Wednesday, 19 July 2017

Bebas Sakit Tenggorokan dan Bau Mulut dengan BETADINE® Obat Kumur

Happy Wednesday!

Hai semuanya! Semoga sehat-sehat semua yaa. Beberapa bulan terakhir aku mengalami sakit tenggorokan yang cukup mengganggu. Setelah dicek, sakit tenggorokan ini muncul karena kebiasaanku makan makanan super pedas dan makan gorengan. Selain karena makanan, 85% sakit tenggorokan juga disebabkan oleh virus penyebab influenza dan batuk yang bertebaran di sekitar kita. Penyebab lainnya adalah cuaca yang tidak menentu yang menyebabkan imunitas tubuh menurun sehingga lebih rentan terserang penyakit. Kalau udah terkena sakit tenggorokan, duh nggak enak banget! Makanan apapun rasanya jadi nggak sedap (meskipun itu adalah makanan favorit sekalipun) karena menelan saja sulit dan terasa sakit. 


Sakit tenggorokan biasanya diawali dengan pembengkakan pada bagian tenggorokan. Apabila tidak langsung ditangani, pembengkakan ini akan menyebabkan rasa sakit dan jadi sakit tenggorokan deh! Seperti yang sudah aku tulis di atas, hampir sebagian besar sakit tenggorokan disebabkan oleh virus dan (terkadang) bakteri. Tahu sendiri kan mereka ini (virus dan bakteri) mudah banget berkembang biak dan menyebar sehingga sakit tenggorokan menjadi semakin parah. 

Ketika tubuh dalam kondisi yang prima, sakit tenggorokan insyaAllah bisa dihindari. Agar tubuh terjaga kesehatannya, kamu bisa melakukan beberapa langkah berikut ini:
  • Jaga asupan makanan dengan mengurangi makanan yang tidak sehat dan digoreng.
  • Konsumsi air yang cukup. Ingat, sehari itu minimal 8 gelas air. 
  • Istirahat yang cukup dan kurangi begadang. 
  • Minum multivitamin penjaga daya tahan tubuh bila perlu. 
  • Jaga kesehatan rongga mulut dengan sikat gigi 2x sehari dan berkumur dengan larutan antiseptik. 

Harus aku akui, dari semua poin yang aku tulis itu, berkumur dengan larutan antiseptik adalah yang nyaris tidak pernah aku lakukan. Padahal, setelah membaca beberapa literatur tentang kesehatan rongga mulut, berkumur dengan larutan antiseptik efektif mencegah sakit tenggorokan, mengatasi sariawan, gusi bengkak, sakit gigi, dan bau mulut yang tidak sedap. Terus jadi kepikiran deh, larutan antiseptik seperti apa sih yang baik dan aman? Jawabannya adalah BETADINE® Obat Kumur. Jangan kaget dulu, Betadine yang satu ini memang khusus untuk berkumur kok. Berbeda dengan kebanyakan obat kumur yang dijual bebas di pasaran, BETADINE® Obat Kumur ini mengandung Povidone Iodine 1%  dan non-alkohol yang bisa membantu mengatasi permasalahan rongga mulut dan tenggorokan. Povidone Iodine sendiri merupakan zat anti mikroba yang secara efektif dapat membunuh bakteri, virus, dan jamur. 


BETADINE® Obat Kumur ini dikemas dalam botol berwarna hijau dengan tutup berwarna putih yang berfungsi sebagai penakar obat kumurnya. Saat dibuka dan dituang ke tutup-nya, kelihatan deh warna obat kumurnya sama seperti obat merah, bau-nya pun mirip! Untuk penggunaannya , cukup tuangkan Betadine Obat Kumur sebanyak 15 ml ke dalam tutup botol dan berkumur selama 30-60 detik. Setelah itu buang obat kumur. Setelah berkumur dengan BETADINE® Obat Kumur, kadang gigi dan rongga mulut berwarna kekuningan. But don’t worry, warna kuning ini tidak permanen kok. Cukup bilas dengan air dan sisa warna kuning akan hilang. 


