Friday, 15 September 2017

Bangun Rasa Nasionalisme Anak Lewat Lomba 17 Agustus

Happy Friday!

Tidak terasa satu bulan telah berlalu sejak perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-72. Meskipun begitu, suasana meriah masih terasa di keluarga kami terutama mas Deniz dan adik Zinan yang memang sangat antusias merayakan kemerdekaan negeri ini.

Aku dan mas suami dulu mendapatkan kehormatan menjadi Paskibraka (mas suami adalah Paskibraka Nasional tahun 1998 perwakilan dari DKI Jakarta, sedangkan aku sendiri Paskibraka Daerah tahun 2000). Tanpa kami sadari, jiwa nasionalisme yang kami dapatkan ketika kami mengemban tanggung jawab sebagai pengibar bendera merah putih terbawa hingga kami berkeluarga. Menonton siaran langsung pengibaran bendera di Istana Merdeka dan berpartisipasi dalam lomba 17 Agustusan adalah agenda wajib di keluarga kami.


Perayaan 17 Agustus tahun ini cukup spesial karena adik Zinan genap berumur 3 tahun dan sudah bisa merasakan euforia kemerdekaan. Jadi, kalau di tahun-tahun sebelumnya hanya mas Deniz yang antusias mengikuti perlombaan, kini bertambah satu anak adik Zinan yang antusiasnya tidak kalah besar. Kami pun sebagai orangtua tentu saja happy dan mendukung. Sedangkan mas Deniz (7 tahun) sendiri ikut beberapa perlombaan seperti lomba makan kerupuk dan lomba kelereng. Karena adik masih kecil, tidak banyak lomba yang bisa diikutinya. Satu-satunya lomba yang bisa adik ikuti bersama mas Deniz adalah parade sepeda hias. Serunya luar biasa! Kami sekeluarga gotong royong menghias sepeda dan kerja keras itu tidak sia-sia karena sepeda hias anak-anak berhasil menyabet juara 1 dan juara favorit. 


Kalau flashback ke tanggal 17 Agustus kemarin, aku perhatikan anak-anak ini baterai-nya nggak pernah lowbat! Mulai dari gowes sepeda keliling RW sampai main kejar-kejaran dengan teman-teman satu komplek tetap aja semangat. Justru emaknya yang bermandikan keringat karena harus mengejar mereka. Hehehe. Eh tapi tidak hanya saat lomba aja sih mereka semangat. Dalam kegiatan apapun mereka berdua memang selalu energik. Lari-larian di dalam rumah, lompat-lompat di atas kasur, membuat prakarya, pokoknya ada aja yang mereka kerjakan di rumah. Makanya rumah tidak pernah sepi dari suara anak-anak. Terus kapan dong sepinya? Ya pas mereka tidur.


Terlepas dari capeknya mengasuh mereka berdua, aku senang dan sangat bersyukur mereka adalah anak yang aktif dan jarang sakit. Jadi penting banget bagi aku untuk menjaga kesehatan mereka berdua dengan asupan gizi yang cukup dan seimbang agar mereka bisa berkembang dan tumbuh dengan baik. Namanya juga anak-anak, kadang ada masanya mereka susah atau mogok makan. Setuju? Yakin deh drama mogok makan ini dialami oleh hampir semua emak. Kalau lagi susah makan/mogok makan, emaknya suka baper nih mikirin asupan gizi dan nutrisi anaknya, jadi aku memberikan susu kepada mas Deniz dan adik Zinan sebagai nutrisi tambahan.


Ngomongin soal susu, ini juga salah satu hal yang bikin emak galau tingkat tinggi. Begitu banyak pilihan susu pertumbuhan yang tersedia dengan segala macam kelebihannya, mana yang harus dipilih? Galau milih susu yang tepat untuk anak itu sama seperti galau tak kunjung dilamar pacar #lebay. Nah, 2 bulan yang lalu aku dan suami mampir ke swalayan dan tidak sengaja melihat susu vidoran Xmart. Nggak salah tuh? Setahu aku, vidoran itu adalah multivitamin anak karena orangtua aku dulu memberikan multivitamin vidoran ini mulai dari aku masih TK sampai SD. 
Ternyata emang benar lho, Vidoran mengeluarkan produk susu pertumbuhan vidoran Xmart. Setelah aku baca dengan seksama, susu pertumbuhan ini punya kandungan bahan dan gizi yang baik untuk perkembangan anak. Nah ini dia beberapa keunggulan vidoran Xmart:


