Friday, 20 October 2017

[TRAVEL] Kepulauan Seribu, Destinasi Wisata Alam untuk Liburan Keluarga

Happy Friday!

Kemarin malam ketika aku sedang merapikan file foto di komputer dan harddisk external, aku menemukan beberapa folder foto ketika aku sekeluarga pergi berlibur. Ternyata, terakhir kali kami pergi berlibur adalah ke pulau Belitung, mengunjungi kakak yang memang tinggal di sana sekaligus menikmati indahnya panorama pantai Belitung. Sayangnya cuaca kurang bersahabat ketika kami di sana. Dalam seminggu masa liburan kami, hampir setengahnya kami habiskan di dalam rumah karena hujan. Bisa dibilang liburan kami gagal, ditambah lagi adik Zinan waktu itu masih berumur satu tahun sehingga aku pun lebih sering repot mengurusi si kecil dibandingkan menikmati liburan. Yah namanya juga emak-emak, nggak ada istilah libur dari mengurus anak. 


Aku dan mas suami memang punya rencana untuk mengajak anak-anak berlibur, apalagi anak-anak sudah cukup besar. Bicara soal liburan, destinasi liburan kami nggak yang muluk harus ke luar negeri. Di Indonesia saja sudah cukup karena banyak destinasi wisata yang nggak kalah bagus dan menarik dengan yang di luar negeri. Berhubung dana liburan kami terbatas, kami mencoba mencari destinasi wisata yang tidak terlalu jauh. Pilihan kami jatuh pada Kepulauan Seribu yang masih merupakan bagian dari Ibukota Jakarta. 



Ada alasan kuat kenapa kami memilih wisata alam sebagai destinasi liburan. Aku dan suami memang memiliki kecintaan pada alam. Dulu aku kuliah jurusan Biologi yang memang kerjaannya naik turun gunung dan keluar masuk pulau. Begitu juga dengan mas suami yang merupakan anggota pecinta alam di kampusnya. Klop deh! Bagi kami, mengunjungi destinasi wisata yang berhubungan dengan alam itu banyak nilai plus-nya. Tidak hanya kami bisa refreshing dari kepenatan aktivitas sehari-hari, tetapi juga belajar banyak tentang alam. Inilah yang ingin kami berikan kepada mas Deniz dan adik Zinan, pengalaman berlibur yang penuh makna. 

Bicara tentang Kepulauan Seribu, banyak sekali destinasi menarik yang bisa dikunjungi. Bisa dibilang kepulauan ini merupakan destinasi liburan pantai yang oke banget di Jakarta. Sebut saja Pulau Tidung, Pulau Pramuka, Pulau Untung Jawa, Pulau Pari, Pulau Bidadari, dan beberapa pulau lainnya yang memang terkenal sebagai pulau wisata. Beberapa pulau pernah aku kunjungi ketika aku mengambil mata kuliah AMDAL dan Ekologi Perairan. Namun mengunjungi pulau-pulau tersebut dalam rangka belajar tentu beda sensasinya dengan liburan. 

Pantai di Pulau Bidadari, Kepulauan Seribu. Sumber: http://jakarta-tourism.go.id
Jembatan Cinta Pulau Tidung, Kepulauan Seribu. Sumber: http://jakarta-tourism.go.id

Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di Kepulauan Seribu, mulai dari jalan-jalan di pinggir pantai sambil menikmati deburan ombak, berenang, bermain pasir, snorkeling, mencoba water sport, BBQ hasil laut yang segar, sampai menikmati suasana saat matahari terbenam. Semua aktivitas ini bisa dilakukan bersama keluarga. Bagi anak-anak, tentunya akan menjadi kenangan yang membekas karena mereka nanti bisa melihat langsung keanekaragaman hayati di dalam laut seperti ikan-ikan, koral, anemon laut. Selain itu mereka juga bisa puas bereksplorasi ketika bermain di pantai. Entah itu bermain layangan atau membangun istana pasir yang bisa menstimulasi perkembangan motorik mereka juga. 

