Friday, 7 July 2017

[REVIEW] Ovale Micellar Cleansing Water Brightening

Happy Friday!

Hal apa yang paling nyebelin setelah menggunakan makeup? Yup, menghapus makeup! Makeup kalau tidak dihapus dengan sempurna bisa membuat pori-pori kulit tertutup sehingga kulit tidak bisa bernafas. Kalau sudah gini, kulit wajah lambat laun menjadi kusam dan bisa keriput lho. Jadi, membersihkan wajah dari sisa makeup dan kotoran itu penting! Nggak boleh malas. Bicara soal membersihkan makeup, beberapa minggu lalu aku menemukan satu produk makeup remover baru di rak sebuah swalayan, yaitu Ovale Micellar Cleansing Water brightening. Tanpa pikir panjang, aku langsung membeli produk ini untuk mencobanya. Kira-kira produk pembersih makeup dari Ovale ini efektif atau tidak ya untuk membersihkan wajah dari makeup? Yuk lanjut bacanya.


Nama produk:
Ovale Micellar Cleansing Water Brightening

Deskripsi produk:
Teruji secara hypoallergic dan dermatologis yang efektif membersihkan kotoran dan sisa makeup pada wajah, area mata, dan bibir tanpa perlu dibilas. Kulit terasa lembut dan segar. Diperkaya dengan ekstrak Magnolia yang membantu mencerahkan kulit wajah. Cocok untuk semua jenis kulit. 

Berat produk:
200ml

Produksi: 
PT. KINO Indonesia 

Harga: 
Rp 27.000

Beli di mana:
Supermarket, minimarket, toko kosmetik, toko obat.


Ovale bukanlah merek baru dalam ranah pembersih wajah. Aku ingat dulu banget nih zaman SMP, produk Ovale sudah banyak dijual di supermarket dan minimarket. Salah satu produk yang sudah ada dari dulu dan sampai sekarang pun masih bisa ditemukan adalah Ovale Lotion, pembersih wajah sekali usap. Seiring perkembangan zaman, Ovale pun berinovasi dan nggak mau kalah dengan merek lainnya dengan mengeluarkan produk micellar water, yaitu Ovale Micellar Cleansing Water Brightening. Tentu saja sebagai orang yang sering pakai makeup, aku penasaran ingin mencoba apakah produk ini sebagus produk micellar water lainnya?

Seperti kebanyakan produk micellar water lainnya, Ovale Micellar Cleansing Water Brightening ini dikemas dalam botol dengan tutup pop cap yang mudah untuk dibuka. Sayangnya tutup ini tidak kencang sehingga ketika botol dalam keadaan tidur, micellar water-nya menetes keluar. Produk ini juga tersedia dalam dua ukuran, yaitu 100 ml dan 200mL. Harganya pun tergolong murah, sekitar IDR 27,000 untuk ukuran 200mL.


Masih soal kemasan, nuansa pink mendominasi Ovale Micellar Cleansing Water ini. Di bagian belakang botol tertera informasi lengkap tentang produk, cara pakai, komposisi, nomor POM, dan juga tanggal kadaluarsa. Dari keterangan yang tertulis di label, aku tidak menemukan kata-kata kalau produk ini bisa digunakan untuk menghapus makeup waterproof.


Namanya juga micellar water, ya teksturnya pasti cair. Gak mungkin juga terus jadi gel atau foam kan? (abaikan kalimat nggak mutu ini). Selain itu di kemasan tertulis kalau produk ini fragrance free dan alcohol free. Setelah aku cek komposisinya, memang benar tidak ada satupun bahan pewangi sintetis dan alkohol. Buat kamu yang punya kulit sensitif bisa tenang mencoba deh karena kemungkinan kecil terjadi iritasi kulit.

Bagaimana dengan kemampuannya menghapus makeup di wajah? Berhubung wajah aku sedang dalam recovery, jadi aku melakukan tes di punggung tangan aku. Ada 6 produk yang aku gunakan untuk mengetes yaitu: 
  1. Wardah Hi-Optimum Eyeliner
  2. Just Miss Eyebrow Pencil Black
  3. QL Cosmetic 2-Step Mascara Waterproof
  4. Ranee Lip Liner Pencil in Maroon
  5. Nabi Matte Lip Gloss
  6. L’oreal Paris Rouge Magique Lipstick


Pada usapan pertama, semua produk terlihat memudar dan masih terlihat ada sisanya sedikit. Sedangkan Nabi Matte Lip Gloss bergeming pada posisinya alias nggak hilang sama sekali. Setelah diusap 2-3 kali, sisa makeup mulai menghilang tanpa sisa. Namun untuk beberapa produk seperti Wardah Hi-Optimum Eyeliner dan L’oreal Paris Rouge Magique Lipstick perlu diusrek ekstra agar benar-benar hilang. Produk yang paling susah dihapus adalah Nabi Matte Lip Gloss dan perlu diusrek super ekstra agar hilang. Nah, kebayang kan kalau produk ini kamu pakai di wajah dan kamu harus usrek-usrek agar makeup terhapus? Apalagi untuk makeup di area mata dan bibir.


Bagaimana hasilnya kalau langsung di kulit wajah? Untuk mengetes ini, aku hanya mencoba mengusapkan kapas yang telah dibasahi Ovale Micellar Cleansing Water ke bagian pipi, dahi, dan wajah (kondisi wajah aku tidak menggunakan makeup). Karena tidak ada kandungan alkohol, kulit aku yang memang sedang berjerawat dan bruntusan tidak terasa perih. Begitupun ketika diusapkan di bagian mata, tidak terasa pedih. Oya, sebelumnya aku sudah menjelaskan kalau produk ini fragrance free. Emang sih nggak ada bau-bauan yang aneh saat diendus. Tetapi saat aku mengusapkan kapas yang telah dibasahi Ovale Micellar Cleansing Water ini, aku mencium bau yang kurang enak. Baunya kaya bau apek gitu. 

