Friday, 30 June 2017

My Skincare Journey: Mengatasi jerawat dan bruntusan (Bagian 1)

Happy Friday!

Siapa sih yang nggak kepingin punya wajah sehat, kencang, kenyal, halus, dan mulus bebas jerawat? Yakin semuanya pada acung jari yaa. Well, that's why banyak sekali produk perawatan wajah yang dijual di pasaran yang menjanjikan poin-poin yang aku sebutkan tadi. Meskipun begitu, jenis kulit wajah, faktor internal (hormonal) dan faktor eksternal (kotoran, polusi, dan malas membersihkan wajah) membuat tidak semua produk tersebut cocok dan harus pintar-pintar memilih. Nah di postingan kali ini aku mau berbagi cerita perjalanan aku dalam mendapatkan wajah mulus semulus pantat bayi. Lanjut yaaa.


Kalau kalian runut postingan blog aku, skincare terakhir yang aku pakai adalah dari Ultima II Procollagen Extrema. Setelah pemakaian sekitar 1 bulan, ternyata si Ultima ini kurang cocok untuk wajah aku. Padahal di awal pemakaian hasilnya kece banget lho. Syedih, apalagi harganya lumayan bikin kantong kering. Terus aku switch ke Solusi Organic dengan bahan  dasar grape seed. Ada 4 produk dalam rangkaian Solusi Organic dan yang paling rutin aku pakai itu sabun wajah dan moisturizernya aja (dua produk lainnya, yaitu face cleansing milk dan face toner sesekali saja aku pakai).

Melihat banyaknya produk skincare yang nganggur di meja rias, aku mencari akal gimana ya supaya semua produk ini maksimal. Hasil kepo di pinterest mengarahkan aku pada 10 steps Korean Skincare. Lalu aku googling lebih jauh lagi tentang 10 steps Korean Skincare, ternyata hasilnya luar biasa! Face goal banget! Di Pinterest sendiri banyak sekali informasi tentang penerapan 10 langkah perawatan kulit wajah ala Korea ini. Berikut ini adalah beberapa infografis yang aku jadikan acuan dan aku kumpulkan dalam satu folder di akun Pinterest aku.


Dasar aku orangnya nggak sabaran, segala produk skincare yang ada di rumah aku pakai sesuai dengan step di atas. Berikut ini adalah list produk yang aku templokin ke wajah.

  • Solusi Organic Facial Foam
  • Viva Milk Cleanser Bengkuang
  • Sarange Natural Phyto Whitening Toner
  • Hatomugi Skin Conditioner
  • Academy Perfectron Hyaluronate Bio-tech Treatment
  • The Body Shop Drop of Youth Concentrate
  • Mazaya Dermo Vitamin C Serum
  • Ultima II Procollagen Extrema Complex for Face and Neck
  • Ultima II Procollagen Extrema Day Lotion with SPF 30+++
  • Mazaya Dermo Eye Treatment Gel
  • The Body Shop Drop of Youth Sleeping Pack

Ternyata oh ternyata, ketidak sabaran aku berbuntut pada wajah yang jadi nggak oke. Mendadak muncul bruntusan di bagian pipi dan dahi. Selain itu ada juga 2-3 jerawat meskipun ukurannya tergolong kecil. Kalian bisa lihat sendiri seperti apa kondisi wajahku di foto berikut. Selain bruntusan dan jerawat, kulit juga terlihat kemerahan. Duh jelek sangat! Setelah bertanya sama teman-teman yang memang menerapkan 10 steps Korean Skincare ini, kesalahan terbesar aku adalah langsung menggunakan semua produknya. Padahal harusnya secara bertahap satu per satu sembari dicek apakah kulit aku bisa menerima produk tersebut dan cocok dikombinasikan dengan produk lainnya.

Foto kondisi wajah per 27 Juni 2017

Melihat kondisi wajah yang seperti ini, tentu saja aku jadi sedih. Memang sih imperfections macam ini bisa diakali dengan penggunaan makeup. Tetapi aku nggak mau juga terus-terusan pakai makeup karena itu tidak menyelesaikan masalah sama sekali. Aku tuh maunya wajah mulus kinclong meskipun tanpa makeup *banyak maunya* 

Lalu aku memutuskan untuk stop semua penggunaan skincare yang sebelumnya aku pakai dan mencoba beralih kembali ke produk organik. Sebetulnya awal tahun ini aku sempat menggunakan skincare organik dari beberapa campuran oil. My fave organic products are Green Mommy Shop (aku akan bahas tentang GMS ini di postingan lain ya). Waktu itu aku pakai beberapa produk GMS, diantaranya Herbal Vinegar Rinse (semacam toner), Herbal Facial Oil for Oily skin (pelembab harian), Veil (semacam serum), Kiss Acne Goodbye (acne spot treatment), dan Soul of Roses (pelembab malam). Oya waktu itu juga aku membersihkan wajah dengan metode oil cleansing menggunakan campuran castor oil dan grapeseed oil. Saat itu aku memang sedang getol dan rajin banget merawat wajah. Seiring waktu, pekerjaan semakin bertambah dan tidak punya banyak waktu membuat aku berhenti melakukan itu semua. 


