Sunday, 8 October 2017

[REVIEW] Naturale Brightening Cream (review update)

Happy Sunday! 

Memiliki kulit yang bersih, putih, dan cerah merata tentunya adalah impian semua wanita ya. Nggak heran kalau banyak sekali produk yang mengklaim bisa mencerahkan warna kulit bertebaran di pasaran. Aku sendiri sebetulnya tidak punya obsesi ingin memiliki kulit putih. Hanya saja, warna kulit aku ini tidak rata. Ini karena bagian tubuh aku yang paling sering terpapar matahari adalah punggung tangan. Sudah banyak cara yang aku coba untuk mendapatkan kulit yang putih merata, tetapi kok susah banget ya. Di tengah kegalauan ini, aku ketemu sama satu produk lokal yang mengklaim bisa membantu mencerahkan kulit. Apakah itu? Yuk simak bareng-bareng.


Nama Produk:

Naturale Brightening Cream

Deskripsi produk:

Terobosan baru untuk kulit sehat, cerah, selain membantu mencegah kulit menjadi gelap dan merawat elastisitas dan kekencangan kulit. 

Berat produk:

250 gr

Komposisi:

Aqua, Sine Adipe Lac, Stearic Acid, Milk Protein, Isopropyl Myristate, Cetyl Alcohol, Cutina, Refined Gylcerin, Hydrolized Whey Protein, Tocopherol, Absorbic Acid, Licorice Root Extract, Lactic Acid. 

Nomor POM:

NA18140100966

Produsen:

PT Ayu Naturally Cemerlang

Harga:

Rp 20.000

Beli di mana: 

Toko kosmetik, online shop, Watsons

Pertama kali aku tahu tentang produk ini adalah lewat internet di tahun 2009. Pada waktu itu aku sedang dalam masa persiapan pernikahan aku. Sebagai cewek yang tomboi, aku sadar banget kalau aku kurang menjaga kecantikan kulit aku. Akibatnya kulit aku terlihat kucel dan kumal. Nggak mau dong tampil kucel di hari pernikahan? So, aku memutuskan untuk membeli produk ini dengan harapan aku bisa mencerahkan kulit aku. Yah minimal banget nggak kucel lagi deh. Kalian bisa baca review aku yang alay itu di link berikut ya (yup, aku ngaku kalau dulu gaya menulisnya norak banget). 
Naturale Brightening Cream ini sempat dianggap produk abal-abal oleh banyak orang. Aku sendiri sempat kuatir jangan-jangan yang aku pakai ini adalah produk berbahaya. Apalagi setelah cukup lama bergaul sama teman-teman beauty blogger lainnya, aku jadi lebih perhatian terhadap keamanan suatu produk. Mengecek nomor BPOM, perusahaan yang memproduksi, sampai komposisi aku lakukan untuk memastikan apakah suatu produk layak dipakai atau tidak. Setelah kepo kiri kanan, ternyata Naturale Brightening Cream ini masih satu produksi dengan lulur pengantin Ayudya itu lho. Produk ini pun juga sudah terdaftar di BPOM ya, jadi insyaAllah aman untuk digunakan. Silahkan klik foto di bawah untuk lebih jelasnya.


Produk ini dikemas dalam botol yang menurut aku biasa aja. Botolnya biasa aja dengan label ala kadarnya. Dari sejak pertama kali aku pakai produk ini di tahun 2009 sampai sekarang tahun 2017 (berarti sudah hampir 8 tahun yang lalu), kemasannya tidak berubah. Di label tertulis informasi deskripsi produk, cara pakai, komposisi, produsen, dan nomor POM. Untuk tanggal kadaluarsa sendiri tercetak di badan botol. Botol produk menggunakan model tutup ulir sehingga aman. Oya, tutup botol dalam keadaan tersegel pada saat dibeli. 


Tekstur produk ini ringan dan mudah untuk digunakan ke bagian tubuh yang diinginkan. Naturale Brightening Cream ini memiliki warna putih cerah dan sedikit mengkilap. Untuk baunya sendiri, produk ini baunya agak gimana gitu. Naturale Brightening Cream memiliki bau khas bahan kimia meskipun tidak menyengat. Memang saat dilihat dari komposisi, tidak ada bahan parfum/fragrance yang ditambahkan. Tapi, fungsi produk ini memang bukan untuk membuat kulit wangi sih. Jadi ya sudah lah yaaa.


