Thursday, 18 May 2017

Tips Mudik Asyik bersama Mitsubishi New Mirage

Happy Thursday!

Apa sih yang dinanti-nanti banyak orang ketika bulan puasa dan Lebaran? Yup, jawabannya adalah mudik. Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, tradisi mudik saat Lebaran ini menjadi suatu keharusan setiap tahunnya. Seperti kata pepatah, “Banyak jalan menuju Roma”, begitu juga dengan mudik. Banyak sekali opsi moda transportasi yang bisa digunakan untuk pulang ke kampung halaman. Mulai dari menggunakan kendaraan umum seperti bus atau pesawat, sampai menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil.


Keluargaku sendiri lebih senang mudik dengan menggunakan mobil, meskipun terakhir kali kami mudik sekitar 5 tahun lalu. Alasannya sederhana: mudik dengan mobil itu seru dan asyik! Surprisingly, hari Rabu tanggal 17 Mei 2017 kemarin aku mendapatkan undangan dari Komunitas ISB (@komunitasisb) untuk menghadiri acara talkshow yang diselenggarakan oleh Mobil123.com (@mobil123id) dan Mitsubishi Motors Indonesia (@mitsubishimotorsid) dengan tema “Seberapa Asyik Mirage diajak Mudik?” 



Mudik dengan menggunakan mobil pribadi tentu adalah hal yang biasa ya, tetapi bagaimana sih caranya agar mudik tidak hanya asyik, tetapi juga nyaman dan aman? Terutama jika jarak yang ditempuh cukup jauh, misalnya seperti perjalanan mudik keluargaku yaitu Jakarta-Madiun. Bapak Indra Prabowo selaku Managing Editor Mobil123.com, yaitu portal otomotif nomor 1 di Indonesia, berbagi tips seputar mudik.  Bapak Indra menyampaikan bahwa urusan mudik menggunakan mobil ini nggak hanya pas hari-H alias hari keberangkatan saja, tetapi juga perlu diperhatikan saat pra-mudik atau sebelum hari keberangkatan. Lalu apa saja sih yang harus disiapkan sebelum mudik dengan mobil? 

Bapak Indra Prabowo, Managing Editor Mobil123.com
PRA MUDIK

1. Periksakan kesehatan keluarga.

Agar mudik nyaman meski menempuh perjalanan jauh, kesehatan seluruh anggota keluarga harus dijaga mulai dari mengkonsumsi makanan sehat, istirahat dengan cukup, dan jika perlu periksakan diri ke dokter. 

2. Pastikan mobil dalam kondisi prima.

Tidak hanya anggota keluarga yang harus sehat, tetapi mobil juga harus sehat. Bawalah mobil ke bengkel resmi untuk melakukan pengecekan menyeluruh setidaknya seminggu sebelum keberangkatan. 

3. Kumpulkan informasi penting seputar mudik.

Nggak asyik kan kalau mudik pakai nyasar? Biar perjalanan mudik tetap nyaman dan aman, mulai kumpulkan informasi penting seperti lokasi rest area, SPBU, jalur alternatif, dan juga informasi seputar pembangunan jalan.

4. Siapkan inventaris apa saja yang akan dibawa mudik. 

Kebayang nggak sih kalau ditengah perjalanan terus baru sadar kalau ada yang kelupaan? Pasti bete dong. Agar tidak ada barang yang tertinggal, coba deh dicatat apa saja yang mau dibawa dan dipersiapkan dari jauh hari. Selain itu, sebaiknya kirim barang berukuran besar dengan jasa kurir agar perjalanan mudik tetap nyaman dan aman. 

5. Siapkan dana untuk pengeluaran saat mudik. 

Dana pengeluaran mudik seperti uang bensin, makan, atau pengeluaran tak terduga perlu disiapkan jauh hari agar tidak overbudget. 



SAAT HARI MUDIK

1. Cek kembali kesehatan keluarga.

Pastikan seluruh anggota keluarga yang mudik dalam keadaan sehat. Untuk mengantisipasi anggota keluarga yang sakit saat perjalanan, kita juga bisa menyiapkan obat-obatan seperti obat demam, sakit kepala, obat mual, minyak kayu putih, dan lainnya. 