Snorkeling, salah satu aktivitas yang bisa dilakukan di Kepulauan Seribu.
Menikmati segarnya hasil laut di Kepulauan Seribu. 

Untuk mengunjungi Kepulauan Seribu, kita bisa naik kapal motor atau speedboat dari pelabuhan dan dermaga seperti Muara Angke, Keronjo, Kaliadem, dan Marina Ancol. Untuk kamu yang berdomisili di luar Jakarta, kalian bisa menggunakan transportasi umum seperti bus atau taksi online dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta menuju ke dermaga terdekat. Bagi yang ingin cepat sampai, naik speedboat dari dermaga Marina Ancol adalah pilihan yang tepat. Namun biayanya lebih mahal dibandingkan naik kapal motor. Tinggal pilih deh yang sesuai kebutuhan dan dana. 

Dermaga Marina Ancol. Sumber: Wikipedia.

Bagaimana dengan penginapannya? Tidak perlu kuatir, tersedia banyak pilihan penginapan di Kepulauan Seribu yang bisa dipilih sesuai dana liburan. Fasilitas yang diberikan juga terbilang lengkap dan pastinya bikin liburan jadi nyaman dan menyenangkan. Apalagi dengan paket wisata traveloka ke Kepulauan Seribu, tiket pesawat dan booking hotel bisa dilakukan secara bersamaan. Mudah dan menghemat waktu banget kan! Untuk orang yang super sibuk kaya aku dan nggak punya banyak waktu untuk hunting tiket dan hotel murah, tentu ini akan sangat membantu dalam merencanakan liburan.



Asyiknya lagi nih, kalau kita pesan paket tiket pesawat dan hotel bersamaan, harganya pun jadi lebih murah lho! Kok bisa sih? Ini karena kalau pesannya barengan, kita akan mendapatkan potongan harga sampai 20% tanpa pakai kode promo apapun. Hemat ya! Uang sisanya bisa dipakai untuk beli oleh-oleh buat saudara, makan-makan, atau bisa juga ditabung untuk nanti pergi berlibur lagi. Mas suami tentu juga tambah sayang karena istrinya pintar berhemat ^.^ Selain itu juga tersedia berbagai metode pembayaran seperti menggunakan kartu kredit, transfer bank dan ATM, auto debet, sampai bayar di mini market dekat rumah pun bisa. 

Duuh makin nggak sabar deh ingin cepat-cepat mengunjungi Kepulauan Seribu bersama anak-anak. Oya ada beberapa tips berlibur di Kepulauan Seribu:
  1. Selalu gunakan sunblock untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV. 
  2. Bawa pakaian yang menyerap keringat seperti katun. 
  3. Siapkan pelindung gadget (kamera, smartphone) agar tidak terkena air.
  4. Bawa charger dan powerbank biar urusan foto-foto tetap lancar jaya. 
  5. Jangan buang sampah sembarangan ya. Selalu jaga kebersihan. 
  6. Perhatikan cuaca dan musim. Sebisa mungkin berlibur ke Kepulauan Seribu saat cuaca cerah. 
  7. Pilih penginapan dengan pemandangan yang indah dan dekat dari pantai. 

Yuk liburan ke Kepulauan Seribu, jangan lupa pakai paket tiket + hotel traveloka untuk menghemat waktu, biaya, dan mendapatkan berbagai kemudahan. 

See you at Kepulauan Seribu!

Share this Post Share to Facebook Share to Twitter Email This Pin This Share on Google Plus Share on Tumblr

No comments:

Post a Comment

Hai! Terima kasih banyak sudah membaca postingan ini. Jangan sungkan menuliskan komentar di bawah ini ya. Komentar, masukan, dan kritik kalian sangat berarti untuk aku. Oya, please jangan masukkan link hidup di komen ya. Semua komentar dengan link hidup akan langsung di-delete.

Have a nice day!


© Talkative Tya | Designed by . All rights reserved.