Wednesday, 5 July 2017

DIY Cleansing Oil untuk Kulit Berminyak dan Acne Prone

Happy Monday! 

Membersihkan wajah dengan menggunakan minyak/oil atau yang dikenal dengan Oil Cleansing Method (OCM), apabila dilakukan dengan benar dan rutin bisa membantu memperbaiki kondisi kulit wajah. Di postingan sebelumnya, aku telah menjelaskan dengan lengkap apa itu OCM dan bagaimana membersihkan wajah dengan metode ini (baca: Oil Cleansing Method - Membersihkan Wajah dengan Minyak). Kali ini, aku mau sharing resep OCM yang biasa aku gunakan yang cocok untuk kulit berminyak dan acne prone. Kuy baca lebih lanjut!


Alat dan bahan yang diperlukan: 



Castor oil (cold-pressed)
Grapeseed oil (cold-pressed)
Tea tree oil (optional)
Alkohol 70% untuk sterilisasi
Botol pump (I recommend the ones from Miniso. They are great with cheap price!)
Sendok takar (aku pakai sendok bawaan dari mask bowl set)

Cara membuat:

Siapkan semua peralatan dan bersihkan menggunakan alkohol. 
Tuangkan castor oil dan grapeseed oil ke dalam botol menggunakan sendok takar
dengan rasio 1:3 (1 sendok takar castor oil dan 3 sendok takar grapeseed oil).

 

Tambahkan tea tree oil sekitar 5-10 tetes.


Kocok botol hingga semua tercampur rata.
Voila! Cleansing oil untuk OCM kamu sudah siap!


***

Semua bahan yang digunakan dalam resep ini baik untuk mereka yang memiliki kulit berminyak, acne prone, bahkan untuk mereka dengan problem jerawat. Castor oil (minyak jarak) berperan sebagai carrier oil dan memiliki manfaat anti inflamasi, membersihkan dan membantu merawat kulit. Grapeseed oil (minyak biji buah anggur) kaya akan vitamin E, antioksi, dan bersifat astringent. Kandungan dari grapeseed oil ini berperan untuk melembabkan, menenangkan dan sekaligus mengobati inflamasi pada kulit. Teksturnya yang ringan (lebih ringan dibandingkan castor oil) membuat minyak ini tidak menutup pori-pori wajah. sedangkan tea tree oil dikenal luas sebagai acne remedy dimana minyak ini mampu membunuh bakteri dan jamur penyebab jerawat. 

Perlu diperhatikan bahwa rasio di atas bisa dimodifikasi tergantung kondisi kulit kamu. Aku sendiri sudah mencoba beberapa rasio (1:2, 1:4, 1:1, bahkan hanya dengan grapeseed oil saja) tapi yang paling pas untuk kulit wajah aku adalah rasio 1:3. Jika kamu memiliki kulit yang sensitif, kamu bisa mengurangi takaran castor oil dan menambah takaran grapeseed oil. Kalau perlu, tambahkan juga jojoba oil untuk membantu menambah kelembaban kulit. Intinya, trial and error sampai kamu menemukan resep yang pas. 


Oya, jangan gunakan cleansing oil ini untuk membersihkan makeup mata kalau kamu menambahkan tea tree oil pada resep di atas. Karena tea tree oil kalau kena mata jadi pedih. Jadi kalau kamu ingin menggunakan cleansing oil ini sebagai eye makeup remover, tidak perlu ditambahkan tea tree oil yaa. Gunakan cleansing oil ini untuk membersihkan wajah di malam hari sebelum tidur. Selanjutnya, kamu bisa gunakan produk skincare kamu lainnya. Lebih bagus lagi kalau skincare-nya juga organik.

FYI, castor oil dan grapeseed oil yang aku gunakan ini aku beli secara online di Shopee/Instagram. Jangan tanya tokonya karena banyak banget online shop yang jual minyak-minyakan model gini. Silahkan pilih sesuai kebutuhan dan lokasi biar ongkirnya murah. Aku sendiri biasanya beli di Green Japok (reseller produk Green Mommy Shop) atau di website Green Mommy Shop. Yang penting pastikan produk yang kamu beli adalah cold-pressed karena yang diproses dengan cold-pressed memiliki kualitas lebih baik. 

Bagaimana? Tertarik mencoba cleansing oil ini dan membersihkan wajah dengan metode OCM? Semoga DIY Cleansing oil untuk kulit berminyak dan acne prone ini bisa membantu dan bermanfaat untuk kalian semua ya. Jangan sungkan untuk bertanya apapun seputar OCM ini di kolom komentar yaa. 

Thanks for reading! 

Share this Post Share to Facebook Share to Twitter Email This Pin This Share on Google Plus Share on Tumblr

12 comments:

  1. wah aku langsung pengen coba bikin deh hihi DIY nya mba tya selalu berhasil bikin aku pengen DIY an juga <3

    Ray,
    www.rayditaa.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayooo bikin juga yaaa.... nanti jangan lupa share hasilnya juga.

      Delete
  2. Waaah.. Makasih infonya, Mbak.kapan kapan coba ah. Sendok takarnya itu ky yg dijual di ace hardware ga? Yg buat ngukur bahan makanan biasanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Reema, sama kaya sendok takar buat masak. Tapi tidak harus pakai sendok takar juga kok. Bisa pakai sendok biasa juga, yang penting perbandingannya aja. Misalnya pakai sendok makan, castor oil 3 sdm terus grapeseed oil-nya 9 sdm juga bisa.

      Selamat mencoba yaa!

      Delete
  3. tipsnya juaraaaa, makasiyyy ya tya
    Kindly visit my blog: bukanbocahbiasa(dot)com

    ReplyDelete
  4. wahh bisa ya buat sedniri , ehhmmm nanti deh kapan2 diikuti langkah2nya, bookmark heula

    ReplyDelete
  5. Kalau kulitnya berminyak apa bisa pakai ramuan ini juga?

    ReplyDelete
  6. Makasih info DIY Kosmetiknya mbak. Urusan beginian aku belum pernah bikin, ngertinya tahu jadi hihi

    ReplyDelete
  7. ah, saya juga mo coba ah ... biar ganteng dan ginclong :)

    ReplyDelete
  8. Pengen coba, kayaknya lebih aman dibanding beli cleanser yang udah jadi. Ini bisa diatur takaran rationya sesuai keadaan kulit. Xie xie Mbak Tya sharing-nya.

    ReplyDelete
  9. Wah ini boleh juga dicoba untuk bikin sendiri, jd lebih tau kandungannya. makasih ya mba tya infonya.

    ReplyDelete
  10. Aku baru tahu nih mbk. Jadi pingin nyoba nih. Makasih infonya ya mbk

    ReplyDelete

Hai! Terima kasih banyak sudah membaca postingan ini. Jangan sungkan menuliskan komentar di bawah ini ya. Komentar, masukan, dan kritik kalian sangat berarti untuk aku. Oya, please jangan masukkan link hidup di komen ya. Semua komentar dengan link hidup akan langsung di-delete.

Have a nice day!


© Talkative Tya | Designed by . All rights reserved.