Di deskripsi produk juga tertulis kalau Ovale Micellar Cleansing Water ini tidak perlu dibilas. Setelah aku coba membersihkan wajah dengan micellar water ini, kulit aku masih terasa sedikit lengket. Padahal aku nggak pakai makeup lho. Sangat jauh berbeda dengan Bioderma Sensibio Micellar Water yang benar-benar tidak terasa lengket meski tidak dibilas (ada harga ada rupa sih). Terakhir, aku tidak melihat ada efek mencerahkan setelah penggunaan produk ini. 

Aku suka Ovale Micellar Cleansing Water Brightening karena:

Harganya murah dengan volume yang lebih besar. 
Alcohol free and fragrance free, suitable for those with sensitive skin.
Mudah didapatkan di mana saja. 

Aku kurang suka Ovale Micellar Cleansing Water Brightening karena:

Tutup botolnya ringkih dan bocor. 
Baunya apek saat diusapkan ke wajah.
Kulit masih terasa lengket setelah pemakaian. 
Butuh kerja keras agar makeup benar-benar terhapus. 
Tidak efektif menghapus makeup waterproof.

Overall Rating:
7/10


***

Well, setelah dites dan dicoba ternyata produk ini belum bisa memenuhi ekspektasi aku. Bagi aku yang sering menggunakan makeup waterproof di bagian mata seperti eyeliner dan maskara dan menggunakan lipstik matte, Ovale Micellar Cleansing Water Brightening ini tentu saja tidak cocok. Bagian mata dan bibir memiliki lapisan kulit yang tipis sehingga perlu ekstra hati-hati agar tidak iritasi. So, aku tidak merekomendasikan produk ini untuk membersihkan makeup mata dan bibir.


Aku rasa produk ini lebih cocok untuk ladies yang menggunakan makeup ringan seperti bedak tabur dan makeup yang tidak waterproof. Buat ladies yang mencari pembersih makeup dengan harga terjangkau dan bebas alkohol, Ovale Micellar Cleansing Water ini boleh kalian coba. Menurut aku, dibandingkan dengan Ovale Facial Lotion yang mengandung alkohol, produk ini jauh lebih baik. 

Itu dia review aku tentang Ovale Micellar Cleansing Water Brightening. Semoga review ini bisa membantu dan bermanfaat untuk kalian semua yaa. 

Thanks for reading! 

Share this Post Share to Facebook Share to Twitter Email This Pin This Share on Google Plus Share on Tumblr

13 comments:

  1. Dan aku masih tetep penasaran sama micellar water satu ini ka tia karena dimana-dimana liat ini :D mau ngebeli ah, mayan ya 7/10. Hehe

    www.rima-angel.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Rima kalau emang nggak makeup-an tebal masih cukup mumpuni kok. Makanya aku kasih rating 7. Yang paling mengganggu menurut aku adalah baunya yang kaya apek gitu kalau kena muka.. ehehhe

      Delete
  2. Produk ini memang bagus...

    ReplyDelete
  3. Aku selama ini pakai garnier yg pure active micellar water mba, udah repurchase 2x sih. tp dia mengandung alkohol jadi perih dan harganya rada mahal :D
    Si ovale ini boleh dicoba banget nihh.. lebih murah dari garnier dan isinya lebih banyakk (mental suka harga miring)
    Nice review mba :)

    http://sf-journaldebeaute.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga pakai Garnier itu sih, sama pakai Bioderma Sensibio juga. Ayok cobain, harganya emang murce siih jadi masih dimaafkan lah kalau nggak begitu maksimal menghapus makeup tebal...

      Delete
  4. Aku udah pake si oval micellar water ni, diaku agak perih gitu dimata mbak. Yups...setuju banget kalo produk ini cuma bisa menghalau make up ringan doank, plusnya ya harganya sangat terjangkau #bloggerngirit

    Coolatmoshpeer.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa, tapi aku salut lah harganya bisa murah dan terjangkau. Di kamu bau aneh2 gitu nggak? Soalnya aku penasaran nih apa cuma aku doang ya yang nyium baunya rada apek pas diusap ke wajah.

      Delete
    2. Baunya emang rada apek gitu mbak cuma gak seapek kaos kaki 1 minggu gak kecuci ya hehehehe...

      Lumayan berasa baunya tapi gak begitu menggangu buat aku.

      Delete
    3. Wkwkwkwkk ya nggak sebau itu juga lah. Makasih ya infonya, berarti hidung aku masih berfungsi dengan baik. Hihihi

      Delete
  5. Aku pakai garnier micellar water yang pure active udah 2x aku beli produknya. Cuma dimataku perih banget karena ada alkohol nya. Next time aku bakal cobain ovale micellar water. Pengin tahu hasilnya kaya gimana kak tya.

    nurazizahkim.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo cobain juga, siapa tahu Ovale Micellar water ini cocok untuk kamu karena alcohol free. makasih ya sudah mampir..

      Delete
  6. Abis garnier ku abis mo coba ini aaah.. 😎😎😎 murmer.. pakenya bisa semena2 inih kayanya.. hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha, semena2 nggak perlu mikir panjang kalau mau repurchase yak...

      Delete

Hai! Terima kasih banyak sudah membaca postingan ini. Jangan sungkan menuliskan komentar di bawah ini ya. Komentar, masukan, dan kritik kalian sangat berarti untuk aku. Oya, please jangan masukkan link hidup di komen ya. Semua komentar dengan link hidup akan langsung di-delete.

Have a nice day!


© Talkative Tya | Designed by . All rights reserved.