2. Cek bagian mobil (kondisi ban, kelistrikan, dan cairan)

Ban, kelistrikan, dan cairan seperti oli dan air radiator merupakan bagian vital mobil yang wajib diperiksa agar mudik tetap aman. 


3. Bawa barang seperlunya.

Terkadang momen mudik juga dimanfaatkan sanak keluarga untuk menitip sesuatu. Nggak cuma itu, kadang kita sendiri suka kalap bawa benda-benda yang kurang penting dan berlebihan. Akhirnya, barang bawaan semakin banyak. Padahal ini bisa membahayakan keselamatan lho. Jadi, perhitungkan berapa banyak barang yang akan dibawa dan bawa barang yang memang penting dan sesuai kebutuhan. 


4. Beristirahat saat capek/mengantuk.

Salah satu penyebab utama kecelakaan saat mudik adalah pengemudi yang mengantuk tetapi tetap memaksakan diri mengemudi. Segera menepi dan beristirahat kalau pengemudi mengantuk. Selain itu, beristirahatlah secara berkala (misalnya istirahat setelah mengemudi 3-4 jam) agar konsentrasi saat mengemudi tetap terjaga.  

5. Gunakan teknologi mobil untuk hiburan dan informasi. 

Terakhir dan yang tidak kalah penting, manfaatkan teknologi yang ada di dalam mobil untuk menghibur dan untuk mendapatkan informasi penting selama perjalanan. 


Ibu Intan Vidiasari, Head of Public Relations & CSR Department
Mitsubishi Motors Indonesia

Dari tadi ngomongin mudik dengan mobil, sekarang pertanyaannya adalah mobil apa sih yang asyik buat diajak mudik? Ibu Intan Vidiasari, Head of Public Relations & CSR Department Mitsubishi Motors Indonesia ternyata punya jawabannya lho, yaitu Mitsubishi Mirage. Saat talkshow, Ibu Intan menjelaskan bahwa Mitsubishi New Mirage yang merupakan Sport Utility City Car ini memiliki tiga konsep utama dengan berbagai keunggulan yang menjadikan mobil ini mobil yang pas untuk diajak mudik saat Lebaran nanti. 


  • Desain Mitsubishi Mirage yang stylish cocok untuk mereka yang berjiwa muda, termasuk untuk keluarga muda seperti keluarga aku. 
  • Tidak hanya bagian luar saya yang stylish tetapi interior mobil pun dibuat senyaman mungkin seperti leg room yang lebih panjang dan dashboard dengan desain elegan. 
  • Namanya mudik pasti jarak yang ditempuh cukup jauh. Tapi nggak perlu kuatir karena Mitsubishi New Mirage ini punya mesin bertenaga. Dengan menggunakan MIVEC Engine 3 silinder 1.200CC menjadikan perjalanan mudik nyaman tanpa was-was. 
  • Konsumsi bahan bakar yang irit, yaitu 24,20KM/liter (transmisi manual). Jadi kalau ngajak Mitsubishi New Mirage mudik hati tenang karena bisa berhemat. 
  • Mudah dikendarai karena telah mengalami pengembangan suspensi dan handling. Dengan begini, Mitsubishi New Mirage tetap lincah melewati jalur yang sempit atau di tengah kemacetan.
  • Ruang bagasi yang luas dan dilengkapi rear shelf panel dan lampu bagasi membuat semua barang bawaan mudik bisa diangkut. Tetapi jangan sampai berlebihan juga ya agar tidak membahayakan keselamatan. 
  • Mudik bersama si kecil? Mitsubishi New Mirage sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan terbaik di kelasnya seperti Iso Fix dan Tether Anchor dan rear seat belt pada bangku penumpang belakang. Selain itu, rangka mobil juga terbuat dari RISE body yang tangguh terhadap benturan. 

Tya aja masuk ke bagasi Mitsubishi Mirage, apalagi barang bawaan mudik.

*** 

Wah, dari talkshow ini aku mendapatkan banyak ilmu terutama tentang mudik dengan mobil. Jadi mudik itu tidak harus melulu diidentikkan dengan capek dan rasa bosan lho. Selama kita mempersiapkan semua keperluan mudik dengan cermat dan juga menggunakan mobil yang tepat seperti Mitsubishi New Mirage, perjalanan mudik sejauh apapun pasti terasa asyik. Setuju?  


