Wednesday, 25 October 2017

[HEALTH] 8 Tips Memilih Sepatu Olahraga yang Tepat dan Nyaman

Happy Wednesday!

Beberapa hari yang lalu aku iseng menimbang berat badanku karena aku merasa mulai tidak nyaman. Baju-baju mulai terasa sesak dan tubuh mudah lelah. Berhubung aku tidak punya timbangan (dulu sempat punya sih tetapi rusak karena dibuat mainan sama bocah), aku melipir ke rumah adik untuk numpang pakai timbangannya. Saat melihat angka yang tertera di timbangan, alamak syok luar biasa! Pantas saja aku gampang capek dan baju mulai banyak yang nggak muat, berat badanku menembus angka 80 kilo lebih! 

Sebetulnya aku tahu sih kalau berat badan aku mulai naik lagi. Pola makan yang tidak teratur, menu makanan yang kurang sehat, ditambah aku bisa dibilang nyaris tidak pernah olahraga dengan alasan tidak sempat adalah penyebab kenapa berat badan aku bisa naik drastis. Kenyataan pahit bahwa aku termasuk dalam kategori obesitas ini membuat aku harus mengubah pola hidup dan banyak berolahraga. Keputusan ini tentu saja didukung oleh mas suami yang tentunya kepingin istrinya balik seperti dulu waktu belum punya bocil. Agar olahraga semakin semangat, mas suami dengan baik hati membelikan hadiah sepatu olahraga baru. Kebetulan memang sepatu olahraga yang lama sudah tipis sol-nya. 


Selama ini aku kalau membeli sepatu olahraga hanya melihat harga (ini yang pertama kali dicek saat membeli sepatu), warna (warnanya unyu apa norak), dan model. Ternyata ini salah besar, ladies! Banyak hal lain yang harus dipertimbangkan karena sepatu olahraga merupakan komponen penting dalam berolahraga. Jangan sampai sepatu olahraga yang kita gunakan tidak sesuai dan berujung pada cedera. Kali ini aku mau berbagi beberapa tips memilih sepatu olahraga yang benar dan nyaman untuk berolahraga. 


1. Pilih sesuai jenis olahraga


Hal pertama yang perlu ditanyakan pada diri sendiri sebelum membeli sepatu olahraga adalah olahraga apa yang akan kita lakukan? Aerobik? Tenis? Atau jogging? Setiap olahraga memiliki kebutuhan yang berbeda. Misalnya sepatu untuk lari atau jogging umumnya memiliki bantalan yang empuk dan ringan yang bisa mendukung tubuh dengan maksimal saat berolahraga. Lain lagi dengan sepatu basket atau sepatu tenis. Untuk kamu yang akan membeli sepatu olahraga secara online, biasanya online shop atau e-commerce telah mengategorikan sepatu berdasarkan jenis olahraga sehingga kamu bisa lebih mudah memilih sepatu olahraga yang tepat. 

2. Belilah sepatu di sore atau malam hari


Kenapa harus sore atau malam? Tips yang satu ini punya alasan kuat yaitu di sore dan malam, kaki sudah digunakan untuk beraktivitas  sehingga volume kaki ada dalam kondisi maksimal. Dengan begini, kita bisa memilih dan mendapatkan ukuran sepatu yang pas dan nyaman. Waktu lain yang juga tepat untuk membeli sepatu olahraga adalah setelah kita berolahraga.

3. Ukur kaki dengan tepat


Yang namanya membeli sepatu tentu harus pas sesuai ukuran. Namun untuk sepatu olahraga jangan pilih yang ukurannya terlalu pas di kaki. Sisakan sedikit ruang di bagian depan kaki agar kaki tetap bisa bergerak bebas. Saat membeli sepatu olahraga, ada baiknya juga kita menggunakan kaos kaki yang biasa kita gunakan saat berolahraga. Apabila tidak yakin dengan ukuran sepatu yang digunakan, kita bisa mengukur sendiri kok dengan cara yang mudah. Cukup siapkan satu lembar kertas, alat tulis, dan penggaris. Letakkan kaki di atas kertas lalu gambar pola kaki menggunakan pensil/pulpen. Selanjutnya ukur titik terpanjang dari pola kaki tersebut dan akan didapatkan panjang kaki. Dari data panjang kaki ini, kita bisa mengetahui ukuran sepatu. 


4. Cek kelenturan sepatu


Tiap jenis sepatu olahraga memiliki tingkat kelenturan yang berbeda-beda. Sepatu basket dan sepatu hiking tentu memiliki kelenturan yang lebih sedikit dibandingkan sepatu atletik atau sepatu lari. Untuk mengecek kelenturan sepatu, kamu bisa mencoba sepatu tersebut lalu gunakan untuk berjalan, jongkok, berjinjit, dan berlari kecil di tempat. Bagi kamu yang sedang mencari sepatu lari, pilih sepatu yang lentur dan mengikuti bentuk kaki saat dipakai. 


5. Jangan terburu-buru saat membeli sepatu


Sediakan waktu untuk kamu memilih sepatu olahraga yang tepat. Jangan sampai karena terburu-buru, sepatu olahraga yang kamu beli tidak nyaman digunakan. So, take your time ladies. Coba dan tes sepatu sampai kamu merasa puas dengan pilihan kamu. 