Bagaimana dengan hasilnya? Selama kurang lebih 2 minggu aku rutin menggunakan BETADINE® Obat Kumur 2x sehari (pagi dan malam) dan aku puas dengan hasilnya. Efek yang paling kentara dan bisa langsung dirasakan setelah pemakaian adalah bau mulut jadi lebih segar dan tentunya jadi percaya diri.  Sebagai seorang guru bahasa Inggris yang kerjaannya cuap-cuap di depan murid dan sebagai orang yang ngoceh melulu (kata suami), bau mulut yang tidak sedap adalah hal yang paling bikin parno. Masalahnya kita nggak akan pernah tahu kalau bau mulut kita tidak sedap kecuali ada yang ngomong. Nah, rata-rata orang tuh malu dan segan untuk menegur masalah ini. Jadi kebayang kan kalau lagi ngajar terus muridnya pada tutup hidung semua? Duh, mending bumi terbelah dan aku nyemplung ke dalam deh.


Selain itu, setiap kali gejala sakit tenggorokan muncul aku langsung berkumur dengan BETADINE® Obat Kumur tanpa perlu menunggu pagi atau malam setelah menyikat gigi. Hasilnya? Gejala sakit tenggorokan berkurang dan akhirnya hilang. Tentu saja ini harus dibarengi dengan banyak minum air putih dan poin lainnya yang sudah aku sebutkan di atas ya. Agar kita mendapatkan manfaat maksimal dari BETADINE® Obat Kumur, sebaiknya berkumur jangan hanya di rongga mulut saja, tetapi juga di tenggorokan. Teknik berkumur ini dikenal dengan nama gargle. Teknik gargle ini mudah kok. Pertama berdiri tegak dan wajah menghadap ke atas sekitar 45 derajat. Setelah itu masukkan BETADINE® Obat Kumur, tahan di tenggorokan lalu keluarkan udara dari perut ke atas secara perlahan. Lakukan ini selama 30 detik.


Selain saat gejala sakit tenggorokan muncul dan terlalu banyak makan makanan yang tidak sehat seperti gorengan, BETADINE® Obat Kumur sebaiknya juga digunakan saat travelling terutama ke negara yang sedang ada penyakit menular. Contohnya seperti negara di Timur Tengan yang saat ini sedang mewabah virus MERS dan SARS. Jadi kamu bisa rekomendasikan BETADINE® Obat Kumur kepada teman atau saudara yang mau/sedang melakukan ibadah Haji atau Umroh. 

Oya, BETADINE® Obat Kumur ini juga bisa didapatkan dengan mudah di apotek, drugstore, dan sekarang juga dibeli secara online di JD.ID. Harganya juga terbilang cukup terjangkau, yaitu sekitar IDR 25.000 (ukuran 100mL). 


Aku suka BETADINE® Obat Kumur karena:

Povidone Iodine 1% membantu mencegah sakit tenggorokan, gusi bengkak, dan sariawan.
Mulut terasa segar dan bebas bau mulut.
Harganya terjangkau.
Mudah didapatkan dan bisa dibeli online di JD.ID
Non-alkohol sehingga tidak membuat rongga mulut kering.

Aku kurang suka BETADINE® Obat Kumur karena:

Tidak bisa digunakan oleh ibu hamil dan menyusui.
Tergolong obat keras, jadi harus benar-benar memperhatikan petunjuk penggunaan. 

Overall Rating:
8/10

***

The final verdict? BETADINE® Obat Kumur ini bisa menjadi langkah pertama mengatasi sakit tenggorokan. Selain itu, masalah bau mulut tidak sedap pun bisa teratasi. Jangan lupa juga untuk selalu jaga kesehatan  agar kondisi tubuh tetap fit dan terhindar dari sakit tenggorokan dan permasalahan pada rongga mulut yaa!


Thanks for reading!


Share this Post Share to Facebook Share to Twitter Email This Pin This Share on Google Plus Share on Tumblr

No comments:

Post a Comment

Hai! Terima kasih banyak sudah membaca postingan ini. Jangan sungkan menuliskan komentar di bawah ini ya. Komentar, masukan, dan kritik kalian sangat berarti untuk aku. Oya, please jangan masukkan link hidup di komen ya. Semua komentar dengan link hidup akan langsung di-delete.

Have a nice day!


© Talkative Tya | Designed by . All rights reserved.