Oke, back to the topic. Intinya aku balik lagi mencoba menyederhanakan perawatan wajahku dan menggunakan produk organik lagi. Dari semua produk organik yang aku punya itu, masih ada 3 yang tersisa yaitu Soul of Roses, Herbal Facial Oil, dan Kiss Acne Goodbye. Jadi kupakai lagi deh semuanya. Urutan pemakaiannya adalah sebagai berikut: 

  1. Wajah dibersihkan dengan cara oil cleansing menggunakan castor oil dan grapeseed oil. 
  2. Wajah dibersihkan menggunakan Sensatia Botanicals Acne Clarifying Facial Cleanser.
  3. Tuang 2-3 tetes Kiss Acne Goodbye lalu ditotol-totol pada bagian wajah yang berjerawat dan bruntusan. 
  4. Tuang 2-3 tetes Herbal Facial Oil (pagi)/Soul of Roses (malam) di tangan lalu dihangatkan terlebih dahulu sebelum diaplikasikan di wajah. 

Berhubung lagi masa liburan nih, aku jarang keluar rumah (terakhir kali pakai makeup pas Lebaran aja) jadi hanya itu saja yang aku pakai. Setelah kurang lebih 3 hari, wajah mulai terasa lebih halus ketika diraba terutama di bagian dahi. Sedangkan di bagian pipi bruntusannya masih lumayan terasa meski tidak separah waktu sebelum menggunakan organik. 

Foto kondisi wajah per tanggal 30 Juni 2017

What is the worst thing that could happen? Karena aku tidak mengecek isi dari ketiga oil tersebut, ditambah lagi botolnya yang berwarna gelap dan tertutup label sehingga sulit untuk melihat berapa banyak isi produk yang tersisa, di hari keempat semua oil tersebut HABIS! Alamaak, ini rasanya seperti diangkat tinggi-tinggi lalu dijatuhkan. Huhuhu. Mau beli lagi tapi galau karena ini masih dalam masa liburan dan pastinya pengiriman akan lambat sekali. 

Akhirnya aku mencoba mencari alternatif produk lain yang bisa dibeli secara bebas di supermarket, apotek, atau toko obat. Setelah googling dan membaca puluhan review, pilihanku jatuh pada Purbasari Acne Lotion sebagai acne spot treatment aku. Alasannya? Karena harganya murah sadiz! Untuk kemasan berukuran 25ml, harganya hanya sekitar 6 ribu saja. Sedangkan untuk ukuran 50ml harganya sekitar 10-12 ribu. Luar biasa banget deh Purbasari, sebagian besar produknya kece semua!


Jadi sekarang (saat postingan ini dipublish), aku hanya menggunakan Sensatia Botanicals Acne Clarifying Facial Cleanser. untuk membersihkan wajah, Purbasari Acne Lotion, dan Hatomugi Skin Conditioner sebagai pelembab (review soon!). Ketika aku pergi ke luar rumah, aku mengaplikasikan sunblock dan menggunakan bedak Mineral Botanica.

Baca juga:


Kira-kira akan seperti apa ya wajahku ini ke depannya? We will see! Bagaimana dengan kalian? Apakah kalian juga memiliki problem kulit wajah yang sama? Atau mungkin kalian punya rekomendasi produk dan tips mengatasi permasalahan kulit ini? Share di comment ya!

Thanks for reading! 


Share this Post Share to Facebook Share to Twitter Email This Pin This Share on Google Plus Share on Tumblr

11 comments:

  1. Wah baru tau ada produk Purbasari yang itu, saya juga suka bruntusan karena keringet mba btw tfs ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Purbasari banyak varian produknya nggak hanya makeup aja ternyata. Sama-sama mbak semoga membantu yaa....

      Delete
  2. Aku mau nyoba ah soalnya wajahku juga lagi jerawatan dan bruntusan banyak malah huhu..mudah-mudahan kali ini cocok, thanks info nya say

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mbak Tuty. Semoga bisa membantu yaaa....

      Delete
  3. Harganya murah banget ya kak, banting banget...salam kenal dari #DuniaFaisol

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya murah meriah sangat yaaa.... dan bagus juga lho..

      Delete
  4. Bakal nyimak hasilnya nih Mba Tya. Aku juga lagi beruntusan banget sepulang liburan :"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti aku tulis bagian 2-nya Marga. Aku lagi nunggu sekitar 1-2 minggu nih dengan produk yang aku pakai itu untuk lihat hasilnya.

      Delete
  5. hmmm... layak dicoba nih kayaknya ya. masalah kulit kita sama. terimakasih ya sudah berbagi :)

    ReplyDelete
  6. wah makasih nih infonay, aankku nih jerawatan banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sabun mukanya cobain deh mbak Tira, bagus dan organik juga jadi aman.

      Delete

Hai! Terima kasih banyak sudah membaca postingan ini. Jangan sungkan menuliskan komentar di bawah ini ya. Komentar, masukan, dan kritik kalian sangat berarti untuk aku. Oya, please jangan masukkan link hidup di komen ya. Semua komentar dengan link hidup akan langsung di-delete.

Have a nice day!


© Talkative Tya | Designed by . All rights reserved.