisa menopang berat payudara dan juga menghindari payudara mengendur. 


Stretch mark cream/oil

Salah satu perubahan pada tubuh ibu saat hamil dan menyusui, khususnya pada bagian kulit adalah stretch mark. Stretch mark adalah guratan putih memanjang dan umumnya ditemui pada bagian perut, paha, dan lengan. Penyebabnya adalah merenggangnya kulit akibat jaringan elastis di bawah kulit sobek dan terjadi dalam waktu singkat. Tentu stretch mark ini bisa membuat ibu kurang percaya diri ya. Tapi jangan kuatir, stretch mark dapat dicegah dengan cara mengkonsumsi makanan sehat dan minum air putih untuk menjaga elastisitas kulit. Selain itu, penggunaan krim/lotion seperti Palmer’s Tummy Butter for Stretch Mark dan Redwin Cocoa and Shea Butter secara rutin juga bisa membantu menjaga agar peredaran darah lancar dan menutrisi kulit. Anda juga bisa cek kebuthan perawatan kulit ibu hamil dan menyusui. 

Essential oil 

Saat hamil dan menyusui, hormon ibu menjadi kurang stabil. Ditambah dengan aktivitas ibu seperti bekerja, mengurus rumah, dan menjaga si kecil membuat ibu mudah stress dan mengalami mood swing. Agar tubuh dan pikiran kembali rileks, ibu bisa melakukan aktivitas me time yang menyenangkan seperti melakukan pemijatan. Pemijatan atau massage tidak hanya membantu melemaskan otot-otot ibu yang kaku, tetapi dengan penggunaan minyak esensial tertentu juga bisa meningkatkan mood ibu untuk beraktivitas. Beberapa minyak esensial yang bisa ibu hamil dan ibu menyusui gunakan adalah minyak lavender yang membantu tidur lebih nyenyak dan minyak sweet orange yang membantu menyegarkan pikiran dan tubuh setelah beraktivitas. 


Pilihlah minyak esensial yang 100% seperti Eucalie Pure Essential Oil menggunakan bahan alami sehingga aman digunakan oleh ibu hamil dan menyusui dan juga bisa mendapatkan manfaat yang maksimal. 

Bantal menyusui

Perubahan bentuk tubuh seperti perut yang membesar membuat ibu hamil sulit mendapatkan posisi tidur yang nyaman. Padahal, ibu hamil perlu mendapatkan istirahat yang cukup agar kesehatan ibu dan bayi tetap terjaga. Penggunaan bantal yang didesain khusus untuk ibu hamil seperti Garry Maternity Pillow membantu agar ibu bisa istirahat lebih nyaman di masa kehamilan karena mampu menopang perut ibu. Selain itu, maternity pillow juga bisa digunakan sebagai bantal menyusui dan memberikan kenyamanan saat menyusui si kecil. 
Pilih maternity pillow yang terbuat dari bahan yang lembut seperti katun sehingga tidak menimbulkan rasa gatal atau iritasi pada kulit ibu atau si kecil. 

***

Itu dia lima perlengkapan kehamilan dan perlengkapan menyusui yang penting dimiliki oleh ibu hamil dan menyusui. Semoga artikel ini bisa membantu para ibu semua yang sedang mempersiapkan kelahiran dan para ibu yang sedang menyusui. 

Thanks for reading!

Share this Post Share to Facebook Share to Twitter Email This Pin This Share on Google Plus Share on Tumblr

1 comment:

  1. Siap-siap deh ini untuk hamil dan menyusui nantinya. Makasih infonya :D

    https://vieafriyan.blogspot.co.id

    ReplyDelete

Hai! Terima kasih banyak sudah membaca postingan ini. Jangan sungkan menuliskan komentar di bawah ini ya. Komentar, masukan, dan kritik kalian sangat berarti untuk aku. Oya, please jangan masukkan link hidup di komen ya. Semua komentar dengan link hidup akan langsung di-delete.

Have a nice day!


© Talkative Tya | Designed by . All rights reserved.