Fungsi utama dari produk ini bukanlah seperti lotion, melainkan untuk bleaching atau mencerahkan warna kulit. Jadi, cara menggunakan Naturale Brightening Cream ini juga sedikit berbeda. Sebelum menggunakan cream ini, pastikan kulit dalam keadaan bersih ya agar hasilnya bisa maksimal. Cara pakainya simple aja kok. Cukup tuangkan produk secukupnya lalu gosokkan pada bagian tubuh yang diinginkan. Tunggu selama kurang lebih 15 menit lalu bersihkan dengan menggunakan air dan washlap. 


Saat pertama kali digosokkan ke kulit, Naturale Brightening Cream ini sudah membuat kulit terlihat putih. Putihnya menurut aku seperti whitecast saat menggunakan sunblock. Tapi lambat laun warna putih ini memudar seiring produk yang meresap ke dalam kulit. Surprisingly, setelah menunggu selama 15 menit dan dibersihkan, kulit terlihat lebih cerah. Hasilnya bisa langsung dilihat dari pertama kali pemakaian. Kulit yang terlihat lebih cerah ini hanya bertahan beberapa saat saja (kurang lebih 30 menit – 1 jam) lalu kulit kembali ke warna asal. Apakah ada efek lain selain warna kulit terlihat lebih cerah? Kulit aku terasa lebih lembut setelah pemakaian. Untuk menghilangkan bau dari produk ini, biasanya setelah dibersihkan aku akan menggunakan lotion dengan wangi favorit.

Perbandingan tangan (kiri tanpa Naturale, kanan dengan aplikasi Naturale).

Seperti yang aku tulis sebelumnya, pertama kali aku menggunakan produk ini adalah di sekitaran tahun 2009. Itupun cuma sekali beli aja. Waktu itu aku masih belum begitu aware dengan namanya komposisi bahan. Kali ini, aku berusaha melengkapi review Naturale Brightening Cream dengan memasukkan pendapat aku tentang komposisi (makanya niat beli lagi cuma biar bisa review lebih lengkap. Hehehe). Seperti biasa aku mengecek komposisi di cosDNA.com. Sayangnya karena produk ini emang nggak terkenal (tapi kalau di toko kosmetik laris manis lho), produk ini tidak belum masuk di situs tersebut. Jadi mau tidak mau aku harus mengecek satu persatu komposisinya. 

Dari komposisi yang tertera di label produk, ada beberapa bahan yang ternyata berpotensi menyebabkan iritasi pada kulit, yaitu cetanol, Isopropyl Myristate, dan Tocopherols. Sebagai informasi, kalau kalian memasukkan suatu komposisi produk di cosDNA.com, mereka akan menunjukkan nilai indeks Safety, Acne, dan Irritant. Nilai indeks Safety (keamanan suatu produk) adalah 1-9. Semakin kecil nilainya berarti semakin aman. Sedangkan nilai indeks Acne dan Irritant adalah 1-5. Semakin kecil nilainya semakin kecil kemungkinan menyebabkan iritasi atau memicu jerawat



Dari gambar di atas bisa dilihat kalau ketiga bahan tersebut punya nilai indeks Irritant antara 2-3. Jadi ada kemungkinan penggunaan produk ini bisa menyebabkan iritasi pada kulit. Terutama bagi ladies yang memiliki kulit yang sensitif. Aku sarankan bagi kalian yang menggunakan Naturale Brightening Cream ini, sebaiknya lakukan tes alergi  pada kulit sebelum menggunakan produk ini pada seluruh badan. 

Cara paling mudah untuk mengetahui apakah kulit kamu alergi/sensitif terhadap salah satu bahan/komposisi produk adalah dengan mengoleskan sedikit produk pada kulit di bagian belakang telinga. Tunggu hingga 24 jam berikutnya dan amati apakah ada iritasi, tanda kemerahan, dan indikasi alergi lainnya seperti gatal atau bengkak. Dengan begini, ladies bisa mencegah hal buruk yang mungkin terjadi kalau ternyata kamu tidak cocok dengan suatu produk. Jadi, gimana penilaian akhir produk ini? 

Aku suka Naturale Brightening Cream karena:

Harganya murah dengan ukuran yang besar. 
Efek mencerahkan kulit yang terlihat sejak pemakaian pertama. 
Kulit terasa kenyal dan lembut setelah pemakaian. 
Produk sudah resmi terdaftar di BPOM.

Aku kurang suka Naturale Brightening Cream karena:

Baunya seperti bau obat. 
Kemasan yang kurang menarik. 
Ada komposisi bahan yang berpotensi menyebabkan iritasi pada kulit.