  • Mengandung Cod liver oil (minyak hati ikan kod) yang kaya akan kandungan Omega 3 ( DHA + EPA ) dan tinggi vitamin A & D alami  sehingga bisa membantu mengoptimalkan perkembangan jaringan otak, meningkatkan daya tahan dan pertumbuhan anak.
  • FOS - Inulin, yaitu serat pangan larut yang membantu meningkatkan kesehatan saluran cerna anak.
  • Diperkaya asam lemak esensial (asam linoleat) yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak.
Wah, semua kandungannya penting dan sesuai untuk membantu tumbuh kembang mas Deniz dan adik Zinan. Pas lihat harganya, emak langsung happy karena sangat terjangkau dan mudah didapatkan. Bahagia deh bisa menemukan susu pertumbuhan yang pas sesuai kebutuhan anak dan juga terjangkau. Tentunya mas suami juga jadi happy karena pengeluaran jadi lebih hemat. Nggak pakai pikir panjang, aku langsung ambil deh tuh vidoran Xmart 3+ untuk adik Zinan dan Vidoran Xmart 5+ untuk mas Deniz.

Sejak ada vidoran Xmart, anak-anak jadi rutin minum susu. Kata mereka rasanya enak. Mas Deniz biasanya minum susu di pagi hari sebelum berangkat sekolah dan malam hari sebelum tidur. Sedangkan adik Zinan minum susu di siang hari dan malam hari, kadang minta nambah lagi. Alhamdulillah sejak rutin minum susu, mereka berdua selalu semangat dan aktif menjalani hari-hari. 


Mau semangat dan cinta tanah air seperti mas Deniz dan adik Zinan? Ayo minum susu vidoran Xmart terus ikutan lomba menyanyikan lagu ‘Hari Merdeka (17 Agustus)’ ciptaan H. Mutahar, lagu yang pasti dikumandangkan di hari kemerdekaan kita! Waktu ikut lomba sepeda hias, mas Deniz dan adik Zinan juga menyanyikan lagu ini lho. Siapa aja yang boleh ikutan? Anak-anak usia balita sampai 8 tahun boleh banget ikutan nih. Caranya juga gampang banget. Rekam video anak saat sedang menyanyikan lagu Hari Merdeka, boleh pakai smartphone, kamera, atau gadget lainnya. Mau nyanyi sendiri? Boleh! Mau ajak bunda, ayah, kakak, adik, om, tante, kakek, nenek pun boleh! Malah lebih seru! Setelah direkam, langsung deh kirimkan video dengan mengikuti mekanisme berikut ini: 
  1. Semangat Anak vidoran adalah kampanye yang mengajak orang tua dan anak Indonesia mengabadikan momen kebersamaan dengan menyanyikan lagu Hari Merdeka karangan H.Mutahar sebagai wujud semangat kemerdekaan. 
  2. Seluruh peserta adalah warga negara Indonesia dan berdomisili di Indonesia, memiliki anak berusia maksimal 8 tahun dan dapat dibuktikan dengan identitas diri berupa kartu identitas (KTP/SIM).
  3. Periode kegiatan ini mulai dari 1 Agustus – 17 September 2017.
  4. Mekanisme Semangat Anak vidoran:
  • ‘Like’ Facebook Fanpage Anak vidoran, ‘Follow’ Twitter @anakvidoran dan Instagram @anak.vidoran. 
  • Beli produk susu vidoran apa saja. 
  • Abadikan momen bersama si Kecil menyanyikan lagu Hari Merdeka karangan H.Mutahar. 
  • Upload videonya ke Facebook atau Instagram. 
  • Mention @anak.vidoran dan sertakan hashtag #SemangatAnakvidoran. 
  • Wajib menggunakan atribut merah putih dan menyertakan kemasan susu bubuk vidoran Xmart 1+, 3+, atau 5+. 
  • Peserta boleh mengirimkan lebih dari satu video. 
  • Peserta boleh menggunakan alat musik sebagai alat bantu menyanyi.
  1. Kriteria pemenang adalah ekspresi dan kreativitas dalam penampilan membawakan lagu. Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.
  2. Hadiah yang akan diberikan berupa 10 voucher belanja masing-masing senilai Rp 1.000.000 dan bingkisan produk untuk 10 video terbaik pilihan juri.
  3. Pemenang akan diumumkan pada akhir periode di Facebook, Twitter, dan Instagram Anak vidoran.
  4. Pemenang akan dihubungi Penyelenggara untuk verifikasi data diri. Kandidat Pemenang wajib memberikan dan/atau mengisi data diri dengan benar dan lengkap, paling lambat 1 (satu) minggu setelah dikonfirmasi pihak Penyelenggara
  5. Penyelenggara berhak melakukan verifikasi data kandidat. Pemenang dan berhak membatalkan status pemenang jika diketahui data yang diterima palsu.
  6. Pengiriman hadiah akan dilakukan maksimal 90 (Sembilan puluh) hari setelah konfirmasi kelengkapan data dilakukan.
  7. Dengan mengikuti kegiatan ini, seluruh peserta dianggap telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku.
  8. Pihak penyelenggara berhak untuk mengubah dan/atau memodifikasi syarat dan ketentuan kegiatan ini dari waktu ke waktu dengan atau tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
  9. Pihak penyelenggara berhak mendiskualifikasi peserta dan/atau pemenang yang menurut penyelenggara tidak memenuhi dan/atau melanggar syarat dan ketentuan kegiatan ini.
  10. Keterangan lebih lanjut dapat menghubungi Facebook, Twitter, atau Instagram Anak vidoran.
  11. Hadiah tidak dapat dialihkan, ditukar barang lain, atau diganti dengan uang, dan dipindah-tangankan.
  12. Setiap hasil video dan data yang diikutsertakan dan dikirimkan dalam program ini menjadi hak milik vidoran dan penyelenggara berhak untuk mempergunakannya sesuai dengan kepentingan program.
  13. Program ini tidak dikenakan biaya apapun. Pajak ditanggung penyelenggara. Hati-hati penipuan. Keputusan Penyelenggara tidak dapat diganggu gugat.

