Wednesday, 7 June 2017

Tips Mengatasi Memori iPhone yang Penuh

Happy Tuesday! 

Siapa yang tidak kenal dengan iPhone? Smartphone dengan logo buah apel yang digigit ini memang memiliki segudang kelebihan yang bisa memudahkan pemiliknya dalam beraktivitas. Mulai dari fitur dasar seperti melakukan panggilan telepon dan mengirimkan pesan, sampai fitur andalan seperti kamera dan video dengan kualitas tinggi dan tentunya software yang canggih. 


Begitu banyaknya hal yang bisa dilakukan dengan iPhone menyebabkan kapasitas penyimpanan iPhone menjadi penuh tanpa kita sadari. Tentu saja ini akan mengganggu performa iPhone dan membuat kamu jadi tidak bisa mengunduh aplikasi terbaru. Kali ini, Tya akan berbagi tips bagaimana mengatasi memori iPhone kamu yang penuh. Yuk lanjut bacanya. 


1. Cek usage iPhone



Meskipun memiliki kapasitas penyimpanan yang besar, kapasitas ini juga bisa penuh kalau iPhone kamu penuh dengan berbagai macam aplikasi dan data lainnya. Untuk mengetahui aplikasi atau penyimpanan apa yang paling banyak memakan tempat, lakukan langkah berikut ini: Buka Setting App > General > Usage > Manage Storage. 

Pada bagian atas akan terlihat berapa banyak memori yang sudah dipakai dan berapa yang tersisa. Selain itu, kamu juga bisa melihat daftar aplikasi yang disusun berdasarkan banyaknya memori yang dipakai. 

2. Hapus aplikasi yang tidak terpakai


Hapus games yang sudah tidak dimainkan.

Coba cek aplikasi yang ada di iPhone kamu, apakah semua aplikasi tersebut masih kamu pakai? Kalau ada aplikasi yang sudah tidak kamu gunakan, misalnya seperti games, sebaiknya hapus saja aplikasi tersebut. Selain itu perhatikan juga besar memori aplikasi games. Meskipun kebanyakan aplikasi games berukuran kecil, beberapa games lain bisa memakan memori hingga 1GB dikarenakan penggunaan grafik 3D. dengan menghapus games yang berukuran besar atau yang tidak digunakan lagi, kapasitas penyimpanan iPhone kamu bisa jadi lega deh. 

3. Foto dan video

Hapus foto dan video yang tidak digunakan atau pindahkan ke komputer.

Foto dan video memiliki ukuran yang besar. Sebagai contoh satu video HD bisa memakai lebih dari 100MB untuk setiap menitnya. Sedangkan satu foto bisa mencapai 10MB. Jadi kamu bisa bayangkan kan berapa besar kapasitas penyimpanan yang terpakai hanya untuk foto dan video saja. Hal yang bisa kamu lakukan adalah dengan memindahkan semua foto dan video yang ada di dalam iPhone kamu ke komputer dan menghapusnya dari iPhone kamu. 

4. Gunakan Cloud Storage

Beberapa provider cloud storage untuk menyimpan data.

Kalau kamu termasuk yang malas memindahkan file foto dan video kamu ke komputer, ada cara yang praktis kok yang bisa kamu lakukan, yaitu dengan menggunakan cloud storage. Kamu bisa mengubah pengaturan pada iPhone untuk langsung mengunggah foto dan video yang ada pada Camera Roll ke cloud storage seperti Apple iCloud, Google Drive, dan Dropbox. Selain menghemat waktu kamu untuk memindahkan data, tips ini juga menghindari kapasitas penyimpanan iPhone terlalu penuh. 


5. Bersihkan ‘sampah’  di iPhone



Semakin lama kamu menggunakan iPhone kamu, semakin banyak informasi yang tersimpan di dalamnya. Hal ini tanpa kita sadari juga mempengaruhi performa iPhone karena membuat kapasitas penyimpanan menjadi penuh. Untuk membuang ‘sampah’ catche ini kamu bisa masuk ke Setting dan cek aplikasi yang ada di dalam Usage dan lihat apakah ada extra data yang bisa dihapus. Selain itu, hal-hal kecil seperti membersihkan history browser,  menghapus kontak, reminder, notes, dan pesan yang sudah tidak terpakai bisa membantu juga lho untuk membuat memori lega. 

***

Nah itu dia beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar memori iPhone kamu tidak penuh. Nah, buat kamu yang punya rencana membeli smartphone baru atau ingin mengganti smartphone lama kamu, iPhone 7 adalah pilihan yang tepat karena sudah teruji kualitasnya dan juga ketangguhannya. Apa saja sih keunggulan iPhone 7 ini? 


Dari segi desain,  iPhone 7 memiliki desain yang mirip dengan pendahulunya, yaitu simple dan stylish. Yang berbeda adalah pilihan warna yang ditawarkan lebih beragam seperti rose gold, silver, gold, hitam doff, dan jet black. Selain itu iPhone 7 juga memiliki fitur water resistant dan anti debu sehingga pengguna tidak merasa kuatir ketika kehujanan. 

Soal kamera jangan ditanya, iPhone 7 memiliki kamera 12 MP dengan banyak fitur yang bisa membantu agar hasil foto maksimal. Fitur seperti optical image stabilization, FaceTime HD Camera, dan Quad-LED TrueTone Flash membuat foto dengan iPhone 7 tidak kalah dengan hasil foto jepretan kamera profesional. Buat kamu pencinta musik, iPhone 7 akan memanjakan telinga kamu dengan adanya 2 speaker sehingga kualitas audio menjadi lebih baik. So, kamu pasti betah berlama-lama mendengarkan musik atau menonton video dengan smartphone ini. 

Ingin memiliki iPhone 7, nggak usah bingung mau beli di mana karena ada Mataharimall yang menyediakan pilihan iPhone 7 sesuai kebutuhan kamu. Buat kamu yang butuh kapasitas penyimpanan besar, iPhone 7 128GB pun tersedia di sini. Selain itu, Harga iPhone 7 murah di Mataharimall sangat bersaing dan dengan adanya fitur cicilan yang disediakan Matahari Mall membuat kamu bisa mendapatkan iPhone 7 idaman kamu. 

Thanks for reading! 

Share this Post Share to Facebook Share to Twitter Email This Pin This Share on Google Plus Share on Tumblr

5 comments:

  1. Namanya Iphone ya, kameranya yahud. Pasti bakalan sering lupa stok foto di memory yang bejibun bisa bikin ngelack.

    Noted banget nih.

    ReplyDelete
  2. Masakah storage ini emang ya, kadang2 bikin panik, pas moment penting, mau shoot atau video tiba-tiba kehabisan memory. Terpaksa ada yang didelete. Terima kasih mba Tya tipsnya.

    ReplyDelete
  3. Andalanku pakai dropbox, Mba Tya. Efektif banget bikin memori hp nggak cepet penuh. Udah gitu bisa dibuka dari mana saja^^

    ReplyDelete
  4. cache instagram kalo ga sering-sering dibersihin, beugh..... ngabisin storage!

    ReplyDelete
  5. Baru tahu bersihin sampah di iphone bisa ngurangin memori juga. Makasih mba infonya.

    ReplyDelete

Hai! Terima kasih banyak sudah membaca postingan ini. Jangan sungkan menuliskan komentar di bawah ini ya. Komentar, masukan, dan kritik kalian sangat berarti untuk aku. Oya, please jangan masukkan link hidup di komen ya. Semua komentar dengan link hidup akan langsung di-delete.

Have a nice day!


© Talkative Tya | Designed by . All rights reserved.