Bagaimana dengan kalian? Apakah kalian mudik setiap Lebaran? Share yuk apa saja persiapan mudik kamu dan tips mudik ala keluarga kamu! Oya, selamat berpuasa juga ya!

Thanks for reading!  

Share this Post Share to Facebook Share to Twitter Email This Pin This Share on Google Plus Share on Tumblr

23 comments:

  1. kl pas mudik memang penting banget memilih mobil yang siap tempur menghadapi jalan tak rata, jarak jauh hingga berjam-jam menghadapi macet. ahh jadi pengen segera melalui mudik nih mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, selain itu faktor kenyamanan interior dan fitur-nya juga penting biar penumpangnya juga nggak bosen selama perjalanan. Eh mbak mudik ke mana tahun ini?

      Delete
  2. Sajian informasi lengkap dan sangat membantu menmperkenalkan Mirage..salam

    ReplyDelete
  3. Yeay...selamat menang kontes ig ya ty. Pokoknya prepare itu mesti semua ya dari sebelum dan selama perjalanan mudik. Cocok mirage buat keluarga masa kini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, makasih mbak Gita. Iya mudik itu emang ribet persiapannya ya tapi semua keribetan itu terbayar saat bersua sama keluarga di kampung halaman...

      Delete
  4. Ngeliat mobil baru jd kpingn ganti yg baru haha keren y mba mungil tapi enak d bawa mudik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mobilnya mungil, jadi kalaupun nggak dipakai mudik juga pas untuk sehari-hari mengarungi kemacetan di kota.

      Delete
  5. Persiapan untuk mudik memang ribet ya kak hehe. Saya yang masih belum berkeluarga saja sudah merasa ribet
    Apalagi udah punya ya? Hehe

    ReplyDelete
  6. warna merah menyalanya kerennn :D #favorit

    ReplyDelete
  7. Bagus dan kelihatan nyaman kendaraannya. Pas banget buat mudik :)

    ReplyDelete
  8. waduh, gagal pokus sama poto yang di bagasi :) wkwkwkwkwk
    keren mbak tya, bajunya merah sama kayak Mirage juga warnanya

    ReplyDelete
  9. New Mirage cocok nih kayaknya dibawa mudik ke kampung halaman suamiku yang jalanannya terjal, sempit, dan berbatu.

    ReplyDelete
  10. Mudik naik mobil memang menyenangkan. Berasa adventure banget ya..?

    ReplyDelete
  11. Mudik aman nyaman jadi impian, mobil pun harus sepadan

    ReplyDelete
  12. Tips mudiknya lengkap dan bermanfaat. Maaf, ada yg lupa, tuh. Kalimat Portal Otomotif No 1 belum dikasih link. 🙏😀

    ReplyDelete
  13. Enggak kebayang mbak, dari jakarta ke madiun di dalam bagasi. Wajwakwak

    ReplyDelete
  14. Mudik perjalanan jauh ya mba, perlu mobil yang comfort sekaligus tangguh.

    ReplyDelete
  15. kl mau gampang langsung taruh mobil di bengkel aja ya biar di cek smua sblm di bawa mudik krn riskan bgt buat perjalanan jauh. mirage menggoda bgt warnanya tjantik

    ReplyDelete
  16. Tip nya boleh juga mba, persiapan ntr mudik...bermanfaat

    ReplyDelete
  17. Orang dewasa aja muat di bagasi, bawaan mudik pasti muat juga, ya. :D

    ReplyDelete
  18. Wah, jadi keburu ngrasain suasana mudik lagi nih...

    ReplyDelete

Hai! Terima kasih banyak sudah membaca postingan ini. Jangan sungkan menuliskan komentar di bawah ini ya. Komentar, masukan, dan kritik kalian sangat berarti untuk aku. Oya, please jangan masukkan link hidup di komen ya. Semua komentar dengan link hidup akan langsung di-delete.

Have a nice day!


© Talkative Tya | Designed by . All rights reserved.