6. Pastikan sepatu nyaman sejak pertama dicoba 


Banyak yang bilang kalau sepatu baru itu pasti akan terasa kurang nyaman saat dipakai dan seiring pemakaian akan terasa nyaman. Ini adalah pandangan yang tidak tepat, ladies. Sepatu olahraga yang baik adalah sepatu yang sejak pertama dibeli sudah terasa nyaman. Jadi, next time kamu mau membeli sepatu, pastikan kenyamanan sebagai poin nomor satu dalam memilih sepatu olahraga ya. Buat apa punya sepatu olahraga dengan model terbaru dan warna yang catchy kalau sepatu tersebut justru bikin olahraga kita nggak maksimal? 


7. Jangan malu bertanya


Malu bertanya sesat di jalan. Saat membeli sepatu olahraga, baik secara langsung di toko offline maupun di toko online, jangan pernah malu untuk bertanya. Kamu bisa menanyakan jenis sepatu olahraga, jenis bahan, ukuran sepatu, sampai bagaimana cara merawat sepatu olahraga. Bicara soal ukuran sepatu, tiap merek sepatu biasanya ada sedikit perbedaan. Misalnya untuk panjang kaki 25 cm, di merek sepatu A ukurannya adalah 39 sedangkan pada merek sepatu B jadi 40. Jadi kalau membeli online, kamu bisa bilang ke customer service: “saya mau beli sepatu Eagle – MatahariMall dan panjang kaki saya 25 cm.” Pihak CS tentu dengan senang hati akan membantu memilihkan nomor yang pas untuk kamu.  

Eagle Sky Walker Running Shoes - Fuchsia

8. Beli sepatu di toko khusus sepatu dan peralatan olahraga


Tips terakhir adalah membeli sepatu olahraga di toko yang memang khusus menjual sepatu dan peralatan olahraga. Biasanya toko yang menjual sepatu dan peralatan olahraga ini memili staf yang sudah terlatih dan bisa membantu kita memilih sepatu yang sesuai dengan kebutuhan olahraga. Selain itu, keaslian dan kualitas sepatu juga terjamin. Namun seiring perkembangan teknologi, kini banyak e-commerce yang telah bekerja sama dengan berbagai merek sepatu olahraga terkenal dan didukung oleh staf CS yang kompeten. Jadi bagi ladies yang sibuk dan tak sempat mampir ke toko tetap bisa membeli sepatu olahraga yang baik secara online. 

***

Itu dia 8 tips memilih sepatu olahraga yang bisa kalian terapkan sebelum memutuskan untuk membeli. Dengan memilih sepatu olahraga yang tepat dan nyaman digunakan, tentu saja akan membuat kita lebih bersemangat untuk berolahraga, mendapatkan manfaat maksimal sekaligus terhindar dari risiko cedera akibat penggunaan sepatu olahraga yang tidak pas/nyaman.

Alhamdulillah aku juga sudah mendapatkan sepatu olahraga yang pas dan nyaman dipakai. Target aku adalah menurunkan berat badan dan menjadikan olahraga sebagai rutinitas sehari-hari. Jangan sampai deh udah keburu sakit terus baru olahraga. Doain ya semoga aku bisa sukses! Gimana dengan kamu, ladies? Apa olahraga favorit kamu? Apa yang memotivasi kamu untuk berolahraga? Jangan sungkan untuk share di kolom komentar di bawah ini ya! Last but not least, semoga tips memilih sepatu olahraga  di atas bisa membantu dan bermanfaat untuk kalian semua ya! 

Thanks for reading!


Share this Post Share to Facebook Share to Twitter Email This Pin This Share on Google Plus Share on Tumblr

6 comments:

  1. Sepatu gue udah mau bulukan nih Ty. Beliin donggggggg~ *kemudian digampar*


    tulisandarihatikecilku.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  2. Kalau saya memang dari dulu suka olahraga sih.. tp lebih suka beladiri jadi larinya nyeker alias gak pakai sepatu.
    tapi kalau beli sepatu sih saya pasti beli satu nomor lebih besar daripada ukuran kaki saya, selain karena pasti pakai kaos kaki, buat saya kaki juga jadi lebih nyaman karena ada sedikit ruang di kaki

    ReplyDelete
  3. Mbak trima kasih ya tipsnya. Aku belom nemu2 yang nyaman nih... Moga stelah baca ini dapet soulmate jogging ��

    ReplyDelete
  4. Keren tipsnya.. Aku juga suka kolekasi sepatu olahrga :D

    ReplyDelete
  5. penting banget tuh pilih yang nyaman buat kaki biar gak pegel2 dan lecet

    ReplyDelete

Hai! Terima kasih banyak sudah membaca postingan ini. Jangan sungkan menuliskan komentar di bawah ini ya. Komentar, masukan, dan kritik kalian sangat berarti untuk aku. Oya, please jangan masukkan link hidup di komen ya. Semua komentar dengan link hidup akan langsung di-delete.

Have a nice day!


© Talkative Tya | Designed by . All rights reserved.