Dengan mengikuti lomba ini, tidak hanya kecerdasan musikal anak-anak jadi semakin terasah, tetapi anak-anak juga makin semangat menghargai kemerdekaan Indonesia dan menumbuhkan kecintaan pada negeri ini. Jadi, langsung ajak anak-anak untuk ikutan lomba #SemangatAnakvidoran ini ya! Biar nyanyinya makin semangat, jangan lupa rutin minum susu agar nutrisi anak terpenuhi.

Selamat Hari Kemerdekaan Indonesia! 


Share this Post Share to Facebook Share to Twitter Email This Pin This Share on Google Plus Share on Tumblr

49 comments:

  1. Kalau anak sehat, biasanya makin semangat ya mba untuk membangun nasionalisme. DUh kompaknya main berdua :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, hehehe alhamdulillah mereka selalu akur main berdua

      Delete
  2. Anakku kebetulan minum susu ini mbak, sekalian ah ikutan lombanya

    ReplyDelete
  3. Setuju membangun nasionalisme untuk generasi masa depan perlu, lomba vidoran nih harus didukung ya

    ReplyDelete
  4. Huwaaah.. Seru banget 17an nya Mas Dennis & De Zinan. 😍 Semoga semakin cinta sama negeri ini yaaa.. Btw congrats ya menang lomba nya. Keren banget emang sepeda hiasnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe makasih ya Anin, iya ini aja si mobil tank sampai detik ini masih belum boleh dibongkar. Hahahaha

      Delete
  5. Harganya terjangkau ya, jav juga suka, enak katanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah toss deh sama Jav. Anakku juga bilang enak..

      Delete
  6. Susu nya sama ky anak ku nih :)

    ReplyDelete
  7. Emang ya. Abis ikutan lomba 17an anak2 jd semangat. Suka nanya2 gitu kisah2 kepahlawanan.

    ReplyDelete
  8. Menumbuhkan nasionalisme ke anak sejak dini memang cocoknya dengan ajang seru-seruan seperti lomba tujuhbelasan. Setuju Sis:)

    ReplyDelete
  9. Vidoran ini vitaminnya adik - adikku dari kecil tapi kenapa aku baru tau kalau dia ada susunya hahahah telat banget lah asli. Btw, lombanya lagi happening banget ya. Di instagramku pada sliweran anak - anak semangat nanyi lagu 17 Agustus wkwkkw

    ReplyDelete
  10. wahh aku udah ikutan lombanya nih, kebetulan kanda suka banget sama lagu hari kemerdekaan

    ReplyDelete
  11. Anakku juga ikutan lomba2 di sekolahnya, ada yang menang ada yang nggak hahahaa yang penting semangat kemerdekaannya dapet ya mbak :)

    http://www.dajourneys.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuuuul, kalah menang tidak masalah. Yang penting adalah anak-anak tahu bahwa merayakan kemerdekaan itu adalah bentuk kecintaan pada Indonesia...

      Delete
  12. Untuk membantu tumbuh kembang anak memang tidak hanya cukup makanan harian saja. Harus ada asupan lainnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas Andri, apalagi sekarang anak-anak punya segudang aktivitas. Kalau tidak didukung dengan asupan tambahan bisa gampang sakit dan kurang bersemangat.