Overall Rating:
6/10


*** 

In overall,  pendapat aku tentang produk ini ya so-so alias biasa aja. Kalau dulu saat pertama kali aku menulis review produk ini di tahun 2009 (dengan gaya menulis yang super alay) aku memang bilang suka sama produk ini. Mungkin karena aku saat itu benar-benar sudah putus asa mencari solusi untuk mencerahkan warna kulit yaa (I have no idea why I had the gut to try this product back then) dan produk ini terbukti ampuh. Aku nggak bilang produk ini jelek, hanya saja saat ini sudah banyak pilihan produk pencerah kulit baik dari luar (lotion, scrub, sabun, etc.), maupun dari dalam (obat minum). So, you have other options. 

Untuk kamu yang ingin mencerahkan warna kulit dalam waktu singkat tanpa banyak mengeluarkan biaya, Naturale Brightening Cream ini boleh kamu coba. Selain karena harganya yang murah meriah, produk ini juga sudah mengantongi nomor POM. Tapi jangan lupa untuk melakukan tes alergi untuk memastikan kamu cocok dengan produk ini ya. Semoga review ini bisa membantu kalian semua yaaa. 

Thanks for reading!

Share this Post Share to Facebook Share to Twitter Email This Pin This Share on Google Plus Share on Tumblr

16 comments:

  1. Naturale Brightening Cream cerah banget kayaknya ya, mau coba ah tak cobain biar makin cantik dan cerah, secerah siang hari ini hehehe..

    ReplyDelete
  2. Aku pernah beli nih lotion yang kemasannya kayak gini. Tapi akhirnya aku pindahin ke kemasan pump biar lebih gampang. Hahaha.

    ReplyDelete
  3. Kemasannya memang kurang menarik ya tapi ternyata bekerja sangat efektif dikulit mbak Tya

    ReplyDelete
  4. Makasih sharingnya mbak, jadi penasaran pengen coba cari di toko kosmetik di Malang, siapa tahu ada ya buat punggung telapak tangan yang belang krn kalau naik motor males pakai sarung tangan hihi

    ReplyDelete
  5. Aihhh kern bangett hasilnya,,,harganya termasuk murah bangettt ��.

    ReplyDelete
  6. Wah harganya murah ya, tapi kalau baunya kayak obat lebih baik dipakai waktu di rumah ya.

    ReplyDelete
  7. Kalau produk seperti ini, untuk cowok juga bisa kan ya?

    ReplyDelete
  8. Kalau punya kulit bersih dan cerah itu senang ya. Tapi kalau efek bau obat gitu kak aku juga kurang suka sih. ok kak infonya. Ngingatin juga ya untuk yang suka alergi ada baiknya test dulu.

    ReplyDelete
  9. Wah.. aku baru tau kalau mau tes alergi itu dipakai di belakang telinga. Ilmu baru lagi deh. Aku sampe bisa bayangin baunya produk ini, bau obat yang emang ngga enak banget kalo nempel.

    ReplyDelete
  10. Ooo jadi tau ada produk yg bikin alergi. Di olesin dulu di kulit

    ReplyDelete
  11. Wah iya, bisa kelihatan banget sih bedanya? Mau beli lah ini soalnya leherku warnanya lebih gelap dibanding badan dan muka. Makasih rekomennya Kak Tya!

    ReplyDelete
  12. wuah aku baru nih, ada BPOMnya kan ya mba?

    ReplyDelete
  13. Aku baru tahu produk ini Tya, jadi mupeng pengen nyoba. Secara kulitku belang bekas berenang .

    ReplyDelete
  14. aku malah penasaran sama tulisan super alay nya loh kek gimana sih? #kepo hahahhaha

    ReplyDelete
  15. Kalo produk ini whitening cream nanti setelahnya kudu pakai sunblock lagi gak sih? Aku punya sunblock whitening soalnya..

    ReplyDelete
  16. Kalau buat kulit sensitif, cocok juga ga mba?

    ReplyDelete

Hai! Terima kasih banyak sudah membaca postingan ini. Jangan sungkan menuliskan komentar di bawah ini ya. Komentar, masukan, dan kritik kalian sangat berarti untuk aku. Oya, please jangan masukkan link hidup di komen ya. Semua komentar dengan link hidup akan langsung di-delete.

Have a nice day!


© Talkative Tya | Designed by . All rights reserved.