      Delete
  13. Wah bener banget mba dari 17 Agustus mengajarkan lagu dan ikutan lomba bisa bangun rasa nasionalisme seorang anak untuk cinta pada negaranya

    ReplyDelete
  14. Duh, Mak jadi ingat dulu waktu kecil saya dibuatkan juga mobil-mobilan karnaval kayak gini.
    Sekarang nunggu tahun depan supaya Salfa bisa dibuatkan juga kayak gini.
    Semangat nyanyi dulu yang penting, Merdekaaa!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayook kakak Salfa tahun depan ikutan karnaval juga yaa. Ini aja si mobil tank 17an masih belum boleh dibongkar karena nggak tega. hahahaha

      Delete
  15. Betul bun,menumbuhkan jiwa nasionalisme emang harus dipupuk sedari dini. Cara yang paling mudah ya lewat nyanyian dan ikut lomba 17an yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, dua itu yang paling mudah untuk dilakukan yaa. Jadi nggak ada alasan anak tidak punya kecintaan terhadap negeri ini.

      Delete
  16. Ternyata banyak cara untuk mengenalkan nasionalisme kepada anak-anak, menarik, perlu ditiru

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, mengikuti perlombaan 17 Agustus dan menyanyi lagu nasional adalah beberapa yang bisa dilakukan agar anak cinta pada negeri ini.

      Delete
  17. Seruuu banget itu mobil-mobilan karnavalnyaa.
    Anaknya pasti hepi banget, ya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaa, dari mulai ngerakit bareng aja udah hepi banget. Emak sama mas suami yang gempor bikinnya. Tapi semua itu terbayar dengan senyum bahagia anak-anak.

      Delete
  18. penting banget tuuh numbuhin rasa nasionalisme ke anak kita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Ai, dengan begitu banyaknya pengaruh dari luar yang bisa bikin anak nggak cinta negeri, penting banget menanamkan rasa bangga pada negeri ini.

      Delete
  19. Aku baru sadar kalo anakmu 2 mba, kwkwkwkw kemana aje yaaa maafkan maafkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha, apakah itu pertanda kalau aku masih terlihat sangat muda #plak #mintaditoyor

      Delete
  20. waaaa sepasang paskibraka toh ... hebat. Cita2ku dulu tuuuh tapi cuma sampai capas ajah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi iya mas, nggak tahu juga kenapa bisa ketemu jodoh sama-sama paskibraka. padahal kami kenalannya lewat kontak jodoh online lho.

      Delete
  21. Programnya keren ka, bisa bangun smangat nasionalisme pada anak. Jd pengen cobaaa ikutan hehehe

    ReplyDelete
  22. Pawainya seru yaaa..ntr gede ngikut jejak bpk ibunya jd paskibra ya..hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.... hehehehe, nggak maksain anak juga sih tapi kalau anaknya mau ya gapapa...

      Delete
  23. Anakku paling suka kalau lomba 17an, nular dari emaknya kali ya yg suka dengan menyambut kemerdekaan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa, dari kecil tuh kayanya 17an identik dengan happy gitu. Seru-seruan ikut lomba, pawai, pakai baju daerah.

      Delete
  24. Wah mba tia dlu paskibraka ya, keren, aku cm paskibra disekolah doang. Semoga momemt2 sperri 17agt bisa menumbuhkan rasa nasionalisme anak2 jg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dulu sempat jadi paskibraka. Iya, soalnya dengan semakin besarnya pengaruh dari luar bisa bikin rasa nasionalisme jadi hilang, terutama untuk anak-anak

      Delete
  25. wahhh lagi ada lomba ya vidoran... dulu waktu anak anak masih kecil juga ku kasih vidoran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya aku pun dulu kecil minum vitaminnya juga mbak Yayat

      Delete
  26. Rasa nasionalisme yg tertanam sejak dini, harus penuh semangat. Dgn vidoran susu pertumbuhan yang bagus bgt ya utk usia anak2

    ReplyDelete
  27. Memang 17an harusnya jadi momen kebangsaan yang terpatri dijiwa anak-anak. Karena pas jaman kanak2lah momen yang tepat untuk menanamkan rasa kebangsaan

    ReplyDelete
  28. Seru banget mobilannya ya, happy okjtan lomba 17 Agustus. Seruuuu

    ReplyDelete
  29. Anak-anak semangat ikut lomba ya mbak, senengnyaaa

    ReplyDelete
  30. Anak-anak saya blm ada yg ikutan lomba, cuma emak bapaknya hihi. anak sepupu saya minum susu ini cocok mbak, badannya jadi gemuk lho :D

    ReplyDelete
  31. keren sepeda hiasnya, pastilah menang...

    ReplyDelete

Hai! Terima kasih banyak sudah membaca postingan ini. Jangan sungkan menuliskan komentar di bawah ini ya. Komentar, masukan, dan kritik kalian sangat berarti untuk aku. Oya, please jangan masukkan link hidup di komen ya. Semua komentar dengan link hidup akan langsung di-delete.

Have a nice day!


© Talkative Tya | Designed by . All rights reserved.